×

Cara Untuk Melatih Konsentrasi Anak-Anak

Bagikan Artikel :

Curhatbidan.com,Konsentrasi belajar adalah bagaimana fokus dalam mengerjakan atau melakukan sesuatu, hingga pekerjaan itu dikerjakan dalam waktu tertentu. Beberapa anak mengalami kesulitan untuk berkonsentrasi saat belajar dan beraktivitas. Contohnya seperi pikiran yang berubah-ubah, merasa gelisah, tidak memperhatikan dan pelupa. Hal inilah yang menjadi perhatian untuk orang tua jika melihat buah hatinya mengalami hal tersebut.

Parah ahli bahkan mengatakan bahwa kehilangan konsentrasi bisa menjadi faktor yang akan merugikan kehidupan anak. Kurangnya konsentrasi bisa disebabkan beberapa hal, yang sebagian besar tergantung pada usia dan status kesehatan anak, yakni :

Kurang beristirahat atau kelelahan

Kurangnya waktu istirahat anak bisa menyebabkan kelelahan dan kelelahan tersebut adalah salah satu alasan anak menjadi tidak konsentrasi. Kadang kala ada beberapa orang tua yang membuat anaknya terlalu sibuk dengan kegiatan belajarnya, contohnya anak SD mereka belajar dari jam 7 sampai jam 12 siang, dan ada orang tua yang sering mendaftarkan anaknya les untuk membuat anak lebih cerdas dan les tersebut bisa memakan waktu anak selama 2-3 jam. Selama itu anak hanya disuruh untuk belajar betapa lelah fisik dan mental anak. Dalam kondisi kelelahan seperti itu tentu anak  akan sulit berkonsentarsi karena tubuh mereka membutuhkan istirahat.

Kurang berminat atau tidak tertarik

Jika si Kecil kehilangan minat dalam materi yang dipelajari, kemungkinan hilangnya konsentrasi sangat mudah. 

Jangankan sikecil kita sebagai orang tua saja pasti merasa kesal apabila memikirkan hal ataupun kegiatan yang tidak kita sukai. Begitupun anak, anak akan kehilangan konsetrasinya apabila mereka kurang berminat pada hal yang dilakukannya.

Kesehatan

Kesehatan tubuh anak adalah hal paling penting. Jika fungsi tubuh anak lemah itu bisa menjadi salah satu alasan bagi anak dalam kehilangan fokus dan konsentrasi. Dehidrasi dan kebiasaan makan yang buruk bisa mempengaruhi tingkat konsentrasi anak.

Energi Berlebih

Anak yang memiliki energi berlebih pada tubuhnya biasanya tidak dapat duduk diam dalam waktu yang lama. Ia pasti merasa gelisah sebab ada desakan dari dalam untuk bergerak, mengeluarkan energi. Mempunyai energi yang besar juga sangat bagus untuk membantu tumbuh kembang anak. Tapi ini juga merupakan salah satu penyebab anak sulit berkonsentrasi.

Untuk mengatasi anak yang sulit berkonsentrasi bunda bisa melakukan beberapa hal dibawah ini:

Berikan Waktu istirahat yang cukup

Seperti yang dijelaskan diatas istirahat yang kurang bisa menyebabkan anak sulit bernkonsentrasi. Untuk itu langkah pertama Anda harus memberikan anak istirahat yang cukup jangan memaksa anak untuk belajar terus. biasakan agar anak tidur siang walau hanya 1-2 jam. Ini membuat otak dan fisik mereka istirahat, sehingga bila bangun tidur anak akan lebih segar untuk diajak berpikir. Dan pada malam hari jangan biarkan anak tidur terlalu larut.

Komunikasi dua arah

Salah satu penyebab anak sulit berkonsentrasi karena adanya masalah yang mengganggu pikiran mereka. Hal ini dapat menyumbat konsentrasinya. Buatlah komunikasi dua arah yang baik.    Telusuri apa yang mengganjal pikiran mereka.     Ayah bunda dapat menjadi pendengar yang baik dan penanya aktif. Misalnya apa yang terjadi hari ini di sekolah.

Saat anak menceritakan masalahnya bunda haruslah menjadi pendengar yang baik dan berusaha untuk memberikan penjelasan solusi untuk masalahnya.

Sendiri dan mandiri

Ada baiknya Anda mengajarkan anak untuk bisa mandiri dalam melakukan kegiatannya. Seperti ajarkan dan biarkan anak memakai dan melepas bajunya sendiri atau mekai sepatunya sendiri. Pada proses itu anak akan memperhatikan langkah-lagkah untuk menuntaskan kegiatan tersebut. Disaat itulah anak belajar untuk berkonsentrasi. 

