3 Manfaat Mengunyah Makanan Pada Bayi

Selamat datang kembali di website kesehatan Bidan Online, situs kesehatan yang menjelaskan berbagai jenis informasi mengenai Kehamilan dan Anak – Anak. Pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan informasi yang tidak kalah penting yaitu 3 Manfaat Mengunyah Makanan Pada Bayi. Kenapa makanan haru dikunyah ? Apakah Anak Anda sendiri tidak mengunyah makanan ? Adakah bahayanya ?

Salah satu kasus ditemukan pada anak berusia batita dan sudah tidak mau lagi mengunyah makanan sejak usia 4 bulan. Sehingga, makanan yang diberikan padanya langsung ditelan. Bahkan usianya menginjak 3 tahun, anak ini tidak terampil dalam mengunyah makanan.

Jika hanya didengarkan sekilas, mungkinan Anda beranggapan itu hal yang biasa, sebagian orang tua berpikir bahwa makanan dengan porsi tertentu sudah memenuhi kebutuhan bayi tanpa harus berpikir adanya proses yang baik dan jika proses yang baik ini terkadang lupa yaitu proses makan pada bayi dalam melatih keterampilan dan menelan.

Mengunyah makanan, salah satu hal yang wajib harus bisa dilakukan oleh bayi karena prosesnya melibatkan otot serta radang makanan yangdkemudian dilanjutkan pada rongga dan gigi serta menyebabkan lembut dan lunak.

Maka dari itu, proses mengunyah makanan sangat penting dan mudah dicerna oleh lambung serta kebiasaan ini juga lebih banyak diberikan makanan pendamping ASI. Dalam melatih keterampilan mengunyah makanan bayi tetap memerlukan peran aktif dari Anda sebagai orang tua yang salah satunya memberikan stimulasi.

Berikut di bawah ini 3 Manfaat Mengunyah Makanan Pada Bayi

Membantu Proses Pencernaan

Mengunyah makanan merupakan salah satu proses untuk menghaluskan makanan sehingga menjadi tidak berat karena makanan yang dikunyah tidak terlalu lama diproses dalam lambung. Selain itu juga mendaptakan enzim dari air liur yang bisa membantu untuk memecah zat gizi dari makanan sehingga bagian kecilnya bisa lebih mudah diserap oleh darah.

Menguatkan Gusi dan Rahang

Dengan mengunyah makanan maka secara bertahap anak Anda akan belajar untuk menguyah serta dengan tekstur makanan yang berbeda – beda bisa membantu menguatkan gusi serta rahang terutama makanan yang mengandung serat tinggi. Jadi makanan yang mengandung serat, membutuhkan proses mengunyah dan hal ini bisa membantu membersihkan mulut. Kebersihan rongga mulut yang bermasalah juga bisa menyebabkan gangguan kesehatan pada mulut seperti sariawan serta radang gusi yang bisa menghambat makanan.

Gunakan Bahan Makanan Bervariatif

Alangkah baiknya jika Anda memilih jenis bahan makanan yang bisa mudah dicerna oleh anak dan mengurangi menu makanan yang keras atau alot. Meskipun ingin anak Anda segera terampil dalam mengunyah makanan, tapi Anda harus tetap mengutakan kemudahan dalam proses mengunyah makanan dan mengunakan bahan yang berbeda – beda untuk meningkatkan nafsu makan anak. Karena terkadang ada beberapa anak yang yang saat besarnya menjadi pilih – pilih makanan serta memiliki nilai gizi yang kurang baik.

Nah, dengan kata lain bagi Anda yang hingga saat ini anak Anda memuntahkan makanan kemungkinan karena keterampilan mengunyahnya kurang. Keterampilan mengunyah akan semakin bertambah saat Anda memberikan stimulasi pada anak Anda dan jangan meremehkan proses mengunyah setelah Anda mengetahui banyaknya manfaat yang bisa membantu dalam menjaga kesehatan Andak Anda dalam mengunyah makanan.

Baca Juga :

Citra Dewi Amd.Keb - November 11, 2017
Diskusi Dari:
Milda

Selamat siang, mohon sarannya ya bu bidan untuk jenis persalinan apa yang baik untuk saya nanti. Saat ini saya mengandung usia 5 bulan. Saya mempunyai riwayat penyakit asma, namun memang sejak saya mengandung penyakit saya tidak pernah kambuh lagi. Sebaiknya saya menjalani persalinan normal atau harus operasi caesar ya? Saya juga baru pertama kali hamil dan ada sedikit rasa takut akan rasa sakit nanti saat persalinan. Terimakasih sebelumnya.

Dijawab Oleh : Milda
Diskusi Dari:
Anonymous

Bagaimana mengatasi stres saat hamil

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
Ratu

Selamat malam bu bidan,
Bu saya mempunyai balita perempuan dan sekarang ini sudah berumur 6 bulan. Sudah 4 hari ini BAB bayi saya hanya mengeluarkan air dan 2jam sekali bayi saya BAB bu, perutnya juga kembung dan saya raba perut bayi saya hangat bu,, mohon petunjuknya bu, apa yg harus saya lakukan bu, sudah 4 hai ini bayi saya opname di RSU SEMBIRING DELITUA MEDAN BU.

Dijawab Oleh : Ratu
Diskusi Dari:
Rennym

Siang dok, saya mau tanya kenapa ya ko di bagian bawah dagu saya ada benjolan yang apabila di pegang, di raba atau tersentuh itu sakit. Apa ada hubungannya dengan sariawan? Soalnya saat ini saya sedang sariawan, mohon penjelasannya dok

Dijawab Oleh : Rennym
Diskusi Dari:
Ai Ni

Sore bu, saya mau nanya nih.
Saat ini saya mengandung usia kehamilan 8 bulan, menjelang melahirkan saya menjadi banyak ketakutan sekali. Takut terjadi apa-apa saat persalinan yang nantinya bisa meibuhayakan saya maupun bayi saya. Apalagi setelah saya meibuca beberapa artikel yang menyebutkan bahwa angka kematian ibu saat melahirkan lumayan tinggi. Nah yang mau saya tanyakan ialah, sebenarnya apa sih penyebabnya kematian ibu melahirkan tersebut? Mohon infonya ya. Terimakasih

Perlu Jawaban