×

Cara Menjaga Kesehatan Mata pada Anak-anak

Bagikan Artikel :

Mata adalah salah satu panca indra yang memiliki peran penting bagi setiap orang. Maka dari itu, kita wajib memelihara kesehatan mata, apalagi pada anak-anak yang masih dalam tahap tumbuh kembang. Anak-anak tidak sama dengan orang dewasa, kesehatan mata mereka masih rentan karena mereka masih dalam proses pertumbuhan sehingga harus benar-benar diwaspadai dan diperhatikan asupan makanannya.

Sering tidak kita sadari banyak sekali penyakit mata yang mengintai, mulai dari katarak, miopi, rabun jauh, prebiopi, kelelahan mata, iritasi, dll. Nah, padahal banyak sekali cara agar mata sehat dan terhindar dari penyakit yang bisa kita lakukan, tidak harus mahal. Dan untuk lebih jelasnya, berikut ini cara menjaga kesehatan mata pada anak-anak.

Cara Menjaga Kesehatan Mata pada Anak-anak


Hindari melihat terlalu dekat
Ajaklah buah hati Anda untuk memandang jauh dan banyak beraktivitas di luar rumah. Ibu juga sebaiknya menjaga si kecil untuk tidak melihat terlalu dekat.

Posisi membaca benar
Saat Anda mengajarkan anak membaca, ingatkanlah anak untuk duduk dalam posisi yang baik. Hindari membaca dalam keadaan berbaring atau posisi miring. Selain itu, larang anak membaca atau bermain game di ruangan yang cahayanya kurang terang.

Hindari menonton TV terlalu dekat
Sebaiknya para orang tua larang jika buah hati Anda menonton TV terlalu dekat, jarak atntara si kecil dan TV yang dianjurkan adalah 4x diagonal TV.

Pemandangan di Kendaraan

Hindari anak bermain game disaat mobil sedang melaju, sebaiknya arahkan buah hati Anda untuk melihat-lihat aktivitas di luar mobil daripada waktu perjalanan dihabiskan untuk bermain game atau membaca buku di tempat bergerak.

Istirahatkan mata
Jangan paksa mata untuk bekerja terlalu lama. Misalnya saat membaca 1 jam, istirahatkan mata setidaknya 10 menit.

Related Posts :

    Bijak Memakai Gadget
    Menurut dr. Florence Meilani Manurung, spesialis mata dari Jakarta Eye Center, biasanya ia akan menyarankan pasiennya untuk memberikan ijin buah hati memakai gadget, maksimal 2 jam setiap minggu. Apabila orang tua disiplin menerapkan hal tersebut, maka dapat berdampak baik pada kesehatan mata anak.

    Asupan vitamin A yang cukup
    Ajarkan buah hati Anda untuk rutin mengkonsumsi makanan yang kaya akan vitamin A. Misalnya wortel, pepaya dan alpukat. Atau Anda juga memberikan buah hati Anda suplemen yang mengandung vitamin A. Selain itu, jangan lupa untuk rutin memeriksakan mata anak Anda ke spesialis mata.

    Nah, jadi itulah moms beberapa tips menjaga kesehatan mata buah hati. Semoga bermanfaat yah moms, dan bagi Anda yang berminat untuk bertanya pada kami, silahkan tanyakan di form tanya bidan dan kami akan menjawabnya. Dan semoga artikel kami membantu Anda dalam mendapatkan informasi tepat untuk menjaga kesehatan buah hati Anda. Terimakasih

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : February 16, 2017

    Pertanyaan Pengunjung :

    Tentang terlambat haid

  • Oleh : Marya ulfa Marya ulfa
  • 9 bulan, 1 minggu yang lalu

    Saya pasang KB di bulan 22 November habis nya 14 februari.
    Dari November smpai akhir Januari haid terus ngak berhenti selama itu. Dan smpai sekarang ngak ada pasang KB lagi,tapi haid ngak keluar2

  • Oleh : Marya ulfa Marya ulfa
  • Kehamilan

  • Oleh : Eka Eka pangestu
  • 3 tahun, 3 bulan yang lalu

    Halo dok ,Maaf saya mau tanya , Saya berhubungan pas masa subur , nah pas 6 hari setelah behubungan itu , saya coba testpack hasilnya positif samar , sengaja gak saya test lagi nungguin sampai tgl haid .. Tapi pas 2 setelah hasil positif samar itu saya ngrasain kram perut yg gak kek biasanya saya mau haid dok , punggung bagian bawah sakit , itu terus sampe tgl haid telat 2 hari baru keluar darah , darahnya agak merah , hari pertama biasanya saya haid itu ga banyak tp ini hari pertama udah banyak ,pas hari ke 2-3 keluar gumpalan dok , dan masih keluar banyak sampe hari ke 6 . Itu saya keguguran dini apa gimana ya dok ?? Terima kasih ..
    Harap kasih dijawab ya dok 🙂

  • Oleh : Eka Eka pangestu
  • Bingung dengan seseorang yang ngasih harapan ke kita ngajak serius sedangkan dia

  • Oleh : fajar prasetyo
  • 4 tahun, 9 bulan yang lalu

    Dia tadinya mau ngajak serius sama saya dan saya juga mau serius sama dia …dan sedangkan dia punya pacar.
    Dia pernah ditinggal pacarnya nikah ?
    Saya takut kalau dia masih punya fikiran kalau menganggap cwo itu sama semua?

    Mengenai PD

  • Oleh : Agustina Fariantini
  • 2 tahun, 6 bulan yang lalu

    Habis buka youtube gak sengaja sih kak ada curhatan ibu ibu yang sama kayak saya alami, selama menyusui kalau telat menyusui kadang mrongkol sering bermasalah kak, kemaren kok ada dikasih obat boleh minta pendapatnya.

  • Oleh : Agustina Fariantini
  • Benjolan pada rambut area miss v

  • Oleh : Wifi Healthy
  • 3 tahun, 5 bulan yang lalu

    Halo bu bidan, usia saya 25tahun dan di daerah rambut miss v saya ada benjolan kecil sekali tp tidak terasa sakit atau gatal atau nyeri sama sekali. Bahkan alhamdulillah tidak mengganggu aktivitas saya. Apa itu berbahaya bu bidan? Saya lihat di video youtube ibu katanya tidak berbahaya apa benar?

  • Oleh : Wifi Healthy
  • Tanya Bidan