×

Dampak Terlalu Dini Menyekolahkan Anak

Bagikan Artikel :

Dampak Terlalu Dini Menyekolahkan Anak

Sering sekali menemukan banyak ibu yang dengan sengaja datang ke psikolog anak untuk melakukan cek atau tes kemampuan anaknya agar bisa sekolah dengan usia lebih muda. Karena untuk memasuka sekolah dasar anak minimal berusia 7 tahun. Di bawah itu tidak bisa keceuali ada surat memiliki kemampuan setara dengan usia 7 tahun dari psikolog. Memang baik memberikan ilmu pengetahuan sejak kecil, tetapi waktu sekolah anak yang terlalu dini bisa berakibat negatif. Bahkan, anak bisa dilanda stress lho!

Related Posts :

    Dampak Menyekolahkan Anak Terlalu Dini

    1. Anak bisa merasa tertekan dan stres
      Menyekolahkan si Kecil terlalu dini akan menyebabkan mereka tertekan. Hal ini karena secara tidak langsung, anak dipaksa untuk belajar sesuatu yang belum sesuai dengan kemampuannya. Jadi, seharusnya anak masih bisa bermain dengan teman sebayanya, tetapi karena tuntutan sekolah yang terlalu dini mereka pun terpaksa kekurangan waktu bermain tersebut.
      Kondisi seperti ini berbahaya karena tekanan secara terus-menerus dalam jangka waktu lama yang didapatkan oleh anak bisa memicu stres.
    2. Bukannya antusias, justru menimbulkan rasa bosan
      Biasanya, anak-anak merasa antusias atau sangat bersemangat untuk bersekolah. Namun, jika waktu sekolah anak terlalu dini, akan menimbulkan rasa bosan. Mengutip laman IDNTimes, rasa bosan tersebut juga bisa diperparah dengan perasaan anak yang berubah tak menentu (moody) sehingga akan semakin sulit termotivasi untuk sekolah. Usia balita bukan waktu paling ideal bagi anak untuk sekolah. Justru, saat balita orangtua sebaiknya fokus untuk menjadikan mereka anak yang bahagia terlebih dahulu. Bukan anak yang pintar.
    3. Kehilangan minat dalam belajar
      Jika si Kecil telah masuk sekolah sejak usia mereka masih belia, rasa bosan dan jengah sudah pasti akan muncul sehingga bisa menimbulkan hilangnya minat belajar. Padahal, minat atau motivasi dalam belajar sangat diperlukan untuk mendorong kemampuan anak di sekolah. Untuk itu, orangtua sebaiknya mengusahakan untuk tetap menjaga semangat anak dengan tidak terlalu mendorongnya masuk ke dunia belajar terlalu dini.
    4. Menjadi tidak fokus selama pembelajaran
      Sekolah yang didapatkan anak terlalu dini tentu merampas sebagian besar waktu bermain mereka. Hingga tidak heran, jika anak sulit fokus selama pembelajaran. Hal ini wajar terjadi, karena memang pada usia balita, anak-anak belum memiliki rentang waktu belajar yang lama sehingga saat belajar mereka cenderung tidak bisa duduk diam dan memperhatikan guru di kelas.
      Terlebih, anak-anak biasanya belum memiliki kontrol diri sepenuhnya. Jadi, mungkin saja tak ada rasa tanggung jawab atau dorongan untuk menyelesaikan kewajiban terhadap sekolah karena dalam benak anak hanya ada pikiran untuk bermain saja.
    5. Timbul keinginan untuk berhenti sekolah
      Jika rasa lelah, bosan, dan jengah sudah dirasakan anak. Bukan tak mungkin jika si Kecil memiliki keinginan untuk mogok atau berhenti sekolah lho. Apalagi, tak semua anak-anak memiliki minat akademik yang tinggi. Bisa saja, anak Mama memiliki minat lain, seperti olahraga atau musik. Sebaiknya, bebaskan terlebih dahulu untuk anak memilih sesuatu yang mereka minati dan arahkan dengan tepat agar bisa terasah dengan baik.
      Jadi, sebenarnya menyekolahkan anak terlalu dini tidak menimbulkan efek positif. Bahkan, sebaliknya. Untuk itu, sekolahkanlah anak saat usia mereka telah tepat sehingga mereka lebih siap. Itulah efek negatif jika menyekolahkan anak terlalu dini, di usia anak yang masuk dalam kategori belum siap. Semoga bisa lebih menyesuaikan dengan kebutuhan anak ketika akan mendaftarkan kelas atau sekola

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : January 27, 2022

    Pertanyaan Pengunjung :

    Benjolan di belkaang telinga pada bayi 9bulan

  • Oleh : Wiska Enggal
  • 3 tahun, 1 bulan yang lalu

    Bu bidan saya mau bertanya, anak saya sekitar seminggu yg lalu kuping nya terkena dompo, sekarg udh sembuh tp mash ada bintik2 nya sedikit, terus sekarang muncul benjolan di belakang telinga nya di pegang benjolan nya seperti ada dua. Kira kira bahaya gk ya bu dan bisa ditangani dengan apa dan di beri obat apa?
    Terimakash.

  • Oleh : Wiska Enggal
  • Letak janin

  • Oleh : Aprilia Indrawati
  • 3 tahun, 10 bulan yang lalu

    Selamat siang.. Maaf mau tanya,saya hamil 18 week,terus di bagian kolom letak janin,di isi TEGANG,itu maksudnya gmna yah ..

  • Oleh : Aprilia Indrawati
  • Terlambat haid

  • Oleh : Yuni Arra
  • 4 tahun, 3 bulan yang lalu

    Bu saya terakhir menstruasi tanggal 1 februari, siklus menstruasi saya 28 hari dan tidak pernah terlambat,
    Kemaren saya tespek hasil negatif, hari ini perut saya kram seperti mau haid tp lebih sakit lagi dan pegel2 juga itu kenapa ya ? Mohon di jawab . Terimakasih bu …

    Telat haid

  • Oleh : Nur Halimah
  • 1 tahun, 10 bulan yang lalu

    Halo bu, saya seorang remaja umur 21 tahun belum menikah. Saya telat haid sekitar 3 bulan dan baru2 ini merasa badan lemas dan agak mual. Apa itu wajar?

  • Oleh : Nur Halimah
  • Wasir (Ambeyen)

  • Oleh : Intan Cahyaning Palupi
  • 3 tahun, 10 bulan yang lalu

    Selamat siang bu bidan.. Maaf mengganggu waktunya. Bu, saya ingin bertanya.. Ini kehamilan pertama saya dan dari sebelum menikah saya sudah ada ambeyen eksternal yg nggak bisa masuk lagi. Posisi ambeyen ini dibagian atas dekat dengan perineum, tapi selama ini belum pernah sampai berdarah, hanya bengkak saja setelah bab tp akan kembali k ukuran semula dalam beberapa jam. Usia kehamilan saya sekarang 31minggu bu. Apa saya tetap bisa melahirkan secara normal yaa bu?
    Terima kasih sebelumnya bu

  • Oleh : Intan Cahyaning Palupi
  • Tanya Bidan