Tips Mengatasi Stres Saat Hamil Yang Tepat dan Benar

Tips Mengatasi Stres Saat Hamil Yang Tepat dan BenarBidan Online,- Stres memang memiliki dampak buruk bagi kesehatan terutama untuk para ibu hamil. Stres pada ibu hamil menjadi salah satu masalah yang banyak di keluhkan. Munculnya stres pada ibu hamil memang sudah tidak asing lagi namun langkah yang paling tepat untuk mengatasinya yaitu dengan mengelola stres agar tidak berlangsung dalam jangka waktu panjang. Stres berat pada ibu hamil yang tidak di atasi dengan cepat tentu saja tidak hanya membahayakan kesehatan ibu namun juga dapat mengganggu perkembangan janin.

Stres memang tidak membawa manfaat bagi kesehatan terutama saat hamil. Ibu hamil yang mengalami stres tentunya akan sangat berpengaruh juga pada janin dalam kandungan. Diketahui beberapa bahaya stres bagi ibu hamil yaitu sangat berpengaruh pada perkembangan otak janin, berpengaruh pada tumbuh kembang bayi, meningkatkan resiko lahir prematur, juga asupan oksigen ke janin berkurang.

Tentu saja anda tidak ingin bukan beberapa hal tersebut terjadi pada janin anda. Stres tentunya harus sesegera mungkin ditasi untuk mencegah berbagai hal buruk muncul. Dan berikut ini tips mengatasi stres pada ibu hamil:

Lakukan olahraga
Olahraga memang memiliki manfaat yang begitu banyak bagi kesehatan. Nyatanya olahraga juga tidak hanya membuat badan lebih bugar namun juga dapat membuat pikiran lebih jernih dan fresh. Dengan melakukan olahraga ringan setiap hari tidak hanya berat badan ibu hamil saja yang terkontrol namun juga stres yang di alami akan hilang. Beberapa pilihan olahraga ringan yang bisa di pilih oleh ibu hamil seperti berenang, yoga, ataupun jalan-jalan kecil.

Ketahui penyebab stres
Dengan mengetahui penyebab awal stres pada ibu hamil maka anda dapat mulai menyusun beberapa hal yang harus di lakukan untuk menyelesaikan masalah tersebut. Anda pun dapat mencoba berbicara atau lebih terbuka dengan pasangan dan menceritakan apa yang di rasakan.

Istirahat yang cukup
Setiap ibu hamil memang sangat membutuhkan istirahat yang cukup. Terlalu lelah atau memiliki kegiatan padat bisa meningkatkan resiko stres muncul. Sangat di sarankan untuk para ibu hamil tidur siang secara rutin.

Rileksasi
Melakukan rileksasi akan sangat membantu dalam mengatasi stres pada ibu hamil. Meditasi dan mempelajari teknik pernapasan bisa anda pilih untuk membuat pikiran anda lebih tenang. SSelain dari itu selalu berpikir positif menjadi usaha yang sangat jitu untuk mengatasi stres saat hamil. Melakukan hal-hal yang menyenangkan seperti menonton film lucu dan bertemu dengan teman juga bisa di sebut sebagai rileksasi.

Atur pola makan
Dengan mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi tentunya dapat membuat tubuh anda lebih sehat dan fit. Tubuh yang sehat dapat membuat anda lebih mudah untuk mengatasi stres.

Baca juga artikel lainnya:

5 Alasan Yang Membuat Ibu Hamil Cepat Lelah
Manfaat Vitamin D Untuk Kesuburan dan Kehamilan
Waktu Yang Tepat Untuk Lakukan USG Saat Hamil
Manfaat Terapi Akupuntur Untuk Kesuburan Agar Cepat Hamil
Tips Ibu Hamil Agar Bayi Cerdas Sejak Dalam Kandungan

CategoriesUncategorized
Diskusi Dari: Erlika Santya
Erlika Santya

Siang bu bidan, nama saya Erlika Santya. Saya dan suami sudah menikah hampir satu tahun dan tahun ini kami ingin mendapatkan momongan bisa enggak ya bu bidan ? Terus saya juga baca di banyak sumber katanya, melakukan hubungan suami istri di waktu masa subur itu bisa mempercepat mendatangkan kehamilan, terus kapan bu bidan masa subur seorang wanita agar saya cepat hamil ?

Dijawab Oleh : Erlika Santya
Diskusi Dari: Santi
Santi

Siang bu bidan, usia kehamilan 3 minggu, di awal kehamiln saya terkena herpes zooster di pinggang sebelah kanan dan konsumsi obat dari dokter kulit krn blm tau hamil, apakah obat yg saya konsumsi tsb berbahaya utk janin saya dan mengingat sampai skrg pinggang saya msh terasa gatal.

Dijawab Oleh : Santi
Diskusi Dari: Anisa Ratna Puri
Anisa Ratna Puri

Pagi dok, saya mau bertanya, 3 bulan yang lalu saya melakukan operasi pengangkatan penyakit tumor payudara. Saat ini sudah 2 hari saya sering kali merasakan nyeri dibagian dada yang bisa datang secara tiba tiba. Biasanya saat bergerak saya merasakan sakit dan menghambat aktivitas saya. Saya mau bertanya, apa yang menyebabkan hal ini terjadi? apakah mungkin ini efek samping dari operasi tersebut?

Dijawab Oleh : Anisa Ratna Puri
Diskusi Dari: Ade Sulastri
Ade Sulastri

Siang dok, saya wanita yang baru saja berumur 25 tahun. Saat ini saya sering emrasakan hal hal yang saya rasa kurang wajar seperti sesak pada bagian nafas yang sangat sakit sekali saat saya sedang berbaring. Saya mau tanya ini kira kira masalah kesehatan apa ya dok?

Dijawab Oleh : Ade Sulastri
Diskusi Dari: Diandra
Diandra

Pagi bu bidan saya mau bertanya nih bayi saya baru 3 hari tali pusarnya udah putus namun hingga saat ini pusarnya bernanah sudah di periksa ke bidan namun bidan hanya membersihkannya dengan kain kasa yang di basahi alkohol. Dan saat ini pusar bayi saya masih bernanah dan berair. Apakah ini infeksi ya bu bidan dan bagaimana cara mengobatinya. Mohon jawabannya bu trims

Dijawab Oleh : Diandra