×

Bahayanya Duduk Posisi W Pada Anak!

Bagikan Artikel :

Bahayanya Duduk Posisi W Pada Anak!

Duduk dilantai sambil memainkan mainan merupakan kebiasaan sehari-hari setiap anak-anak. Namun bunda perlu memperhatikan posisi duduk anak. Karena ada posisi duduk yang seharusnya dihindari oleh anak yaiu posisi W.

Posisi W adalah posisi yang umum digunakan oleh kebanyakan anak ketika duduk. Pada posisi ini, anak duduk menggunakan bokong mereka, dengan kedua kaki tertekuk ke arah luar, membentuk sebuah bentuk huruf W jika dilihat dari atas.

Beberapa Alasan Anak Suka Duduk dengan Posisi W

Duduk dengan posisi W sering sekali ditemui pada anak berumur 4 sampai 6 tahun. Sebenarnya, mengapa anak menyukai posisi duduk W? Hal ini disebabkan oleh posisi tulang anak. Ternyata anak-anak di usia mereka memiliki posisi tulang yang membuat duduk dengan posisi W lebih nyaman untuk dilakukan.

Selain itu, posisi duduk anak yang dilakukan dengan posisi W akan memungkinkan si Kecil untuk mendapatkan posisi yang stabil dan mantap. Dengan begitu, dirinya dapat berkonsentrasi dalam bermain. Posisi W juga membantu tubuh anak lebih fleksibel. Jadi, ketika hendak mengambil boneka atau mainan di sekitarnya, si Kecil dapat dengan mudah untuk menggapainya.

Lantas, jika bagi orang dewasa posisi ini mungkin menimbulkan rasa sakit, apakah hal serupa juga dirasakan oleh si Kecil? Sebenarnya, anak sudah bisa mengenali posisi duduk yang membuatnya nyaman dan tidak. Jadi, apabila Anda mendapati si Kecil sering duduk dengan kaki menyerupai huruf W, Anda tidak perlu khawatir.

Gangguan Kesehatan yang Dapat Terjadi Jika Biasa Duduk Posisi W

  1. Gangguan Ortopedi
    Terbiasa duduk dengan posisi W dapat meningkatkan risiko cedera otot dan dislokasi panggul. Dislokasi panggul adalah kelainan struktur tubuh yang disebabkan keluarnya sendi panggul dari lokasi seharusnya di dalam tubuh.
  2. Otot Menjadi Kaku
    Bahaya anak duduk dengan posisi W juga dipercaya dapat menyebabkan gangguan kekakuan otot, terutama pada pasien dengan gangguan perkembangan otot, seperti hipertonik dan spastisitas.
  3. Keterlambatan Perkembangan bagi Anak dengan Hypertonia
    Pada anak dengan gangguan hypertonia, yaitu gangguan pertumbuhan massa otot berlebih, posisi duduk W akan semakin mengganggu pertumbuhan gerak anak dan menghambat proses terapi anak. Jadi, jika buah hati Anda menjalani terapi hypertonia, sebaiknya Anda lebih mewaspadai posisi duduk anak.
    Terlepas dari baik atau tidaknya duduk dengan posisi W, Anda patut waspada jika anak Anda mengalami gangguan berjalan, bicara tidak seimbang, atau berjalan pincang. Ajari juga cara duduk dengan variasi yang lain.

About : Citra Dewi Amd. Keb

Citra Dewi Amd. Keb

Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : May 31, 2021

    Pertanyaan Pengunjung :

    HAID

  • Oleh : Ayu Safitri
  • 4 bulan yang lalu

    Dok saya mau nnya, saya kan nikah udh 5bulan, pas nikah saya gak haid selama 3bulan, trs haid tapi dikit2 selama 3hari . Trs gak haid lagi selama 2 bulan . Trs ini haid lagi pas Haid kluar darahnya bnyk bgt dok, sama kluar darah kaya Jeli2 warnanya Merah ati . Udh mau 2minggu blm tiris dok… Itu knp ya dok.. Trmksh

  • Oleh : Ayu Safitri
  • Gelembung/kantong

  • Oleh : Dewi Gita
  • 4 bulan yang lalu

    Dok, knpa di vagina saya kalau lubangnya di buka trlihat ada seperti gelembung yg isi cairan dok?

  • Oleh : Dewi Gita
  • Pusar bayi yang bernanah

  • Oleh : audrycolunga4
  • 4 tahun, 4 bulan yang lalu

    Pagi bu bidan saya mau bertanya nih bayi saya baru 3 hari tali pusarnya udah putus namun hingga saat ini pusarnya bernanah sudah di periksa ke bidan namun bidan hanya membersihkannya dengan kain kasa yang di basahi alkohol. Dan saat ini pusar bayi saya masih bernanah dan berair. Apakah ini infeksi ya bu bidan dan bagaimana cara mengobatinya. Mohon jawabannya bu trims

    Alat kelamin

  • Oleh : Hero Putra
  • 1 tahun, 8 bulan yang lalu

    Halo dok saya mau tanya saya sehari bisa buang air kecil 10 kali lebih dan setelah buang air kecil kaya ada yang menetes seperti air kencing tapi agak kental dikit terus setelah saya basuh rasanya kemaluan saya dingin dan ingin buang air kencing lagi bisa sampai 5 kali terus di ujung kemaluan saya mulutnya bengkak dok.dan waktu tidur entah itu malam atau siang keluar caira seperti mani tapi berwarna putih kental waktu keluarnya kemaluan tegang dok.lalu di ujung kemaluan kaya ada airnyaterus ggitu dok..mohon dibantu dok sekian terimakasih. Wasalamuala’ikum WR.WB

    cara mengatasi kebiasaan anak usia 5 tahun yang masih suka mengompol di tempat tidur

  • Oleh : Vita Ratnasari
  • 4 tahun, 9 bulan yang lalu

    ibu bidan, anak saya laki-laki usia 5 tahun masih suka minum susu pake botol, juga masih suka ngompol di tempat tidur, bagaimana solusinya ya?

    Tanya Bidan