×

Bahaya Susu Kental Manis Jika Dikonsumsi Secara Rutin Oleh Anak-anak

Bagikan Artikel :


Susu merupakan salah satu sumber nutrisi yang paling lengkap untuk pertumbuhan anak. namun beda hal dengan kandungan susu kental manis yang sering diiklankan di media yang seolah-olah sebagai produk susu bernutrisi tinggi untuk menambah asupan gizi. Pada minggu lalu BPOM menunjukkan bahwa susu kental manis justru tidak mengandung susu.

Padahal sudah sekian lama susu kental manis menjadi alternatif untuk dikonsumsi masyarakat setiap hari. Selain karena rasa yang manis, harga susu kental manis relatif jauh lebih murah dibanding susu tinggi protein. Hal ini bukan berarti produk susu kental manis dilarang diproduksi atau dikonsumsi. Hanya saja, konsumen maupun produsen dianjurkan untuk lebih bijak menggunakan produk tersebut. Kental manis tidak boleh dijadikan makanan pokok. Konsumsi kental manis juga harus dilengkapi dengan gizi lainnya.

Kandungan Susu Kental Manis

SKM ternyata memiliki kandungan lemak dan gula yang sangat tinggi, dan sebaliknya kandungan protein dan kalsiumnya yang dibutuhkan oleh tubuh manusia, sangat rendah. Sehingga SKM dianggap sebagai penggemuk badan karena tingginya kandungan lemak dan gula (sekitar 70%).

Related Posts :

    Kemenkes menyatakan bahwa produk Kental Manis bukan termasuk susu karena tidak bernutrisi. Susu kental manis memiliki kandungan gula yang tinggi. Kandungan gula tinggi diperlukan untuk membuat tekstur susu menjadi lebih kental dan lengket.

    Susu Kental Manis Tidak Bisa Dikonsumsi Anak Di Bawah 15 Tahun

    Susu memiliki kandungan protein dan kalsium yang bisa membantu metabolisme tubuh lebih baik dan membuat tulang menjadi sehat. Hal ini berarti, susu seharusnya bisa membuat berat badan tetap stabil. Hal ini tentu saja tidak akan ditemui jika kita memilih untuk mengkonsumsi SKM. Untuk itu SKM sebaiknya hanya dikonsumsi oleh dewasa sebagai topping penambah rasa pada makanan dan minuman, misalnya untuk es buah, martabak manis dan sebagainya, bukan untuk dikonsumsi sebagai minuman layaknya susu oleh anak-anak bahkan bayi.

    Akibat Tingginya Kadar Gula pada Kental Manis

    1. Konsumsi susu kental manis dapat menimbulkan gangguan kesehatan gigi dan mulut. Gula yang menempel di gigi akan menjadi asam. Proses ini masih ditambah dengan proses penguraian oleh bakteri dalam mulut. Asam dapat mengikis lapisan enamel gigi dan menyebabkan lubang gigi.

    2. Konsumsi gula yang tinggi membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna dan bersifat sangat asam. Ini akan menyebabkan makanan muncul lagi melalui kerongkongan, lalu menyentuh pita suara dan menyebabkan spasme laring (batuk)

    3. Melemahkan daya tahan tubuh pada anak-anak. Hal ini terjadi karean mengkonsumsi terlalu banyak gula dapat mengubah keseimbangan antara bakteri baik dan buruk sehingga melemahkan sistem kekebalan tubuh. Anak pun akan mudah terserang flu, demam dan lain-lain. Gejala mereka dapat berkurang jika asupan gula mereka berkurang juga.

    Teguran BPOM terhadap Produsen Susu Kental Manis

    a) Produk kental manis dilarang menampilkan anak-anak berusia kurang dari lima tahun dalam bentuk iklan televisi, maupun iklan lainnya.

    b) Tak hanya itu, produk kental manis juga dilarang memvisualisasikan produknya dengan produk susu lain yang setara sebagai pelengkap gizi.

    c) Produk Kental Manis ini juga dilarang memvisualisasikan gambar susu cair atau susu dalam gelas dan disajikan dengan cara diseduh atau dikonsumsi sebagai minuman.

    d) iklan kental manis ini dilarang ditayangkan pada jam tayang yang biasa dikonsumsi anak-anak atau disandingkan dengan tayangan anak-anak.

