5 Hal Penting Mengenai Kelahiran Bayi Prematur

Selamat datang dan terima kasih sudah berkunjung ke website Bidan Online. Pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan informasi yang tidak kalah menarik, inspiratif dan tentunya memiliki manfaat yang baik terlebih bagi Anda yang memiliki bayi prematur yaitu 5 Hal Penting Mengenai Kelahiran Bayi Prematur, berikut informasi selengkapnya di bawah ini.

Tidak ada orang tua yang menginginkan kelahiran bayi nya prematur dan sayangnya ada sebagian orang tua yang mengalami hal ini. Jika bayi lahir sebelum usia 37 minggu maka bisa dikatakan itu merupakan bayi prematur.

5 Hal Penting Mengenai Kelahiran Bayi Prematur

Fakta Bayi Prematur

Berdasarkan data dari WHO tahun 2013, kurang lebih 1.5 juta bayi terlahir prematur setiap tahunnya di dunia dan jumlah ini terus bertambah setiap tahunnya. Bahkan Negara Indonesia sendiri berada dalam urutan 5 dari 10 negara dengan jumlah bayi prematur terbanyak di seluruh dunia. Sebagian dari Anda juga mungkin mengetahui bahwa penyebab meninggalnya bayi baru lahir di bawah usia 4 tahun adalah kaerna prematur sedangkan penyebab kedua yaitu pneumonia untuk anak di bawah usia 5 tahun.

Ciri – Ciri Bayi Prematur

  • Memiliki ukuran tubuh lebih kecil dengan berat badan di bawah 2.5 kg
  • Kulit tipis dan rapuh
  • Memiliki banyak lanugo atau rambut halus di tubuhnya
  • Suhu tubuh berubah menjadi lebih rendah
  • Mengalami masalah dengan pernafasan
  • Kurangnya refleks dalam menyedot dan menelan

Faktor Pemicu Kelahiran Bayi Prematur

Sebenarnya untuk penyebab secara pasti kelahiran bayi prematur belum bisa diketahui secara jelas. Tapi penyebabnya lebih besar pada ibu yang sebelumnya sudah pernah mengalami kelahiran bayi prematur, kelahiran kembang, jarak dengan kehamilan kurang dari 6 bulan dan mengalami keguguran atau aborsi berulang, infeksi pada ibu hamil serta ibu yang merokok dan mengkonsumsi obat – obatan.

Komplikasi Bayi Prematur

Bayi yang terlahir sebelum usia 37 minggu dimana pembentukan tubuh belum sempurna dan komplikasi akan lebih mudah terjadi. Masalah kesehatan yang seringkali dialami oleh bayi prematur  yaitu masalah pernafasan dimana paru paru bayi berfungsi engan baik dan umumnya dibantu dengan alat untuk melahirkan.

Tidak hanya itu saja, komplikasi lainnya terjadi pada jantung, metabolisme serta daya tahan (immune system). pencernaan dialami bayi prematur atau SIS (kematian mendadak pada bayi) yang bisa saja terjadi. Masalah seperti perkembangan perilaku, psikologis, pendengaran dan penglihatn juga lebih rentan dialami oleh bayi prematur.

Penanganan Kelahiran Bayi Prematur

Bunda, sebenarnya kelahiran bayi prematur bisa dicegah dengan injeksi saat kehamilan dan membantu perkembangan paru paru serta janin apabila diketahui adanya masalah tersebut. Salah satu caranya yaitu dengan melakukan perawatan khusus di bagian NICU atau Neonatal Intensive Care Unit.

Sebagian bayi ada yang membutuhkan peralatan medis seperti disinari jika bilirubin tinggi atau pemberian antibiotik apabila bayi mengalami infeksi. Bahkan sekarang ada metode lain yaitu “Kangaroo mother care” (bayi dipeluk ibu agar mengalami skin-to-skin contact dan pemberian ASI yang sering)  dan ini sangat efektif jika diterapkan pada bayi prematur yang lebih sehat.

Meskipun orang tua mengalami tantangan yang cukup berat dari berbagai segi, namun kelahiran bayi prematur juga ternyata banyak menginspirasi banyak orang.

Baca Juga :

Citra Dewi Amd.Keb - December 1, 2017
Diskusi Dari:
Rani Anggraeni

Sore bu bidan.
Saya saat ini tengah mengandung usia kehamilan tua, dan ini adalah kehamilan kedua saya. Saat persalinan saya yang pertama, saya kurang begitu banyak memiliki tenaga. Kata teman-teman saya, lebih baik pada persalinan kali ini saya ngemil jadi tenaga saya bisa bertambah. Yang mau saya tanyakan, jika saya makan atau ngemil dalam proses tahapan persalinan apakah berbahaya atau tidak? Terimakasih

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Asti Anisa

Selamat pagi, saya mau bertanya, bagaimana cara mengatasi kaki bengkak saat hamil? Terima kasih

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
uye (wanita)

saya hamil menginjak usia 8 bulan. saat sedang tidur posisi miring ke kanan memang tidak nyaman karena janin seperti menolak dan menendang2, bentuk perut pun jadi menggantung. tapi akhir-akhir ini miring ke kiri pun sama jadi kurang nyaman dan menggantung sedikit namun janin tidak menendang2. rasanya lebih enak untuk tidur telentang begitu, padahal kan resikonya buruk ya. tapi janin nampak nyaman juga apabila posisi tidur telentang. tapi saya berganti-ganti posisi saja kadang miring ke kiri kadang telentang. bagaimana ya solusinya?

Dijawab Oleh : uye (wanita)
Diskusi Dari:
Anonymous

Siang dok, saya mau tanya. Anak saya umur 3 bulan lebih belum bisa miring apalagi tengkurap, apa itu tidak apa-apa dok ? bagaimana caranya agar anak saya bisa cepat miring dan tengkurap ? Terimakasih

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
Gek Anik

selamat siang,
saya dwik ingin menanyakan dulu saya kista,sekarang kista saya di nyatakan layu
terus saya berhubungan badan karna saya menginginkan kehamilan,
apakah mungkin bisa jadi kehamilan bila kista sudah layu
mohon di bantu infonya,,
terima kasih

Dijawab Oleh : Gek Anik