×

Gigi Goyang Pada Si Kecil Tidak Selamanya Harus Ditangani Dokter

Bagikan Artikel :

Gigi Goyang Pada Si Kecil Tidak Selamanya Harus Ditangani Dokter

Gigi yang pertama tumbuh pada anak disebut dengan gigi susu. Setelah tumbuh gigi-gigi susu ini kemudian perlahan akan tanggal satu per satu, untuk digantikan dengan gigi permanen hingga ia dewasa. Jangan panik apabila melihat gigi si kecil goyang. Hal ini normal karena gigi susu akan tanggal atau copot dengan sendirinya ketika gigi permanen akan muncul.

Apabila gigi yang goyang tidak lepas dan gigi permanen sudah mulai tumbuh, sebaiknya jangan  memaksa untuk melepaskan gigi susu dengan sendiri, karena kondisi ini perlu bantuan dokter. Menarik paksa gigi susu saat gigi permanen mulai tumbuh  bisa menimbulkan infeksi dan gusi berdarah, apalagi jika akar giginya masih tertinggal di gusi.

Apabila gigi Goyang karena jatuh

Apabila gigi anak goyang gara-gara jatuh. Maka belum tentu harus di cabut. ada beberapa macam penanganan. Kalau gigi anak goyang dalam derajat ringan dan ketika diperiksa giginya masih vital/hidup, maka dilakukan observasi karena diharapkan gigi anak bisa kencang lagi. Tapi, jika gigi anak goyang dengan derajat yang parah, perlu dicabut.

Jangan Menarik Paksa Gigi Anak Yang Goyang

Apabila gigi anak sudah goyang tapi belum kunjung lepas, sebaiknya jangan dipaksakan atau ditarik sampai lepas dari gusinya. Tunggu dulu beberapa waktu sampai giginya tanggal sendiri. Hal ini akan mencegah perdarahan hebat atau rasa sakit karena giginya dipaksa lepas. Selain itu gigi yang goyang juga akan lepas dengan sendirinya oleh dorongan dari gigi permanen yang akan tumbuh. Kalaupun akan di cabut, sebaiknya oleh dokter gigi dengan prosedur yang benar.

Related Posts :

    Tetap menyikat Gigi Meskipun Ada Gigi Yang Goyang

    Sejak anak Anda memiliki gigi, bahkan meskipun hanya gigi susu, ajarkan anak untuk menyikat giginya secara rutin dua kali sehari. Hal ini bertujuan agar anak selalu menjaga kebersihan gigi sehingga terhindar dari kerusakan gigi.  Meskipun ada salah satu gigi yang goyang, tetap saja menyikat gigi tidak boleh terlewat.

    Gigi Sakit Ketika Digoyangkan

    Jika anak merasa sakit karena giginya goyang, ada kemungkinan hal tersebut disebabkan gigi geraham permanen yang akan erupsi. Anda dapat mengatasinya dengan berkonsultasi kepada dokter gigi yang biasanya akan memberikan obat berupa salep penghilang rasa sakit atau obat jenis golongan ibuprofen atau acetaminophen.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : October 17, 2018

    Pertanyaan Pengunjung :

    gatal gatal pada kaki

  • Oleh : Daniel
  • 1 tahun, 6 bulan yang lalu

    Salam kenal,

    Saya ingin bertanya, usia kandungan istri saya masuk ke bulan 8, namun terjadi gatal gatal di kaki, dari pergelangan kaki sampai ke paha.
    sudah konsul ke dokter dan sudah dikasih obat juga, namun gatal nya belum sembuh2 juga, gatal gatal nya itu seperti biduran. Apakah ini hormon yg buruk dan apa solusi nya

    Mohon penjelasannya
    terima kasih

    Susah Hamil Setelah Mengalami Keguguran

  • Oleh : Khansa Adeline
  • 3 tahun yang lalu

    Bu saya mau bertanya, Sudah 3 tahun menikah saya belum diberikan keturunan, padahal dulu istri saya pernah hamil, tapi sayangnya keguguran saat usia kandungan 6 bulan. Tapi istri saya sampai saat ini masih belum memeriksakan diri ke dokter ahli. Apakah hal ini disebabkan karena adanya penyakit pada istri saya??

    Haid tidak teratur

  • Oleh : Selvi Anggereni
  • 3 bulan, 2 minggu yang lalu

    Mau nanya, tiap bulan saya selalu haid. Tapi durasi waktuna suka beda2. Sperti bulan 8,9,10 29 hari, kemudian bulan 11 menjadi 35 hari. Setelah itu bulan 12 menjadi 27 hari, dan bulan berikutnya 26 hari. Sudah hampir setahun saya menikah dan belum hamil juga. Apakah ini tanda2 bahwa saya kena PCO, dan haid saya termasuk haid yg tidak teratur..? Terima kasih sebelumnya

    Tips bagi ibu menyusui yang berpuasa

  • Oleh : ii ihah
  • 1 tahun, 11 bulan yang lalu

    Selamat pagi bu, saya mau konsultasi nih saat ini anak saya baru saja menginjak usia 6 bulan dan saya sudah berniat mau puasa. Apakah ada dampaknya jika saya puasa sama produksi ASI saya dan apa ada tips bagi ibu menyusui yang berpuasa? mohon penjelasannya trims

    hamil pasca operasi kehamilan ektopik

  • Oleh : Lusi
  • 1 tahun, 11 bulan yang lalu

    Selamat sore buk,,
    saya mau tanya seputar kehamilan pasca operasi kehamilan ektopik di saluran tuba….pada bulan maret saya mengalami kehamilan ektopik,umur janin sudah 2 bulan,kemudian dokter menyarankan agar saya melakukan operasi karena KE sudah hampir pecah…jadi saya dan suami memutuskan untuk melakukan operasi pada bulan maret lalu…dokter menyarankan pasca operasi 3 bulan untuk melakukan hidrotubasi…tapi saya belum melakukannya meskipun sekarang sudah 3 bulan pasca operasi…yang ingin saya tanyakan,apakah saya bisa langsung program hamil aja tanpa hidrotubasi???mengingat keadaan keuangan dan rasa ketakutan saya terhadap efek samping dari hidrotubasi…mohon pencerahannya

  • Recent Topics

  • Baru-baru ini :

  • Follow Kami Di :

  • Tanya Bidan