×

Edward Sindrom Membuat Keguguran Dan Bayi Baru Lahir Meninggal

Bagikan Artikel :

Edward Sindrom Membuat Keguguran Dan Bayi Baru Lahir Meninggal

Meninggalnya bayi baru lahir salah satunya disebabkan oleh sindrom Edward. Sindrom Edward disebut juga sebagai trisomi 18 penyakit ini disebabkan oleh ketidaknormalan jumlah kromosom dalam sel tubuh yang dapat mengganggu pertumbuhan banyak organ tubuh.
Bayi yang terdiagnosa Edward syndrome sebagian besar hanya dapat bertahan hidup dalam beberapa hari. Kelainan genetik ini hanya dialami oleh 1 dari 5000 bayi.

Gejala Sindrom Edward

  1. Gangguan jantung
  2. Gangguan ginjal.
  3. Gangguan pernapasan.
  4. Infeksi berulang pada paru-paru dan saluran kemih.
  5. Hernia pada dinding perut.
  6. Bentuk tulang belakang tidak normal (bengkok).
  7. Kaki yang halus dengan telapak bulat.
  8. Bibir sumbing.
  9. Kepala lebih kecil (mikrosefalus).
  10. Jari tangan panjang, tumpang tindih, dan tangan mengepal.
  11. Rahang bawah kecil (micrognathia).
  12. Berat badan rendah.
  13. Usus seperti berada di dalam kantung tipis, yang muncul keluar dinding perut (exomphalos).
  14. Suara tangisan yang lemah.

Penyebab Sindrom Edward

Setiap bayi yang lahir normalnya akan membawa 23 pasang kromosom yang berasal dari ayah dan ibu. Tetapi bayi yang mengalami Edward sindrom akan membawa 3 kromosom 18, harusnya dua sehingga berpasangan. Hal ini mengganggu tumbuh kembang janin di dalam rahim.
Penambahan kromosom 18 terjadi saat proses pembuahan. Terdapat kesalahan ketika pembelahan sel, kromosom ekstra ini bisa berasal dari sperma ayah ataupun sel telur ibu.
Edwards Syndrome bisa terjadi secara acak dan bisa menimpa keluarga manapun. Kemungkinan untuk mempunyai bayi dengan ES lebih dari satu proses kehamilan sangat kecil, namun dengan semakin bertambahnya usia ibu, risiko melahirkan anak dengan ES meningkat.

Related Posts :

    Pengobatan Sindrom Edward

    Jika sindrom Edward menyebabkan bentuk tungkai menjadi tidak normal, sehingga memengaruhi gerakan penderitanya saat mereka tumbuh besar, maka fisioterapi atau terapi okupasi akan dibutuhkan sebagai bentuk penanganan.
    Separuh dari bayi yang menderita sindrom Edward mengalami kematian dalam kandungan, dan hanya 10 persen yang dapat hidup hingga usia satu tahun. Sedikit sekali jumlah penderita sindrom Edward yang bisa bertahan hidup hingga usia dewasa.
    Setelah mengetahui kondisi bayinya mengalami sindrom Edward, tentu orang tua akan mengalami situasi yang sangat sulit. Oleh karena itu, dukungan dari teman, kerabat, atau bahkan psikolog, dibutuhkan untuk mengatasi masalah psikologis yang dihadapi.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : November 29, 2019

    Pertanyaan Pengunjung :

    Mendapatkan anak laki laki

  • Oleh : Rizki Putra
  • 10 bulan, 1 minggu yang lalu

    Program yg tepat

    Tentang KB

  • Oleh : rika meirina
  • 8 bulan yang lalu

    hallo bu dok saya mau nanya
    kemaren saya suntik kb 1 bulan umur saya 21 tahun apakah itu aman?
    dan di bulan selanjutnya saya tidak lagi suntik apakah saya masih bisa hamil? karna saya sudah menikah 1 tahun lebih tapi tidak ada tanda2 kehamilan , apakah saya harus mancing kehamilan dengan pil kb? Terimakasih bu dok🙏🏻

    yeast cell

  • Oleh : Mbak aty
  • 2 tahun, 11 bulan yang lalu

    Siang.. bu sya pernah terkena yeast cell kemudian dksh obat neo gynoxa. Dan skrng saya sedang hamil,, apakah saya perlu cek urin lengkap lagi tidak ya utk mengecek msh ada yeast cell atau tidak

    Tanda awal persalinan

  • Oleh : Dewi Dewi diana sari
  • 2 bulan, 3 minggu yang lalu

    Assalamualaukum, buk sya mau nanya tadi malam sya keluar cairan bening banyak sampe celana basah kayak ngompol gtu, trus subuh nya sya keluar cairan lagi beserta lendir kental tapi ngak ada darah itu lumayan banyak juga dri yang pertama, apakah itu tanda persalinan atau gimana yah buk?

  • Oleh : Dewi Dewi diana sari
  • Bagaimana mengatasi kaki bengkak saat hamil

  • Oleh : dorthymickle
  • 2 tahun, 3 bulan yang lalu

    Selamat pagi, maaf bu bidan saya ingin menanyakan perihal kehamilan saya yang disertai dengan gejala kaki bengkak dan kini usia kehamilan saya menginjal trimester 3. Apakah hal ini wajar dan bagaimana cara mengatasinya ?

    Tanya Bidan