    Susu Kental Manis Berbeda Dengan Susu Yang Sterilkan

    Istilah susu kental manis memang bisa menyesatkan masyarakat untuk terus mengonsumsinya secara rutin. Sehingga visualisasi iklan susu kental manis yang bisa menjerumuskan konsumen anak-anak, remaja dan dewasa perlu diatur.
    Label dan iklan juga dilarang menggunakan visualisasi bahwa produk susu kental dan analognya disetarakan dengan produk susu lain sebagai penambah atau pelengkap gizi, seperti susu sapi, susu yang dipasteurisasi, susu yang disterilisasi, susu formula atau susu pertumbuhan.

    Selain itu dilarang menggunakan visualisasi gambar susu cair dan/atau susu dalam gelas serta disajikan dengan cara diseduh untuk dikonsumsi sebagai minuman.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : July 17, 2018

    Pertanyaan Pengunjung :

    Apa boleh makan bebek goreng

  • Oleh : Alvino Dinova
  • 4 bulan, 2 minggu yang lalu

    Mau nanya apa boleh makan bebek goreng setelah sunat

    usia kehamilan sudah hampir lebih dari 9 bulan tapi bayi belum lahir

  • Oleh : salsa amelia
  • 9 bulan yang lalu

    selamat siang ibu bidan, adik saya sedang mengandung dan sekarang kehamilannya sudah mau 10 bulan, tapi kok belum ada tanda-tanda melahirkan ya? menurut ibu saya, katanya adik saya ini mungkin hamil anak laki-laki, saya tidak tau itu benar atau ngga, tapi saya ingin mengetahui kebenaran tentang kondisi menurut ibu bidan. apa ngga masalah atau ada hal yang perlu diperiksakan lagi? itu saja, saya tunggu jawabannya

    Cara mengatasi demam yang disertai diare pada anak 1 tahun

  • Oleh : Riri
  • 2 tahun, 11 bulan yang lalu

    Selamat siang, Maaf sebelumnya saya mau bertanya bagaimana cara mengatasi demam yang disertai pada anak usia 1 tahun. Karena sudah 3 hari anak saya mengalami demam yang disertai dengan diare. Anak juga tidak mau makan dan sering rewel. Kemarin diperiksa ke dokter dan demam sempat turun setelah diberikan obat penurun demam, namun esoknya suhu tubuhnya kembali naik dan intensitas diare semakin sering. Mohon penjelasannya.

    Terimakasih sebelumnya.

    Makan dan minum saat proses bersalin, bolehkah?

  • Oleh : Rani Anggraeni
  • 2 tahun, 10 bulan yang lalu

    Sore bu bidan.
    Saya saat ini tengah mengandung usia kehamilan tua, dan ini adalah kehamilan kedua saya. Saat persalinan saya yang pertama, saya kurang begitu banyak memiliki tenaga. Kata teman-teman saya, lebih baik pada persalinan kali ini saya ngemil jadi tenaga saya bisa bertambah. Yang mau saya tanyakan, jika saya makan atau ngemil dalam proses tahapan persalinan apakah berbahaya atau tidak? Terimakasih

  • Oleh : Rani Anggraeni
  • Apakah kehamilan saya normal?

  • Oleh : Ribka Veronika Tatengkeng
  • 2 tahun, 9 bulan yang lalu

    Selamat pagi Bu Bidan,

    Saya aneu, 25 tahun. Saat ini saya sedang hamil usia kandungan 2 bulan, tapi tidak ada tanda-tanda seperti payudara sakit dan membengkak, mual-mual di pagi hari seperti contoh tanda kehamilan umumnya. Apakah kehamilan saya normal?

  • Recent Topics

  • Baru-baru ini :

  • Follow Kami Di :

  • Tanya Bidan