Waktu Yang Tepat Untuk Mengejan Saat Proses Persalinan

Bidan Online -, Mengejan merupakan salah satu hal yang memang perlu dilakukan bagi anda yang sedang ingin melahirkan dengan cara yang normal. Namun perlu diketahui, bahwa tidak sembarangan waktu untuk ibu hamil mengejan saat proses persalinan karena hal ini justru bisa menimbulkan bahaya bahaya bagi kesehatan tubuh anda ini. Jika anda melakukan proses mengejan dengan cara dan waktu yang kurang tepat, ini justru bisa membahayakan keselamatan anda dan janin anda. Perlu diketahui bahwa ada beberapa waktu atau titik untuk mengedan dengan tepat agar mendapatkan proses persalinan yang lancar dan anak yang sehat.

Sebenarnya, ada 3 waktu yang tepat untuk mengejan saat proses persalinan tiba diantaranya adalah apabila pasien telah merasakan dorongan perineum menonjol,kepala bayi sudah ada di dasar panggul dan apabila pembukaan sudah lengkap. Apabila anda telah merasakan hal tersebut, berarti anda sudah memasuki waktu yang memang tepat untuk mengedan. Jika memang belum waktu nya namun ibu memaksakan untuk mengedan, hal ini bisa membahayakan kesehatan ibu dan juga janin yang ada dalam kandungan anda. Kondisi ibu yang tenang dan kehadiran pihak keluarga ini memang sangat dibutuhkan oleh para ibu hamil karena ini bisa menjadi salah satu hal yang mampu mengurangi kecemasan dan rasa sakit yang dirsakan oleh para ibu yang akan melahirkan ini.

Sebelum memasuki proses persalinan, sebaiknya anda mengetahui bagau mana tehnik yang tepat dalam mengambil pernafasan ini seperti hal nya dengan melakukan latihan senam ibu hamil. Kondisi ini menjadi salah satu kondisi yang bisa membuat anda menjadi lebih sehat dan bahkan anda akan terhindar dari berbagai jenis masalah yang membahayakan kesehatan tubuh anda ini. Perlu diketahui bahwa mengejan dengan cara yang salah ini merupakan salah satu kondisi yang justru bisa membahayakan kesehatan bayi dan tidak lantas bisa mempercepat masuknya keluarnya bayi. Kondisi ini merupakan salah satu kondisi yang memang perlu diperhatikan oleh kita agar mendapatkan persalinan yang sempurna.

Yang disebut dengan mengejan dengan salah ini merupakan salah satu kondisi dimana kita mengejan namun mengeluarkan tenaga yang justru mengumpul dibagian tenggoroak sehingga membuat muka dan mata kita justru menjadi merah. Ini merupakan salah satu kondisi yang memang salah dimana hal ini justru bisa menimbulkan hal hal yang memang sangat kurang baik bagi kesehatan janin yang ada di dalam tubuh anda ini. Jika kita melakukan mengejan dengan cara yang salah, justru janin yang ada di dalam tubuh kita ini tidak akan turun turun dan bahkan akan terjadi persalinan yang lambat. Jika hal ini terjadi, biasanya dokter justru akan melakukan tindakan vakum untuk membantu mengeluarkan janin yang ada didalam rahim yang terlalu lama ini.

Perlu diketahui, bahwa cara mengejan yang benar adalah dengan mengeluarkan seperti saat kita ingin buang air besar. Kondisi ini merupakan kondisi yang sangat wajar dirasakan karena hal ini terjadi akibat saat proses persalinan rasa ingin buang air besar ini terjadi akibat saraf di bagian bawah saat kepala bayi menurun mengenai saraf dan timbul rasa ingin buang air besar ini. Hal yang paling perlu diperhatikan adalah, saat ibu sedang mengedan sangat tidak disarankan untuk mengangkat pantat, karena ini merupakan salah satu hal yang justru bisa menimbulkan masalah masalah seperti mampu memperluas robekan yang akhirnya perlu untuk dilakukan nya jaitan pada bagian vagina.

                     Baca Juga : Jenis Anggaran Yang Perlu Diperhatikan

Diskusi Dari: novita
novita

Malam Dok…!
Dok,saya mau tanya kenapa hampir setiap pagi hari,setelah sarapan,,sering mual2 dan muntah2…usia kehamilan saya saat ini sudah 10 minggu…
Terima kasih atas jawabannya dok…!

Dijawab Oleh : novita
Diskusi Dari: Adhitya Abram
Adhitya Abram

maaf sebelumnya. saya mau tanya.
istri saya melahirkan anak pertama dengan operasi cesar. sebab air ketuban sudah pecah pada bukaan 2. dan sekarang sudah hamil yg kedua, kata dokter kemungkinan besar harus di cesar. karena yg pertama cesar dan tidak boleh persalinan dibawa ke bidan karena tidak diperbolehkan suntik pacu. sampai sekarang bekas cesar masih terasa nyeri. padahal sudah 5 tahun. dan dokter menyarankan cesar sebelum waktu kontraksi. dikarenakan posisi bayi sampai minggu ke 37 masih belum turun.
apakah cara seperti ini baik menurut islam? atau sebaiknya saya tunggu sampai kontraksi, kemudian dibawa kerumah sakit dan tunggu keputusan dari dokter di RS? apakah memang tindakan harus cesar atau normal.
terimakasih

Dijawab Oleh : Adhitya Abram
Diskusi Dari: Alesha Zahra
Alesha Zahra

Hai mba bidan, saat ini saya sedang hamil besar dan kemungkinan sekitar 3-4 minggu lagi saya melahirkan. Kemarin saya sempat ngobrol ngobrol di forum tentang persalinan. Dan katanya, agar persalinan lancar, bisa pakai metode hipnosis. Apakah itu benar? Mohon pencerahannya ya. Thanks

Dijawab Oleh : Alesha Zahra
Diskusi Dari: Lesti
Lesti

Siang dok, saya mau tanya. Anak saya umur 3 bulan lebih belum bisa miring apalagi tengkurap, apa itu tidak apa-apa dok ? bagaimana caranya agar anak saya bisa cepat miring dan tengkurap ? Terimakasih

Dijawab Oleh : Lesti
Diskusi Dari: Dah Wisnugaduh
Dah Wisnugaduh

Salamualikum
Dok saya lepas kb bulan 2 sekarang bulan 9 mengapa saya tak kunjung hamil

Dijawab Oleh : Dah Wisnugaduh