×

Benarkah Rambut Jagung Pada Anak Pertanda Kurang Gizi?

Bagikan Artikel :

Benarkah Rambut Jagung Pada Anak Pertanda Kurang Gizi?

Istilah rambut jagung menggambarkan kondisi rambut yang menipis berwarna kemerahan (seperti rambut jagung) dan mudah dicabut tanpa adanya rasa nyeri. Kondisi ini khas pada anak dengan kwarshiorkor atau gizi buruk yang disebabkan kurangnya asupan protein.

Related Posts :

    Perlu diketahui, syarat balita yang tumbuh dan berkembang dengan baik adalah balita yang pertumbuhannya senantiasa mengalami kenaikan. Bisa dilihat dari grafik tumbuh kembangnya. Oleh karena itu setiap bulan anak harus ditimbang, diukur tingginya dan lingkar kepalanya. Balita yang sehat pertumbuhannya harus memiliki tren yang naik dan sesuai target. Kalau stagnan atau terjun bebas bahaya. Jika dibiarkan terus menerus bisa menyebabkan gizi buruk,

    Macam-macam Gizi Buruk

    1. Kwashiorkor
      Penyakit kwashiorkor atau disebut busung lapar merupakan gizi buruk karena kekurangan protein, vitamin, dan mineral. Anak yang menderita gizi buruk jenis kwashiorkor ini biasanya cenderung rentan terkena infeksi. Kwashiorkor memiliki ciri-ciri seperti seluruh tubuh tampak lebih gemuk karena terdapat edema (bengkak) apabila bengkak tersebut ditekan akan meninggalkan bekas seperti lubang, wajah bulat dan sembab (moon face), timbul ruam berwarna merah muda meluas (crazy pavement dermatosis), nafsu makan menurun, rambut menipis, berwarna merah seperti rambut jagung, dan mudah rontok, perut buncit, punggung kaki dan tangan bengkak dan sering rewel.
    2. Marasmus
      Jenis gizi buruk marasmus disebabkan karena tubuh kekurangan karbohidrat, kalori, dan protein. Penyakit marasmus sering ditemukan di kawasan negara Afrika dan wilayah konflik menyebabkan kelaparan akut. Kebanyakan anak-anak atau bayi berusia di bawah satu tahun mengalami gizi buruk marasmus ini.
      Penyebab marasmus beragam, seperti kurang makan, tubuh infeksi, bawaan lahir, lahir prematur, dan faktor lingkungan. Gizi buruk marasmus pada anak dapat diketahui dengan ciri-ciri seperti tubuh sangat kurus sampai terlihat seperti tengkorak, tulang pipi dan dagu kelihatan menonjol, kulit kering, keriput, dan kendor, tidak mampu beraktivitas dengan normal, suhu tubuh yang rendah, wajah anak tampak lebih tua, dan sering disertai penyakit infeksi (diare kronik dan TBC)
    3. Marasmik-kwashiorkor
      Marasmik-kwashiorkor merupakan penyakit gizi buruk karena tubuh kekurangan kandungan protein dan karbohidrat.
      Seperti namanya, jenis gizi buruk ini gabungan antara marasmus dan kwashiorkor. Kondisi ini terbilang cukup serius. Pasalnya, dapat menyebabkan anak rabun senja, rentan terinfeksi penyakit, dan daya tangkap otak menurun.

    Kenaikan Berat Badan Harus Selalu Di Pantau

    Meski tumbuh kembang balita berbeda-beda namun tetap harus diperhatikan setiap bulannya. Harus rutin setiap bulan diukur berat badan, tinggi badan, lingkar kepala, lingkar lengan setidaknya sampai usia dua tahun.

    Jika pertumbuhan balita tidak mengalami kenaikan maka harus segera diperbaiki. Kalau tidak optimal harus segera digali. Utamanya usia nol bulan sejak kita tahu kita hamil sampai dia usia dua tahun adalah golden period di mana otak manusia sudah berkembang hingga 80 persen yang mana ujung-ujungnya akan memengaruhi gizi dan tinggi badan anak ke depan.

