Bunda, Pentingnya Menjaga Kesehatan Pencernaan Anak-anak

Share Dan Tag Teman Kamu Di :

  • Di Indonesia sebagian besar masyarakat sudah sadar akan pentingnya kesehatan anak. Namun tahukah bunda, hanya 20% ibu di Indonesia yang sadar akan pentingnya kesehatan pencernaan pada anak?

    Sistem pencernaan merupakan bagian vital yang sangat wajib untuk dijaga agar berfungsi maksimal karena tubuh kita mendapatkan nutrisi melalui sistem pencernaan. Apabila sistem pencernaan baik, maka penyerapan nutrisi akan maksimal sehingga tubuh menjadi sehat dan kuat.

    Sistem pencernaan pada manusia terbagi pada dua kelompok utama yaitu saluran pencernaan dan organ pencernaan tambahan. Saluran pencernaan terdiri dari mulut, faring, esofagus, lambung, usus halus, usus besar serta anus. Sedangkan organ pencernaan terdiri dari gigi, lidah, kantung empedu dan kelenjar pencernaan (kelenjar hati, lidah dan kelenjar pankreas).

    Bila Pencernaan anak-anak tidak dijaga dengan baik, kemungkinan terserang penyakit pencernaanpun semakin beresiko. Beberapa penyakit yang dapat menyerang sistem pencernaan anak antara lain:

    • Sakit Gigi.
    • Gastritis Merupakan suatu peradangan akut atau kronis pada lapisan mukosa (lender) dinding lambung.
    • Sariawan. Alat pencernaan yang terganggu atau terserang oleh sariawan adalah mulut (bibir dan gusi) dan lidah.
    • Diare.
    • Konstipasi atau yang sering kita sebut dengan sebutan “sembelit” adalah keadaan yang dialami seseoang dengan gejala fases mengeras sehingga susah dikeluarkan. Sembelit disebabkan oleh adanya penyerapan air pada sisa makanan.
    • Maag. Penyakit ini juga disebut tukak lambung atau luka pada lambung. 
    • Xestomia: Produksi air liur sangat sedikit.

    Itu adalah beberapa penyakit yang dapat menyerang sistem pencernaan, gangguan tersebut pada umumnya disebabkan oleh hal-hal sebagai berikut:

    • Makan tidak teratur .
    • Makan sambil minum air secara terus menerus.
    • Mengkonsumsi makanan yang tidak sehat.
    • Kebiasaan makan yang cepat sehingga makanan tidak dikunyah dengan baik.
    • Organ yang sudah tidak berfungsi dengan semestinya, seperti gigi yang tidak lengkap dan lain sebagainya.

    Bunda, mulailah dari sekarang untuk lebih memperhatikan kesehatan sistem pencernaan anak-anak, agar anak-anak terhindar dari beberapa penyakit sistem pencernaan seperti yang telah disebutkan diatas. 

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Citra Dewi Amd.Keb - February 13, 2017
    Diskusi Dari:
    Khansa Adeline

    Selamat siang bu bidan, saya mau tanya nih, apakah anak remaja yang sama sekali belum pernah melakukan hubungan seksual bisa terserang penyakit radang panggul? jika bisa, bagaimana solusi dan pencegahannya? Terimakasih bu bidan…

    Dijawab Oleh : Khansa Adeline
    Diskusi Dari:
    Opik Taufik

    Selamat pagi dok. Saya memiliki bekas luka yang memang cukup hitam dibagian kulit dan susah sekali untuk hilang. Saya mau bertanya, apakah ada cara yang bisa dilakukan untuk mengembalikan masalah kulit hitam ini pada kulit agar seperti warna kulit semula? Jika ada, bagai mana caranya?

    Perlu Jawaban
    Diskusi Dari:
    Aryanto Id

    assalamu’alaikum
    bu bidan, saya ingin tanya dong kemaren anak saya berumur 4 bulan katanya harus diberikan vaksin DPT namun kemaren pas jadwal imunisasi lagi demam jadi saya telat memberikan vaksin nya. apakah itu tidak berbahaya ? apakah masih bisa diberikan imunisasi DPT tersebut ? terima kasih sebelumnya

    Perlu Jawaban
    Diskusi Dari:
    Milda

    Selamat siang, mohon sarannya ya bu bidan untuk jenis persalinan apa yang baik untuk saya nanti. Saat ini saya mengandung usia 5 bulan. Saya mempunyai riwayat penyakit asma, namun memang sejak saya mengandung penyakit saya tidak pernah kambuh lagi. Sebaiknya saya menjalani persalinan normal atau harus operasi caesar ya? Saya juga baru pertama kali hamil dan ada sedikit rasa takut akan rasa sakit nanti saat persalinan. Terimakasih sebelumnya.

    Dijawab Oleh : Milda
    Diskusi Dari:
    FR

    Bolehkah ibu hamil usia 40 minggu banyak makan buah nanas ?

    Dijawab Oleh : FR