×

Cara Menjaga Kesehatan Mata pada Anak-anak

Bagikan Artikel :

Mata adalah salah satu panca indra yang memiliki peran penting bagi setiap orang. Maka dari itu, kita wajib memelihara kesehatan mata, apalagi pada anak-anak yang masih dalam tahap tumbuh kembang. Anak-anak tidak sama dengan orang dewasa, kesehatan mata mereka masih rentan karena mereka masih dalam proses pertumbuhan sehingga harus benar-benar diwaspadai dan diperhatikan asupan makanannya.

Sering tidak kita sadari banyak sekali penyakit mata yang mengintai, mulai dari katarak, miopi, rabun jauh, prebiopi, kelelahan mata, iritasi, dll. Nah, padahal banyak sekali cara agar mata sehat dan terhindar dari penyakit yang bisa kita lakukan, tidak harus mahal. Dan untuk lebih jelasnya, berikut ini cara menjaga kesehatan mata pada anak-anak.

Cara Menjaga Kesehatan Mata pada Anak-anak


Hindari melihat terlalu dekat
Ajaklah buah hati Anda untuk memandang jauh dan banyak beraktivitas di luar rumah. Ibu juga sebaiknya menjaga si kecil untuk tidak melihat terlalu dekat.

Related Posts :

    Posisi membaca benar
    Saat Anda mengajarkan anak membaca, ingatkanlah anak untuk duduk dalam posisi yang baik. Hindari membaca dalam keadaan berbaring atau posisi miring. Selain itu, larang anak membaca atau bermain game di ruangan yang cahayanya kurang terang.

    Hindari menonton TV terlalu dekat
    Sebaiknya para orang tua larang jika buah hati Anda menonton TV terlalu dekat, jarak atntara si kecil dan TV yang dianjurkan adalah 4x diagonal TV.

    Pemandangan di Kendaraan

    Hindari anak bermain game disaat mobil sedang melaju, sebaiknya arahkan buah hati Anda untuk melihat-lihat aktivitas di luar mobil daripada waktu perjalanan dihabiskan untuk bermain game atau membaca buku di tempat bergerak.

    Istirahatkan mata
    Jangan paksa mata untuk bekerja terlalu lama. Misalnya saat membaca 1 jam, istirahatkan mata setidaknya 10 menit.

    Bijak Memakai Gadget
    Menurut dr. Florence Meilani Manurung, spesialis mata dari Jakarta Eye Center, biasanya ia akan menyarankan pasiennya untuk memberikan ijin buah hati memakai gadget, maksimal 2 jam setiap minggu. Apabila orang tua disiplin menerapkan hal tersebut, maka dapat berdampak baik pada kesehatan mata anak.

    Asupan vitamin A yang cukup
    Ajarkan buah hati Anda untuk rutin mengkonsumsi makanan yang kaya akan vitamin A. Misalnya wortel, pepaya dan alpukat. Atau Anda juga memberikan buah hati Anda suplemen yang mengandung vitamin A. Selain itu, jangan lupa untuk rutin memeriksakan mata anak Anda ke spesialis mata.

    Nah, jadi itulah moms beberapa tips menjaga kesehatan mata buah hati. Semoga bermanfaat yah moms, dan bagi Anda yang berminat untuk bertanya pada kami, silahkan tanyakan di form tanya bidan dan kami akan menjawabnya. Dan semoga artikel kami membantu Anda dalam mendapatkan informasi tepat untuk menjaga kesehatan buah hati Anda. Terimakasih

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : February 16, 2017

    Pertanyaan Pengunjung :

    Kehamilan

  • Oleh : Isti Rahmawati
  • 1 tahun, 7 bulan yang lalu

    Selamat siang,
    Saya mau menanyakan usia kehamilan saya 6 minggu. Saya sempat terkena batuk kering sampai menekan di perut bahkan sampai keluar keputihan saat batuk. Saat hari ke 4 saya terjadi flek. Saya langsung periksa k dr kandungan. Saat di usg terdapat kantung janin tapi janin belum terlihat lalu dokter memeriksa menggunakan alat langsung dr dlm kandungan. Dan janin terlihat. Tapi detak jantung belum terlihat. Dr mengatakan bahwa resiko besar keguguran. Sehingga saya di minta bedrest dan diberi obat penguat. Yang saya tanyakan, apakah mungkin terdapat janin tapi tidak berkembang? Dan seberapa besar resiko bisa berkembang dengan normal? Dan apa yang harus saya lakukan selain bedrest? Mohon informasinya

    Menstruasi yang terlalu lama

  • Oleh : Dian Poenya Raizo
  • 8 bulan, 1 minggu yang lalu

    Selamat sore, bidan saya mau tanya lagi, mengapa saya menstruasi terlalu lama. biasanya saya mens hanya 5-7 hari, namun sehabis menjalani treatment bekam saya menjadi mens terlalu lama bisa sampai 14 hari lebih, dan biasanya darah yang keluar setelah 7 hari berwarna merah kehitaman. saya takut karena katanya kalau lebih dari 14 hari itu darah penyakit. padahal 2 bulan lalu saya bekam sebelum haid. mohon penjelasannya terimakasih

    Kanker ovarium pada wanita remaja

  • Oleh : Rhiyad Suhpriatin
  • 3 bulan yang lalu

    Selamat sore bu bidan, saya mau tanya Apakah kanker ovarium ini bisa menyerang wanita atau remaja berusia 20 tahunan? Sebab beberapa dari gejalanya dialami? Terimkasih.

    Aisyah Putri Setiawan

  • Oleh : Bunga Handayani
  • 3 bulan, 2 minggu yang lalu

    Siang Dok, Saya wanita berusia 22 Tahun mau bertanya tentang flek yang keluar seperti menstrulasi. Saat ini, saya sering kali haid yang tidak teratur yang sering kali mundur dan maju setidaknya 6 bahkan 10 hari dari tanggal bulan kemarin. Saat ini tubuh saya sering merasakan gejala gejala akan datangnya haid, namun tidak kunjung datang juga bahkan hanya keluar flek hitam sedikit saat cebok setelah buang air kecil. Sampai saat ini saya mersakan nyeri di bagian punggung dan kram dibagian perut seperti haid namun tak kunjung juga. Apakah ini kondisi yang normal dirasakan?

    Kehamilan

  • Oleh : ardislenehan846
  • 6 bulan, 2 minggu yang lalu

    Sering mules pada usia kehamilan 7 bulan ini wajar atau tidak dan di sertai plek

  • Recent Topics

  • Baru-baru ini :

  • Follow Kami Di :

  • Tanya Bidan