×

Cara Jitu Menstimulasi Anak Agar Cepat Berbicara

Bagikan Artikel :

Bidan Online -, Pada usianya yang baru mencapai 12-18 bulan, anak umumnya telah dapat mengucapkan satu kata dengan jelas seperti papa, mama, dan lainnya. Dan saat mulai memasuki usia tiga tahun, anakpun mulai belajar untuk berbicara dengan lancar. Meski begitu, kemampuan anak untuk berbicara berbeda-beda. Sebagian besar anak mengalami perkembangan yang cepat, namun sebagian besar lainnya mengalami perkembangan yang cukup lamban. Sehingga memerlukan stimulasi yang berulang-ulang agar sang anak mau berbicara.

Bahkan pada beberapa kasus yang sering di jumpai, beberapa anak bahkan belum pandai berbicara di banding dengan anak seusianya. Bahkan mereka tidak memberikan respon sedikitpun saat di ajak berbicara.  Di sisi lain, sebagiannya lagi  mereka memberikan respon yang menandakan bahwa sang anak mengerti apa yang di bicarakan oleh orang lain. Untuk itu, anda sebagai orang tua, sangat berperan penting untuk memberikan stimulasi yang tepat agar sang anak dapat cepat berbicara.

Tips dan cara jitu menstimulasi anak agar cepat berbicara

1. Sering mengajak anak berbicara

Cara menstimulasi anak agar cepat berbicara adalah dengan sering mengajak anak untuk berbicara. Untuk itu, katakan hal apapun kepada anak, mulai sang anak bangun dan membuka matanya, juga saat si kecil sedang mandi. Jika memungkinkan, isilah waktu anda sepanjang hari bersama si kecil, dengan perbincangan apapun yang anda lakukan bersama si kecil. Dengan seiringnya waktu, si kecil akan mengikuti serta merespon setiap percakapan yang anda buat bersamanya.

2. Adanya pengulangan

Semakin sering anak mendengar banyak kata yang terus menerus di ulangi  maka akan semakin besar kemungkinan anak untuk meniru melafalkan kata-kata tersebut semakin besar. Maka dari itu, seringlah mengulang kata-kata yang di ucapkan. Karena dengan itu, anak mudah menyerap apa yang anda katakan dan akan mulai menirukannya.

3. Berikan kesempatan anak untuk merespon

Tak hanya menceritakan dan menciptakan perbincangan mengenai hal apapun pada si kecil, andapun juga harus memberikan ksempatan pada si kecil untuk merespon apa yang anda katakan. Jika bauh hati anda ingin berusaha, andapun akan melihat usahanya untuk mengatakan sesuatu meski dalam bentuk ocehan. Namun yang paling terpenting lakukan stimulasi ini secara berulang.

Related Posts :

    4. Bernyanyi

    Secara umum, bayi maupun anak-anak menyukai musik serta untaian nada yang indah. Untuk menstimulasi anak agar cepat berbicara, anda dapat menggunakan bernyanyi sebagai salah satu media yang sederhana. Selain menyenangkan, bernyanyi juga memperkenalkan kepada anak akan berbagai variasi suara. Anda bisa bernyanyi saat pagi hari ataupun saat memandikan si kecil. Disadari atau tidak, lagu yang anda nyanyikan akan mulai di rekam oleh si kecil, dan lambat laun mereka akan meniru dan mengeluarkan suara.

    5. Memberikan pujian kepada anak

    Saat si kecil telah berhasil menyebutkan sebuah kosa kata seperti ‘ma’, sepatutnya anda berikan pujian kepadanya. Karena selain dapat membuat hatinya senang, hal tersebutpun mampu membuat sang anak untuk berusaha mengatakan kosa kata lainnya.

    Nah itulah beberapa cara jitu menstimulasi anak agar cepat berbicara. Semoga informasi yang kami berikan pada kesempatan kali ini bermanfaat, khususnya bagi para bunda yang kini tengah memiliki buah hati yang baru akan mulai belajar berbicara.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : July 13, 2016

    Pertanyaan Pengunjung :

    HAID SEDIKIT

  • Oleh : devi nirvana
  • 1 minggu, 3 hari yang lalu

    dok saya mau tanya..
    saya haid sedikit/bercaj aja selama 3 hari.. siklus haid 28 hari
    apakah itu ada kemungkinan hamil..
    atau adakah yg perlu saya konsumsi..
    terimakasi dok

    Bercak darah di vagina

  • Oleh : Shinta Romadona
  • 2 bulan, 3 minggu yang lalu

    Pagi bu bidan, saya seorang pelajar berusia 23 tahun saya suka bercak darah, seperti keputihan dan ada darah gitu, biasanya itu terjadi kalo saya mengkonsumsi makanan pedas langsung terjadi, apakah itu bahaya?, dulu 4tahun belakang saya pernah periksa ke dokter kandungan dan di Usg, katanya saya mengalami iritasi rahim karna saya sering memakai pakaian ketat, yang ingin saya tau, itu penyakit apa, dan bagaimana solusi mengobati nya? Terimakasih bu bidan ☺️🙏

    Flek Cokelat

  • Oleh : Dian Poenya Raizo
  • 1 tahun, 2 bulan yang lalu

    Assalamu’alaikum Bidan saya mau tanya dalam istilah medis ada kata SADARI
    apa perlu kita mendatangi Bidan di kota kita dan dokter kandungan?
    bagaimana maksudnya?mohon dibalas.

    Menstruasi Setelah Melakukan Hubungan Suami Istri

  • Oleh : ALif AL Maun Yoyox
  • 2 tahun, 7 bulan yang lalu

    Assalamualaikum Bu Bidan, Melakukan hubungan pasangan suami istri sebelum masa menstruasi itu apakah termasuk pada masa subur ? Tapi kalau setelah berhubungan intim lalu terdapat darah haid bagaimana, apa kemungkinan bulan besoknya saya bisa hamil atau harus melakan hubungan pasangan suami istri lagi bu ? Terima kasih sebelumnya.

  • Oleh : ALif AL Maun Yoyox
  • Keputihan Yang Tak Normal

  • Oleh : Muhammad Hanif Maulana
  • 2 tahun, 6 bulan yang lalu

    Siang dok, saya baru saja menikah 1 minggu lalu. Sebelum menikah, memang saya memiliki masalah dengan seputar kesehatan keputihan yang sedikit berwarna hijau dengan jumlah yang memang cukup lumayan banyak. Namun, setelah saya menikah, sering kali saya merasakan rasa gatal setelah melakukan hubungan intim, dan bahkan pada pertama kalinya berhubungan keputihan ini semakin banyak dan bahkan membuat saya risih dan takut suami berpaling. Saya mau bertanya, apaklah hal ini merupakan salah satu hal yang normal pada awal berhubungan seks atau bahkan ini berbahaya? Terus bagai mana cara mengatasi masalah kesehatan yang satu ini agar keputihan hilang dari bagian vagina ini.

  • Oleh : Muhammad Hanif Maulana
  • Recent Topics

  • Baru-baru ini :

  • Follow Kami Di :

  • Tanya Bidan