×

Batuk Berdarah Pada Anak Dan Ramuan Tradisional Untuk Mengatasinya

Bagikan Artikel :

Saat anak mengalami batuk yang disertai darah akan membuat orang tua cemas dan khwatir. Orang tua langsung menduga-duga adanya suatu keadaan yang serius atau berbahaya yang terjadi pada anaknya. Batuk darah adalah keluarnya darah atau lendir bercampur darah pada saat batuk.

Batuk dengan dahak berdarah bisa menjadi tanda serius atau berbahaya, namun adakalanya itu hanya gejala ringan yang tak perlu dikhawatirkan.  Tapi tetap harus mejadi kewaspadaan Anda sebagai orang tua.

Saat batuk berdarah, gejala yang pertma muncul ialah berupa rasa gatal pada tenggorokan dan juga terasa ingin batuk. Ketika batuk itulah dahak bersamaan dengan darah akan keluar, darah yang keluar biasanya berbuih dengan warna merah terang.

Yang harus Anda waspadai jika anak sudah mengalami gejala seperti dibawah ini:

  • Saat batuk, keluar lendir atau dahak yang disertai degan darah yang berwarna merah segar.
  • Muka menjadi pucat.
  • Malam hari akan muncul banyak keringat dingin.
  • Nafsu makan menjadi berkurang.
  • Sesak nafas atau nafas menjadi berat.

Apa penyebab batuk beradar ini?

Perlu Anda ketahui behwa ada begitu banyak yang menjadi penyebab munculnya batuk berdarah pada anak diantaranya infeksi yang terjadi disaluran pernafasan, tumor yang melekat pada paru-paru, bronkitis, penyakit kardiovaskular, radang paru-paru, kanker paru-paru, iritasi pada tenggorokan dan kelainan hematologi.

Semua kondisi diatas adalah penyebab dari terjadinya batuk berdarah pada anak. Untuk itu sebelum batuk berdarah pada anak menjadi semakin parah Anda harus segera melakukan pengobatan untuk anak Anda. 

Untuk mengatasi penyebab batuk berdarah yang disebabkan oleh iritasi dan infeksi, Anda bisa mengobatinya menggunakan ramuan alami tradisional yang terbuat dari bahan alami.

Kunir dan kencur. Kunir dan kencur selama ini dikenal sebagai obat keluarga atau toga yang bisa bermanfaat untuk meredakan batuk berdarah. Caranya adalah dengan membersihkan kunir dan juga kencur. Kupas kulitnya. Haluskan kunir dan kencur tersebut secara bersamaan. Rebus kunir dan kencur yang telah dihaluskan tadi menggunakan air yang mendidih. Bisa ditambahkan menggunakan gula jawa. Minum saat pagi dan juga sore hari.

Ramuan kedua yang bisa mengatasi batuk berdarah ialah dengan menggunakan kayu manis. Kayu manis bermanfaat untuk penyembuhan batuk berdarah pada anak. Cara membuatnya ialah dengan merebus kayu manis tersebut sampai mendidih, setelah itu campurkan dengan gula dan madu. Saring dan kemudia Anda bisa langsung memberikan air rebusan kayu manis tersebut pada anak. Diminum secara teratur agar batuk berdarah pada anak segera membaik.

Related Posts :

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : June 9, 2017

    Pertanyaan Pengunjung :

    Sesak napas dan cepat lelah saat hamil

  • Oleh : okmbella957
  • 3 tahun, 11 bulan yang lalu

    Selamat pagi bu bidan, saya mau bertanya saat ini saya sedang hamil 17 minggu. Akhir-akhir saya sering sekali merasa sesak napas dan cepat lelah. Bagaimana cara mengatasinya dan apakah hal tersebut wajar saat hamil?

    Kehamilan

  • Oleh : Atik Tika
  • 1 tahun, 6 bulan yang lalu

    Assalamualaikum, maaf bu dokter saya mewakili teman saya mau bertanya, teman saya kan sudah tidak heid dari semenjak bulan mei 2019 setelah bulan juni akhir ternyata belum haid juga katanya, lalau pas tanggal 25 juni akhir teman saya melakukan test pack dan hasilnya negatif, tapi pas masuk bulan juli awal juga belum haid dan pas tanggal 9 juli di cek lagi hasilnya fositif, di tes lagi tanggal 12 juli juga masih fositif, dan di coba di tes lagi tanggal 23 juli juga masih fositif, tapi yg membuat anehnya kata teman saya dia sama sekalai tidak merasakan mual muntah atau tanda tanda hamil seperti biasanya yaitu perut buncit, sering pipis dll.hanya yg dirasakan yaitu tidak haid seperti biasanya saja. Yg mau di tanyakan jd sebenarnya teman saya itu sedang hamil atau tidak bu dokter, dan solusi nya apa untuk memastikan teman saya hamil atau tidak itu soalnya teman saya tidak mau di cek langsung ke dokter atau bidan dia orangnya penakut dokter. Terima kasih sekian pertanyaan saya mohon di jawab ya bu dokter.

    Sering mulas di usia kehamilan 7 bulan

  • Oleh : Nani Mulyaningsih
  • 2 tahun, 6 bulan yang lalu

    Selamat pagi bu bidan saya Lutfia umur 25 tahun saat ini saya sedang mengandung 7 bulan. Saat ini saya sering mengalami rasa mulas meskipun setelahnya di barengi BAB. Namun apakah wajar jika rasa mulas muncul lebih sering saat hamil? Mohon jawabannya bu bidan

    Mentrulasi

  • Oleh : Fidella Annaumi
  • 1 tahun, 9 bulan yang lalu

    Halo dok mau tanya, usia saya 18 tahun yang sedang sibuk cari kuiah dok, haid saya sellu lancar meski agak panjang sekitar 10 harian, tapi mulai bulan lalu saya haid berwarna hitam dari awal haid sampai akhir dok, dan setelah 11 hari saya haid lagi dengam keadaan yang sama dok haid berwarna hitam, tidak menggumpal, dan hanya sedikit sekali dok seperti flek saja dan berlangsung 13 hari dok, lalu setelah 6 hari flek lagi dok sekarang sudah memasuki 2 hari dari awal flek terakhir dok, apakah ini penyakit?

    Wasir (Ambeyen)

  • Oleh : Intan Cahyaning Palupi
  • 7 bulan yang lalu

    Selamat siang bu bidan.. Maaf mengganggu waktunya. Bu, saya ingin bertanya.. Ini kehamilan pertama saya dan dari sebelum menikah saya sudah ada ambeyen eksternal yg nggak bisa masuk lagi. Posisi ambeyen ini dibagian atas dekat dengan perineum, tapi selama ini belum pernah sampai berdarah, hanya bengkak saja setelah bab tp akan kembali k ukuran semula dalam beberapa jam. Usia kehamilan saya sekarang 31minggu bu. Apa saya tetap bisa melahirkan secara normal yaa bu?
    Terima kasih sebelumnya bu

  • Oleh : Intan Cahyaning Palupi
  • Tanya Bidan