×

Cara Merawat Anak yang Sedang Sakit Pilek

Bagikan Artikel :

Anak memang sangat rentan tersering pilek karena daya tahan tubuhnya yang masih lemah sehingga virus penyakit mudah menyerang tubuhnya. Pilek pada anak memang agak lama sembuhnya dan perlu istrihat yang cukup. Lantas ibu perlu merawat buah hati dengan benar supaya cepat lekas pergi pileknya, dan berikut dibawah ini beberapa cara merawat anak yang sedang sakit pilek.

Cara Merawat Anak yang Sedang Sakit Pilek

Berikan Asupan Cairan yang Cukup
Bagi anak yang masih berusia 4 bulan kebawah, disarankan untuk selalu memberikan asupan ASI atau susu formula yang cukup. Sedangkan untuk bayi usia 5 bulan, ibu bisa memberikan air putih atau sedikit jus pada bayi yang telah berusia di atas 6 bulan.

Related Posts :

    Bantu Anak Mengeluarkan Lendir di Hidung
    Pastinya bayi belum bisa mengeluarkan lendir dihidungnya sendiri. Padahal lendir dapat menyumbat hidung sehingga anak rewel dan susah bernapas. Untuk membantunya, ibu perlu mengeluarkan lendir tersebut dengan cara merebahkan anak dan teteskan sedikit air garam pada lubang hidungnya untuk mengencerkan lendir. Lalu, beberapa saat kemudian, keluarkan lendir tersebut dengan menggunakan pipet atau alat khusus untuk mengeluarkan lendir pada bayi.

    Buatlah Udara Ruangan Menjadi Lembab
    Ibu dapat menaikkan suhu AC di dalam kamar atau mungkin mematikan AC untuk sementara waktu. Selain itu, Ibu juga dapat membawa si kecil ke dalam kamar mandi dengan air panas untuk mendapatkan uap hangat dari shower panas tersebut.

    Tidurkan dalam Posisi Semi berdiri
    Anda bisa melakukannya sementara dalam beberapa jam. Hindari menggunakan bantal untuk membantunya berdiri karena dapat membuatnya sulit bernapas serta jangan meletakkan bantal dibawah tempat tidurnya karena bisa membuatnya tidak stabil.

    Itulah beberapa tips dan cara merawat anak yang sedang sakit pilek. Jika ada yang ingin Anda tanyakan, silahkan bertanyalah di form tanya bidan kami, semoga artikel dan jawaban yang kami berikan nanti bisa membantu Anda. Terimakasih atas kunjungannya.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : February 9, 2017

    Pertanyaan Pengunjung :

    Tidak haid

  • Oleh : Trisna Trisna
  • 2 tahun, 5 bulan yang lalu

    Tidak haid selama setahun lebih setelah kuret, dan bisa haid kalo minum obat hormon

    Apakah melakukan hipnosis baik selama proses persalinan?

  • Oleh : Salma Syarifah Latipah
  • 5 tahun yang lalu

    Hai mba bidan, saat ini saya sedang hamil besar dan kemungkinan sekitar 3-4 minggu lagi saya melahirkan. Kemarin saya sempat ngobrol ngobrol di forum tentang persalinan. Dan katanya, agar persalinan lancar, bisa pakai metode hipnosis. Apakah itu benar? Mohon pencerahannya ya. Thanks

    Tentang pra subur

  • Oleh : Ahmad Dun
  • 2 tahun, 6 bulan yang lalu

    Kpd bidan yg terhormat:
    Setelah menstruasi/ sudah suci, trus brhubungan badan.. Apakah bisa terjadi hamil?

    Terkait KB IUD

  • Oleh : Musiroh Roh
  • 3 bulan, 3 minggu yang lalu

    Assalamu’alaikum bu bian, saya mau bertanya apakah normal jika keputihan berwarna coklat dan terkadang nyeri di panggul. Dan bercampur darah lengket berbau amis. Dulu saya tidak pernah seperti ini namun setelah memakai KB IUD organ vagina saya tidak nyaman, tolong dijawab yaa bu bidan
    Wassalamu’alaikum

  • Oleh : Musiroh Roh
  • Bayi Usia 2 Minggu Belum BAB 9 Hari

  • Oleh : Ivie Suci
  • 2 tahun, 11 bulan yang lalu

    Halo dok, saya Resy saat ini usia bayi saya 2 minggu dan saat usia 4 hari bayi saya disinar selama 2 hari, selama disinar bayi saya diberikan susu formula untuk antisipasi dehidrasi dan pulang kerumah banyak bayi saya banyak bab. Tapi sampai sekarang ini sekitar 9 hari dengan full asi belum bab juga, padahal minum asinya banyak dan buang air kecilnya juga cukup banyak. Ada yang harus dikhawatirkan ga yah dok ?

    Tanya Bidan