×

Bunda Kenali Penyakit Autisme Anak Dan Ciri-Cirinya

Bagikan Artikel :

CurhatBidan. Bunda seberapa tahukah Anda dengan penyakit autime ini? Apa bunda sudah tahu apa itu penyakit autisme dan apa saja ciri-ciri yang akan terlihat pada penderitanya? Jika belum, mari kita bahas bersama tentang penyakit autisme dan ciri-cirinya yang bisa menyerang anak-anak.

Setelah bunda mengenal lebih jelas tentang penyakit ini, bunda bisa tahu apa langkah awal yang bisa dilakukan untuk mencegah penyakit tersebut menyerang buah hati bunda.

Autisme merupakan gangguan perkembangan mental yang sangat kompleks pada anak-anak. Pada umumnya, gejala autisme muncul pada anak-anak yang berusia tiga tahun, Gangguan perkembangan ini juga akan mempengaruhi kemampuan anak dalam berkomunikasi serta berinteraksi sosial dengan orang lain. Penyakit ini juga kadang kala bisa membuat anak berperilaku kurang lazim atau berperilaku berbeda dengan anak-anak seusianya.

Meski belum pasti kebenarannya autisme terjadi akibat genetik atau teratogen (hal-hal yang menyebabkan kecacatan janin, seperti rokok, alkohol, atau obat-obatan yang dikonsumsi ibu hamil tanpa konsultasi pada dokter), atau karena stres kehamilan yang berat. 

Bunda kenali beberapa ciri-ciri autisme berikut ini:

Gangguan Kemampuan Sosial

Pada tingkat gejala ringan, ciri-ciri autisme yang muncul adalah tampak canggung saat berhubungan dengan orang lain, mengeluarkan komentar yang menyinggung orang lain, dan tampak terasing saat berkumpul bersama orang lain. Penderita autis dengan tingkat gejala autis yang parah biasanya tidak suka berinteraksi dengan orang lain.

Kesulitan dalam berempati

Anak yang menderita sutisme akan sulit untuk memahami perasaan orang lain, sehingga anak akan cuek terhadap orang lain. Ketika berbicara dengan orang lain, komunikasinya cenderung bersifat satu arah sebab mereka banyak membicarakan dirinya sendiri.

Tidak Menyukai Kontak Fisik

Sebagian besar anak autisme tidak menyukai kontak fisik, mereka tidak suka apabila disentuh atau dipeluk oleh orang lain.

Memiliki Gangguan Bicara

Related Posts :

    40% anak-anak autisme tidak bisa berbicara atau hanya bisa mengucapkan beberapa kata saja. Sekitar 25-30% dapat mengucapkan beberapa kata pada usia 12-18 bulan, namun sesudahnya kehilangan kemampuan berbicara. Sedangkan sisanya baru dapat berbicara setelah agak besar. Anak-anak autisme dalam berbicara intonasi atau jeda saat berbicara cenderung datar. Mereka juga suka megulangi kata tertentu.

    Selalu Melakukan Sebuah Tindak Berulang

    Anak autis menyukai hal yang sudah pasti sehingga mereka menikmati melakukan rutinitas yang sama terus menerus atau sering melakukan tindakan yang berulang-ulang. Contohnya melakukan gerakan tidak bertujuan yang diulang-ulang (stereotype) misalnya, menggerak-gerakkan tangan.

    Nah, itu semua adalah ciri-ciri umum yang terjadi pada anak autisme. Semoga setelah mengetahui lebih jelas tentang autisme ini bunda bisa lebih paham dan bisa mencegah anak agar terhindar dari penyakit tersebut.

    Baca Juga Artikel: Bahaya Ketagihan Bermain Game Online Untuk Anak

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : May 20, 2017

    Pertanyaan Pengunjung :

    Jerawat di vagina

  • Oleh : Agustina Effendi
  • 10 bulan, 2 minggu yang lalu

    Selamat malam dok. Mau bertanya, kmrn di vagina saya daerah tumbuhnya rambut ada satu jerawat, jerawat ini muncul beberapa hari setelah saya mencukur bulu, dan berbarengan jg dgn kemunculan jerawat di wajah.
    Jerawat yg di vagina td seperti pecah dan mengeluarkan darah. Kira2 berbahaya atau tidak ya?

    Kanker ovarium pada wanita remaja

  • Oleh : Rhiyad Suhpriatin
  • 2 tahun, 4 bulan yang lalu

    Selamat sore bu bidan, saya mau tanya Apakah kanker ovarium ini bisa menyerang wanita atau remaja berusia 20 tahunan? Sebab beberapa dari gejalanya dialami? Terimkasih.

    Masalah menstruasi

  • Oleh : Chika Chika
  • 3 bulan, 3 minggu yang lalu

    Dok mau tanya kenapa ya saya belom pernah menstruasi sampai sekarang? Padahal umur saya sudah mau 19 tahun

  • Oleh : Chika Chika
  • Kuret Akibat Keguguran

  • Oleh : Ramadhan
  • 2 tahun, 5 bulan yang lalu

    Siang Dok. Saya wanita berusia 27 Tahun. Kemarin saya melakukan kuret di Rumasakit. Tetapi kenapa ya, ko setelah kuret ini saya merasakan meriang dan demam walau demam tidak begitu tinggi. Selain itu, saya juga merasakan rasa nyeri pada bagian perut bawah, rasa pegal pegal serta badan yang tiba tiba menjadi lemas. Kira kira ini masalah kesehatan apa ya dok? Apakah mungkin ini terjadi akibat adanya infeksi setelah melakukan kiret? Terus apa yang bisa di lakukan untuk membantu menghilangkan masalah kesehatan ini?

    Perbedaan bercak kehamilan dan menstruasi

  • Oleh : Raysha Azzahra
  • 1 tahun, 8 bulan yang lalu

    Hpt saya bulan april tgl 22 dok tapi darah yg keluar saat menstruasi hanya sedikit seperti bercak kemudian tgl 3 mei keluar bercak lagi berwarna coklat kira kira karna apa ya dok soal nya saya belum pernah seperti ini berbahaya gak dok

    Tanya Bidan