×

Batuk Berdarah Pada Anak Dan Ramuan Tradisional Untuk Mengatasinya

Bagikan Artikel :

Saat anak mengalami batuk yang disertai darah akan membuat orang tua cemas dan khwatir. Orang tua langsung menduga-duga adanya suatu keadaan yang serius atau berbahaya yang terjadi pada anaknya. Batuk darah adalah keluarnya darah atau lendir bercampur darah pada saat batuk.

Batuk dengan dahak berdarah bisa menjadi tanda serius atau berbahaya, namun adakalanya itu hanya gejala ringan yang tak perlu dikhawatirkan.  Tapi tetap harus mejadi kewaspadaan Anda sebagai orang tua.

Saat batuk berdarah, gejala yang pertma muncul ialah berupa rasa gatal pada tenggorokan dan juga terasa ingin batuk. Ketika batuk itulah dahak bersamaan dengan darah akan keluar, darah yang keluar biasanya berbuih dengan warna merah terang.

Related Posts :

    Yang harus Anda waspadai jika anak sudah mengalami gejala seperti dibawah ini:

    • Saat batuk, keluar lendir atau dahak yang disertai degan darah yang berwarna merah segar.
    • Muka menjadi pucat.
    • Malam hari akan muncul banyak keringat dingin.
    • Nafsu makan menjadi berkurang.
    • Sesak nafas atau nafas menjadi berat.

    Apa penyebab batuk beradar ini?

    Perlu Anda ketahui behwa ada begitu banyak yang menjadi penyebab munculnya batuk berdarah pada anak diantaranya infeksi yang terjadi disaluran pernafasan, tumor yang melekat pada paru-paru, bronkitis, penyakit kardiovaskular, radang paru-paru, kanker paru-paru, iritasi pada tenggorokan dan kelainan hematologi.

    Semua kondisi diatas adalah penyebab dari terjadinya batuk berdarah pada anak. Untuk itu sebelum batuk berdarah pada anak menjadi semakin parah Anda harus segera melakukan pengobatan untuk anak Anda. 

    Untuk mengatasi penyebab batuk berdarah yang disebabkan oleh iritasi dan infeksi, Anda bisa mengobatinya menggunakan ramuan alami tradisional yang terbuat dari bahan alami.

    Kunir dan kencur. Kunir dan kencur selama ini dikenal sebagai obat keluarga atau toga yang bisa bermanfaat untuk meredakan batuk berdarah. Caranya adalah dengan membersihkan kunir dan juga kencur. Kupas kulitnya. Haluskan kunir dan kencur tersebut secara bersamaan. Rebus kunir dan kencur yang telah dihaluskan tadi menggunakan air yang mendidih. Bisa ditambahkan menggunakan gula jawa. Minum saat pagi dan juga sore hari.

    Ramuan kedua yang bisa mengatasi batuk berdarah ialah dengan menggunakan kayu manis. Kayu manis bermanfaat untuk penyembuhan batuk berdarah pada anak. Cara membuatnya ialah dengan merebus kayu manis tersebut sampai mendidih, setelah itu campurkan dengan gula dan madu. Saring dan kemudia Anda bisa langsung memberikan air rebusan kayu manis tersebut pada anak. Diminum secara teratur agar batuk berdarah pada anak segera membaik.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : June 9, 2017

    Pertanyaan Pengunjung :

    Kehamilan

  • Oleh : Pipit Winartii
  • 2 tahun, 11 bulan yang lalu

    Selamat Siang Dok,

    Istri saya seblumnya mempunyai siklus menstrusai 28 hari
    namun ini sudah lewat dari 28 hari apakah istri saya hamil

    salam,

    Alergi Dingin

  • Oleh : Claudia harapankita
  • 3 tahun, 1 bulan yang lalu

    Dok selama ini saya sering kali merasakan masalah dibagian hidung seperti hidung yang terasa perih sehingga membuat saya kesulitan untuk bernafas dimana hal ini sering juga disertai dengan adanya rasa sakit pada bagian kepala. Biasanya saya merasakan hal ini dimana saat musim dingin dok. Dulu saya sempat tinggal di daerah perkampungan yang udaranya sangat dingin sehingga tiap malam dan pagi hari saya sering merasakan masalah pada bagian hidung serta bersin bersin. Saya mau tanya, kira kira ini salah satu gejala penyakit apa ya dok? Terus berbahaya gak ya bagi kesehatan saya?

    Hamil bagi penderita diabetes

  • Oleh : uye (wanita)
  • 4 tahun, 10 bulan yang lalu

    Saudara saya saat ini berusia 34 tahun dan dia kini tengah hamil yang baru memasuki trimester 1, namun dia sering khawatir karena saudara saya memiliki riwayat diabetes saat ia masih muda. Hal yang ingin saya tanyakan yaitu amankah bagi diabetesi untuk hamil? dan apakah ada cara untuk mengatasi atau solusi baik bagi ibu dan janin? Mohon jawabannya.

    Tekanan mental

  • Oleh : Faldi pratama Faldi pratana
  • 8 bulan, 2 minggu yang lalu

    Apakah orang yg terkena tekanan mental orang tua dan keluarga bisa bahagia?

  • Oleh : Faldi pratama Faldi pratana
  • Tentang payudara

  • Oleh : Monica Sindi
  • 1 tahun yang lalu

    Bidan..
    Saya mau bertanya…
    Gini baru2 ini saya baru mengetahui ada benjolan di payudara saya .
    Namun tidak terasa sakit
    Saya pernah search digoogle bahwa kanker payudara itu jika puting dipencet akan keluar air .
    Nah ini gak ..
    Hanya ada benjolan namun tidak terasa sakit…
    Itu kenapa ya?
    Mohon bantuannya 🙏🏻🙏🏻

    Tanya Bidan