×

Bunda, Sudahkah Mengenali Sindrom Williams Pada Anak?

Bagikan Artikel :

Bunda, Sudahkah Mengenali Sindrom Williams Pada Anak?

Sindrom William memang belum begitu dikenal masyarakat. Padahal anak dengan sindrom William mudah sekali untuk dibedakan karena memiliki wajah yang unik dan khas. Selain itu anak-anak dengan sindrom ini dapat memiliki masalah dengan jantung, pembuluh darah, ginjal, dan organ tubuh lainnya. Namun, anak dengan sindrom Williams jika ditangani dengan perawatan yang tepat, mereka bisa tetap sehat dan berprestasi di sekolah. Lalu apa sebenarnya sindrom Williams itu ?

Sindrom Williams adalah kelainan genetik langka yang menyebabkan gangguan pertumbuhan dan perkembangan. Kondisi ini sangat jarang dan hanya terjadi pada 1 dari 10.000 orang. Biasanya kelainan genetik sudah diketahui sejak bayi lahir, karena ada beberapa tanda “khas” yang dimiliki oleh penderitanya.

Sindrom Williams disebabkan oleh kelainan genetik. Meski demikian, sindrom Williams bisa menyerang siapa saja, termasuk orang yang tidak memiliki riwayat penyakit ini di dalam keluarganya.

Tanda-Tanda Anak Dengan Sindrom Williams

  1. Wajah yang unik dan khas
    Anak yang mengalami sindrom Williams memiliki wajah yang unik dan khas, yaitu dahi yang lebar, hidung lebih pendek dengan ujung yang melebar, pipi terlihat berisi, mulut lebar, dan bibir tebal. Ketika dewasa, penderita sindrom Williams cenderung memiliki wajah yang lebih panjang dan lebih tirus.
  2. Kondisi gigi yang tidak normal
    Anak yang menderita sindrom Williams memiliki pertumbuhan gigi yang tidak normal. Gigi mereka tumbuh tidak teratur, kecil-kecil, dan renggang.
  3. Pertumbuhan yang lambat
    Bayi baru lahir yang mengalami sindrom Williams cenderung memiliki berat badan kurang. Biasanya penderita sindrom ini akan mengalami gangguan pertumbuhan, sehingga ketika dewasa, penderita sindrom Williams umumnya postur tubuh yang pendek.
  4. Kesulitan menyusu
    Anak dengan sindrom Williams juga mengalami kendala ketika makan, seperti kesulitan menelan dan kencederungan untuk makan dengan sangat lambat.
  5. Pendengaran yang sensitif
    Penderita sindrom Williams lebih sensitif terhadap suara. Mereka bahkan bisa terkejut saat mendengar suara dengan volume yang normal.
  6. Sering mengalami kolik
    Bayi yang menderita sindrom Williams lebih sering mengalami kolik. Kolik ini sering dikaitkan dengan hiperkalsemia, yaitu tingginya kadar kalium dalam darah, yang sering terjadi pada penderita sindrom Williams.
  7. Perkembangan yang lambat
    Tanda dari sindrom Williams berikutnya adalah perkembangan yang lambat. Anak dengan sindrom Williams memiliki keterlambatan dalam berbicara maupun berjalan. Anak dengan sindrom Williams juga memiliki kemungkinan untuk menderita ADHD.
  8. Kelainan jantung dan pembuluh darah
    Penderita sindrom Williams juga bisa memiliki kelainan pada jantung, misalnya penyempitan pada aorta dan arteri.
  9. Kelainan ginjal
    Meski tidak selalu, beberapa penderita sindrom William juga dapat memiliki kelainan pada struktur dan fungsi ginjal.
  10. Kelainan otot dan sendi
    Tanda dari sindrom Williams berikutnya adalah adanya kelainan pada otot dan sendi. Penderita sindrom Williams cenderung memiliki otot yang lemah dan koordinasi gerak yang buruk.
    Selain kelainan fisik, penderita yang rendah penderita sindrom Williams juga cenderung memiliki tingkat kecerdasan atau IQ yang rendah. Namun mereka cenderung mu
    dah bergaul bahkan tidak takut untuk berinteraksi dengan orang asing.
    Dengan adanya berbagai gangguan tersebut, merawat dan mendampingi anak dengan sindrom Williams memang bukanlah hal yang mudah. Anda harus sabar dan rutin memeriksakan kesehatannya ke dokter agar kondisinya selalu terpantau.

