6 Cara Melatih Bayi Belajar Tengkurap Dengan Mudah

www.curhatbidan.com – Pada perkembangan bayi yang dimulai dari sejak lahir hingga usia 2 tahun memang sangat menyenangkan untuk diamati. Perkembangan pada organ tubuh bayi setelah lahir yang berjalan cukup baik dapat membantu dalam perkembangan tubuh bayi yang normal. Bagi orang tua tentu sangat senang saat kemampuan fisik dan juga motorik bayi terus meningkat dengan dalam waktu yang cepat. Akan tetapi ada juga bagi orang tua yang merasakan khawatir karena bayi yang memiliki kemampuan lambat. Perkembangan bayi memang berbeda-beda termasuk saat bayi sudah mulai belajar tengkurap. Dan pada masalah perkembangan ini paling sering terjadi pada bayi prematur.

Tengkurap merupakan suatu aktivitas bayi yang harus dilatih sejak usia satu bulan. Bertujuan untuk dapat melatih pada kekuatan leher, punggung, serta otot-otot tubuh bagian atas lainnya. Akan tetapi alangkah baiknya, salah satu syarat supaya bayi bisa tengkurap adalah saat sang bayi sudah bisa memiliki otot leher yang kuat, dalam arti sang bayi sudah bisa menegakkan kepala mereka tanpa adanya bantuan dari orang lain.

Tetapi memang bayi tidak suka tengkurap berlama-lama apalagi jika ia masih dalam tahap belajar. Rasa bosan akan menjadi penyebab bayi sehingga akan menjadi rewel jika tengkurap cukup lama. Idealnya bayi tengkurap dalam waktu selama 15 menut dalam sehari. Dan disarankan dalam waktu tersebut menjadi beberapa kesempatan. Lalu bagaimana cara orang tua untuk melatih bayi belajar tengkurap?


Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk melatih bayi belajar tengkurap :

1. Latihan Menopang Tubuh Bayi dengan Bantal

Dengan menempatkan bantal disamping tubuh bayi. Maka ia akan mencoba untuk menegakkan leher mereka yang kemudian akan berusaha berguling alami dengan bantal tersebut. Saat sudah seperti ini cobalah untuk melatih bayi tengkurap dengan cara membantu pada bagian kakinya. Biasanya bayi akan bergerak lebih kuat untuk tengkurap, dan akan terus belajar hingga ia merasa lelah. Dari kebiasaan ini pun sangat baik saat akan mengajarkan bayi belajar duduk, supaya perkembangan bayi bisa sesuai.

2. Menahan Tubuh Bayi Pada Perut Anda

Cara ini dapat membantu pada bagian punggung dan leher bayi menjadi lebih kuat. Apabila sudah terbiasa dengan posisi tersebut maka melakukan tengkurap akan lebih mudah. Anda dapat membuat bayi memiliki bagian otot lebih kuat sehingga sang bayi juga siap untuk belajar tengkurap.

3. Pijat Bayi

Dengan memberikan pijatan pada bayi dapat membantu untuk belajar tengkurap lebih cepat. Pijatan bayi yang dilakukan pada beberapa titik tubuh akan membuat bayi menjadi mudah untuk tengkurap. Ada sebuah fakta bahwa jika rangsangan pada bagian syaraf tubuh bayi dapat membuat sang bayi memiliki perkembangan motorik dengan lebih cepat dibandingkan dengan bayi yang tidak pernah mendapatkan pijatan. Pastikan bayi mendapatkan pijatan dengan benar sehingga bayi akan lebih sehat.

4. Berikan Mainan yang Menarik Hati

Suasana hati si kecil memang sulit untuk diprediksi. Dalam mengatasi hal ini, Anda dapat menggunakan mainan-mainan yang menarik hati si kecil supaya tidak cepat bosan serta mampu dalam memperbaiki suasana hatinya. Berikan mainan yang berwarna cerah dan berbunyi. Biarkan si kecil berusaha dalam meraihnya. Atau Anda bisa gunakan bola kecil untuk menarik perhatiannya supaya bayi tetap nyaman saat berada dalam posisi tengkurap. Karena posisi tersebut dapat membantu si kecil untuk merangsang kemampuan dalam mengangkat badannya serta bergerak.

5. Tempatkan Cermin di Depan Bayi

Dengan memberikan mainan seperti cermin maka dapat membantu bayi menjadi lebih cepat tengkurap. Karena ia bisa membuat terlihat sama dengan cermin atau melihat bayangan dari berbagai posisi yang berbeda. Atau Anda bisa memberikan mainan lainnya supaya merasa terinovasi dalam bergerak pada mainan tersebut.

6. Melatih Keseimbangan dengan Lembut

Saat mencoba dalam menempatkan perut pada bagian dada si kecil maka lakukan dengan penuh kesabaran. Biasanya bayi akan merasa senang, tetapi pada waktu selanjutnya mereka justru akan menangis. Apabila mengalami hal tersebut maka untuk segera merubah posisi si kecil menjadi lebih nyaman. Bayi yang mungkin merasa tertekan dengan posisi tahap awal, namun biasanya akan lebih senang sehingga mereka akan belajar tengkurap dengan sendirinya. Perlu diketahui bagi orang tua, lakukan dengan waktu yang singkat sehingga sang bayi akan merasa nyaman dan perut bayi terhindar dari kembung.

Kunci melakukan cara untuk melatih bayi belajar tengkurap dengan alami adalah dengan kesabaran. Para orang tua tidak biasa memaksakan bayi untuk tengkurap karena pada dasarnya bayi memiliki perasaan saat akan memiliki kemajuan. Semoga bermanfaat !

Citra Dewi Amd.Keb - September 8, 2017
Diskusi Dari:
Tika

Saya mau bertanya kasus mengenai let it ovum.. itu kasus yang seperti apa ya? Ada nama lain nya tidak? Saya cari di google tdk ada

Dijawab Oleh : Tika
Diskusi Dari:
Anonymous

Selamat siang bu bidan, saya mau tanya untuk waktu yang tepat anak mengkonsumsi obat cacing kapan yah?? Mohon jawabannya

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
Gigin Gumay

Selamat pagi
Saat ini saya tengah hamil anak pertama, sehingga saya belum memiliki banyak pengalaman di kehamilan ini. Untuk menjaga kehamilan saya tetap sehat dan tumbuh kembang janin saya tetap terjaga. Nutrisi baik apa saja yang dibutuhkan selama kehamilan dan menu makanan apa yang bisa memenuhi asupan nutrisi tersebut? Terimakasih.

Dijawab Oleh : Gigin Gumay
Diskusi Dari:
Hilman Suhilman

Selamat siang bu bidan , Pada saat hamil 24 minggu dokter baru memberirahukan ke saya bahwa janin yang dikandung mengalami gangguan perkembangan. setelah saya kontrol 2 minggu kemudian dan dilakukan USG, dokter menyatakan janin saya tidak bernafas lagi, dan sepertinya sudah tidak ada sekitar 1 minggu. Yang ingin saya tanyakan apa penyebab gangguan pertumbuhan pada janin dan apakah bisa diketahui dari awal kehamilan?

Dijawab Oleh : Hilman Suhilman
Diskusi Dari:
puji

selamat siang, saya mau bertanya bu, apa bahaya penyakit tifus saat hamil? terima kasih, saya sangat tunggu jawabannya

Dijawab Oleh : puji