×

Cara Menjaga Kesehatan Mata pada Anak-anak

Bagikan Artikel :

Mata adalah salah satu panca indra yang memiliki peran penting bagi setiap orang. Maka dari itu, kita wajib memelihara kesehatan mata, apalagi pada anak-anak yang masih dalam tahap tumbuh kembang. Anak-anak tidak sama dengan orang dewasa, kesehatan mata mereka masih rentan karena mereka masih dalam proses pertumbuhan sehingga harus benar-benar diwaspadai dan diperhatikan asupan makanannya.

Sering tidak kita sadari banyak sekali penyakit mata yang mengintai, mulai dari katarak, miopi, rabun jauh, prebiopi, kelelahan mata, iritasi, dll. Nah, padahal banyak sekali cara agar mata sehat dan terhindar dari penyakit yang bisa kita lakukan, tidak harus mahal. Dan untuk lebih jelasnya, berikut ini cara menjaga kesehatan mata pada anak-anak.

Cara Menjaga Kesehatan Mata pada Anak-anak


Hindari melihat terlalu dekat
Ajaklah buah hati Anda untuk memandang jauh dan banyak beraktivitas di luar rumah. Ibu juga sebaiknya menjaga si kecil untuk tidak melihat terlalu dekat.

Posisi membaca benar
Saat Anda mengajarkan anak membaca, ingatkanlah anak untuk duduk dalam posisi yang baik. Hindari membaca dalam keadaan berbaring atau posisi miring. Selain itu, larang anak membaca atau bermain game di ruangan yang cahayanya kurang terang.

Hindari menonton TV terlalu dekat
Sebaiknya para orang tua larang jika buah hati Anda menonton TV terlalu dekat, jarak atntara si kecil dan TV yang dianjurkan adalah 4x diagonal TV.

Pemandangan di Kendaraan

Hindari anak bermain game disaat mobil sedang melaju, sebaiknya arahkan buah hati Anda untuk melihat-lihat aktivitas di luar mobil daripada waktu perjalanan dihabiskan untuk bermain game atau membaca buku di tempat bergerak.

Istirahatkan mata
Jangan paksa mata untuk bekerja terlalu lama. Misalnya saat membaca 1 jam, istirahatkan mata setidaknya 10 menit.

Related Posts :

    Bijak Memakai Gadget
    Menurut dr. Florence Meilani Manurung, spesialis mata dari Jakarta Eye Center, biasanya ia akan menyarankan pasiennya untuk memberikan ijin buah hati memakai gadget, maksimal 2 jam setiap minggu. Apabila orang tua disiplin menerapkan hal tersebut, maka dapat berdampak baik pada kesehatan mata anak.

    Asupan vitamin A yang cukup
    Ajarkan buah hati Anda untuk rutin mengkonsumsi makanan yang kaya akan vitamin A. Misalnya wortel, pepaya dan alpukat. Atau Anda juga memberikan buah hati Anda suplemen yang mengandung vitamin A. Selain itu, jangan lupa untuk rutin memeriksakan mata anak Anda ke spesialis mata.

    Nah, jadi itulah moms beberapa tips menjaga kesehatan mata buah hati. Semoga bermanfaat yah moms, dan bagi Anda yang berminat untuk bertanya pada kami, silahkan tanyakan di form tanya bidan dan kami akan menjawabnya. Dan semoga artikel kami membantu Anda dalam mendapatkan informasi tepat untuk menjaga kesehatan buah hati Anda. Terimakasih

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : February 16, 2017

    Pertanyaan Pengunjung :

    Olahraga yang tepat dan aman dilakukan oleh ibu hamil

  • Oleh : Tutut Kartikasari
  • 4 tahun, 2 bulan yang lalu

    Saya mau tanya bu bidan, apa boleh ibu hamil mengikuti olahraga? dan sebaiknya olahraga apa yang harus dipilih saat hamil?

  • Oleh : Tutut Kartikasari
  • Berhubungan sehari setelah menstruasi

  • Oleh : Agus Putra
  • 1 bulan, 3 minggu yang lalu

    Selamat sore buk , saya mau bertanya seputar kehamilan,
    Jadi gini buk,saya mempunyai seorang pacar yang masih perawan,suatu hari saya ingin melakukan hubungan badan dengan pacar saya,kebetulan saya melakukan hubungan badan sehari setelah dia menstruasi(rada – rada masih haid ),jadi pas saya melakukan hubungan badan,saya sebelum sebelumnya itu sering sekali mengeluarkan sperma saya sehari bisa 1 smpek 2 kali,saya keluarin 3 hari berturut turut sebelum melakukan hubungan badan sama pacar saya,pas saat saya berhubungan badan,saya menyentuh vagina pacar saya dan saya merasakan kalau ada cairan yang kluar dari dalam vagina pacar saya,pas saya hirup baunya khas ( lendir ) perempuan,setelah itu saya cuma memasukan kemaluan saya ke vagina pacar saya sampai berbunyi ” krek “,dan itu pun saya cuma memasukannya,setelah itu langsung saya cabut,dan saya mengeluarkan sperma saya di luar vagina pacar saya,
    Pertanyaan saya,apakah dapat mengakibatkan kehamilan ?
    Dan seumpama kalau ada setetes sperma yg msuk kedalan vagina,apa dapat menyebabkan kehamilan pada saat mens/haid?

    Herpes zooster

  • Oleh : Injelita Maharani
  • 3 tahun, 2 bulan yang lalu

    Siang bu bidan, usia kehamilan 3 minggu, di awal kehamiln saya terkena herpes zooster di pinggang sebelah kanan dan konsumsi obat dari dokter kulit krn blm tau hamil, apakah obat yg saya konsumsi tsb berbahaya utk janin saya dan mengingat sampai skrg pinggang saya msh terasa gatal.

    gangguan kehamilan

  • Oleh : Rezkika Ayu Pribadi
  • 2 tahun, 3 bulan yang lalu

    dok,mau tanya dong kenapa ya setelah saya minum soda perut saya sakit sekali nyeri dibagian semua perut dan punggung, pinggang saya juga sakit sekali,dan celana dlm saya terasa basah dan saya lihat pagi hari nya berwarna coklat agak kuning dok, tlg jwb ya

    Benjolan pada rambut area miss v

  • Oleh : Wifi Healthy
  • 1 minggu, 6 hari yang lalu

    Halo bu bidan, usia saya 25tahun dan di daerah rambut miss v saya ada benjolan kecil sekali tp tidak terasa sakit atau gatal atau nyeri sama sekali. Bahkan alhamdulillah tidak mengganggu aktivitas saya. Apa itu berbahaya bu bidan? Saya lihat di video youtube ibu katanya tidak berbahaya apa benar?

  • Oleh : Wifi Healthy
  • Tanya Bidan