5 Faktor Penyebab Bayi Baru Lahir Sudah Tumbuh Gigi

Bidan Online -, 5 Faktor Penyebab Bayi Baru Lahir Sudah Tumbuh Gigi -, Pada kondisi yang normal, bayi akan tumbuh gigi jika sudah mencapai usia 6 sampai 13 bulan, tetapi pada kasus kelahiran bayi diperkirakan ada 1 kasus bayi yang mengalami tumbuh gigi pada saat dilahirkan. Lalu bahayakah ? Dan Apa penyebab sehingga bayi baru lahir sudah tumbuh gigi ?

Meskipun jarang ditemukan mengenai kasus bayi baru lahir sudah tumbuh gigi tapi ini merupkan kasus kelainan pertumbuhan dan perkembangan gigi yang umumnya terjadi pada bagian gigi atas atau bawah. Meskipun si kecil sudah tumbuh gigi tapi hal ini tidak akan membahayakan kesehatan dan gigi susu yang tumbuh dan tanggal dengan sendirinya.

Dalam istilah kedokteran, munculnya gigi pada bayi yang baru lahir disebut dengan natal teeth dan pada umumnya berkembang pada bagian gusi bawah lalu gigi sentral akan timbul. Pada struktur gigi anak dan melekat pada gusi yang berada di jaringan lunak sehingga penempatan yang tidak tepat bisa menyebabkan adanya iritasi. Sebagian besar terjadinya muncul gigi pada bayi baru lahir bukan hanya disebabkan oleh kondisi medis, melainkan juga bisa sebabkan oleh 5 faktor penyebab bayi lahir sudah tumbuh gigi seperti di bawah ini:

  • Isolated Anomaly adalah penyebab yang paling umum terjadi pada bayi yang memiliki gigi pada saat dilahirkan.
  • Sindrom Ellis Van Crevelnd adalah sindrom yang mewarisi kelainan dan kekerdilan sehingga bisa memicu terjadinya gigi muncul pada saat bayi dilahirkan.
  • Sindrom Pierre Robin adalah kondisi yang sering ditandai dengan rahang bawah yang sangat kecil atau disebut dengan micrognathia alalu lidah cenderung mundur dan ke bawah bahkan celah lunak di langit – langit mulut.
  • Sindrom Soto adalah kondisi yang sangat langka karena bayi tumbuh gigi karena kelainan faktor genetik yang menyebabkan pertumbuhan berlebihan pada anak usia 2-3 tahun di awal pertumbuhannya.
  • Sindrom Hallerman – Streif atau kondisi dimana kelainan ini bisa mempengaruhi tinggi dan juga betuk kepala.

Kondisi celah putih pada saat bayi dilahirkan memang menjadi kondisi yang langka danhal ini juga didasari karena muncul gigi pada usia 6 -13 bulan dalam bentuk gigi susu. Umumnya pada bayi kemunculkan gigi pertama adalah empat gigi di bagian bawah atau atas yang bisa membantu bayi Anda untuk menggigit dan memotong makanan.

Menjelang usia 3 tahun anak sudah mulai memiliki satu set gigi yang lengkap dan selanjutkan mulai dari usia 5 tahun sampai 6 tahun akan memungkinan gigi permanen sampai usia anak dewasa.

Jadi dengan demikian, Anda tidak perlu khawatir jika saat lahir anak Anda sudah memiliki gigi atau terdapat kemunculan celah warna putih di sela – sela tumbuh gigi. Kondisi bayi lahir sudah tumbuh gigi tidak akan membahayakan kondisi kesehatan bayi Anda dan menjaga sehingga gigi yang tumbuh tetap bersih dan sehat.

Baca Juga :

Citra Dewi Amd.Keb - March 7, 2017
Diskusi Dari:
Nurfah Putriie Sopiant

Siang ibu bidan, nama saya aisyah. Saya mau bertanya tentang perlengkapan apa saja yang harus di persiapkan dan harus di bawa ke Ruma Sakit atau Bidan ketika saya melahirkan. Jujur saja, saat ini saya masih bingung perlengkapan bayi apa saja yang harus saya bawa saat melahirkan nanti. Mohon jawabannya dok 🙂

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Adhy Putra Lautan

Selamat pagi bu bidan, saya mau tanya. Bagaimana cara mengatasi sakit pinggang saat hamil ? Saya sedang hamil 7 bulan, sering mengeluhkan sakit pinggang.

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Indri Ekawaty

Salamualikum
Dok saya lepas kb bulan 2 sekarang bulan 9 mengapa saya tak kunjung hamil

Dijawab Oleh : Indri Ekawaty
Diskusi Dari:
Dwickadeck Doen

Selamat siang bu bidan, saya Yesa dari losarang mau tanya tentang kesehatan wanita, bagaimana sih cara agar tubuh kita tetap sehat, fit, ideal meskipun kesibukan kita penuh dari pagi sampai sore. Ditunggu jwabanya bu bida terimakasih

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Aolia SucCie Priyatna

Selamat siang bu bidan, saya mau tanya. Adakah umur ideal bagi anak untuk disunat ? Sekarang ini umur anak saya baru menginjak 2 tahun. Apakah usianya masuk kriteria untuk disunat atau belum ? Mohon penjelasannya bu bidan. Terimakasih.

Perlu Jawaban