Tips Solusi Mengatasi Kram Kaki Pada Ibu Hamil Yang Benar

Tips Solusi Mengatasi Kram Kaki Pada Ibu Hamil Yang BenarBidan Online,- Memasuki trimester kedua hingga ketiga banyak para ibu hamil yang mengeluh sering mengalami kram pada kaki. Kram kaki atau kesemutan kaki pada ibu hamil memang menjadi salah satu keluhan yang sangat umum di rasakan oleh para ibu hamil. Kram kaki pada ibu hamil memang menjadi keluhan yang sangat mengganggu baik di siang hari maupun malam hari. Diektahui banyak penyebab yang bisa membuat ibu hamil merasakan kram di kaki salah satunya pertambahan beban yang semakin berat. Lalu bagaimana solusi mengatasi krak kaki pada ibu hamil yang benar? Berikut ulasannya.

Berbagai keluhan pada saat hamil memasuki trimester kedua dan ketiga memang beragam. Kram kaki menjadai salah satu keluhan ibu hamil yang banyak di bicarakan. Kram kaki saat hamil tentunya dapat mengganggu aktifitas sehari-hari ibu hamil. Terlalu lama berjalan atau posisi tidur yang tidak berubah dalam beberapa waktu memang dapat membuat kaki merasakan kram atau kesemutan pada ibu hamil. Di samping itu para ahli juga menyebutkan jika kram kaki pada ibu hamil bisa muncul akibat dari kondisi perut yang semakin membesar berakaibat penekanan pada pembuluh darah ke jantung dan syaraf akibatnya peredaran darah ke kaki terhambat dan menyebabkan ibu hamil mengalami kram kaki.

Kram di kaki memang sangat mengganggu, ada beberapa hal yang bisa ibu hamil lakukan untuk membantu mengatasi kram kaki yang kerap muncul saat hamil. Tentunya solusi mengatasi kram kaki pada ibu hamil berikut ini terjamin aman. Berikut ini tips solusi mengatasi kram kaku pada ibu hamil yang benar:

  • Penuhi asupan cairan dengan mengkonsumsi air putih secara teratur. Minum air putih tidak hanya dapat mencegah dehidrasi namun juga dapat membantu melancarkan sirkulasi darah.
  • Pilihlah makanan yang banyak mengandung protein juga kalsium. Makanan dengan kandungan kalsium pada berbagai makanan memiliki fungsi yang cukup ampuh untuk mengurangi kram pada ibu hamil. Beberapa contoh makanan yang banyak mengandung kalsium yaitu yoghurt, susu, juga sayuran hijau segar.
  • Hindari untuk memakai sendal atau sepatu berhak tinggi saat hamil. Sendal atau sepatu dengan hal tinggi bisa menyebabkan penekanan pada ujung kaki juga betis sehingga resiko kram kaki dapat meningkat. Sangat di sarankan untuk memakai sendal atau sepatu teplek yang nyaman.
  • Jangan terlalu lama berdiri, berbeda dengan sebelum hamil, wanita hamil memiliki beban 2x lipat. Berdiri terlalu lama dapat membuat kaki anda kram dan pegal.
  • Peregangan pada saat hamil memang sangat di sarankan para pakar kesehatan. Peregangan dapat membantu merilekskan otot-otot tubuh yang kaku juga mengatasi kram. Ibu hamil dapat melakukan peregangan dengan memutar persendian kedepan dan belakang. Annda juga dapat melakukan peregangan pada tumit dan jari kaki dengan gerakan memutar. Peregangan sebaiknya di lakukan secara teratur pada siang dan sebelum tidur
  • Kurangi kegiatan berat yang bisa membuat anda cepat lelah. Istirahat yang cukup dengan posisi miring ke kiri agar sirkulasi darah berjalan lancar

Itulah beberapa cara untuk mengatasi kram kaki pada ibu hamil yang tepat. Tentunya tips diatas bisa anda coba dari sekarang agar anda bisa merasa lebih nyaman saat hamil juga dapat membantu mengurangi keluhan para ibu hamil. Namun jika kram kaki anda tidak mereda bahkan dirasakan lebih parah maka sebaiknya segera lakukan pemeriksaan ke dokter untuk mendapatkan penanganan cepat.

Baca juga artikel lainnya:

Tips Ibu Hamil Agar Bayi Cerdas Sejak Dalam Kandungan
Inilah Bahaya Minuman Bersoda Jika Dikonsumsi Ibu Hamil
6 Tips Travelling Yang tepat Untuk Ibu Hamil Muda
Daftar Makanan Ibu Hamil Agar Kulit Bayi Putih Bersih

CategoriesUncategorized
Diskusi Dari: Pandu
Pandu

Salam kenal,

Saya ingin bertanya, usia kandungan istri saya masuk ke bulan 8, namun terjadi gatal gatal di kaki, dari pergelangan kaki sampai ke paha.
sudah konsul ke dokter dan sudah dikasih obat juga, namun gatal nya belum sembuh2 juga, gatal gatal nya itu seperti biduran. Apakah ini hormon yg buruk dan apa solusi nya

Mohon penjelasannya
terima kasih

Dijawab Oleh : Pandu
Diskusi Dari: Nurul
Nurul

Obat apa yg di gunakan untuk menghilangkan kebiasaan menghisap tangan pada anak

Dijawab Oleh : Nurul
Diskusi Dari: Aisyah Putri Setiawan
Aisyah Putri Setiawan

Siang ibu bidan, nama saya aisyah. Saya mau bertanya tentang perlengkapan apa saja yang harus di persiapkan dan harus di bawa ke Ruma Sakit atau Bidan ketika saya melahirkan. Jujur saja, saat ini saya masih bingung perlengkapan bayi apa saja yang harus saya bawa saat melahirkan nanti. Mohon jawabannya dok 🙂

Dijawab Oleh : Aisyah Putri Setiawan
Diskusi Dari: ririz anindya
ririz anindya

selamat pagi bu, saya mau tanya
2 hari yang lalu saya HB pertama dg suami, besoknya langsung demam. dan hari berikutnya pagi ketika BAB kok rahim rasanya ditekan jd susah untuk mengejan. beberapa saat stlh itu vagina sy keluar darah segar & gumpalan seperti keputihan tapi berwarna merah darah. darah segar mengalir terus walaupun tdk deras, tp sy tdk merasakan apa” bu. besoknya selama 4 hari perut saya ttp merasa sakit dan susah gerak. tambah lagi PD sy sakit & sakit gigi juga. ada yg bilang itu bawaan bayi ya.
stlh seminggu TP hasilnya negatif.
apa itu berarti keguguran ya bu?
mohon penjelasannya

Dijawab Oleh : ririz anindya
Diskusi Dari: Silvy Fitriani
Silvy Fitriani

Siang Bu Bidan, saya mau tanya, pada bayi usia 7 bulan berapa kali frekuensi BAB yang normal ?

Dijawab Oleh : Silvy Fitriani