Gigi Goyang Pada Si Kecil Tidak Selamanya Harus Ditangani Dokter

Share Dan Tag Teman Kamu Di :

  • Gigi Goyang Pada Si Kecil Tidak Selamanya Harus Ditangani Dokter

    Gigi yang pertama tumbuh pada anak disebut dengan gigi susu. Setelah tumbuh gigi-gigi susu ini kemudian perlahan akan tanggal satu per satu, untuk digantikan dengan gigi permanen hingga ia dewasa. Jangan panik apabila melihat gigi si kecil goyang. Hal ini normal karena gigi susu akan tanggal atau copot dengan sendirinya ketika gigi permanen akan muncul.

    Apabila gigi yang goyang tidak lepas dan gigi permanen sudah mulai tumbuh, sebaiknya jangan  memaksa untuk melepaskan gigi susu dengan sendiri, karena kondisi ini perlu bantuan dokter. Menarik paksa gigi susu saat gigi permanen mulai tumbuh  bisa menimbulkan infeksi dan gusi berdarah, apalagi jika akar giginya masih tertinggal di gusi.

    Apabila gigi Goyang karena jatuh

    Apabila gigi anak goyang gara-gara jatuh. Maka belum tentu harus di cabut. ada beberapa macam penanganan. Kalau gigi anak goyang dalam derajat ringan dan ketika diperiksa giginya masih vital/hidup, maka dilakukan observasi karena diharapkan gigi anak bisa kencang lagi. Tapi, jika gigi anak goyang dengan derajat yang parah, perlu dicabut.

    Jangan Menarik Paksa Gigi Anak Yang Goyang

    Apabila gigi anak sudah goyang tapi belum kunjung lepas, sebaiknya jangan dipaksakan atau ditarik sampai lepas dari gusinya. Tunggu dulu beberapa waktu sampai giginya tanggal sendiri. Hal ini akan mencegah perdarahan hebat atau rasa sakit karena giginya dipaksa lepas. Selain itu gigi yang goyang juga akan lepas dengan sendirinya oleh dorongan dari gigi permanen yang akan tumbuh. Kalaupun akan di cabut, sebaiknya oleh dokter gigi dengan prosedur yang benar.

    Tetap menyikat Gigi Meskipun Ada Gigi Yang Goyang

    Sejak anak Anda memiliki gigi, bahkan meskipun hanya gigi susu, ajarkan anak untuk menyikat giginya secara rutin dua kali sehari. Hal ini bertujuan agar anak selalu menjaga kebersihan gigi sehingga terhindar dari kerusakan gigi.  Meskipun ada salah satu gigi yang goyang, tetap saja menyikat gigi tidak boleh terlewat.

    Gigi Sakit Ketika Digoyangkan

    Jika anak merasa sakit karena giginya goyang, ada kemungkinan hal tersebut disebabkan gigi geraham permanen yang akan erupsi. Anda dapat mengatasinya dengan berkonsultasi kepada dokter gigi yang biasanya akan memberikan obat berupa salep penghilang rasa sakit atau obat jenis golongan ibuprofen atau acetaminophen.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Citra Dewi Amd.Keb - October 17, 2018
    Diskusi Dari:
    Sahputri Ramadhani

    Selamat sore bu bidan, saat ini saya sedang hamil usia 3 bulan dan ini merupakan kehamilan pertama saya. Sudah lebih dari seminggu saya mengalami sembelit, susah sekali buang air besar. Apakah ini hal yang wajar? Dan bagaimana cara mengatasinya?. Mohon penjelasannya, terimakasih.

    Dijawab Oleh : Sahputri Ramadhani
    Diskusi Dari:
    dawnagagnon511

    Selamat pagi bu bidan, saya wanita usia 25 tahun dan suami saya usia 26 tahun. Sudah 6 bulan kami menikah dan saat ini sedang melakukan program kehamilan. Saat ini saya mengkonsumsi susu pra kehamilan dan natur E, apakah keduanya dapat membantu mempercepat kehamilan dan apakah ada efek sampingnya?? mohon jawbannya

    Dijawab Oleh : dawnagagnon511
    Diskusi Dari:
    Rhiyad Suhpriatin

    Selamat sore bu bidan, saya mau tanya Apakah kanker ovarium ini bisa menyerang wanita atau remaja berusia 20 tahunan? Sebab beberapa dari gejalanya dialami? Terimkasih.

    Dijawab Oleh : Rhiyad Suhpriatin
    Diskusi Dari:
    Alesha Zahra

    Pagi ibu bidan, saya mau tau apa sih bahaya dari placenta previa pada kehamilan?ditunggu jawabannya, terima kasih

    Dijawab Oleh : Alesha Zahra
    Diskusi Dari:
    Gek Anik

    selamat siang,
    saya dwik ingin menanyakan dulu saya kista,sekarang kista saya di nyatakan layu
    terus saya berhubungan badan karna saya menginginkan kehamilan,
    apakah mungkin bisa jadi kehamilan bila kista sudah layu
    mohon di bantu infonya,,
    terima kasih

    Dijawab Oleh : Gek Anik