Alasan Mengapa Setelah Persalinan Ibu Perlu Rawat Inap

Bidan Online -, Persalinan merupakan salah satu kondisi yang memang bisa menyita waktu yang banyak dimana persalinan ini bisa menyita waktu setidaknya 8 hingga 18 jam yang sering kali membuat para wanita kelelahan saat proses persalinan ini terjadi. Terkadang, proses peralinan ini juga bisa berlangsung hingga 18 jam lebih. Hal ini biasanya dirsakan oleh mereka para ibu yang melahirkan dengan cara yang normal. Berbeda dengan cara yang normal, mereka yang justru melahirkan secara sesar lebih mengeluarkan waktu yang singkat bahkan 10 hingga 15 menit saja. Namun, meski proses persalinan terbilang sangat singkat, mereka perlu membutuhkan waktu setidaknya 45 menit untuk menjahit luka jahitan bekas operasi caesar yang dilakukan untuk menutup kembali luka robekan untuk mengeluarkan bayi ini.

Berbeda dengan proses penyembuhan persalinan normal yang terbilang lebih cepat sembuh, justru persalinan caesar ini membutuhkan proses penyembuhan yang terbilang cukup lama dibandingkan dengan proses penyembuhan luka yang biasanya ini. Biasnya, para wanita yang melahirkan secara normal setelah beberapa jam proses persalinan langsung bisa berjalan, berdiri dan juga duduk. Namun mereka yang melahirkan secara caesar justru bisa melakukan hal hal tersebut setelah satu hari proses persalinan ini dilakukan atau setalah tubuh mulai terasa enakan. Seangkan penyembuhan bekas luka caesar ini bisa hingga dengan menyita waktu yang cukup banyak setidaknya 6 atau bahkan 4 minggu setelah proses persalinan, sehingga selama belum sembuh anda tidak di izin kan untuk melakukan hal hal yang membahayakan atau menimbulkan robekan.

Perlu diketahui bahwa ada beberapa alasan mengapa setelah persalinan ibu perlu rawat inap. Salah satu alasan yang tepat adalah untuk memulihkan stamina setelah mengeluarkan banyak tenaga setelah proses persalinan tiba. Biasanya, proses perawatan inap ini berbeda beda tergantung proses persalinan yang dilakukan. Jika pada orang yang telah melakukan proses persalinan normal memerlukan 1 atau bahkan 3 hari perawatan, mereka yang melahirkan secara caesar justru memiliki waktu yang lebih banyak setidaknya 3 sampai 5 hari perawatan, untuk memulihkan stamina yang kemungkinan banyak hilang saat proses operasi di lakukan. Cara untuk mempercepat pemulihan paska persalinan ini sebenarnya cukup mudah hanya membutuhkan keberanian diri untuk bangun dari tempat tidur agar proses penyembuhan ini semakin cepat dilakukan.

Banyak sekali manfaat yang memang bisa didapatkan saat anda melakukan rawat inap setelah proses perasalinan bagi kesehatan anak dan juga ibu. Perawatan ini dilakukan untuk mendeteksi, memeriksa atau mencegah adanya masalah masalah kesehatan komplikasi yang membahayakan kesehatan dan kebugaran pada tubuh agar tidak masuk dan tidak membahayakan kesehatan anda ini. Memang, untuk ibu yang baru melahirkan dan untuk anak yang baru dilahirkan, sangat banyak sekali komplikasi yang bisa muncul akibat bakteri bakteri yang memang sangat perlu diwaspadi pada tubuh anda ini. Dengan perawatan, setidaknya anda bisa mencegah datangnya berbagai jenis masalah kesehatan tersebut pada tubuh anda ini. Hal ini merupakan salah satu jenis hal yang memang sangat disarankan agar tidak membahayakan kesehatan dan kebugaran pada tubuh anda ini.

            Baca Juga : Tips Rahasia Agar Proses Persalinan Tanpa Stres

Citra Dewi Amd.Keb - December 23, 2016
Diskusi Dari:
ALif AL Maun Yoyox

Siang, dok mau nanya kenapa bayi saya kalo minum sufor langsung BAB apa alergi sufor selama 4bulan anak saya g apa2 usia anak saya skrg 5bln udah dibawa ke puskesmas di ksih zinc&oralit pancet bab trmkch

Dijawab Oleh : ALif AL Maun Yoyox
Diskusi Dari:
Anonymous

Selamat pagi bu saya mau bertanya akhir-akhir ini saya sering mengalami sakit saat buang air kecil seperti tersendat-sendat kira2 itu penyakit apa ya bu? mohon penjelasannya trims

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
Anonymous

Saya dapat menstruasi tanggal 23 agustus. Tanggal berapakah masa paling subur saya dan makanan apa yg harus saya konsumsi selama masa subur? Terimakasih

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
Anonymous

Selamat pagi bu bidan saya Luna umur 29 tahun saat ini saya sedang hamil 36 minggu. MInggu lalu saya di opname karena mengalami ketuban yang rembes dan di sarankan untuk menjalani operasi caesar. Namun berat badan bayi dalam kandungan saya tergolong kecil dan di sarankan untuk menaikan berat badan bayi minimal 2 kg agar operasi caesar dapat di lakukan. Yang mau saya tanyakan bagaimana caranya menaikan berat badan bayi dalam kandungan. Mohon jawabannya

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
Tania

maaf sebelumnya. saya mau tanya.
istri saya melahirkan anak pertama dengan operasi cesar. sebab air ketuban sudah pecah pada bukaan 2. dan sekarang sudah hamil yg kedua, kata dokter kemungkinan besar harus di cesar. karena yg pertama cesar dan tidak boleh persalinan dibawa ke bidan karena tidak diperbolehkan suntik pacu. sampai sekarang bekas cesar masih terasa nyeri. padahal sudah 5 tahun. dan dokter menyarankan cesar sebelum waktu kontraksi. dikarenakan posisi bayi sampai minggu ke 37 masih belum turun.
apakah cara seperti ini baik menurut islam? atau sebaiknya saya tunggu sampai kontraksi, kemudian dibawa kerumah sakit dan tunggu keputusan dari dokter di RS? apakah memang tindakan harus cesar atau normal.
terimakasih

Dijawab Oleh : Tania