×

10 Tips Cara Agar Anak Mau Rajin Belajar di Rumah

Bagikan Artikel :

Saat ini bunda mungkin tengah dirundung masalah atau bingung dalam menghadapi si kecil yang sulit untuk diajak belajar di rumah. Walaupun bunda telah mengerahkan semua ajakan bunda untuk si kecil, bahkan sampai memanggil guru privat ke rumah. Akan tetapi, usaha bunda tersebut tetap sia-sia, karena si kecil masih tak mau belajar dengan baik.

Untuk membantu masalah bunda tersebut, bunda bisa mengikuti 10 Tips Cara Agar Anak Mau Rajin Belajar di Rumah berikut ini yang banyak direkomendasikan para bidan, di antaranya  :

1. Memberikan dukungan

Hal utama yang perlu bunda lakukan adalah dengan memberikan dukungan pada si kecil dalam bentuk apapun yang menyangkut pembelajaran. Misalnya saja ketika ia mendapatkan nilai yang tak memuaskan saat di sekolah, jangan langsung mengatainya bodoh atau memarahinya dengan berbagai bentuk. Akan tetapi, bunda harus memberikan semangat kepadanya agar ia tak berkecil hati dan mau terus berusaha untuk mendapatkan hasil yang diharapkan. Dengan dukungan seperti itu, ia pun akan mau bangkit dan mulai rajin belajar.

2. Tanya mengenai sekolah

Saat si kecil pulang dari sekolah, coba untuk menanyakan hal menyenangkan apa yang ada di sekolah atau kelas hari ini. Otomatis anak akan berpikir kembali dan mencari hal yang paling menyenangkan hari itu. Dengan cara ini, secara tidak langsung menumbuhkan sugesti pada anak bahwa sekolah dan belajar itu adalah hal yang menyenangkan.

Related Posts :

    3. Menjelaskan manfaat belajar

    Bunda harus bisa menjelaskan pada anak mengenai manfaat pelajaran yang telah mereka pelajari di sekolah. Misalnya saja bahasa Inggris, katakan padanya bahwa dengan belajar bahasa Inggris, ia akan pintar berbicara bahasa Inggris, dan nantinya ia akan lebih mudah berkomunikasi dengan turis asing ketika liburan.

    4. Disiplin waktu belajar

    Untuk membuat anak rajin belajar, bukan berarti bunda harus mengatur waktu belajar sesering mungkin, sehingga anak kehilangan waktu makan dan bermain bersama teman-temannya. Hal ini tidak benar, tapi bunda harus menyiapkan waktu belajar anak yang telah disesuaikan dengan jadwal sekolah, makan, istirahat, dan bermainnya. Ini akan lebih mudah membantu anak mengerti waktunya.

    5. Buatlah suasana belajar yang menyenangkan

    Agar anak tak merasa bosan dalam belajar, sebaiknya bunda menerapkan metode yang agak berbeda. Misalnya, bunda bisa mengajarkan bahasa Inggris pada si kecil melalui media elektronik seperti serial film kartun atau lagu bahasa Inggris khusus anak-anak. Metode seperti ini akan membuat anak merasakan kesenangan dan kenyamanan tersendiri dalam belajar, sehingga apa yang ia pelajari pun akan mudah masuk ke dalam otaknya.

    6. Memberikan pujian saat belajar

    Ketika ia belajar di rumah, katakan bahwa ia adalah anak yang cerdas dan luar biasa. Dengan pujian seperti ini, biasanya anak akan lebih termotivasi untuk belajar lebih giat lagi.

    7. Membacakan cerita untuk anak

    Jika anak anda masih kecil, cobalah untuk membacakan cerita dengan memposisikan dirinya di tempat yang nyaman. Misalnya dengan tiduran atau duduk di pangkuan anda. Bunda pun harus bisa menunjukan kasih sayang padanya dengan memberikan pelukan atau kecupan. Hal ini bisa membuat keterkaitan antara membaca buku dengan cinta orang tua .

    8. Jadi contoh yang baik

    Ketika anak tengah belajar, jangan sampai bunda melakukan kegiatan yang bisa menggangu konsentrasi anak seperti menonton TV, bermain gadget, atau tiduran. Sebaiknya bunda ikut serta dalam memberikan arahan pada si kecil atau bunda bisa membaca buku, novel, dan lainnya yang tidak akan mengundang hancurnya konsentrasi anak.

