×

Gigi Goyang Pada Si Kecil Tidak Selamanya Harus Ditangani Dokter

Bagikan Artikel :

Gigi Goyang Pada Si Kecil Tidak Selamanya Harus Ditangani Dokter

Gigi yang pertama tumbuh pada anak disebut dengan gigi susu. Setelah tumbuh gigi-gigi susu ini kemudian perlahan akan tanggal satu per satu, untuk digantikan dengan gigi permanen hingga ia dewasa. Jangan panik apabila melihat gigi si kecil goyang. Hal ini normal karena gigi susu akan tanggal atau copot dengan sendirinya ketika gigi permanen akan muncul.

Apabila gigi yang goyang tidak lepas dan gigi permanen sudah mulai tumbuh, sebaiknya jangan  memaksa untuk melepaskan gigi susu dengan sendiri, karena kondisi ini perlu bantuan dokter. Menarik paksa gigi susu saat gigi permanen mulai tumbuh  bisa menimbulkan infeksi dan gusi berdarah, apalagi jika akar giginya masih tertinggal di gusi.

Apabila gigi Goyang karena jatuh

Apabila gigi anak goyang gara-gara jatuh. Maka belum tentu harus di cabut. ada beberapa macam penanganan. Kalau gigi anak goyang dalam derajat ringan dan ketika diperiksa giginya masih vital/hidup, maka dilakukan observasi karena diharapkan gigi anak bisa kencang lagi. Tapi, jika gigi anak goyang dengan derajat yang parah, perlu dicabut.

Jangan Menarik Paksa Gigi Anak Yang Goyang

Apabila gigi anak sudah goyang tapi belum kunjung lepas, sebaiknya jangan dipaksakan atau ditarik sampai lepas dari gusinya. Tunggu dulu beberapa waktu sampai giginya tanggal sendiri. Hal ini akan mencegah perdarahan hebat atau rasa sakit karena giginya dipaksa lepas. Selain itu gigi yang goyang juga akan lepas dengan sendirinya oleh dorongan dari gigi permanen yang akan tumbuh. Kalaupun akan di cabut, sebaiknya oleh dokter gigi dengan prosedur yang benar.

Tetap menyikat Gigi Meskipun Ada Gigi Yang Goyang

Sejak anak Anda memiliki gigi, bahkan meskipun hanya gigi susu, ajarkan anak untuk menyikat giginya secara rutin dua kali sehari. Hal ini bertujuan agar anak selalu menjaga kebersihan gigi sehingga terhindar dari kerusakan gigi.  Meskipun ada salah satu gigi yang goyang, tetap saja menyikat gigi tidak boleh terlewat.

Gigi Sakit Ketika Digoyangkan

Jika anak merasa sakit karena giginya goyang, ada kemungkinan hal tersebut disebabkan gigi geraham permanen yang akan erupsi. Anda dapat mengatasinya dengan berkonsultasi kepada dokter gigi yang biasanya akan memberikan obat berupa salep penghilang rasa sakit atau obat jenis golongan ibuprofen atau acetaminophen.

About : Citra Dewi Amd. Keb

Citra Dewi Amd. Keb

Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : October 17, 2018

    Pertanyaan Pengunjung :

    Berhubungan saat haid

  • Oleh : Aulia Aulia fahra
  • 6 bulan, 2 minggu yang lalu

    Dok saya mau tanya, Saya itu berhubungan suami istri saat saya haid hari ke 4, saya kira saat itu sudah tidak keluar lagi, tapi ternyata waktu saya berhubungan kok tiba2 saya haid lagi. Tapi masih sempat mengunakan kondom sih dok, kira2 apakah saya dan suami aman ? Ataukah saya bisa hamil ya dok, soalnya keesokan harinya darah haidku sudah hilang lalu suami tidak mengunakan kondom lagi dok. Mohon sawabannya

  • Oleh : Aulia Aulia fahra
  • Bingung hamil atau tidak

  • Oleh : Canti Cintia
  • 7 bulan, 4 minggu yang lalu

    Assalamualaikum bu bidan. Saya mau nanya. Saya udah 6 lebih ngga haid. Saya tes hasilnya negatif terus. Saya usg di bidan juga samar2 bidannya gk mau mesmastikan entah itu apa katanya bukan kista bukan penggumpalan darah dan bukan penebalan dinding rahim. Saya binggung soalnya udah pindah2 bidan katanya juga ga hamil tp perut saya makin membesar sekarang kaki bengkak. Pas 4 bulan sering kedutan. perut saya sekarang beda lagi rasanya lebih kayak gerakan. Kadang suka kenceng. Itu knp ya bu soalnya kalo kata tukang urut saya memang hamil tp kok gitu ya

  • Oleh : Canti Cintia
  • Cara atasi mentruasi dan penyebab pms lambat

  • Oleh : kimnadiya kimnadiya
  • 8 bulan, 2 minggu yang lalu

    saya baru usia 15 tahun pas tangal 25 November 2020 nah saya terhakir pms bulan Desember 2020 nah awal bulan Januari 2021 saya sebulan belom pms itu kenapa y k berat badan saya 40 kilogram pas terus juga gak napsu makan saya makan sehari 1 kali itu juga gak napsu makan itu penyebab nya ap Y k tolong jawab?….

  • Oleh : kimnadiya kimnadiya
  • kelamin

  • Oleh : viranti maharsiva
  • 6 bulan, 3 minggu yang lalu

    ibu bidan saya mau nanya, di sekitar vagina saya ada bintik 1 kecil warnanya menyerupai kulit vagina. cuma 1 tp kecil bgt ga ada rasa gatel atau sakit. saya yang parnoan bingung apa itu kutil kelamin atau bukan, berbahaya atau tidak. mohon bantuannya ibu bidan

  • Oleh : viranti maharsiva
  • Miss v

  • Oleh : Nur Nhur ani rumatumia
  • 9 bulan, 2 minggu yang lalu

    Assalamualaikum. Wr. Wb

    Selamat soreh bu bidan,
    Saya mau tanya kenapa saat saya kencin kemaluan saya sakit sekali, dan itu sudah berminggu-minggu lamanya

    Di tambah lagi perih di dalam lubang kemaluan saya dan takkunjung hilang,
    Kenapa ya bidan??

  • Oleh : Nur Nhur ani rumatumia
  • Tanya Bidan