Berikan suasana yang nyaman

kemampuan konsentrasi anak tentu harus didukung dengan suasana yang baik. Anda harus menciptkan suasana yang menyenangkan dan membuat anak nyaman dengan aktivitas atau kegiatan yang sedang dilakukannya agar anak bisa berkonsentrasi dalam mengerjakan hal tersebut.

Melalui aktivitas bermain dan berolah raga 

Dalam permainan biasanya ada instruksi yang diberikan. Dengan demikian secara tidak langsung melatih anak untuk mengikuti instruksi dan mampu melakukannya dengan tepat dan cepat.

Related Posts :

    Dari penelitian menunjukkan bahwa dengan aktif bergerak dan berolah-raga dapat meningkatkan kecerdasan karena dengan berolah-raga aliran darah dan oksigen ke otak akan lebih baik. Yang bisa membuat anak berkonsentrasi. Olahraga yang bisa dilakukan seperti berenang dan sepakbola.

    Itu adalah beberapa cara sederhana untuk Anda dalam mengatasi anak yang sulit untuk berkonsentrasi. Konsentrasi anak sangat penting untuk kehidupan dan tumbuh kembang anak oleh sebab itu Anda harus memperhatikan hal tersebut.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : June 3, 2017

    Pertanyaan Pengunjung :

    Tentang kehamilan

  • Oleh : Vianney Valista
  • 1 tahun, 4 bulan yang lalu

    Selamat malam bu bidan..mohon pencerahannya ya.
    Saya baru saja menikah,pengetahuan saya tetang hubungan intim dan kehamilan msh sangat minim sekali.
    Saya dan suami ingin menunda kehamilan krn ada bbrp alasan perkerjaan.
    Tadi kami melakukan hubungan intim di H+2 setelah saya haid dan suami saya membuang diluar.itu tidak membuat saya hamil kan bu?mohon pencerahan dan penjelasannya?

    Apakah Perlu Bayi di Bedong ?

  • Oleh : Marini Sjola Manoppo
  • 3 tahun, 9 bulan yang lalu

    Assalamu’alaikum bu bidan,
    Saya sedang hamil anak pertama, saya mau tanya dong bu bidan saya apakah bayi baru lahir itu wajib di bedong atau tidak ? ada apa saja manfaat dan bahayanya ? terus batasan untuk membedong bayi kira-kira sampai umur berapa ?
    terima kasih ditunggu balasannya bu bidan

    Ingin hamil lagi

  • Oleh : Erna Manurung
  • 2 bulan, 3 minggu yang lalu

    Gini buk bidan, saya habis melahirkan sekitar bulan 12 kemarin, tapi anak saya meninggal begitu lahir, dan saya belum mendapat haid sampai saat ini, tapi saya sudah berhubungan sama suami saya sekitar 2 minggu yang lalu dan rutin karna memang kami tidak menunda untuk kehamilan selanjut nya tapi sekarang saya merasakan sakit perut dibagian bawah, saya bingung ini gejala tanda kehamilan atau mau PMS y buk bidan,? Soal ny sudah saya tespek hasil nya negatif tapi sakit perut nya sudah berlangsung beberapa hari ini dan tidak ada keluar darah yang ada keluar keputihan terus menerus dan bagaimana cara agar bisa cepat hamil lagi sebelum datang haid setelah melahirkan?

    Bayi Berkeringat Saat Udara Dingin

  • Oleh : erin dianawati
  • 1 tahun, 9 bulan yang lalu

    Halo Bu Bidan,
    Saya ingin bertanya, anak saya usia 8 bulan ketika tidur malam hari sering berkeringat padahal udaranya dingin. Apa ada masalah dengan anak saya saya ? Terimakasih sebelumnya

    Normalkah Kentut Melalui Vagina?

  • Oleh : Salma Syarifah Latipah
  • 1 tahun, 8 bulan yang lalu

    Selamat siang bu bidan, saya mau tanya nih usia saya sekarang mau menginjak 20 tahun. Keluhan saya ini selalu kentut atau buang gas lewat vagina, apakah itu normal-normal saja untuk saya yang belum pernah melakukan hubungan suami istri? jika itu bahaya, apa yang harus saya lakukan bu? Terimakasih ditunggu jawabannya.

  • Recent Topics

  • Baru-baru ini :

  • Follow Kami Di :

  • Tanya Bidan