    9. Memberikan jeda saat belajar

    Sebuah penelitian menunjukan bahwa seorang anak hanya mampu berkonsentrasi penuh paling lama sekitar 20 menit, lebih dari itu konsentrasinya akan menurun. Oleh karena itu, sebaiknya bunda memberikan jeda atau istirahat sebentar bagi anak untuk mengembalikan konsentrasinya tersebut.

    10. Berikan hadiah untuk keberhasilannya

    Saat anak mendapatkan nilai atau prestasi yang bagus di sekolahnya, jangan lupa untuk memberikan hadiah atau hanya sekedar pujian untuknya. Pujian dan hadiah yang anda berikan akan membuatnya semakin berusaha keras dalam belajar untuk mendapatkan prestasi yang lebih baik di kemudian hari.

    Untuk semua bunda atau ayah, jangan menyerah untuk membuat anak rajin belajar demi mendapatkan prestasi yang gemilang, salah satunya dengan mengikuti 10 Tips Cara Agar Anak Mau Rajin Belajar di Rumah di atas. Akan tetapi, jangan sampai memaksakan kehendak orang tua pada anaknya, apalagi dengan cara yang keras dan kasar. Bukannya berprestasi, anak malah akan mengalami gangguan psikologi berat dan membuatnya sulit berkonsentrasi. Berikan kesempatan agar ia memilih jalan dan minatnya sendiri, tugas kita adalah membimbingnya dalam mewujudkan impian tersebut.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : August 23, 2016

    Pertanyaan Pengunjung :

    Kehamilan

  • Oleh : Eka Eka pangestu
  • 5 bulan, 2 minggu yang lalu

    Halo dok ,Maaf saya mau tanya , Saya berhubungan pas masa subur , nah pas 6 hari setelah behubungan itu , saya coba testpack hasilnya positif samar , sengaja gak saya test lagi nungguin sampai tgl haid .. Tapi pas 2 setelah hasil positif samar itu saya ngrasain kram perut yg gak kek biasanya saya mau haid dok , punggung bagian bawah sakit , itu terus sampe tgl haid telat 2 hari baru keluar darah , darahnya agak merah , hari pertama biasanya saya haid itu ga banyak tp ini hari pertama udah banyak ,pas hari ke 2-3 keluar gumpalan dok , dan masih keluar banyak sampe hari ke 6 . Itu saya keguguran dini apa gimana ya dok ?? Terima kasih ..
    Harap kasih dijawab ya dok 🙂

  • Oleh : Eka Eka pangestu
  • Mengatasi Kaki Bengkak saat Hamil

  • Oleh : Asti Anisa
  • 2 tahun, 7 bulan yang lalu

    Selamat pagi, saya mau bertanya, bagaimana cara mengatasi kaki bengkak saat hamil? Terima kasih

    Menstruasi

  • Oleh : Eka Lestari
  • 4 minggu, 1 hari yang lalu

    Bu bidan umur saya 18 tahun dan saya menstruasi sudah 24 hari apakah itu berbahaya?

  • Oleh : Eka Lestari
  • Haid

  • Oleh : Nurlialah Alawiyah
  • 7 bulan, 1 minggu yang lalu

    Dok saya umur 19 tahun,udah dua bulan saya tidak haid,bagaimana ya caranya? Solusinya,smga d jawab ya,,makasih dok sebelumnya

  • Oleh : Nurlialah Alawiyah
  • Mual dan Muntah Saat Menjalankan Ibadah Puasa

  • Oleh : Ratna Fitria Febriani
  • 4 tahun, 9 bulan yang lalu

    Selamat siang bu bidan, saya mau tanya. Saya ini kan lagi hamil dan sekarang ini saya lagi puasa. Tapi belakangan ini saya sering merasa mual dan muntah lagi. Padahal di waktu awal-awal saya gak mengalami gangguan apapun. Tapi saya terus saja coba menyelesaikan puasa saya, dan sampai sekarang mungkin bisa dihitung yang batalnya. Yang saya takutkan itu, apakah kondisi yang saya alami ini bisa mengganggu kehamilan atau tidak ? Bagaimana solusinya bu bidan ? Terimakasih

  • Oleh : Ratna Fitria Febriani
  • Tanya Bidan