×

Cara Mengobati Kutu Air Pada Tangan Si Kecil

Bagikan Artikel :

Cara Mengobati Kutu Air Pada Tangan Si Kecil

Kutu air adalah penyakit yang rentan terjadi pada anak-anak. Kutu air ini paling sering ada di bagian tangan. Kita tahu bahwa anak-anak sering mengeksplor benda apapun yang menarik dengan menggenggam atau mengambilnya. Jika kutu air yang berada di tangan si Kecil tidak ditangani dengan tepat beresiko akan terjadi infeksi dari berbagai bakteri dan virus. Sehingga perlu penanganan yang tepat dan cepat.

Kenapa anak kecil lebih sering terkena kutu air?

Anak kecil rentan terkena penyakit ini akibat tertular dari binatang serta lebih sering bermain di tanah yang terdapat jamur penyebab kutu air. Hal ini juga berisiko tinggi pada anak karena sistem imunitasnya yang masih belum sempurna.

Saat terjadi, penyakit kutu air dapat menimbulkan perasaan gatal, sehingga terus ingin menggaruknya. Biasanya, gangguan ini memang terjadi di kaki dan tangan. Maka dari itu, sebagai orangtua, kamu harus tahu beberapa cara yang ampuh untuk mengobati kutu air di tangan anak. Untuk lebih lengkapnya, baca ulasan berikut ini!

Related Posts :

    Cara Ampuh untuk Mengobati Kutu Air di Tangan Anak

    Kutu air, atau tinea manuum, adalah infeksi kulit umum yang disebabkan oleh jamur. Penyakit ini juga rentan dialami oleh para atlet sehingga disebut juga dengan kaki atlet. Jamur penyebab penyakit ini dapat ditemukan di tempat-tempat yang sering dikunjungi oleh para atlet. Tempat-tempat yang lembap memang rentan menyebabkan seseorang terkena penyakit ini.

    Meski begitu, bukan berarti kutu air hanya dapat terjadi di kaki. Kamu juga dapat mengalaminya di wajah, tangan, dan bagian tubuh lainnya. Di tangan, ada beberapa metode yang menjadi penyebabnya, seperti menyentuh bagian tubuh yang terinfeksi, memegang hewan peliharaan, dan menyentuh tanah tanpa sarung tangan.

    Maka dari itu, tangan anak-anak rentan mengalami kutu air karena kebiasaan memegang sesuatu lalu tidak mencucinya setelahnya. Masalah ini dapat membuat anak sering menggaruk tangannya sendiri karena rasa gatal yang dirasakan. Jika terus digaruk, masalah yang lebih besar mungkin saja terjadi, sehingga perlu tahu cara penanganan yang tepat.

    Cara Mengobati Kutu Air

    1. Miconazole
      Salah satu cara mengobati kutu air pada tangan anak adalah dengan mengoleskan miconazole. Obat ini mampu mengatasi infeksi jamur yang menyebabkan Si Kecil mengalami kutu air. Sebelum itu, cobalah untuk membersihkan tangan lalu mengeringkannya. Ibu dapat mengoleskan obat ini 1-2 kali sehari selama 2 minggu. Untuk pemakaian lebih jelas, ada baiknya berdiskusi dengan dokter terlebih dahulu.
    2. Clotrimazole
      Obat lainnya yang ampuh sebagai cara mengobati kutu air adalah clotrimazole. Tentu saja obat ini ampuh untuk menghilangkan jamur penyebab infeksi. Ibu bisa mendapatkan obat ini di apotek tanpa resep, lalu oleskan ke area kulit tangan yang mengalami kutu air. Sama seperti Miconazole, oleskan 2 kali sehari selama beberapa minggu. Jika tidak kunjung sembuh, ada baiknya melakukan pemeriksaan ke dokter.
    3. Ketoconazole
      Sama ampuhnya seperti dua obat sebelumnya, ketoconazole juga ampuh sebagai salah satu cara mengatasi kutu air di tangan. Cara pemakaiannya pun sama, yaitu oleskan 2 kali per hari. Oleskan dengan takaran yang tepat dan jangan berlebihan karena bisa menimbulkan efek samping. Gunakan hingga benar-benar sembuh agar tidak menimbulkan kekambuhan.
      Itulah beberapa obat yang dapat digunakan sebagai cara untuk mengatasi kutu air di tangan pada anak. Meski begitu, alangkah lebih baiknya untuk mencegah daripada mengobati. Sebagai langkah pencegahan, ibu dapat memastikan anak selalu rutin mencuci tangan sehabis main di luar rumah. Dengan begitu, segala jamur yang ada di tangannya dapat hilang.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : June 3, 2022

    Pertanyaan Pengunjung :

    Haid lebih dari 14hari pertama kali terjadi semenjak menggunakan pil KB

  • Oleh : Osin Mantik
  • 3 tahun yang lalu

    Saya mau brtanya, saya seorang wanita yang menikah di usia muda (17tahun) hampir 2bulan yang lalu dikarenakan beberapa faktor pribadi, 2 minggu pertama setelah pernikahan saya dianjurkan untuk menggunakan pil KB untuk mencegah kehamilan,, jalan 2minggu penggunaan pil KB saya mengalami menstruasi dari tanggal 22agustus dan sampai saat ini 6september masih harus menggunakan pembalut karna masih ada darah yang terus keluar, apa yang sebenarnya terjadi dan apa yang harus saya lakukan?

  • Oleh : Osin Mantik
  • Keputihan

  • Oleh : Adelia Safa
  • 4 tahun, 6 bulan yang lalu

    Mau tanya nih, bagaimana ya cara alami mengobati keputihan yang terus menerus, padahal saya juga sudah mengganti celana dalam setiap hari, membasuh miss v setelah BAK, dan pokoknya mengikuti langkah seperti di internet. Soalnya kadang kadang keputihannya juga menimbulkan bau. Minta bantuannya ya. Terima kasih.

    Penyakit Radang Panggul Pada Remaja

  • Oleh : Khansa Adeline
  • 5 tahun, 1 bulan yang lalu

    Selamat siang bu bidan, saya mau tanya nih, apakah anak remaja yang sama sekali belum pernah melakukan hubungan seksual bisa terserang penyakit radang panggul? jika bisa, bagaimana solusi dan pencegahannya? Terimakasih bu bidan…

    Haid

  • Oleh : Elsa Ramadhanti
  • 1 tahun, 6 bulan yang lalu

    Assalamualaikum dok, saya mau tanya awalnya saya tidak haid selama 1 tahun, dan saya periksa ke dokter katanya aman tidak ada penyakit lalu dikasih obat, setelah obatnya saya haid, namun dibulan selanjutnya keluar haid hanya bercak bercak darah namun berwarna coklat dan coklat muda itu juga keluarnya sedikit2 dok, kira kira aman ga ya dok cara mengatasinya bagaimana dok terimakasih

  • Oleh : Elsa Ramadhanti
  • Susah Makan Saat Hamil

  • Oleh : Theresia Tina
  • 7 tahun, 3 bulan yang lalu

    Selamat siang bu bidan, maaf mau bertanya mengenai susah makan yang saya alami saat ini. Kenapa ya bawaan mau makan itu susah, rasanya mual dan mau muntah. Hal itu tidak terjadi hanya satu kali, melainkan sering. Saat ini usia kandungan saat menginjak 3 bulan.

    Bagaimana langkah yang sebaiknya saya lakukan bu bidan ?? saya takut bayi dalam kandungan saya tidak mendapatkan nutrisi yang baik. Mohon saran dan jawabannya bu

    Tanya Bidan