×

Cara Atasi Gigi Anak Yang Menghitam

Bagikan Artikel :

Cara Atasi Gigi Anak Yang Menghitam

Memang menjaga kebersihan mulut si Kecil tidaklah mudah, karena banyak anak tidak mau membersihkan giginya terutama sebelum tidur. Alhasil gigi anak memiliki banyak masalah. Salah satunya adalah gigi yang menghitam.

Tak sedikit orang tua yang mengeluhkan gigi anak hitam. Selain khawatir dengan risiko yang mungkin terjadi pada mulut si kecil, keadaan itu juga membuat buah hatinya menjadi bahan perundungan orang lain. Lalu apa sih penyebab gigi si Kecil menghitam?

Penyebab Gigi Anak Hitam

  1. Tidak rajin menyikat gigi.
  2. Berlebihan mengonsumsi makanan manis.
  3. Trauma, misalnya akibat terjatuh.
  4. Efek obat-obatan.
  5. Efek minum susu dari botol.

Penyebab Yang Paling Sering

Gigi anak hitam akibat efek minum susu dari botol adalah yang paling disoroti oleh drg. Wiena. Menurutnya, rasa manis dari susu formula bisa menyebabkan kerusakan gigi. Apalagi jika anak tidak tidak membersihkan gigi dengan rutin.

Kenapa bisa minum susu di botol dot bisa membuat gigi si Kecil menghitam? Hal ini karena kalau anaknya minum susu pakai botol pada malam hari hingga ketiduran, susunya bisa tertinggal di mulut, Susu formula memiliki kandungan gula yang tinggi. Akibatnya sisa-sisa susu itu kadang tertinggal di dalam mulut, sehingga meningkatkan risiko gigi menghitam hingga gigi berlubang.

Tips Atasi Gigi Anak Hitam dan Geripis

Cara terbaik mengatasi gigi anak hitam adalah dengan berobat ke dokter gigi. Apabila memaksakan diri menggunakan larutan pemutih gigi secara mandiri, hal tersebut justru bisa menimbulkan efek samping yang sangat berbahaya.

Related Posts :

    Lain halnya jika si kecil diajak berobat ke dokter gigi. Dokter akan melakukan pemeriksaan secara mendalam untuk mengetahui keparahan kondisi gigi anak.

    Selanjutnya, dokter akan memberikan penanganan yang paling tepat dan minim risiko efek samping untuk mengatasinya.

    Setelah berobat dan keluhan gigi hitam anak sembuh, pastikan untuk melakukan hal-hal sebagai berikut agar kondisi tersebut tidak terjadi lagi di masa depan.

    • Menyikat gigi dua kali sehari.
    • Batasi konsumsi makanan atau minuman yang manis.
    • Minum air putih setelah mengonsumsi yang manis.
    • Jangan biasakan anak minum susu dari botol pada saat malam hari.
    • Jadwalkan kunjungan ke dokter gigi secara rutin, paling tidak setiap enam bulan sekali.

    Gigi anak hitam dapat mengganggu penampilan, dan membuat buah hati Anda lebih berisiko mengalami masalah mulut yang lebih parah. Segera atasi dengan cara yang tepat, dan konsultasikan lebih lanjut pada dokter gigi.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : February 7, 2021

    Pertanyaan Pengunjung :

    Kuret Akibat Keguguran

  • Oleh : Ramadhan
  • 2 tahun, 6 bulan yang lalu

    Siang Dok. Saya wanita berusia 27 Tahun. Kemarin saya melakukan kuret di Rumasakit. Tetapi kenapa ya, ko setelah kuret ini saya merasakan meriang dan demam walau demam tidak begitu tinggi. Selain itu, saya juga merasakan rasa nyeri pada bagian perut bawah, rasa pegal pegal serta badan yang tiba tiba menjadi lemas. Kira kira ini masalah kesehatan apa ya dok? Apakah mungkin ini terjadi akibat adanya infeksi setelah melakukan kiret? Terus apa yang bisa di lakukan untuk membantu menghilangkan masalah kesehatan ini?

    Seputar vagina

  • Oleh : Qoyyumul Hikmah
  • 6 bulan, 3 minggu yang lalu

    “Setelah melahirkan sya sering kentut lewat vagina,tp gak berbau. Dan juga kenapa setelah melahirkan divagina saya kayak ada benjolan gitu. Rasanya juga kadang nyeri .Vagina juga agak kering,trus kalau buang air kecil sering gak tuntas . Dan kalau berhubungan intim nyeri kayak prawan lg gitu.
    Mau konsultasi sma bidan disini,rasa ya malu.
    Apakah berbahaya bu
    Maaf ya bu . Terimakasih

  • Oleh : Qoyyumul Hikmah
  • Ingin Segera Memiliki Keturunan

  • Oleh : Gek Anik
  • 4 tahun, 6 bulan yang lalu

    Siang bu bidan.

    2 bulan lagi rencananya saya akan melangsungkan pernikahan dan saya beserta calon suami memilki keinginan untuk tidak menunda memiliki momongan. Yang saya mau tanyakan pada waktu kapankan masa subur ini terjadi? Dan kapan waktu yang pas untuk melakukan hubungan agar segera mendapatkan momongan ketika kelak kami menikah?

  • Oleh : Gek Anik
  • Masalah keputihan

  • Oleh : Ahmad Ahmad
  • 3 bulan yang lalu

    Dok saya mau tanyak pasangan saya mengalami keputihan kayak air gitu terus gk haid² dia nya terlambat 3 minggu

  • Oleh : Ahmad Ahmad
  • Bagaimana cara membangun karakter anak lebih mandiri

  • Oleh : Gigin Gumay
  • 4 tahun, 7 bulan yang lalu

    Selamat siang ibu bidan, begini saya ingin menanyakan tentang bagaimana cara membangun kepribadian anak, supaya dia bisa menjadi lebih mandiri gitu bu, biar ga manja, apa-apa harus selalu sama orang tuanya, itu kan kalau terlalu seperti itu ga baik kan ya bu? itu saja, terima kasih saya tunggu jawabannya.

    Tanya Bidan