Bahaya MSG Atau Penyedap Rasa Pada Makanan Anak

Share Dan Tag Teman Kamu Di :

  • Anak-anak lebih menyukai makanan ringan yang dijual diwarung ketimbang sayur dan buah. Tapi tahukah bunda tidak sedikit makanan ringan yang mengandung bahan penyedap yang tidak baik bagi kesehatan anak, salah satunya MSG. Bunda pasti tidak akan asing lagi dengan nama tersebut karena MSG adalah penyedap rasa yang sering digunakan oleh beberapa orang untuk membuat masakan yang dibuatnya lebih enak dan nikmat.

    Masakan yang dibuat dengan campurang bumbu MSG ini memang enak tapi juga bersifat tidak baik untuk kesehatan apalagi bagi anak yang masih dalam masa pertumbuhan dan perkembangan. MSG ini bisa mempengaruhi tumbuh kembang anak bunda.


    MSG merupakan sebutan dari monosodium glutamate, sebuah garam natrium dari L-asam glutamat (GLU) atau asam amino non-essensial. Aau lebih sering dikenal dengan nama penyedap rasa untuk makanan.

    Berikut ini bahaya yang ditimbulkan apabila terlalu sering mengkonsumsi MSG bagi anak-anak:

    Dapat menurunkan fungsi otak anak
    MSG ini mengandung senyawa oksitosin atau bersifat racun dalam tubuh. Apabila dikonsumsi secara berlebihan, bisa membuat sel-sel neuron dalam jaringanotak mati. Bila hal ini terus berlanjut maka akan membuat perkembangan pada otak anak menjadi terhambat atau bahkan mengalami kemunduran.

    Meningkatkan resiko obesitas pada anak
    MSG ini memiliki efek samping yaitu rasa ketagihan, maka seseorang akan selalu ingin makan lagi makanan yang berbumbu. Yang tentunya akan membuat anak terus makan makanan yang kurang sehat yang akan meningkatkan berat badan anak semakin tidak terkontrol.

    Dapat menyebabkan kerusakan saraf
    Karena kandungan MSG bersifat racun, dan mampu menyebabkan kinerja saraf-saraf menjadi terganggu dan kelamaan akan menjadi rusak. Karena itu MSG ini bisa menimbulkan kerusakan pada saraf anak.

    Menghambat kecerdasan otak anak
    Bunda harus menghindari bahaya MSG bila bunda ingin anaknya tumbuh cerdasa dan sehat, seperti yang telah disebutkan zat yang ada pada MSG ini bisa merusak  fungsi otak yang nantinya dapat menghambat pertumbuhan kecerdasan. Oleh karena itu bunda harus lebih memperhatikan makanan apa saja yang sehat untuk dikonsumsi anak.

    Itu adalah beberapa bahaya yang bisa timbul apabila anak terlalu sering mengkonsumsi makanan yang mengandung MSG. Selain bahaya diatas MSG juga bisa menyebabkan resiko tinggi terkena kanker, memiliki efek pada penglihatan seperti penglihatn kabur, gangguan pernafasan, mempengaruhi kinerja jantung, meningkatkan resiko hiperaktif pada anak dan yang lainnya.

    Bagi bunda yang suka menambahkan MSG pada masakannya hendaknya mulai dari sekarang jauhi penggunaan penyedap rasa tersebut, terutama untuk makanan anak-anak. Lebih baik dan lebih sehat apabila menggunakan bumbu alami, selain sehat juga bisa memberikan manfaat baik bagi kesehatan tubuh anak.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Citra Dewi Amd.Keb - April 29, 2017
    Diskusi Dari:
    Tika

    Mohon masukan dan saran nya bu bidan.
    saya melahirkan sesar, setelah masa nifas selesai, saya berencana pakai KB IUD tetapi menurut bidan yang saya datangi tidak bisa,
    harus menunggu 3 bulan setelah operasi.
    Jadi, sebagai alternatif nya saya KB suntik 3 bulan, karena saya menyusui.
    tapi Setelah 3 bulan kemudian saya tidak suntik KB lagi. karena saya ingin Haid normal setiap bulan nya.

    Waktu itu saya suntik KB bulan oktober, sampe bulan ini saya belum dapat haid juga.
    jika saya berhubungan dengan suami pasti saya menggunakan Kondom. saya ingin pakai KB IUD, tetapi sampai saat ini saya blm haid.
    setau saya, pemasangan IUD dilakukan jika kita sedang haid.

    pertanyaan nya:
    kanapa yah, saya blm haid juga ? padahal saya sudah tidak pakai KB suntik lg.

    Terima Kasih.

    Dijawab Oleh : Tika
    Diskusi Dari:
    Dewi

    Pagi Dok. Kemarin saya kan keguguran, namun sampai saat ini saya belum memeriksakan nya dikarenakan banyak halangan, dan rencananya besok saya baru akan periksa. Dari kemarin sampai sekarang saya pendarahan terus, dan bahkan terasa ada seperti benjolan dibagian miss V ini yang memang sedikit mengganggu aktivitas saya. Sebenarnya, saya ingin sekali menarik daging yang keluar dari bagian miss V saya, namun saya merasakan takut ada hal yang bisa membahayakan kesehatan saya. Saya mau bertanya, bagai mana solusi terbaik untuk mengatasi masalah ini?

    Dijawab Oleh : Dewi
    Diskusi Dari:
    Salma Syarifah Latipah

    Selamat siang bu bidan, saya mau tanya nih usia saya sekarang mau menginjak 20 tahun. Keluhan saya ini selalu kentut atau buang gas lewat vagina, apakah itu normal-normal saja untuk saya yang belum pernah melakukan hubungan suami istri? jika itu bahaya, apa yang harus saya lakukan bu? Terimakasih ditunggu jawabannya.

    Dijawab Oleh : Salma Syarifah Latipah
    Diskusi Dari:
    puji

    Selamat malam Bu bidan mau saya Santi Nuranti ibu satu anak usia 23thn,Bu saya sedang hamil 18week dan terdistraksi terkena herpes,awalnya flu dan Kuti pada lengan memerah dan perih lama kelamaan an bergelembung seperti luka bakar apa ini termasuk herpes zoster Bu?? Apa bahaya untuk janin saya?? Penanganan yg tepat itu apa ya??

    Dijawab Oleh : puji
    Diskusi Dari:
    Muhammad Hanif Maulana

    Selamat sore bu bidan, saat ini saya sedang mengandung usia 8 bulan, dan setelah melakukan USG ternyata bayi saya mempunyai berat badan yang tergolong bayi besar. Kata dokter, saya lebih baik melakukan episiotomi. Tetapi saya ragu dan takut akan rasa sakitnya, dan apakah episiotomi itu amak dilakukan? Mohon penjelasannya, terimakasih

    Dijawab Oleh : Muhammad Hanif Maulana