5 Tips Menumbuhkan Rambut Bayi Agar Tebal dan Sehat

Rambut si kecil tidak tumbuh merata ? atau rambut yang tumbuh hanya sedikit saja ? Tidak perlu khawatir bunda karena tim curhat bidan akan memberikan solusi menumbuhkan rambut bayi agar tebal dan sehat berikut ini . . .

Selain pertumbuhan gigi si kecil yang harus kita perhatikan, pertumbuhan rambut bayi pun tak boleh luput dari perawatan. Rambut bayi dinamakan dengan Rambut Velus yaitu rambut sementara yang akan habis setelah mencapai usia 1-3 bulan. Tanpa harus digunduli sebenarnya rambut bayi akan rontok dan digantikan dengan rambut yang baru. Banyak orang tua yang beranggapan jika setelah menggunduli bayi, rambut bayi akan tumbuh dengan lebat. Namun ada sering terjadi juga bayi yang meskipun sudah digunduli tetap saja rambutnya tipis. Sebenarnya tebal/tipis rambut bayi biasanya dipengaruhi oleh faktor lingkungan, faktor gizi dan faktor genetik.

5 Cara Merawat Rambut Bayi Agar Tumbuh Tebal dan Sehat

Meskipun demikian, bunda tidak perlu khawatir kok. Bila rambut si kecil belum tumbuh sebelum menginjak usia 2 tahun masih normal, namun bila sudah 2 tahun rambut tidak tumbuh terus perlu dikonsultasikan ke dokter/bidan online. Berikut ini ada beberapa tips yang bisa bunda praktekan di rumah agar kesehatan rambut si kecil terjaga :

  1. Mencukupi kebutuhan nutrisi si kecil
    Seperti yang dikatakan sebelumnya pertumbuhan rambut bayi bisa dipengaruhi oleh faktor gizi. Pastikan bayi menerima asupan gizi dan nutrisi yang lengkap seperti Protein (terdapat pada telur, ikan, daging, susu, kacang-kacangan, dll), Omega 3 (ikan salmon, kacang kenari, minyak ikan, kedelai, kembang kol, dll), Zat besi (letin, bayam, tomat, kentang, dll), Vitamin (buah-buahan dan sayuran). Bila si kecil masih dalam masa ASI Eksklusif, untuk memenuhi kebutuhan nutrisi si kecil bundanya lah yang harus mengkonsumsi makanan diatas.
  2. Memotong Rambut Bayi
    Memotong rambut bayi sampai gundul sebenarnya tidak berpengaruh pada tebal/tipis nya rambut bayi di kemudian hari, meskipun tidak berpengaruh sama sekali menggunduli rambut bayi bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit kepalanya. Biasanya pada bayi sering terdapat kerak kotoran yang menempel dan menutupi pori-pori kulit sehingga bisa terbuang dan bersih.
  3. Menggunakan Minyak Kemiri
    Pengaplikasian minyak kemiri sebagai penumbuh rambut memang sudah dilakukan sejak dahulu. Minyak kemiri tenyata sangat efektif untuk menyuburkan rambut bayi. Anda bisa dapatkan minyak kemiri dengan cara membeli atau membuat sendiri. Caranya sangat mudah kok, siapkan beberaap kemiri kemudian ditumbut dan disangrai sampai warnanya sedikit berubah. Setelah itu masukkan hasil sangrai kemiri ke dalam kain lalu peras hingga mengeluarkan minyak. Minyak tersebut bisa digosok dan dipijat pada kelapa bayi secara rutin. Cara tersebut tentunya aman dan alami.
  4. Gunakan Daun Seledri
    Sama halnya dengan minyak kemiri, daun seledri juga dipercaya dapat menumbuhkan rambut secara subur dan efektif. Caranya membuatnya dengan menumbuk halus daun seledri kemudian di oleskan pada kulit kepala bayi setiap 3 kali sehari saat si kecil mandi.
  5. Gel Lidah Buaya
    Lidah buaya sudah kita kenal sebagai penumbuh dan penyehat rambut secara alami, lidah buaya juga ternyata bisa diaplikasian untuk si kecil karena tidak mengandung bahan kimia yang membahayakan. Cara menggunakan nya pun cukup mengiris lidah buaya menjadi 2 bagian kemudian oleskan gel lidah buaya pada kepala bayi. Supaya hasilnya lebih maksimal harus dilakukan secara rutin.

Dengan rutin mengaplikasikan cara diatas kami jamin rambut bayi akan tumbuh tebal, lebat dan sehat. Bila malas biasanya sekarang telah hadir produk sampo khusus menebalkan rambut bayi, namun anda harus padai memilah dan memilih produk sampo yang tidak mengandung zat kimia dan tidak pedih di mata sehingga si kecil nyaman memakainya. Semoga artikel diatas dapat menambah wawasan anda. SEMOGA BERMANFAAT

| 5 Tips Menumbuhkan Rambut Bayi Agar Tebal dan Sehat

Citra Dewi Amd.Keb - July 28, 2016
Diskusi Dari:
Hilman Suhilman

Pagi bu bidan, nama saya Saddam usia 26 tahun dan saya sudah menikah hampir dua tahun tapi belum memiliki anak. Setelah diperiksa, menurut dokter saya mengidap penyakit azoospermia karena leukosit tinggi. Saya masih mengkonsumsi obat dari dokter tapi ada cara lain kah bu bidan yang lebih alami ? Terima kasih mohon dijawab bu bidan.

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Anonymous

Saya dapat menstruasi tanggal 23 agustus. Tanggal berapakah masa paling subur saya dan makanan apa yg harus saya konsumsi selama masa subur? Terimakasih

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
Riri

Siang dok, saya penderita masalah kesehatan kelenjar getah bening, apakah penyakit ini bisa mematikan?

Dijawab Oleh : Riri
Diskusi Dari:
Salma Syarifah Latipah

Selamat siang bu bidan, saya mau tanya nih usia saya sekarang mau menginjak 20 tahun. Keluhan saya ini selalu kentut atau buang gas lewat vagina, apakah itu normal-normal saja untuk saya yang belum pernah melakukan hubungan suami istri? jika itu bahaya, apa yang harus saya lakukan bu? Terimakasih ditunggu jawabannya.

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Riza

Assalamualaikum Bu Bidan, saya Hendra Hermawan saya tadi selesai baca artikel tentang kesuburan pria dan disana katanya kalau sering makan terong bakal bikin penis kita jadi lemas itu gimana bu bidan ?

Perlu Jawaban