    Jika memang balita kurang gizi maka harus ditelusuri, untuk bayi lahir hingga usia 6 bulan apakah cara menyusuinya sudah benar, adakah penyakit penyerta bawaan, kalau usia lebih dari enam bulan apakah cara memberi MPASI sudah benar.

    Kita lihat pemberian makanan sesuai dengan feeding rules tidak apakah waktu tepat, tekstur tepat, apakah isinya sudah adekuat, apakah frekuensi sesuai waktu kah

    Anak dengan kurang gizi akan mempengaruhi keaktifannya dalam sehari-hari dan sangat dapat mempengaruhi perkembanganya kemudian hari. Anak kurang gizi bisa dilihat anak jadi lemah, kurang ceria dan tidak aktif.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : June 28, 2021

    Pertanyaan Pengunjung :

    Berapa lama keputihan yang di alami masa remaja yang umur 16 tahun..?

  • Oleh : Dinda Febrianti
  • 1 tahun, 1 bulan yang lalu

    Bu bidan saya mau tanya saya mulai keputihan pada saat saya sudah umur 14 tahun itu saya kelas 2 SMP sampek sekarang saya kelas 1 SMA belum berhenti juga keputihan saya..gimana bu bidan solusinya..?dan itu pun saya sekarang udah umur 16 tahun tapi belum mendapatkan menstruasi..dan berat badan saya sekarang 20kg apa itu juga berpengaruh dalam menstruasinya..?

  • Oleh : Dinda Febrianti
  • BB anak tidak naik2

  • Oleh : Nenk Marsya
  • 4 tahun yang lalu

    Selamat pagi, Bu.. Saya mau bertanya beberapa hal mengenai anak sy yg BBnya tdk pernah lagi naik. Sekarang anak usia 2th…
    1. Apakah anak sy kena TB/kurang gizi? Krn adik sy ada yg riwayat TB. Ortu sy juga batuk tidak kunjung sembuh. Anak kakak ipar sy juga abis pengobatan TB.
    2. Apa sebenarnya faktor pemicu TB dan cara mengatasinya?
    3. Apakah TB menular ke ibu hamil? Dan bagaimana ciri serta mengatasinya?
    4. Sebaiknya anak dibawa ke ahli gizi atau ke dokter anak?
    Terima kasih

    Apakah kehamilan saya normal?

  • Oleh : Ribka Veronika Tatengkeng
  • 5 tahun, 2 bulan yang lalu

    Selamat pagi Bu Bidan,

    Saya aneu, 25 tahun. Saat ini saya sedang hamil usia kandungan 2 bulan, tapi tidak ada tanda-tanda seperti payudara sakit dan membengkak, mual-mual di pagi hari seperti contoh tanda kehamilan umumnya. Apakah kehamilan saya normal?

    Susah Hamil Setelah Mengalami Keguguran

  • Oleh : Siti Rohmah
  • 5 tahun, 5 bulan yang lalu

    Bu saya mau bertanya, Sudah 3 tahun menikah saya belum diberikan keturunan, padahal dulu istri saya pernah hamil, tapi sayangnya keguguran saat usia kandungan 6 bulan. Tapi istri saya sampai saat ini masih belum memeriksakan diri ke dokter ahli. Apakah hal ini disebabkan karena adanya penyakit pada istri saya??

  • Oleh : Siti Rohmah
  • Makanan Sehat Untuk Wanita

  • Oleh : Uchi Susilawati
  • 5 tahun yang lalu

    Assalamualaikum Selamat pagi bu bidan, saya mau tanya kita sebagai wanita kan akan mengalami fase fase sulit seperti menstruasi, hamil, pasca melahirkan dan lain sebagainya. Nah makanan seperti apa yang dianjurkan untuk kita (wanita) agar kesehatan kita tetap terjaga dan seimbang? agar kita tidak rentan lelah atau terserang penyakit. Terimkasih bu bidan Wassalam…

  • Oleh : Uchi Susilawati
  • Tanya Bidan