Akibat Kelebihan Air Ketuban Saat Hamil

Curhat Bidan – Air ketuban sangatlah berguna untuk menjaga dan melindungi tubuh bayi supaya dapat berkembang dengan baik. Lalu bagaimana apabila air ketuban dalam rahim berlebihan ? Polyhydramnion yaitu nama lain dari kondisi ibu hamil yang air ketubannya berlebihan yaitu lebih dari 2, 4, sampai 5 liter. Akan tetapi apabila jumlah air ketuban hanya 1 sampai 2 liter saja bisa dipastikan bayi akan tetap sehat, karena 1-2 liter adalah jumlah air ketuban yang ideal untuk rahim.

Air ketuban sangatlah penting untuk kehamilan, terutama bagi perkembangan janin. Air ketuban dapat melindungi janin saatberusia 12 hari setelah pembuahan. Saat minggu awal kehamilan air ketuban berasal dari persendian air dalam tubuh ibu hamil. Ketika mencapai usia kehamilan 12 minggu air ketuban sebagian besar dipenuhi dari air kencing bayi. Air ketuban akan dihirup oleh sang bayi sebagai udara dan makanan mereka saat berada dalam rahim.

Adanya air ketuban memungkinkan bayi untuk bergerak , kegiatan ini dapat membantu perkembangan otot dan tulang sang bayi. Air ketuban akan terus bertambah sampai usia kandungan 28 sampai 32 minggu, setelah itu selama 37 sampai 40 minggu jumlah air ketuban akan stabil.

Ketahui akibat kelebihan air ketuban dalam rahim, debit diluar kisaran batas normal 4 – 5 liter :

  • Akan terjadi peradangan dan luka pada saluran pencernaan janin. karena air ketuban yang terlalu banyak, bayi akan menelan air tersebut dan mengakibatkan asma ketika bayi dilahirkan.
  • Pergerakan bayi yang tidak teratur seperti melayang berenang, jika terus terjadi akan menyebabkan perut ibu terasa tidak nyaman dan nyeri.
  • Rahim ibu hamil ukurannya akan lebih besar dari usia kehamilan yang dapat menyebabkan kulit perut menipis sehingga ibu hamil akan mengalami sering buang air kecil secara terus menerus.
  • Rahim yang semakin membesar ukurannya dalam hitungan minggu, membuat ibu hamil merasakan tidak nyaman saat akan tidur.
  • Dapat menurunkan kualitas nutrsi makanan yang akan diserap janin melalui plasenta dan air ketuban itu sendiri. Asupan nutrisi ibu hamil yang tidak memadai akan mengakibatkan bayi tidak mengalami perkembangan kesehatan dan berat tubuh normal.
  • Pernafasan ibu hamil akan terganggu dan dadanya terkadang sesak, nyeri dan mengalami kesulitan untuk beristirahat.
  • Ibu hamil akan mudah sakit , pegal-pegal dan kelelahan. Hal ini diakibatkan penurunannya kodisi daya tahan tubuh seiring dengan bertambahya usia kehamilan karena saai itu juga jumlah air ketuban akan ikut meningkat.
  • Peregangan rahim dan terjadinya kontraksi secara mendadak yang menyebabkan penekanan sangat kuat pada diafragma atau dinding rahin ibu hamil. Kondisi seperti ini dapat menyebabkan sesak nafas, perut menjadi sakit atau bertambahnya berat badan.
  • Menyebabkan komplikasi setelah persalinan yaitu terjadi pendarahan pasca persalinan. Terkadang plasenta pada sebagian ibu hamil terlepas dari tempat semula plasenta melekat.
  • Bagian tubuh ibu hamil mengalami pembengkakan, misalkan pada kaki dan tangan.

