Cara Jitu Menstimulasi Anak Agar Cepat Berbicara

Share Dan Tag Teman Kamu Di :

  • Bidan Online -, Pada usianya yang baru mencapai 12-18 bulan, anak umumnya telah dapat mengucapkan satu kata dengan jelas seperti papa, mama, dan lainnya. Dan saat mulai memasuki usia tiga tahun, anakpun mulai belajar untuk berbicara dengan lancar. Meski begitu, kemampuan anak untuk berbicara berbeda-beda. Sebagian besar anak mengalami perkembangan yang cepat, namun sebagian besar lainnya mengalami perkembangan yang cukup lamban. Sehingga memerlukan stimulasi yang berulang-ulang agar sang anak mau berbicara.

    Bahkan pada beberapa kasus yang sering di jumpai, beberapa anak bahkan belum pandai berbicara di banding dengan anak seusianya. Bahkan mereka tidak memberikan respon sedikitpun saat di ajak berbicara.  Di sisi lain, sebagiannya lagi  mereka memberikan respon yang menandakan bahwa sang anak mengerti apa yang di bicarakan oleh orang lain. Untuk itu, anda sebagai orang tua, sangat berperan penting untuk memberikan stimulasi yang tepat agar sang anak dapat cepat berbicara.

    Tips dan cara jitu menstimulasi anak agar cepat berbicara

    1. Sering mengajak anak berbicara

    Cara menstimulasi anak agar cepat berbicara adalah dengan sering mengajak anak untuk berbicara. Untuk itu, katakan hal apapun kepada anak, mulai sang anak bangun dan membuka matanya, juga saat si kecil sedang mandi. Jika memungkinkan, isilah waktu anda sepanjang hari bersama si kecil, dengan perbincangan apapun yang anda lakukan bersama si kecil. Dengan seiringnya waktu, si kecil akan mengikuti serta merespon setiap percakapan yang anda buat bersamanya.

    2. Adanya pengulangan

    Semakin sering anak mendengar banyak kata yang terus menerus di ulangi  maka akan semakin besar kemungkinan anak untuk meniru melafalkan kata-kata tersebut semakin besar. Maka dari itu, seringlah mengulang kata-kata yang di ucapkan. Karena dengan itu, anak mudah menyerap apa yang anda katakan dan akan mulai menirukannya.

    3. Berikan kesempatan anak untuk merespon

    Tak hanya menceritakan dan menciptakan perbincangan mengenai hal apapun pada si kecil, andapun juga harus memberikan ksempatan pada si kecil untuk merespon apa yang anda katakan. Jika bauh hati anda ingin berusaha, andapun akan melihat usahanya untuk mengatakan sesuatu meski dalam bentuk ocehan. Namun yang paling terpenting lakukan stimulasi ini secara berulang.

    4. Bernyanyi

    Secara umum, bayi maupun anak-anak menyukai musik serta untaian nada yang indah. Untuk menstimulasi anak agar cepat berbicara, anda dapat menggunakan bernyanyi sebagai salah satu media yang sederhana. Selain menyenangkan, bernyanyi juga memperkenalkan kepada anak akan berbagai variasi suara. Anda bisa bernyanyi saat pagi hari ataupun saat memandikan si kecil. Disadari atau tidak, lagu yang anda nyanyikan akan mulai di rekam oleh si kecil, dan lambat laun mereka akan meniru dan mengeluarkan suara.

    5. Memberikan pujian kepada anak

    Saat si kecil telah berhasil menyebutkan sebuah kosa kata seperti ‘ma’, sepatutnya anda berikan pujian kepadanya. Karena selain dapat membuat hatinya senang, hal tersebutpun mampu membuat sang anak untuk berusaha mengatakan kosa kata lainnya.

    Nah itulah beberapa cara jitu menstimulasi anak agar cepat berbicara. Semoga informasi yang kami berikan pada kesempatan kali ini bermanfaat, khususnya bagi para bunda yang kini tengah memiliki buah hati yang baru akan mulai belajar berbicara.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Citra Dewi Amd.Keb - July 13, 2016
    Diskusi Dari:
    Cherma

    Selamat pagi dok. Dulu sebelum menikah siklus hed saya lancar dan tepat waktu, namun setelah menikah siklusnya tidak teratur dan bahkan sering kali telat datang bulan. Ketika hal ini terjadi, biasanya di sertai dengan kram dibagian bawah perut dan juga sakit. Yang saya mau tanyakan, apakah ini ada hubungannya dengan sering melakukan hubungan seks? dan apakah ini berbahaya atau bahkan merupakan hal yang wajar dirasakan? Terimakasih, ditunggu jawabannya dok 🙂

    Dijawab Oleh : Cherma
    Diskusi Dari:
    Nelly Tampubolon

    Assalamualaikum bu bidan …

    Nama saya Disti Hanifa, saya sudah menikah sekitar 4 bulan ini dan kemarin saya mengaja menggunakan KB jenis suntik 1 bulan sekali untuk menunda kehamilan dan sudah 2 kali ini saya menggunakan KB suntik bu. Sekarang saya mau program hamil dan saya mau bertanya, untuk kembali mendapatkan kesuburan setelah KB berapa bulan bu ? Terus makanan apa aja yang harus saja hindari supaya program hamil saya lancar.

    Terima kasih.

    Dijawab Oleh : Nelly Tampubolon
    Diskusi Dari:
    heidi8931881

    selamat pagi bu bidan, saya mau tanya tentang penyebab dan cara menghilangkan gatal yang berlebihan saat hamil itu bagaimana yah ? gatal yang timbul itu terlalu mengganggu dan saya merasa lebih nyaman pada saat gatal itu langsung di garuk tapi kalo kelamaan di garuk badan saya gampang terluka. itu saja bu, ditunggu jawabannya.

    Dijawab Oleh : heidi8931881
    Diskusi Dari:
    jasperdoolan1

    Selamat pagi bu bidan, saya wanita usia 27 tahun dan saat ini sedang hamil 6 bulan. Yang mau saya tanyakan apakah aman berhubungan intim saat usia kehamilan 6 bulan? apakah ada efeknya sama janin? trims mohon jawabannya

    Dijawab Oleh : jasperdoolan1
    Diskusi Dari:
    Disa Khaerunisa

    Selamat siang bu bidan, saya mau tanya benarkah ibu hamil dilarang mengkonsumsi minuman yang berkafein seperti kopi? jika itu salah, sebaiknya bagaimana aturan yang tepat dalam mengkonsumsi kafein pada ibu hamil. Terimakasih bu bidan, ditunggu jawabannya…

    Dijawab Oleh : Disa Khaerunisa