3 Gangguan Abnormal Yang Terjadi Pada Kehamilan

Halo Bunda, bagaimana kabarnya hari ini? Semoga senantiasa baik dan sehat berikut kehamilannya ya!

Informasi yang akan saya berikan kali ini masih seputar kebidanan dalam gangguan yang terjadi pada wanita hamil, yang semoga bisa menjadi manfaat dan menambah pengetahuan Anda. Pembahasan yang cukup menarik kali ini adalah mengenai beberapa gangguan abnormal yang terjadi saat kehamilan. Kami sudah merangkum sedikitnya 3 Gangguan Abnormal Yang Terjadi Pada Kehamilan, apa saja? Ini dia penjelasannya.

Dalam masa kehamilan, bunda sudah pasti akan merasakan berbagai macam perubahan yang terjadi, entah secara fisik karena hal ini sudah pasti, juga secara emosional. Dari semua perubahan yang terjadi, tidak jarang diantaranya adalah gangguan abnormal yang terasa aneh, apalagi jika kehamilan ini adalah pengalaman kehamilan pertama kali.

Berikut ini adalah ulasan singkat mengenai efek kehamilan yang terasa abnormal jika Anda baru saja mengalami kehamilan, antara lain :

1. Keluarnya cairan dari organ genital.

Ketika dalam masa kehamilan, adalah hal yang wajar jika Anda mengeluarkan cairan berwana bening putih atau kekuningan yang keluar dari area genital Anda. Cairan tersebut bahkan bisa muncul kembali setelah melewati proses persalinan. Tidak perlu khawatir selama cairan tersebut tidak menimbulkan bau yang mengengat dan tidak menyebabkan gatal dan sensasi panas terbakar.

Keluarnya cairan ini terjadi akibat perubahan hormon pada ibu hamil yang diproduksi secara alami oleh tubuh. Untuk mengatasinya mudah saja, Anda bisa menggunakan pembalut tipis untuk melapisi cela dalam yang Anda pakai. Sebaiknya hindari pemakaian sabun pembasuh kewanitaan ketika Anda mengalami kondisi tersebut guna mencegah terjadinya iritasi.

2. Secara tidak sengaja mengompol disaat tertawa keras dan bersin.

Gangguan yang cukup aneh terjadi saat kehamilan lainnya, yaitu secara tidak sengaja tiba-tiba mengompol hanya karena tertawa terlalu keras atau bersin. Hal ini terjadi dikarenakan posisi kandung kemih yang lebih tertekan dikarenakan semakin membesarnya janin di dalam kandungan. Alhasil, ibu hamil seringkali tidak sengaja mengompol saat tertawa dan bersin.

Untuk mengatasi hal tersebit setiap kali Anda ingin pergi buang air kecil kekamar mandi, harus disegerakan dan tidak ditahan. Karena jika ditahan satu kali saja, berpotensi untuk mengalami kejadian seperti yang dikatakan poin nomor 2 ini. Nah, Anda juga sebaiknya mengenakan pembalut yang agar tebal atau membawa celana cadangan kemanapun Anda pergi untuk mengantisipasi kondisi ini. Cara lain mencegah kejadian tersebut, Anda bisa mulai melakukan latihan senam kegel untuk kehamilan. Manfaatnya bisa membantu melatih otot vagina Anda.

3. Mengeluarkan keringat dalam jumlah banyak.

Dalam masa kehamilan, sebagian besar wanita hamil juga mengalami kondisi berkeringat berlebih. Dalam hal normal, keringat berlebih bisa muncul ketika dalam akrifitas tinggi. Nah, jika dalam kehamilan, walaupun tidak melakukan aktifitas berat juga tetap akan berkeringat lebih banyak dari biasanya. Mengapa demikian?

Hal ini terjadi karena krtika hamil metabolisme di dalam tubuh akan meningkat dengan sendirinya. Terlebih dengan kondisi hami, peredaran darah di dalam tubuh akan jauh lebih besar sehingga membuat tubuh di bagian dalam panas, dan menghangat di bagian luar. Untuk mengatasi hal tersebut, secara alami tubuh mengeluarkan keringat, namun dalam jumlah yang cukup banyak.

Mengatasi keringat yang berlebih saat hamil, Anda bisa menggunakan deodoran atau bedak yang ditempatkan di bawah ketiak. Pastikan juga untuk mengenakan pakaian yang nyaman, serta dapat menyerap keringat dengan baik.

Semoga dapat bermanfaat, salam sehat selalu untuk Bunda dimanapun berada 🙂

Citra Dewi Amd.Keb - October 5, 2016
Diskusi Dari:
herry sinaga

Selamat pagi bu bidan,

aku mau tanya, siklus haid aku setiap bulannya selalu terlambat maksimal setelah meikah april tahun ini telat 1 minggu.

hal demikian kenapa terjadi ya bu bidan, dan menyebabkan susah hamil atau tidak?

atau daya da kelainan hormon atau bagaimana bu? dan cara mengatasinya bagaimana agar jika ada kelainan saya bisa mengobatinya sejak dini bu bidan.

terimakasih

Dijawab Oleh : herry sinaga
Diskusi Dari:
Ramadhan

Siang Dok. Saya wanita berusia 27 Tahun. Kemarin saya melakukan kuret di Rumasakit. Tetapi kenapa ya, ko setelah kuret ini saya merasakan meriang dan demam walau demam tidak begitu tinggi. Selain itu, saya juga merasakan rasa nyeri pada bagian perut bawah, rasa pegal pegal serta badan yang tiba tiba menjadi lemas. Kira kira ini masalah kesehatan apa ya dok? Apakah mungkin ini terjadi akibat adanya infeksi setelah melakukan kiret? Terus apa yang bisa di lakukan untuk membantu menghilangkan masalah kesehatan ini?

Dijawab Oleh : Ramadhan
Diskusi Dari:
Anonymous

Buk bidan kenapa ea bayi saya klo tidur bunyi nya gro grok usianya 4blan

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
herry sinaga

Selamat siang bu bidan saya mau bertanya bagaimana cara untuk mengatasi bau pada kelamin anak, anak saya perempuan umur 5 tahun mohon jawabannya

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Khansa Adeline

Selamat siang bu bidan, saya mau tanya nih, apakah anak remaja yang sama sekali belum pernah melakukan hubungan seksual bisa terserang penyakit radang panggul? jika bisa, bagaimana solusi dan pencegahannya? Terimakasih bu bidan…

Perlu Jawaban