×

Gigi Goyang Pada Si Kecil Tidak Selamanya Harus Ditangani Dokter

Bagikan Artikel :

Gigi Goyang Pada Si Kecil Tidak Selamanya Harus Ditangani Dokter

Related Posts :

    Gigi yang pertama tumbuh pada anak disebut dengan gigi susu. Setelah tumbuh gigi-gigi susu ini kemudian perlahan akan tanggal satu per satu, untuk digantikan dengan gigi permanen hingga ia dewasa. Jangan panik apabila melihat gigi si kecil goyang. Hal ini normal karena gigi susu akan tanggal atau copot dengan sendirinya ketika gigi permanen akan muncul.

    Apabila gigi yang goyang tidak lepas dan gigi permanen sudah mulai tumbuh, sebaiknya jangan  memaksa untuk melepaskan gigi susu dengan sendiri, karena kondisi ini perlu bantuan dokter. Menarik paksa gigi susu saat gigi permanen mulai tumbuh  bisa menimbulkan infeksi dan gusi berdarah, apalagi jika akar giginya masih tertinggal di gusi.

    Apabila gigi Goyang karena jatuh

    Apabila gigi anak goyang gara-gara jatuh. Maka belum tentu harus di cabut. ada beberapa macam penanganan. Kalau gigi anak goyang dalam derajat ringan dan ketika diperiksa giginya masih vital/hidup, maka dilakukan observasi karena diharapkan gigi anak bisa kencang lagi. Tapi, jika gigi anak goyang dengan derajat yang parah, perlu dicabut.

    Jangan Menarik Paksa Gigi Anak Yang Goyang

    Apabila gigi anak sudah goyang tapi belum kunjung lepas, sebaiknya jangan dipaksakan atau ditarik sampai lepas dari gusinya. Tunggu dulu beberapa waktu sampai giginya tanggal sendiri. Hal ini akan mencegah perdarahan hebat atau rasa sakit karena giginya dipaksa lepas. Selain itu gigi yang goyang juga akan lepas dengan sendirinya oleh dorongan dari gigi permanen yang akan tumbuh. Kalaupun akan di cabut, sebaiknya oleh dokter gigi dengan prosedur yang benar.

    Tetap menyikat Gigi Meskipun Ada Gigi Yang Goyang

    Sejak anak Anda memiliki gigi, bahkan meskipun hanya gigi susu, ajarkan anak untuk menyikat giginya secara rutin dua kali sehari. Hal ini bertujuan agar anak selalu menjaga kebersihan gigi sehingga terhindar dari kerusakan gigi.  Meskipun ada salah satu gigi yang goyang, tetap saja menyikat gigi tidak boleh terlewat.

    Gigi Sakit Ketika Digoyangkan

    Jika anak merasa sakit karena giginya goyang, ada kemungkinan hal tersebut disebabkan gigi geraham permanen yang akan erupsi. Anda dapat mengatasinya dengan berkonsultasi kepada dokter gigi yang biasanya akan memberikan obat berupa salep penghilang rasa sakit atau obat jenis golongan ibuprofen atau acetaminophen.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : October 17, 2018

    Pertanyaan Pengunjung :

    Menstruasi sebulan 2x

  • Oleh : Aini Adel
  • 2 tahun, 3 bulan yang lalu

    Malam dok, jadi saya pas tanggal 4 Juli menstrusi sampe tanggal 9.n dan tanggal 27 Juli saya menstruasi lgi. Sampe tanggal 2 Agustus. Bulan Agustus saya belum mengalami menstruasi . Dan terakhir berhubungan dengan suami tanggal 27 Agustus dan suami ejakulasi diluar . Tpi kata suami masuk sedikit cairan maninya ke dalam. Kira kira saya hamil apa ga ya dok ? Soalnya payudara udah sakit dan kalo pagi mual

  • Oleh : Aini Adel
  • Menstruasi

  • Oleh : Evi Safitri
  • 3 tahun, 8 bulan yang lalu

    Dokter, sejak februari saya mengalami menstruasi yg tidak wajar, saya menstruasi berkepanjangan, jarak berhentinya keluar darah hanya sekitar 5-7 hari. Apakah itu normal?

    Belum Haid Setelah Melakukan Kuret

  • Oleh : emilia
  • 6 tahun, 1 bulan yang lalu

    Selamat sore bu bidan, saya merasa khawatir dan tidak tau kenapa akhir akhir ini haid saya tak kunjung datang juga. Semenjak saya melakukan kuret terhitung sekitar 5 bulan saya belum haid. Apakah tidak berbahya bu bidan ? Mohon penjelasananya

    Haid berhenti tapi haid lagi

  • Oleh : Syafni Shafitry
  • 1 tahun, 11 bulan yang lalu

    Dok saya mau tanya 4bln yg lalu kan saya pakai kb suntik dan baru pertama kali .. sebelum kb suntik normal2 saja gitu dok mens paling lama 6-7hri satu bulan sekali.. dan teratur pd tanggal haid nya tdk pernah rubah.. setelah kb suntik haid saya ga normal dok berhenti haid itu paling 5hri lalu haid lagi sampe skrg saya pernah konsumsi juga pil kb krn saya berobat ke bidan dikasih tau harus ganti.. bbrapa kali saya ke dokter katanya itu normal .. tp saya takut sendiri gitu dok soalnya saya belum pernah kyk gni .. saya udh berentikan smua kb selama 1bln tp ttp aja saya haid .. kira2 itu kenapa ya dok dan obat apa biar bisa cepat mengatasi nya.. trimakasih dok

  • Oleh : Syafni Shafitry
  • hamil 2 bulan

  • Oleh : donnairish
  • 4 tahun, 9 bulan yang lalu

    selamat sore bu bidan, saya devy 29th, saat ini saya kehamilan kedua.. yg pertama dulu saya pernah keguguran, dan berharap kehamilan saya yg kedua ini sehat2 saja,, tapi akhir2 ini kenapa perut terasa suduken yahh bu ? perut di bagian sbelah kiri, kalo saya browshing sich saya simpulkan kemungkinan itu memang ciri2 hamil muda.. tapi saya takut jika ada apa2 bu.. mohon penjelasan yg lebih lanjud bu,, kalo bisa jangan yg ngeri2 yah bu bidan hehe.. umur kehamilan saya skrg skitar 10 minggu bu…

    Tanya Bidan