×

Dampak Terlalu Dini Menyekolahkan Anak

Bagikan Artikel :

Dampak Terlalu Dini Menyekolahkan Anak

Sering sekali menemukan banyak ibu yang dengan sengaja datang ke psikolog anak untuk melakukan cek atau tes kemampuan anaknya agar bisa sekolah dengan usia lebih muda. Karena untuk memasuka sekolah dasar anak minimal berusia 7 tahun. Di bawah itu tidak bisa keceuali ada surat memiliki kemampuan setara dengan usia 7 tahun dari psikolog. Memang baik memberikan ilmu pengetahuan sejak kecil, tetapi waktu sekolah anak yang terlalu dini bisa berakibat negatif. Bahkan, anak bisa dilanda stress lho!

Dampak Menyekolahkan Anak Terlalu Dini

  1. Anak bisa merasa tertekan dan stres
    Menyekolahkan si Kecil terlalu dini akan menyebabkan mereka tertekan. Hal ini karena secara tidak langsung, anak dipaksa untuk belajar sesuatu yang belum sesuai dengan kemampuannya. Jadi, seharusnya anak masih bisa bermain dengan teman sebayanya, tetapi karena tuntutan sekolah yang terlalu dini mereka pun terpaksa kekurangan waktu bermain tersebut.
    Kondisi seperti ini berbahaya karena tekanan secara terus-menerus dalam jangka waktu lama yang didapatkan oleh anak bisa memicu stres.
  2. Bukannya antusias, justru menimbulkan rasa bosan
    Biasanya, anak-anak merasa antusias atau sangat bersemangat untuk bersekolah. Namun, jika waktu sekolah anak terlalu dini, akan menimbulkan rasa bosan. Mengutip laman IDNTimes, rasa bosan tersebut juga bisa diperparah dengan perasaan anak yang berubah tak menentu (moody) sehingga akan semakin sulit termotivasi untuk sekolah. Usia balita bukan waktu paling ideal bagi anak untuk sekolah. Justru, saat balita orangtua sebaiknya fokus untuk menjadikan mereka anak yang bahagia terlebih dahulu. Bukan anak yang pintar.
  3. Kehilangan minat dalam belajar
    Jika si Kecil telah masuk sekolah sejak usia mereka masih belia, rasa bosan dan jengah sudah pasti akan muncul sehingga bisa menimbulkan hilangnya minat belajar. Padahal, minat atau motivasi dalam belajar sangat diperlukan untuk mendorong kemampuan anak di sekolah. Untuk itu, orangtua sebaiknya mengusahakan untuk tetap menjaga semangat anak dengan tidak terlalu mendorongnya masuk ke dunia belajar terlalu dini.
  4. Menjadi tidak fokus selama pembelajaran
    Sekolah yang didapatkan anak terlalu dini tentu merampas sebagian besar waktu bermain mereka. Hingga tidak heran, jika anak sulit fokus selama pembelajaran. Hal ini wajar terjadi, karena memang pada usia balita, anak-anak belum memiliki rentang waktu belajar yang lama sehingga saat belajar mereka cenderung tidak bisa duduk diam dan memperhatikan guru di kelas.
    Terlebih, anak-anak biasanya belum memiliki kontrol diri sepenuhnya. Jadi, mungkin saja tak ada rasa tanggung jawab atau dorongan untuk menyelesaikan kewajiban terhadap sekolah karena dalam benak anak hanya ada pikiran untuk bermain saja.
  5. Timbul keinginan untuk berhenti sekolah
    Jika rasa lelah, bosan, dan jengah sudah dirasakan anak. Bukan tak mungkin jika si Kecil memiliki keinginan untuk mogok atau berhenti sekolah lho. Apalagi, tak semua anak-anak memiliki minat akademik yang tinggi. Bisa saja, anak Mama memiliki minat lain, seperti olahraga atau musik. Sebaiknya, bebaskan terlebih dahulu untuk anak memilih sesuatu yang mereka minati dan arahkan dengan tepat agar bisa terasah dengan baik.
    Jadi, sebenarnya menyekolahkan anak terlalu dini tidak menimbulkan efek positif. Bahkan, sebaliknya. Untuk itu, sekolahkanlah anak saat usia mereka telah tepat sehingga mereka lebih siap. Itulah efek negatif jika menyekolahkan anak terlalu dini, di usia anak yang masuk dalam kategori belum siap. Semoga bisa lebih menyesuaikan dengan kebutuhan anak ketika akan mendaftarkan kelas atau sekola

About : Citra Dewi Amd. Keb

Citra Dewi Amd. Keb

Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : January 27, 2022

    Pertanyaan Pengunjung :

    Cara mengatasi demam yang disertai diare pada anak 1 tahun

  • Oleh : Riri
  • 5 tahun, 11 bulan yang lalu

    Selamat siang, Maaf sebelumnya saya mau bertanya bagaimana cara mengatasi demam yang disertai pada anak usia 1 tahun. Karena sudah 3 hari anak saya mengalami demam yang disertai dengan diare. Anak juga tidak mau makan dan sering rewel. Kemarin diperiksa ke dokter dan demam sempat turun setelah diberikan obat penurun demam, namun esoknya suhu tubuhnya kembali naik dan intensitas diare semakin sering. Mohon penjelasannya.

    Terimakasih sebelumnya.

    Haid dan Datang Bulan

  • Oleh : Diajeng Dwi Putri
  • 3 bulan, 3 minggu yang lalu

    Assalamualikum dok. Dok saya mau tanya bulan kemaren datang bulan nya tanggal 15 desember dok sekarang udah lewat tanggal 15 januari belum juga datang bulan dok. Pas saya tetspack garis nya ada 2 apakah itu hamil dok?

  • Oleh : Diajeng Dwi Putri
  • Apa saya hamil?

  • Oleh : Desy Silvy
  • 1 tahun, 1 bulan yang lalu

    Dok Bln 1 tgl 1-5 sya m dan BulN 1 tgl 28-1 m lgi. BulN 2 tgl 14 15 sy berhubungan tgl 24-27 saya m. BulN 3 tgl 11 12 26 syg berhubung intim tapi menggunakan pil kb sekali minum.dan Sampek bulan 4 syg bm m. Tgl 3 BulN 4 aku test garis dua apa saya hamil

  • Oleh : Desy Silvy
  • Pingin punya anak

  • Oleh : Rudi Hermawan
  • 3 tahun, 4 bulan yang lalu

    Dok apakah ejakulasi dini mempengaruhi kehamilan

    Bingung dengan seseorang yang ngasih harapan ke kita ngajak serius sedangkan dia

  • Oleh : fajar prasetyo
  • 3 tahun yang lalu

    Dia tadinya mau ngajak serius sama saya dan saya juga mau serius sama dia …dan sedangkan dia punya pacar.
    Dia pernah ditinggal pacarnya nikah ?
    Saya takut kalau dia masih punya fikiran kalau menganggap cwo itu sama semua?

    Tanya Bidan