5 Cara Menyembuhkan Ambeien Setelah Melahirkan

Share Dan Tag Teman Kamu Di :

  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Bidan Online | Ambeien atau lebih dikenal dengan wasir merupakan penyakit yang terjadi pada bagian anus. Biasanya bibir anus mengalami pembengkakan yang menyebabkan rasa sakit dan perih, kadang-kadang disertai pendarahan juga. Wasir disebabkan oleh banyak hal, secara umum disebabkan oleh terlalu lama duduk atau berdiri, mengejan terlalu kuat saat buang air besar. Tetapi wasir juga dapat terjadi saat hamil atau karena terlalu kuat mengejan saat persalinan. Nah, pada artikel kali ini kita akan membahas tentang 5 cara menyembuhkan ambeien setelah melahirkan.

    5 Cara Menyembuhkan Ambeien Setelah Melahirkan


    1. Jangan berdiri atau duduk terlalu lama

    Biasanya ibu hamil mempunyai aktivitas yang lebih sedikit dari pada biasanya. Kebanyakan ibu hamil lebih sering duduk atau tiduran. Nah, hal ini harus dihindari karena jika terlalu lama duduk, bisa menyebabkan ambeien. Atau usahakan tidak duduk di tempat yang keras, dan akan lebih baik jika duduk dalam bantal yang berbentuk donat. Tujuannnya yaitu karena lubang pada bagian tengah bantal ini dapat mengurangi tekanan pada anus.

    2. Perbanyakan Makan Serat

    Jika ibu hamil mengkonsumsi banyak makanan serat, maka feses yang akan dikeluarkan mempunyai tekstur yang lebih lunak. Biasanya saat ibu hamil kekurangan serat, ia akan mengalami sembelit yang mengakibatkan feses keras dan menyulitkan keluar saat buang air besar. Hal ini mengharuskan Anda untuk mengejan lebih kuat, sehingga peningkatan pada pembuluh darah, rektum dan perineum akan terjadi yang akhirnya mengakibatkan membengkaknya lapisan bibir anus atau bahkan hingga menonjol keluar. Serat bisa Anda dapatkan pada beberapa sayuran hijau dan buah-buahan lainnya. Mengkonsumsi cukup serat juga harus tetap dilakukan pasca melahirkan, karena selain untuk mencegah sembelit juga dapat memperbanyak produksi ASI.

    3. Konsumsi Air Putih lebih Banyak

    Selain mengkonsumsi buah dan sayuran yang mengandung serat, mengkonsumsi air putih juga dapat membantu menyembuhkan ambeien setelah melahirkan. Asupan cairan yang cukup akan membantu saluran pencernaan, mencegah sembelit, dan menjaga tesktur feses agar tidak mengeras. Sebaiknya, konsumsi air putih sekitar 2 liter dalam sehari. Lebih banyak juga lebih baik.

    4. Berendam Dengan Air Hangat

    Untuk menyembuhkan ambeien pasca melahirkan, Anda juga bisa mengatasinya dengan berendam pada air hangat. Usahakan dalam sehari Anda melakukannya 1 kali, untuk mengurangi rasa nyeri pada anus, dan mengurangi pembengkakannya.

    5. Operasi

    Dalam sebagian kasus, ada ambeien yang dikatakan permanent. Biasanya dokter akan menyarankan untuk mengambil meja operasi. Tapi, Anda tidak perlu khawatir, karena teknology yang semakin canggih, kini dokter mempunyai teknik operasi yang lebih aman dan tidak mengharuskan melakukan pemotongan pada jaringan hermoroid. Sehingga akan mengurangi rasa sakit dan pemulihannya juga lebih cepat.

    Jika gejala-gejala dari wasir mulai Anda rasakan saat hamil, sebaiknya Anda harus mengubah kebiasaan duduk Anda yang terlalu lama, memperbanyak konsumsi serat dan air putih. Biasanya ambeien sering dianggap bukan penyakit atau di anggap penyakit yang ringan. Padahal jika tidak ditangai dengan baik, maka kondisi ini akan lebih menyulitkan Anda saat menjadi proses persalinan. Dan akan mengakibatkan risiko komplikasi yang tinggi.

    Mungkin Anda juga tertarik untuk membaca :

    Penulis : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd.Keb - September 9, 2016
    Diskusi Dari:
    Risky nur

    Malem dok, say hamil berusia 1bulan, saya ada asma, tapi semua tes lebih dan ronsen nya bagus semua, tidak menandakan penyakit paru-paru, saat asma mau kambuh pasti selalu batuk terlebih dahulu, pertanyaan saya bahayakah untuk janin saya dok

    Dijawab Oleh : Risky nur
    Diskusi Dari:
    Adhy Putra Lautan

    Selamat pagi bu bidan, saya mau tanya. Bagaimana cara mengatasi sakit pinggang saat hamil ? Saya sedang hamil 7 bulan, sering mengeluhkan sakit pinggang.

    Perlu Jawaban
    Diskusi Dari:
    Ramadhan

    Siang Dok. Saya wanita berusia 27 Tahun. Kemarin saya melakukan kuret di Rumasakit. Tetapi kenapa ya, ko setelah kuret ini saya merasakan meriang dan demam walau demam tidak begitu tinggi. Selain itu, saya juga merasakan rasa nyeri pada bagian perut bawah, rasa pegal pegal serta badan yang tiba tiba menjadi lemas. Kira kira ini masalah kesehatan apa ya dok? Apakah mungkin ini terjadi akibat adanya infeksi setelah melakukan kiret? Terus apa yang bisa di lakukan untuk membantu menghilangkan masalah kesehatan ini?

    Dijawab Oleh : Ramadhan
    Diskusi Dari:
    Ai Ni

    Sore bu, saya mau nanya nih.
    Saat ini saya mengandung usia kehamilan 8 bulan, menjelang melahirkan saya menjadi banyak ketakutan sekali. Takut terjadi apa-apa saat persalinan yang nantinya bisa meibuhayakan saya maupun bayi saya. Apalagi setelah saya meibuca beberapa artikel yang menyebutkan bahwa angka kematian ibu saat melahirkan lumayan tinggi. Nah yang mau saya tanyakan ialah, sebenarnya apa sih penyebabnya kematian ibu melahirkan tersebut? Mohon infonya ya. Terimakasih

    Perlu Jawaban
    Diskusi Dari:
    THESSYA ULIANTRY

    Assalamualaikum,, bu bidan sya ibu aan dari kasturi,, yg waktu mw lahiran di ibu ga jadi krna ibu sakit,, bu saya mau konsul,, bayi sya udh berumur 6bln jalan mau 7 bln,, tpi ia ada keluhan dlm pencernaan makanan, semenjak makan MPAsi ia suka mual2 dan muntah gak cocok hingga sampai kekurangan cairan akibat dehidrasi dan wktu itu ibu ngasih obat mual,, sampai asi pun di muntah kan tpi dri obat ibu, asi bisa masuk lagi.
    Dan skrng sya bingung , anaknya sudah mau makan bngt,, lalu sya kasih alternatif lain yg alami,, yaitu ubi/ boled,, lalu ia pun suka dn ga muntah alhamdulillah,, tapi bu ia skrng bab terus dan ada darah sedikit hari ini saja,, mungkin karena ada dua hal, sya makan pedas wktu kemarin atau krna makan ubi,, mohon solusi dari ibu…..,,

    Dijawab Oleh : THESSYA ULIANTRY