×

Bahaya MSG Atau Penyedap Rasa Pada Makanan Anak

Bagikan Artikel :

Anak-anak lebih menyukai makanan ringan yang dijual diwarung ketimbang sayur dan buah. Tapi tahukah bunda tidak sedikit makanan ringan yang mengandung bahan penyedap yang tidak baik bagi kesehatan anak, salah satunya MSG. Bunda pasti tidak akan asing lagi dengan nama tersebut karena MSG adalah penyedap rasa yang sering digunakan oleh beberapa orang untuk membuat masakan yang dibuatnya lebih enak dan nikmat.

Masakan yang dibuat dengan campurang bumbu MSG ini memang enak tapi juga bersifat tidak baik untuk kesehatan apalagi bagi anak yang masih dalam masa pertumbuhan dan perkembangan. MSG ini bisa mempengaruhi tumbuh kembang anak bunda.


MSG merupakan sebutan dari monosodium glutamate, sebuah garam natrium dari L-asam glutamat (GLU) atau asam amino non-essensial. Aau lebih sering dikenal dengan nama penyedap rasa untuk makanan.

Berikut ini bahaya yang ditimbulkan apabila terlalu sering mengkonsumsi MSG bagi anak-anak:

Dapat menurunkan fungsi otak anak
MSG ini mengandung senyawa oksitosin atau bersifat racun dalam tubuh. Apabila dikonsumsi secara berlebihan, bisa membuat sel-sel neuron dalam jaringanotak mati. Bila hal ini terus berlanjut maka akan membuat perkembangan pada otak anak menjadi terhambat atau bahkan mengalami kemunduran.

Meningkatkan resiko obesitas pada anak
MSG ini memiliki efek samping yaitu rasa ketagihan, maka seseorang akan selalu ingin makan lagi makanan yang berbumbu. Yang tentunya akan membuat anak terus makan makanan yang kurang sehat yang akan meningkatkan berat badan anak semakin tidak terkontrol.

Dapat menyebabkan kerusakan saraf
Karena kandungan MSG bersifat racun, dan mampu menyebabkan kinerja saraf-saraf menjadi terganggu dan kelamaan akan menjadi rusak. Karena itu MSG ini bisa menimbulkan kerusakan pada saraf anak.

Related Posts :

    Menghambat kecerdasan otak anak
    Bunda harus menghindari bahaya MSG bila bunda ingin anaknya tumbuh cerdasa dan sehat, seperti yang telah disebutkan zat yang ada pada MSG ini bisa merusak  fungsi otak yang nantinya dapat menghambat pertumbuhan kecerdasan. Oleh karena itu bunda harus lebih memperhatikan makanan apa saja yang sehat untuk dikonsumsi anak.

    Itu adalah beberapa bahaya yang bisa timbul apabila anak terlalu sering mengkonsumsi makanan yang mengandung MSG. Selain bahaya diatas MSG juga bisa menyebabkan resiko tinggi terkena kanker, memiliki efek pada penglihatan seperti penglihatn kabur, gangguan pernafasan, mempengaruhi kinerja jantung, meningkatkan resiko hiperaktif pada anak dan yang lainnya.

    Bagi bunda yang suka menambahkan MSG pada masakannya hendaknya mulai dari sekarang jauhi penggunaan penyedap rasa tersebut, terutama untuk makanan anak-anak. Lebih baik dan lebih sehat apabila menggunakan bumbu alami, selain sehat juga bisa memberikan manfaat baik bagi kesehatan tubuh anak.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : April 29, 2017

    Pertanyaan Pengunjung :

    Bingung dengan seseorang yang ngasih harapan ke kita ngajak serius sedangkan dia

  • Oleh : fajar prasetyo
  • 3 tahun, 3 bulan yang lalu

    Dia tadinya mau ngajak serius sama saya dan saya juga mau serius sama dia …dan sedangkan dia punya pacar.
    Dia pernah ditinggal pacarnya nikah ?
    Saya takut kalau dia masih punya fikiran kalau menganggap cwo itu sama semua?

    Apa mungkin hamil?

  • Oleh : Dila pertiwi
  • 10 bulan, 3 minggu yang lalu

    Dok saya Hpht tgl 20 juni 2021.
    Tgl 23 juli 2021 saya menikah. Sampai hari ini tgl 14 september saya belum haid sama sekali. Apakah mungkin saya hamil bu?. Tp saya tespek negatif hasilnya.

  • Oleh : Dila pertiwi
  • Sperma encer

  • Oleh : Sarah Safitri
  • 2 tahun, 11 bulan yang lalu

    Assalamualaikum wr wb bu bidan saya ingin bertanya apakah pada wanita juga bisa terjadi sperma encer? Lalu jika memang bisa bagaimana cara mengatasi? Karena sebelumnya saya menyadari saat keluar seperti keputihan bentuknya kental lalu kedua kalinya bening seperti air

    ASI

  • Oleh : erni uli
  • 2 tahun, 2 bulan yang lalu

    bu bidan saya saya seorang ibu yg lagi menyusui,anak saya baru berumur 2,5 bulan,waktu lahir asi saya blm keluar sampai hari ke 3 setelah operasi namu anak saya gak mau menyusui langsung,jadi saya harus pumping,sementara dari PD saya setia setengah jam asi sudah menetes,jadi per dua jam saya pumping bisa sampai 500-600 ml
    nah karena saya sdh kerja saya jarang pumping akhirnya sekarang asi saya terjun bebas sekali pumping cuma 60 ml,sedih bu bidan anak saya jadi rewel
    apa yg saya harus lakukam agar asi saya bisa kembali banyak ?
    dan apakah masih mungkin bisa banyak
    Terimakasih sebelumnya

    Haid lebih dari 14hari pertama kali terjadi semenjak menggunakan pil KB

  • Oleh : Osin Mantik
  • 1 tahun, 11 bulan yang lalu

    Saya mau brtanya, saya seorang wanita yang menikah di usia muda (17tahun) hampir 2bulan yang lalu dikarenakan beberapa faktor pribadi, 2 minggu pertama setelah pernikahan saya dianjurkan untuk menggunakan pil KB untuk mencegah kehamilan,, jalan 2minggu penggunaan pil KB saya mengalami menstruasi dari tanggal 22agustus dan sampai saat ini 6september masih harus menggunakan pembalut karna masih ada darah yang terus keluar, apa yang sebenarnya terjadi dan apa yang harus saya lakukan?

  • Oleh : Osin Mantik
  • Tanya Bidan