×

Cara Menghadapi Anak Tidak Bisa Diam

Bagikan Artikel :

Cara Menghadapi Anak Tidak Bisa Diam

Wajar apabila anak usia balita aktif, sangat lincah dan bahkan sulit disuruh diam. Tapi kadang orangtua menghadapi anak seperti itu sering stress. Sehingga tidak jarang orang tua menyuruh anak-anak untuk duduk diam dan tenang.

Related Posts :

    Hal yang membahayakan dan mengkhawatirkan orang tua dari keaktifan dan kelincahan anak adalah memanjat pohon, berlarian dengan kencang, melompat dari tempat tinggi dan sebagainya.

    Cara Menghadapi Anak Yang Tidak Bisa Diam

    Untuk itu penting bagi anak untuk bermain di luar rumah secara rutin, terutama di taman dengan banyak pepohonan. Hal ini untuk mengembangkan sistem proprioception dan vestibularnya. Tapi orang tua harus terus memantau ya jangan sampai lengah.

    Proprioception dalam psikologi adalah kemampuan otak untuk mengetahui letak tubuh tanpa melihatnya. Kemampuan inilah yang membuat seseorang menyetir dan dengan cepat beralih dari pedal gas ke rem tanpa melihat ke kaki. Atau memasukan popcorn ke mulut tanpa perlu melihatnya.

    Tanpa perkembangan proprioception yang baik, anak-anak akan sulit melakukan aktivitas sehari-hari. Begitu juga sistem vestibular, yang membantu anak memahami keseimbangan dan terhubungnya semua panca indera.

    Ketika sistem vestibular tidak berkembang dengan baik, semua indera lainnya akan berjuang untuk berfungsi dengan baik. Tanpa sistem vestibular yang kuat, anak-anak tidak akan punya pilihan selain gelisah, frustrasi, sering jatuh, mengamuk, sulit fokus.

    Inilah penyebab anak-anak sangat sulit untuk diam. Kondisi tubuhnya sedang melatih dan membentuk dua sistem tersebut. Mereka memang sangat membutuhkan aktivitas fisik yang mumpuni.

    Permainan Untuk Merangsang Perkembangan Sistem Vestibular Dan Proprioception

    1. Menggelantung di monkey bar
    2. Lompat tali
    3. Berputar membentuk lingkaran
    4. Memanjat
    5. Berenang
    6. Lompat di trampoline
    7. Bermain playdough
    8. Bermain pelukan.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : September 4, 2020

    Pertanyaan Pengunjung :

    Pendarahan setelah melakukan hubungan badan

  • Oleh : Reni Ristiani
  • 1 tahun, 11 bulan yang lalu
  • Oleh : Reni Ristiani
  • Tentang perempuan saat haid

  • Oleh : Aulia Aulia
  • 2 tahun yang lalu

    Dok,saya mau nnya,saya berumur 15 Thun,wktu bln² kemarin saya haidny normal aj dok,tp akhir² ini udh hmpir 2 bln lebih saya blm haid,dan sekarang saya haid kok wrna darah haid saya,hitam kemerahan gitu,tapi saya gk merasakan sakit perut,apakah ini berbahaya dok,mohon bantuannya dok🙏

  • Oleh : Aulia Aulia
  • Organ kewanitaan

  • Oleh : Asmi Ruswita
  • 2 tahun, 8 bulan yang lalu

    Dok saya mau tanya, keluhan saya yaitu keputihan tapi bening dan sediki sedikit ingin pipis seperti anyang anyangan. Kalau buang air kecil sedikit panas jika setelah selesae buang air kecil. Apakah itu normal atau bagaimana dok solnya saya baru pertma kali mengalami seperti ini.
    Tlong jawabanya dok terimakasi

    Payudara nyeri sebelah kiri

  • Oleh : firda apriani
  • 2 tahun, 2 bulan yang lalu

    Saya seorang ibu menyusui,tapi beberapa hari terakhir payudara sebelah kiri nyeri sekali beda rasa nyerinya dr biasanya.saya ingin periksa payudara melalui SADARI tp tidak mengerti.mohon bantuannya bu

    Haid sedikit

  • Oleh : Ndah Jumaidah
  • 3 tahun, 6 bulan yang lalu

    Dok saya sudah menikah 7bulan, haid saya selalu teratur siklusnya 22-24 hari, saya terakhir haid tanggal 15 maret dengan volume yang seperty biasanya 6 hari,
    Tapi pas harusnya tanggal 5 april saya haid itu tidak haid hanya kram perut ajah, dan selama semnggu itu saya selalu keputihan encer bening tidak gatal dan tidak berbau, tanggal 12 apr saya kluar darah bercak2 sja hanya 2 jam saya pikir haid tapi kok tidak sebnyak yg biasanya saya tespek negatf .saya periksa ke dokter spog katanya bukan penyakit, trs masuk ke bulan mei saya slalu kputihan encer bening dan tgl 6 mei sya harusnya sy haid cuman kluar bercak kuning, tgl 7 kliar bercak coklat tp sedikit tdk pakai pembalut
    Smpai tgl 8 saya kputihan encer lagi
    Apa itu normal dok .saya tspek ngatf trs

    Tanya Bidan