5 Cara Menyembuhkan Ambeien Setelah Melahirkan

Bidan Online | Ambeien atau lebih dikenal dengan wasir merupakan penyakit yang terjadi pada bagian anus. Biasanya bibir anus mengalami pembengkakan yang menyebabkan rasa sakit dan perih, kadang-kadang disertai pendarahan juga. Wasir disebabkan oleh banyak hal, secara umum disebabkan oleh terlalu lama duduk atau berdiri, mengejan terlalu kuat saat buang air besar. Tetapi wasir juga dapat terjadi saat hamil atau karena terlalu kuat mengejan saat persalinan. Nah, pada artikel kali ini kita akan membahas tentang 5 cara menyembuhkan ambeien setelah melahirkan.

5 Cara Menyembuhkan Ambeien Setelah Melahirkan


1. Jangan berdiri atau duduk terlalu lama

Biasanya ibu hamil mempunyai aktivitas yang lebih sedikit dari pada biasanya. Kebanyakan ibu hamil lebih sering duduk atau tiduran. Nah, hal ini harus dihindari karena jika terlalu lama duduk, bisa menyebabkan ambeien. Atau usahakan tidak duduk di tempat yang keras, dan akan lebih baik jika duduk dalam bantal yang berbentuk donat. Tujuannnya yaitu karena lubang pada bagian tengah bantal ini dapat mengurangi tekanan pada anus.

2. Perbanyakan Makan Serat

Jika ibu hamil mengkonsumsi banyak makanan serat, maka feses yang akan dikeluarkan mempunyai tekstur yang lebih lunak. Biasanya saat ibu hamil kekurangan serat, ia akan mengalami sembelit yang mengakibatkan feses keras dan menyulitkan keluar saat buang air besar. Hal ini mengharuskan Anda untuk mengejan lebih kuat, sehingga peningkatan pada pembuluh darah, rektum dan perineum akan terjadi yang akhirnya mengakibatkan membengkaknya lapisan bibir anus atau bahkan hingga menonjol keluar. Serat bisa Anda dapatkan pada beberapa sayuran hijau dan buah-buahan lainnya. Mengkonsumsi cukup serat juga harus tetap dilakukan pasca melahirkan, karena selain untuk mencegah sembelit juga dapat memperbanyak produksi ASI.

3. Konsumsi Air Putih lebih Banyak

Selain mengkonsumsi buah dan sayuran yang mengandung serat, mengkonsumsi air putih juga dapat membantu menyembuhkan ambeien setelah melahirkan. Asupan cairan yang cukup akan membantu saluran pencernaan, mencegah sembelit, dan menjaga tesktur feses agar tidak mengeras. Sebaiknya, konsumsi air putih sekitar 2 liter dalam sehari. Lebih banyak juga lebih baik.

4. Berendam Dengan Air Hangat

Untuk menyembuhkan ambeien pasca melahirkan, Anda juga bisa mengatasinya dengan berendam pada air hangat. Usahakan dalam sehari Anda melakukannya 1 kali, untuk mengurangi rasa nyeri pada anus, dan mengurangi pembengkakannya.

5. Operasi

Dalam sebagian kasus, ada ambeien yang dikatakan permanent. Biasanya dokter akan menyarankan untuk mengambil meja operasi. Tapi, Anda tidak perlu khawatir, karena teknology yang semakin canggih, kini dokter mempunyai teknik operasi yang lebih aman dan tidak mengharuskan melakukan pemotongan pada jaringan hermoroid. Sehingga akan mengurangi rasa sakit dan pemulihannya juga lebih cepat.

Jika gejala-gejala dari wasir mulai Anda rasakan saat hamil, sebaiknya Anda harus mengubah kebiasaan duduk Anda yang terlalu lama, memperbanyak konsumsi serat dan air putih. Biasanya ambeien sering dianggap bukan penyakit atau di anggap penyakit yang ringan. Padahal jika tidak ditangai dengan baik, maka kondisi ini akan lebih menyulitkan Anda saat menjadi proses persalinan. Dan akan mengakibatkan risiko komplikasi yang tinggi.

Mungkin Anda juga tertarik untuk membaca :

Citra Dewi Amd.Keb - September 9, 2016
Diskusi Dari:
Gigin Gumay

Selamat siang ibu bidan, begini saya ingin menanyakan tentang bagaimana cara membangun kepribadian anak, supaya dia bisa menjadi lebih mandiri gitu bu, biar ga manja, apa-apa harus selalu sama orang tuanya, itu kan kalau terlalu seperti itu ga baik kan ya bu? itu saja, terima kasih saya tunggu jawabannya.

Dijawab Oleh : Gigin Gumay
Diskusi Dari:
Cantika Rahayu

Selamat pagi bu bidan, maaf sebelumnya saya tidak menanyakan bahasan kesehatan. Saya memiliki anak usia 8 tahun. Ia sekarang baru masuk kelas 3 SD. Sewaktu kecil anak saya itu nurut sama saya, tapi semakin besar kok dia malah sulit untuk diatur. Apa yang salah dengannya atau saya sendiri yang salah mendidiknya selama ini ? Mohon penjelasannya bu bidan. Terimakasih

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Sheila Marwah

Selamat pagi bu bidan, saya mau tanya gimaana sih cara mengatasi mata lelah karena sering di depan komputer? apa perlu saya memakai kacamata? tolong di jawab yah bu bidan, terimakasih:)

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Chika ELlo

Assalamu’alaikum bu bidan, selamat siang…
Nama saya Milla Natalia, saya seorang ibu rumah tangga dan baru memiliki 1 anak laki-laki usianya mau menginjak 3 tahun. Nah bu bidan, anak saya ini hiperaktif dan bisa di bilang cepat pertumbuhannya. Tapi dengan cuaca seperti ini yang kadang terang dan tiba-tiba hujan bagaimana cara kami sebagai orang tua untuk menjaga kesehatan anak kami agar tidak mudah terserang penyakit bu bidan? karena kami takut salah apa saja yang harus dilakukan di usia yang mau menginjak 3 tahun ini. Terimakasih bu bidan, ditunggu solusinya.
Wassalamm…

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Ramadhan

Selamat siang bu bidan, saat ini saya sedang hamil 4 bulan dan saya memang termasuk orang yang tidak suka makan sayur bahkan bisa di katakan sebelum hamilpun saya tidak pernah makan sayur. Nah berhubung sekarang saya lagi hamil saya agak khawatir nih takutnya nutrisi saya dan janin tidak tercukupi karena tidak mengkonsumsi sayuran. Apakah ada makanan pengganti sayur untuk ibu hamil yang tidak suka makan sayur?

Dijawab Oleh : Ramadhan