10 Makanan Yang Dapat Meningkatkan Kecerdasan Otak Anak

Orang tua mana yang tidak ingin memiliki anak yang cerdas dan tumbuh sehat. Setiap orang tua pasti ingin yang terbaik untuk anak. Kecerdasan dan tubuh yang sehat akan mengantarkan sang anak pada gerbang kesuksesaanya. Kesehatan anak dapat anda bangun dengan memberikan dan mengajarkan mereka bagaimana menjalani pola hidup sehat sedari dini, dan tetap melakukannya hingga kelak mereka dewasa. Lalu, bagaimana dengan cara membangun kecerdasan otak anak?

Meskipun kecerdasan anak di pengaruhi oleh faktor internal seperti genetika, akan tetapi faktor eksternal juga dapat membantu menambah kecerdasan anak seperti halnya, aktivitas fisik, stimulasi, asupan nutrisi juga kesehatan memiliki peranan dalam membangun kecerdasan otak anak. Oleh karena itu, para orang tua sangat di sarankan untuk memberikan asupan nutrisi yang terbaik untuk merangsang dan meningkatkan kecerdasan otak anak.

10 Makanan yang dapat meningkatkan kecerdasan otak anak

Berikut tim curhat bidan akan paparkan 10 jenis makanan yang dapat merangsang kecerdasan otak anak atau yang sering di juluki dengan Brain food atau smart food, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Ikan salmon
Menurut para ahli, tuna memiliki kandungan yang sama seperti salmon, akan tetapi kandungan asam lemak omega 3 yang di miliki oleh tuna memiliki jumlah yang kecil jika dibanding dengan yang di miliki oleh salmon. Ikan yang berasal dari lautan dalam tersebut merupakan salah satu sumber makanan yang mengandung asam lemak omega-3, EPA, dan DHA, yang mana kesemua nutrisi tersebut sangat penting untuk perkembangan fungsi otak anak yang sedang menjalani masa pertumbuhan. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa anak ang mendapatkan asupan asam lemak omega 3 lebih mempunyai kemampuan berpikir tajam.

2. Telur
Di balik harganya yang yang terjangkau dan mudah untuk di jumpai, ternyata telur memiliki kandungan protein sangat penting untuk kecerdasan anak. Kuning telur, di ketahui memiliki kandungan kolin atau zat yang dapat membantu perkembangan memori. Anda dapat mengolahnya dengan berbagai kreasi untuk menambah selera makan anak anda.

3. Selai kacang
Kacang atanah atau olahannya berupa selai kacang di ketahui mengandung vitamin E, yang mana merupakan  jenis antioksidan yang berfungsi untuk melindungi membran sel saraf.  Kndungan vitamin E dan thiamin dapat membantu otak dan sistem saraf dalam penggunaan glukosa untuk membentuk energi yang di perlukan tubuh.

4. Biji-bijian
Serat yang terkandung dalam biji-bijian mampu Menyuplai glukosa dari tubuh ke otak secara konstan. Selain itu, serta yang terkandung dalam bijia-bijian juga dapat membantu mengatur pelepasan glukosa di dalam tubuh. Salah satu biji-bijian yang mengambil serta terbaik adalah gandum. Kandungan vitamin B yang terkandung dalam serta juga dapat membantu kinerja saraf untuk tetap berfungsi secara sehat.

5. Oat/oatmeal
Sereal yang populer di kalangan anak-anak ini, sering kali menjadi menu sarapan yang tepat di pagi hari. Selain dapat menyediakan energi yang di perlukan oleh anak, ternyata outmeal juga memiliki kandungan nutirisi yang tinggi untuk mendukung kecerdasan anak anada. Karena oat sendiri merupakan sumber dari vitamin B, vitamin E, seng dan kalium yang dapat membuat tubuh dan fungsi otak bekerja secara optimal.

6. Buah-buahan
Umumnya semua jenis buah memiliki kandungan yang baik untuk tubuh, namun ada beberapa jenis buah yang mengandung kecukupan gizi untuk kecerdasan anak. Diantaranya seperti buah cherry, blackbery, strawberry,  dan blueberrry. Selain itu, buah kelompok berries ini, juga mengandung antioksidan yang tinggi, terlebih kandungan vitamin C yang mampu menangkal radikal bebas. Beberapa peneltianpun menyebutkan bahwasannya kandungan yang di miliki buah strawberry dan blueberry  mampu memperbaiki daya ingat. Selain itu, biji dari buah berry tersebut  kaya akan kandungan asam lemak omega-3 yang sangat di butuhkan untuk kesehatan otak terlebih untuk kecerdasan.

