×

Cara Menghadapi Anak Tidak Bisa Diam

Bagikan Artikel :

Cara Menghadapi Anak Tidak Bisa Diam

Wajar apabila anak usia balita aktif, sangat lincah dan bahkan sulit disuruh diam. Tapi kadang orangtua menghadapi anak seperti itu sering stress. Sehingga tidak jarang orang tua menyuruh anak-anak untuk duduk diam dan tenang.

Hal yang membahayakan dan mengkhawatirkan orang tua dari keaktifan dan kelincahan anak adalah memanjat pohon, berlarian dengan kencang, melompat dari tempat tinggi dan sebagainya.

Cara Menghadapi Anak Yang Tidak Bisa Diam

Untuk itu penting bagi anak untuk bermain di luar rumah secara rutin, terutama di taman dengan banyak pepohonan. Hal ini untuk mengembangkan sistem proprioception dan vestibularnya. Tapi orang tua harus terus memantau ya jangan sampai lengah.

Proprioception dalam psikologi adalah kemampuan otak untuk mengetahui letak tubuh tanpa melihatnya. Kemampuan inilah yang membuat seseorang menyetir dan dengan cepat beralih dari pedal gas ke rem tanpa melihat ke kaki. Atau memasukan popcorn ke mulut tanpa perlu melihatnya.

Related Posts :

    Tanpa perkembangan proprioception yang baik, anak-anak akan sulit melakukan aktivitas sehari-hari. Begitu juga sistem vestibular, yang membantu anak memahami keseimbangan dan terhubungnya semua panca indera.

    Ketika sistem vestibular tidak berkembang dengan baik, semua indera lainnya akan berjuang untuk berfungsi dengan baik. Tanpa sistem vestibular yang kuat, anak-anak tidak akan punya pilihan selain gelisah, frustrasi, sering jatuh, mengamuk, sulit fokus.

    Inilah penyebab anak-anak sangat sulit untuk diam. Kondisi tubuhnya sedang melatih dan membentuk dua sistem tersebut. Mereka memang sangat membutuhkan aktivitas fisik yang mumpuni.

    Permainan Untuk Merangsang Perkembangan Sistem Vestibular Dan Proprioception

    1. Menggelantung di monkey bar
    2. Lompat tali
    3. Berputar membentuk lingkaran
    4. Memanjat
    5. Berenang
    6. Lompat di trampoline
    7. Bermain playdough
    8. Bermain pelukan.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : September 4, 2020

    Pertanyaan Pengunjung :

    Hubungan intim

  • Oleh : Sefty Liani
  • 1 tahun, 11 bulan yang lalu

    Assalamualaikum wr.wb! bu bidan ..saya mo tanya, saya kan pengantin baru tapi sampai saat ni penis belum masuk sepenuhnya kedalam vagina sehingga membuat suami saya merasa kesal dan marah kpd saya. Dia mengira saya ad penyakit n dia curiga sy mnyembunyikan sesuatu darinya. Bagaimana solusinya bu bidan?😊

  • Oleh : Sefty Liani
  • Kehamilan

  • Oleh : ardislenehan846
  • 4 tahun, 2 bulan yang lalu

    Sering mules pada usia kehamilan 7 bulan ini wajar atau tidak dan di sertai plek

    ejakulasi dini

  • Oleh : opik opik
  • 3 tahun yang lalu

    Dok saya mau tanya apakah pri yng mmpunyai ejakulasi dini apakh bisa mempunyai keturunn

    TElat menstruasi

  • Oleh : zamrud zulaikha
  • 3 tahun, 5 bulan yang lalu

    pagi bu bidan??? saya mau tanya . saya umu 26 untuk th ini . baru menikah 28 november 2018 . 2 bulan setalh nikah menstruasi di tgl yg sama ini menginjak 3 bulan pernikahan jadi telat menstruasi 5 hari . apa yang harusnya saya lakukan?? sedangkan saya sudah trspek juga bbrpa x hasil negatif . dan dengan kondisi seperti ini apakah saya masih boleh mekakukan berhubungan suami istri . terima kasih !:)

    Mual Saat Minum Susu Pada Masa Hamil

  • Oleh : Khansa Adeline
  • 5 tahun, 11 bulan yang lalu

    Selamat pagi bu bidan, saya mau bertanya istri saya sedang hamil 4 bulan dan di haruskan untuk minum susu oleh dokter. Namun istri saya selalu mengeluhkan rasa mual setelah mengkonsumsi susu, bahkan sekarang istri saya enggan untuk minum susu karena rasa mual yang sangat mengganggu. Apakah ada tips untuk mengatasi masalah istri saya bu bidan. Mohon jawabannya

    Tanya Bidan