×

Bolehkah Kuku Anak Pakai Kuteks?

Bagikan Artikel :

Bolehkah Kuku Anak Pakai Kuteks?

Kuku yang berwarna memang terlihat cantik dan menarik. Sehingga banyak wanita yang mewarnai kukunya dengan wara kesukaanya menggunakan cat kuku atau kuteks. Tidak jarang anak-anak pun melakukan hal demikian. Lalu apakah aman jika anak-anak menggunakan kuteks? Perlu diketahui bahwa anak punya kebiasaan mengemut tangan. Bila ia mengemut tangan yang terdapat kuteks tadi zat berbahaya apa saja yang masuk ke pencernaan anak.

Zat Berbahaya Apa Yang Ada Pada Kuteks?

  1. Pada kuteks terdapat zat kimia bernama Dibutyl phthalate. Dibutyl phthalate adalah dikenal sebagai “racun reproduksi” karena telah dikaitkan dengan cacat lahir dan masalah perkembangan dalam tes laboratorium hewan. Penggunaan dibutyl phthalate dalam kosmetik telah dilarang di Eropa sejak tahun 2003 dan beberapa perusahaan.
  2. Terdapat juga zat bernama toluenea. Toluene adalah bahan kimia yang juga digunakan dalam pengencer cat, pewangi buatan, larutan pembersih, dan produk rumah tangga lainnya. Paparan toluena yang berkepanjangan dan berulang (termasuk di tempat kerja atau secara sengaja menghirupnya secara sengaja) telah terbukti menyebabkan masalah sistem saraf dan masalah pernapasan bagian atas.
  3. Selain itu formaldehida atau formalin digunakan dalam berbagai macam produk bangunan dan digunakan sebagai pengeras untuk memastikan bahwa kuteks tidak pecah. Paparan jangka panjang dapat menyebabkan masalah pernapasan dan dapat meningkatkan risiko kanker jenis tertentu.
  4. Yang lebih membahayakan ada Formaldehida Resin. Pengeras dan pengering kuku dalam kuteks ini diketahui dapat meningkatkan resiko terjadinya kanker.
  5. Yang terakhir ada zat kimia Camphor. Selain bisa membuat kuku berubah warna menjadi kuning, paparan camphor yang terlalu sering juga bisa mempengaruhi sistem syaraf.

Alternatif Kutek Yang Aman Unuk Si Kecil

Untungnya, saat ini sudah banyak produk kuteks alternatif yang bebas bahan kimia berbahaya dan aman untuk digunakan oleh balita maupun ibu hamil, seperti Piggy Paint, Kid Licks, atau Keeki. Pilihkan produk kuteks tersebut berbahan dasar air lain yang tidak beracun dan tidak berbau, sehingga aman bila tertelan. Yang tidak kalah penting, jenis kuteks untuk balita ini juga mudah dibersihkan bila tumpah.

Related Posts :

    Agar Si kecil Tidak Menggunakan Kuteks Lagi

    1. Beri penjelasan bahwa kuteks tidak aman untuk kesehatan. Dan bahkan akan mengundang beberapa penyakit.
    2. Jika si kecil tetap ingin menggunakan kutek maka pakaikan kuteks pada jari yang lebih sulit dijangkau dan dimainkan. Atau bunda bisa memasangkan di jari kaki.
    3. gunakan produk yang aman dan bebas kimia.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : July 27, 2021

    Pertanyaan Pengunjung :

    Membiasakan Anak Bersikap Sopan pada Orang Lain

  • Oleh : ade
  • 4 tahun, 9 bulan yang lalu

    Pagi Bu Bidan saya mau tanya bagaimana cara mengajarkan anak untuk bisa sopan pada orang lain ? baik itu pada orang tua, teman sebayanya atau pada anak yang lebih kecil darinya ?

    Keputihan Yang Tak Normal

  • Oleh : Muhammad Hanif Maulana
  • 4 tahun, 10 bulan yang lalu

    Siang dok, saya baru saja menikah 1 minggu lalu. Sebelum menikah, memang saya memiliki masalah dengan seputar kesehatan keputihan yang sedikit berwarna hijau dengan jumlah yang memang cukup lumayan banyak. Namun, setelah saya menikah, sering kali saya merasakan rasa gatal setelah melakukan hubungan intim, dan bahkan pada pertama kalinya berhubungan keputihan ini semakin banyak dan bahkan membuat saya risih dan takut suami berpaling. Saya mau bertanya, apaklah hal ini merupakan salah satu hal yang normal pada awal berhubungan seks atau bahkan ini berbahaya? Terus bagai mana cara mengatasi masalah kesehatan yang satu ini agar keputihan hilang dari bagian vagina ini.

  • Oleh : Muhammad Hanif Maulana
  • Mata Putih Bagian Tengah

  • Oleh : emilia
  • 3 tahun, 1 bulan yang lalu

    Dok saya may tanya, kan saya punya ade yang masih berusia 2 bulan. Awalnya adik saya lahir dengan normal dan juga mata yang normal. Tapi setelah usia adik saya menginjak 1 bulan, tiba tiba saya perhatikan ada warna putih pada bagian mata bagian tengah yang biasanya hitam, itu kira kira kenapa ya dok? jenis penyakit apa kira kira?

    Pemberian Susu Formula

  • Oleh : Princess mikha
  • 3 tahun, 1 bulan yang lalu

    Halo Bu Bidan, saya mau tanya, apakah tidak apa-apa jika bayi diberi susu formula untuk beberapa hari saja ? Apa ada efek sampingnya ?

    Susah Ereksi

  • Oleh : Muhammad Risku
  • 2 tahun, 1 bulan yang lalu

    Dok berumur 21 thn knapa y, beberapa hari ini penis syg susah bangat untuk ereksinya dok,,

    Tolong Jawaban nya segara dok,,saya sngat cemas dngan keaadaan sy yg skarang ini dok

    Tanya Bidan