Amankah Buah Durian Jika Dikonsumsi Oleh Ibu Hamil ?

Share Dan Tag Teman Kamu Di :

  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Buan Durian Aman Dikonsumsi Ibu Hamil
    Beredarnya mitos di masyarakat mengenai bahaya buah durian jika dikonsumsi oleh ibu hamil akan menyebabkan keguguran, kecacatan hingga kematian pada janin. Hal ini sama sekali tidak benar karena semua buah memiliki kandungan yang baik, termasuk durian. Durian mengandung banyak vitamin, seperti vitamin C dan kaya kasium. Buah durian juga mempunya kandungan zinc yang bagus untuk kesehatan mata dan jaringan kulit.

    Kandungan asam folat dalam durian mendorong pembentukan sel darah merah yang kaya oksigen. Asam folat ini juga akan merangsang perkembangan saraf janin. Kandungan lemak tak jenuh dalam durian juga baik bagi ibu hamil. Kolesterol jahat dalam tubuh dapat ditekan jumlahnya setelah makan durian. Oleh karena itu, para ibu hamil tak usah khawatir mengalami kenaikan kolesterol seusai menyantap durian.

    Buah Durian Boleh Dikonsumsi Ibu Hamil Secukupnya

    Bagi ibu hamil tidak perlu dikhawatirkan lagi karena sejauh ini belum ada penelitian yang menyatakan konsumsi durian akan berdampak pada keguguran bayi. Selain itu belum ada penelitian yang membuktikan pengaruh durian dengan kontraksi janin. Maka dari itu buah durian aman-aman saja dikonsumsi ibu hamil, akan tetapi mengkonsumsi durian harus diimbangi dengan kecukupan gizi dari makanan lain, seperti ikan, daging, sayur, dan telur. Durian juga hanya dibatasi tiga biji untuk sesekali waktu dan tidak tiap hari. Dengan demikian manfaat yang ada pada durian tetap baik dan bisa menjaga kesehatan ibu hamil.

    Kandungan Gizi pada Buah Durian

    1. Zinc, untuk menjaga kesehatan organ mata dan jaringan kulit

    2. Fosfor, mampu menjaga fungsi otot dan saraf agar tetap stabil

    3. Magnesium, mengatur tingkat kadar gula dalam darah agar tetap normal

    4. Kalsium, manfaat kalsium dapat meningkatkan kekuatan dan kepadatan tulang serta persendian

    5. Lemak yang berguna untuk cadangan energi ketika tubuh dalam keadaan dehidrasi.

    6. Asam amino triptofan, dapat mencegah insomnia dan meningkatkan kesehatan saraf

    7. Karbohidrat, untuk melancarkan proses metabolisme dan melindungi kesehatan jaringan sel

    8. Flavonoid, dapat mengurangi kerusakan sel dan sebagai penetralisir efek buruk radikal bebas

    9. Protein,dapat mengangkut oksigen dalam otot dan menjaga daya tahan tulang serta kulit

    10. Serat, dapat mencegah terjadinya batu ginjal dan batu empedu dan melancarkan buang air besar

    11. Asam folat, manfaat asam folat untuk pembentukan sel darah merah agar terhindar dari munculnya sel sel kanker

    12. Potassium, dapat mengatur keseimbangan keasaman dalam tubuh dan mengoptimalkan fungsi ginjal

    13. Zat besi, Membantu pembentukan hemoglobin dengan cepat dan melindungi fungsi otot seluruh tubuh

    Ibu Hamil Tidak Boleh Mengkonsumsi Buah Durian Secara Berlebihan

    Buah durian aman dikonsumsi bagi ibu hamil tapi tidak bisa secara berlebihan, karena asupan utama pada ibu hamil ialah ikan, daging, sayur, dan telur. Selain itu, jika terlalu banyak mengkonsumsi buah durian, ibu hamil bisa mengalami masalah nutrisi dan bisa berpotensi dehidrasi.

    Penulis : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd.Keb - July 30, 2018
    Diskusi Dari:
    Santana jaya

    Selamat malam. Saya riza dari bandung. Mau menanyakan jika asi yang d bekukan didalam freezer yang menggunakan botol kaca kemudian ketika d cairkan dan botol kaca pecah tiba tiba. Apakah Asi yang masih membeku tersebut bisa d manfaatkan atau d buang saja padahal pantat botol kaca sudah pecah. Mohon informasinya karena banyak ibu2 beranggapan sayang ketika asi d buang padahal saya berfikirnya bahwa itu bahaya karena takut ada pecahan kaca. rizausman5@gmail.com

    Dijawab Oleh : Santana jaya
    Diskusi Dari:
    ANGGUN

    Usia sy saat ini 36 tahun. Dan berencana utk program kehamilan. Apakah beresiko dgn usia sy sekarang? Dua kali kehamilan tidak ada masalah. Terima kasih

    Dijawab Oleh : ANGGUN
    Diskusi Dari:
    Khansa Adeline

    Selamat siang bu bidan, saya mau tanya nih, apakah anak remaja yang sama sekali belum pernah melakukan hubungan seksual bisa terserang penyakit radang panggul? jika bisa, bagaimana solusi dan pencegahannya? Terimakasih bu bidan…

    Dijawab Oleh : Khansa Adeline
    Diskusi Dari:
    Marini Sjola Manoppo

    Maaf bu bidan saya mau tanya. istri saya hamil 5 bulan dan sering merasakan rasa sakit pada perut, apakah itu tanda gejala penyakit ataukah itu hanya reaksi sang bayi di dalam kandungan ?

    Dijawab Oleh : Marini Sjola Manoppo
    Diskusi Dari:
    Chika ELlo

    Bun saya mau tanya ank saya dari kmarin demam.tpi kalau pagi badanya anget klau mnjelang malam agak panas dikit…tpi mkanya gk kyak biasanya klau minum susu tetep ..bun minta solusinya makasih

    Dijawab Oleh : Chika ELlo