7. Kacang-kacangan
Kacang termasuk salah satu jenis cemilan istimewa. Mengapa tidak? hal tersebut dikarenakan kacang merupakan salah satu makanan sumber energi yang berasal dari protein dan karbohidrat kompleks yang di milikinya. Selain itu, kacang juga mengandung serat, vitamin dan juga mineral. Tak hanya itu, kacang juga merupakan salah satu jenis makanan yang dapat menambah kecerdasan otak anak, karena dapat mempertahankan energi dan kemampuan berfikir. Menurut suatu penelitian, kacang merah mengandung asam lemak omega tinggi di banding dengan jenis kacang lainnya. Khususnya ALA yang merupakan jenis asam  lemak omega 3 yang sangat penting untuk pertumbuhan serta fungsi otak.

8. Sayuran
Mengonsumsi variasi sayuran setiap hari sangat penting untuk memenuhi asupan nutrisi tubuh. namun terdapat ebebrapa jenis sayuran yang dapat mencerdaskan dan membuat sel-sel otak menjadi sehat. Diantaranya seperti tomat, ubi jalar merah, labu wortel dan bayam. Untuk lebih mengingkatkan minat anak, bunda dapat mengkreasikannya seperti membuatnya menjadi olahan cemilan yang berbahan dasarkan sayuran.

9. Susu dan yogurt
Makanan yang berasal dari produk susu, umumnya mengandung kandungan protein dan vitamin B yang tinggi di dalamnya.  Kandungan tersebut merupakan diantara komponen nutrisi perting dalam pertumbuhan dan perkembangan jaringan otak dan enzim anak. Selain itu, mengonsumsi susu atau olahannya seperti yogurt, mampu membuat perut lebih kenyang lebih lama. Hal tersebut di karenakan di dalamnya juga mengandung protein dan karbohidrat yang juga dapat menjadi sumber energi bagi otak anda.  Penelitian menunjukkan  bahwa anak-anak dan remaja membutuhkan lebih banyak vitamin D bahkan 10 kali lebih banyak dari yang di rekomendasikan. Vitamin D sendiri merupakan salah satu vitamin penting untuk memeilihara otot dan juga saraf sstem siklus hidup sel-sel manusia secara keseluruhan.

10. Daging Sapi tanpa lemak
Daging sapi merupakan sumber makanan yang sangat kaya akan zat besi. Zat besi sendiri merupakan lemak esensial  yang dapat membantu anak berkonsentrasi dan tetap berenergi saat di sekolah. Selain itu, daging sapi tanpa lemak juga  mengandung seng yang dapat membantu menjaga daya ingat anak.

Citra Dewi Amd.Keb - September 6, 2016
Diskusi Dari:
Debby

Siang Bu Bidan,
Bayi saya usia 4 bulan sering muntah kalau sudah minum ASI. Muntahnya kadang banyak dan kadang sedikit. Apa penyebab bayi saya sering muntah ? Apa bayi saya baik-baik saja kalau sering muntah ?

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Nenk Marsya

Selamat pagi, Bu.. Saya mau bertanya beberapa hal mengenai anak sy yg BBnya tdk pernah lagi naik. Sekarang anak usia 2th…
1. Apakah anak sy kena TB/kurang gizi? Krn adik sy ada yg riwayat TB. Ortu sy juga batuk tidak kunjung sembuh. Anak kakak ipar sy juga abis pengobatan TB.
2. Apa sebenarnya faktor pemicu TB dan cara mengatasinya?
3. Apakah TB menular ke ibu hamil? Dan bagaimana ciri serta mengatasinya?
4. Sebaiknya anak dibawa ke ahli gizi atau ke dokter anak?
Terima kasih

Dijawab Oleh : Nenk Marsya
Diskusi Dari:
Pipit Winartii

Selamat siang dok…
Saya mau bertanya. Saat ini saya sudah berusia 33 tahun dan sudah telat menstrulasi selama 2 bulan, dan sering merasakan mual layaknya orang hamil, khusunya di pagi dan malam hari. Namun ketika saya mengecek dengan menggunakan test pack hasilnya justru negatif. Yang saya mau tanyakan apakan ada kemungkinan saya hamil sedangkan hasil test peck menunjukan negatif?

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Neng Atna Julianti

Anak saya umur 4 bulan. Kenapa lendir dari lahir belum hilang sampai sekarang? Kira2 apa penyebabnya? Dan apa benar berlendir tidak akan naik berat badan bayi? Sekarang ini di tambah dengan batuk. Mohon solusi

Dijawab Oleh : Neng Atna Julianti
Diskusi Dari:
Alwia

Selamat pagi bu bidan saya adrian usia 27 tahun saya sudah menikah 1,5 tahun namun saat ini belum mempunyai momongan. Yang saya mau tanyakan bagaimana cara menjaga kesehatan sperma agar saya cepat dapet momongan. Ditunggu jawabannya trims

Dijawab Oleh : Alwia