Penyebab Air Ketuban Berlebihan Pada Ibu Hamil

  • Adanya infeksi di sekitar rahim yang mengakibatkan kelainan ginjal pada janin dan mengganggu gerakan otot bayi yang baru terbentuk.
  • Produksi urin yang berlebihan pada janin yang disebabkan ibu hamil menderita bahaya diabetes saat hamil atau dalam darahnya memiliki kadar gula tinggi.
  • Adanya kelainan kesehatan janin yang menyebabkan air ketuban berlebihan dan menumpuk. Rusaknya atresia saluran pencernaan dan gangguan pada sauran kencing kongential.
  • Ibu mengalami ciri hamil anak kembar dimana masing-masing memiliki air ketuban yang satu berjumlah sedikit dan yang satunya lagi banyak. Adanya ketidakseimbangan ini memicu air ketuban menjadi berlebihan.
  • Penyumbatan/perlambatan pertumbuhan organ janin yang berhubungan dengan saraf pusat.

Mengatasi kelebihan air ketuban pada ibu hamil saat usia kehamilannya masih jauh dari usia 36-39 minggu , diantaranya :

  1. Menjalani diet rendah garam yang bermanfaat mengurangi dan mencegah kelebihan air ketuban pada rahim.
  2. Mengkonsumsi obat obatan yang dapat mengurangi cairan ketuban , dengan mengikuti aturan dan rekomendasi dokter.
  3. Pemeriksaan USG dengan resolusi tinggi supaya supaya dapay melihat keadaan bayi termasuk memastikan cairan ketubannya normal atau merugikan bagi perkembangan janin.
  4. Mengeluarkan cairan air ketuban yang berlebihan melalui media jarum yang khusus dan dimasukan pada permuka kulit perut ibu hamil, dengan menggunakan cara Amniosentesis. Tindakan ini tidak hanya untuk menyelamatkan nyawa bayi tetapi juga dapat mengurangi dan menghilangkan rasa tidak nyaman pada tubuh dan sesak nafas yang mengganggu ibu.

Saat sedang hamil pada trimester pertama baiknya ibu hamil mengatur pola makan dan gaya hidup sehat supaya terhindar dari air ketuban yang berlebihan atau air ketuban yang sedikit. Jangan melakukan kebiasaan buruk ketika sebelum hamil misalkan memakan makanan siap saji, kurang olahraga, merokok, begadang dan malas untuk memeriksa kesehatan pribadi pada dokter. Kebiasaan buruk bisa memicu terjadinya ketidakseimbangan jumlah air ketuban pada masa awal usia kehamilan, pasa saat trimester pertengahan usia kehamilan ataupun saat terakhir usia kehamilan.

Citra Dewi Amd.Keb - August 8, 2016
Diskusi Dari:
Gek Anik

Selamat pagi ibu bidan, saya Widiyono ingin bertanya apakah sakit punggung saat hamil itu normal? Atau jangan-jangan ada masalah lain yang terjadi pada istri saya? Mohon dijawab ya bu, saya tunggu. Terima kasih sebelumnya

Dijawab Oleh : Gek Anik
Diskusi Dari:
erin dianawati

bu bidan, saya ingin menanyakan tentang bagaimana cara membangkitkan nafsu makan pada ibu hamil muda,

Dijawab Oleh : erin dianawati
Diskusi Dari:
uye (wanita)

Saudara saya saat ini berusia 34 tahun dan dia kini tengah hamil yang baru memasuki trimester 1, namun dia sering khawatir karena saudara saya memiliki riwayat diabetes saat ia masih muda. Hal yang ingin saya tanyakan yaitu amankah bagi diabetesi untuk hamil? dan apakah ada cara untuk mengatasi atau solusi baik bagi ibu dan janin? Mohon jawabannya.

Dijawab Oleh : uye (wanita)
Diskusi Dari:
Khansa Adeline

Bu saya mau bertanya, Sudah 3 tahun menikah saya belum diberikan keturunan, padahal dulu istri saya pernah hamil, tapi sayangnya keguguran saat usia kandungan 6 bulan. Tapi istri saya sampai saat ini masih belum memeriksakan diri ke dokter ahli. Apakah hal ini disebabkan karena adanya penyakit pada istri saya??

Dijawab Oleh : Khansa Adeline
Diskusi Dari:
Chika ELlo

Bun saya mau tanya ank saya dari kmarin demam.tpi kalau pagi badanya anget klau mnjelang malam agak panas dikit…tpi mkanya gk kyak biasanya klau minum susu tetep ..bun minta solusinya makasih

Dijawab Oleh : Chika ELlo