Bunda, Pentingnya Menjaga Kesehatan Pencernaan Anak-anak

Share Dan Tag Teman Kamu Di :

  • Di Indonesia sebagian besar masyarakat sudah sadar akan pentingnya kesehatan anak. Namun tahukah bunda, hanya 20% ibu di Indonesia yang sadar akan pentingnya kesehatan pencernaan pada anak?

    Sistem pencernaan merupakan bagian vital yang sangat wajib untuk dijaga agar berfungsi maksimal karena tubuh kita mendapatkan nutrisi melalui sistem pencernaan. Apabila sistem pencernaan baik, maka penyerapan nutrisi akan maksimal sehingga tubuh menjadi sehat dan kuat.

    Sistem pencernaan pada manusia terbagi pada dua kelompok utama yaitu saluran pencernaan dan organ pencernaan tambahan. Saluran pencernaan terdiri dari mulut, faring, esofagus, lambung, usus halus, usus besar serta anus. Sedangkan organ pencernaan terdiri dari gigi, lidah, kantung empedu dan kelenjar pencernaan (kelenjar hati, lidah dan kelenjar pankreas).

    Bila Pencernaan anak-anak tidak dijaga dengan baik, kemungkinan terserang penyakit pencernaanpun semakin beresiko. Beberapa penyakit yang dapat menyerang sistem pencernaan anak antara lain:

    • Sakit Gigi.
    • Gastritis Merupakan suatu peradangan akut atau kronis pada lapisan mukosa (lender) dinding lambung.
    • Sariawan. Alat pencernaan yang terganggu atau terserang oleh sariawan adalah mulut (bibir dan gusi) dan lidah.
    • Diare.
    • Konstipasi atau yang sering kita sebut dengan sebutan “sembelit” adalah keadaan yang dialami seseoang dengan gejala fases mengeras sehingga susah dikeluarkan. Sembelit disebabkan oleh adanya penyerapan air pada sisa makanan.
    • Maag. Penyakit ini juga disebut tukak lambung atau luka pada lambung. 
    • Xestomia: Produksi air liur sangat sedikit.

    Itu adalah beberapa penyakit yang dapat menyerang sistem pencernaan, gangguan tersebut pada umumnya disebabkan oleh hal-hal sebagai berikut:

    • Makan tidak teratur .
    • Makan sambil minum air secara terus menerus.
    • Mengkonsumsi makanan yang tidak sehat.
    • Kebiasaan makan yang cepat sehingga makanan tidak dikunyah dengan baik.
    • Organ yang sudah tidak berfungsi dengan semestinya, seperti gigi yang tidak lengkap dan lain sebagainya.

    Bunda, mulailah dari sekarang untuk lebih memperhatikan kesehatan sistem pencernaan anak-anak, agar anak-anak terhindar dari beberapa penyakit sistem pencernaan seperti yang telah disebutkan diatas. 

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Citra Dewi Amd.Keb - February 13, 2017
    Diskusi Dari:
    wahyu

    Malam bu bidan, saya via 23 thn.
    Tadi sore usg uk 8 minggu. Kantung janin sudah ada tapi janin belum ada masih gumpalan darah.
    Kenapa itu yaa bu bidan

    Dijawab Oleh : wahyu
    Diskusi Dari:
    Vita Ratnasari

    ibu bidan, anak saya laki-laki usia 5 tahun masih suka minum susu pake botol, juga masih suka ngompol di tempat tidur, bagaimana solusinya ya?

    Dijawab Oleh : Vita Ratnasari
    Diskusi Dari:
    Riri

    Siang dok, saya penderita masalah kesehatan kelenjar getah bening, apakah penyakit ini bisa mematikan?

    Dijawab Oleh : Riri
    Diskusi Dari:
    debbyaprilyulia

    selamat siang bu bidan, saya mau menanyakan tentang keputihan yang terkadang menggumpal, saya belum menikah, apakah ini berbahaya? dan bagaimana cara mengatasinya, ditunggu jawabannya ya bu

    Dijawab Oleh : debbyaprilyulia
    Diskusi Dari:
    Hilman Suhilman

    Selamat siang bu bidan , Pada saat hamil 24 minggu dokter baru memberirahukan ke saya bahwa janin yang dikandung mengalami gangguan perkembangan. setelah saya kontrol 2 minggu kemudian dan dilakukan USG, dokter menyatakan janin saya tidak bernafas lagi, dan sepertinya sudah tidak ada sekitar 1 minggu. Yang ingin saya tanyakan apa penyebab gangguan pertumbuhan pada janin dan apakah bisa diketahui dari awal kehamilan?

    Dijawab Oleh : Hilman Suhilman