Penanganan Dan Perawatan Anak Dengan Sindrom Williams

Pakar kesehatan menyebut pengidap Sindrom Williams harus ditangani oleh dokter yang ahli dalam menangani masalah jantung dan pembuluh darah, ahli endokronologi yang menangani gangguan hormon, ahli gastroenterologi, dokter mata, psikolog, serta terapis yang ahli di bidang bicara dan terapis fisik.

Pengidap Sindrom Williams biasanya akan mendapatkan operasi untuk mengatasi masalah jantung dan pembuluh darah, rutin minum obat demi mengendalikan tekanan darah, dan menerapkan diet rendah kalsium dan vitamin D mengingat kadar dari kedua hal ini sangat tinggi dalam tubuhnya.

Related Posts :

    Mereka juga harus mendapatkan pendidikan khusus agar bisa berbicara atau menguasai hal-hal lain. Terapi musik juga dapat menghilangkan kecemasan dalam diri mereka.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : August 19, 2019

    Pertanyaan Pengunjung :

    Penyebab menstruasi hanya 2 hari

  • Oleh : Nani Mulyaningsih
  • 3 tahun, 9 bulan yang lalu

    Selamat pagi bu bidan, saya wanita usia 25 tahun dan sudah menikah. Saya mau bertanya bu bidan sudah beberapa minggu ini menstruasi saya hanya berlangsung selama 2 hari saja. Bulan-bulan kemaren biasanya saya menstruasi 4 sampai 5 harian. Apakah siklus menstruasi yang singkat ini berpengaruh pada kesehatan saya? Mohon jawabannya bu bidan trims

    Susah Ereksi

  • Oleh : Muhammad Risku
  • 1 tahun yang lalu

    Dok berumur 21 thn knapa y, beberapa hari ini penis syg susah bangat untuk ereksinya dok,,

    Tolong Jawaban nya segara dok,,saya sngat cemas dngan keaadaan sy yg skarang ini dok

    Tentang nyeri perut

  • Oleh : Wahyu Sandria
  • 4 minggu yang lalu

    Assalamualaikum dok,saya boleh nanya saya kalau halangan gk ckup seminggu kadang cuma 4 hari waktu saya halangan,dn klw mw halangan nyeri prut saya sakit tp tak begitu sakit,datng sakitnya jarang sekali2, ,..it gmna y dok apakah saya masih bisa hamil ap tidak,dn pernikahan saya udah 2 thn tp blum d karuniai seorg anak dok, mohon kasih solusinya ,trima kasih

  • Oleh : Wahyu Sandria
  • Benjolan di area miss v

  • Oleh : Erind Dwi
  • 5 bulan, 1 minggu yang lalu

    Hallo, dok.
    Perkenalkan nama saya Erin, saya berusia 20 tahun, pelajar.
    Saya mau tanya dok, kenapa ya di area miss v saya ada benjolan sebelah kiri arah bawah yang kira-kira sebesar 1 butir kacang tanah, tapi saya tidak merasakan keluhan apapun dok, jika saya mengalami bisul di area miss v saya maka itu terasa sakit, tapi ini saya tidak merasakan apapun dok. Jika diraba agak terasa keras seperti bisul. Dan saya tidak pernah melakukan hubungan intim dok.
    Mohon bantuannya dok agar rasa cemas saya bisa sedikit terobati.
    Terimakasih, dokter.

    Kesulitan hamil saat sdah kb

  • Oleh : Ulfha Arham
  • 12 bulan yang lalu

    Dok sya ingin bertnya

    Tanya Bidan