10 Tips Sederhana Agar Dapat Melahirkan Secara Normal

Tanya Bidan | Hampir setiap wanita hamil menginginkan sebuah persalinan normal, tetapi tidak semua orang dapat melahirkan secara normal, karena da beberapa keadaan atau kondisi tubuh yang tidak memungkinkan. Persalinan normal sendiri merupakan proses alami yang dilakukan setiap wanita untuk membawa bayinya ke dunia ini tanpa bantuan obat-obatan apapun. Simak lebih lanjut 10 tips sederhana agar dapat melahirkan secara normal dalam artikel ini.

Di zaman sekarang ini, kebanyakan dokter menganggap bahwa setiap wanita yang melahirkan akan membutuhkan obat anti nyeri dan kebanyakan wanita mengharapkan pereda nyeri segera setelah merasa tidak kuat. Namun, alangkah lebih baik bagi Anda dan bayi Anda untuk melahirkan secara normal.

10 Tips Sederhana Agar Dapat Melahirkan Secara Normal


1. Lakukan Olahraga Ringan Secara Rutin

Melakukan beberapa latihan fisik yang ringan selama kehamilan tidak hanya membuat Anda lebih berstamina, tetapi juga membuat Anda selalu aktif hingga persalinan tiba. Latihan rutin dengan vitalitas seperti melakukan senam kegel, atau yoga dapat memperkuat otot-otot panggul, membantu memperkuat otot paha, meningkatkan fleksibilitas, yang memungkinkan Anda untuk memiliki persalinan normal.

2. Menahan Diri Dari Stres

Jangan biarkan anda stress, mempunyai kecemasan atau terlalu banyak kontemplasi. Diskusikan dengan suami Anda, agar langkah ini dapat selalu terjaga, Fase Anda saat ini sangat membutuhkan banyak sekali ketenangan. Ada kalanya stress cukup sulit dikendalikan, cobalah memanjakan diri Anda ke suami, atau perbanyak membaca buku pengasuhan dan seputar bayi. Ingat! Ibu hamil yang mengalami stress dapat mempengaruhi kesehatan dan kesejahteraan bayi.

3. Latihan Pernapasan

Bernapas dengan baik dan benar sangat penting dalam proses melahirkan, karena Anda harus menahan dan membuang napas secara teratur dari waktu ke waktu. Selain itu, jika suplai oksigen anda cukup dan layak, dapat meningkatkan pertumbuhan bayi. Jadi, perbanyak praktek mediasi dan latihan pernapasan secara teratur. Dengan cara ini Anda akan selangkah lebih dekat untuk memiliki persalinan normal.

4. Menahan Diri Dari Mendengar Kisah-Kisah Kelahiran Horor

Hindari mendengar cerita negatif dari wanita yang sudah memiliki bayi, sangat penting. Tinggal jauh dari mendengar percakapan negatif. Beberapa wanita gemar menceritakan kisah persalinan mereka yang menyakitkan dan sulit bagi mereka. Membuat sebuah titik untuk tinggal jauh dari mendengar kisah-kisah tersebut. Cerita-cerita negatif dapat mempengaruhi perkembangan alamiah persalinan Anda.

5. Dapatkan Prenatal Dan Informasi Kelahiran

Mendidik diri sendiri dengan mencari informasi mengenai teknik mengatasi nyeri, pernapasan, relaksasi saat melahirkan. Kelas prenatal yang meliputi teknik manajemen nyeri saat persalinan akan sangat membantu. Pengetahuan ini akan membantu Anda melepaskan semua kekhawatiran dan ketakutan tentang persalinan.

6. Menjaga Hubungan Anda Dengan Suami Dan Keluarga

Dukungan dari suami ataupun keluarga sangat penting, usahakan agar suami atau ibu Anda berada di sisi Anda pada saat-saat kehamilan besar. Hindari untuk sendirian di rumah, jika Anda tidak bersama orang orang terdekat, Anda bisa memiliki seseorang yang dapat diandalkan.

7. Tidur Yang Cukup

Memiliki kualitas tidu yang baik, nyenyak dan tidak terganggu dapat mendukung pertumbuhan dan perkembangan bayi Anda. Menjaga ruangan Anda remang-remang, hindari minum teh atau kopi sebelum tidur karena dapat menyebabkan tuidur Anda terganggu.

Jangan khawatir tentang rasa sakit yang terkait dengan persalinan normal. Saat Anda sedang hamil membaca literatur sangat baik dan menjaga semangat Anda tetap terangkat. Pikirkan tentang anak Anda dan cobalah merasa kuat. Hal yang paling penting untuk Anda adalah untuk tetap menjadi bahagia dan merasa istimewa. Anda memiliki kehidupan baru dalam rahim Anda, pikiran itu sendiri sangat menarik. Menikmati setiap saat Anda hamil dan mempersiapkan mental untuk kedatangan tamu baru dalam hidup Anda. Bila Anda senang, hormone perasaan baik yang dilepaskan membuat Anda bersemangat tinggi dan menghilangkan perasaan cemas dan khawatir.

Citra Dewi Amd.Keb - June 24, 2016
Diskusi Dari:
Mohammad ikhsan

Selamat pagi ibu bidan, saya suliani. saya masih awam tentang kehamilan tapi penasaran dengan ketuban. apa sih sebenarnya fungsi dari ketuban itu? terima kasih saya tunggu jawabannya bu

Dijawab Oleh : Mohammad ikhsan
Diskusi Dari:
Debby

Siang Bu Bidan,
Bayi saya usia 4 bulan sering muntah kalau sudah minum ASI. Muntahnya kadang banyak dan kadang sedikit. Apa penyebab bayi saya sering muntah ? Apa bayi saya baik-baik saja kalau sering muntah ?

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Aisyah Putri Setiawan

Hallo bu bidan.. usia saya 35 thn dan sudah memiliki anak berusia 10 tahun yang lahir di tahun 2006, pada tahun 2008 saya hamil kembali tapi janin tidak berkembang dan harus kuret. Setelah kuret saya langsung pakai KB spiral selma 6 tahun. Dan sudah 2 tahun berjalan saya sudah lepas KB nya. Pertanyaan saya bu bidan, apakah saya termasuk kategori infertilitas sekunder karna sampai saat ini kehamilan belum terjadi kembali bu bidan. Terima kasih

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Milda

Selamat siang, mohon sarannya ya bu bidan untuk jenis persalinan apa yang baik untuk saya nanti. Saat ini saya mengandung usia 5 bulan. Saya mempunyai riwayat penyakit asma, namun memang sejak saya mengandung penyakit saya tidak pernah kambuh lagi. Sebaiknya saya menjalani persalinan normal atau harus operasi caesar ya? Saya juga baru pertama kali hamil dan ada sedikit rasa takut akan rasa sakit nanti saat persalinan. Terimakasih sebelumnya.

Dijawab Oleh : Milda
Diskusi Dari:
Day

Persalinan pertama saya mengalami gangguan medis yang mengharuskan saya operasi caesar, dan yang mau saya tanyakan adakah resiko bagi saya yang sebelumnya melakukan operasi caesar, dan lantas dikehamilan kedua saya ingin memlih jalan persalinan normal ? Mohon penjelasannya bu bidan

Dijawab Oleh : Day