×

Hal Yang Harus Dilakukan Ketika Si Kecil Keseleo

Bagikan Artikel :

Hal Yang Harus Dilakukan Ketika Si Kecil Keseleo

Paniknya bukan main saat si Kecil terkilir atau keseleo. Yang ada difikiran Bunda pasti takut patah tulang, bengkok saraf terjepit dan lain-lain. Tidak jarang apabila anak keseleo bunda langsung cari tukang pijat. Padahal itu adalah tindakan yang membahayakan lho Bun. Apa sih sebetulnya keseleo itu?

Keseleo adalah hal berbeda dengan ketegangan otot. Menurut studi yang dilakukan oleh Cedars Sinai, keseleo adalah cedera pada ligamen sedangkan ketegangan adalah cedera pada otot atau tendon. Ligamen dan tendon adalah 2 jenis jaringan fibrosa di tubuh. Mereka menghubungkan berbagai bagian tubuh. Ligamen ditemukan di persendian, tempat mereka bergabung dengan tulang. Tendon menempelkan otot ke tulang. Jadi ketika anak keseleo, ini adalah cedera pada ligamen yakni bagian yang menghubungkan antar tulang pada tubuh.

Related Posts :

    Tingkatan Nyeri Anak Keseleo

    1. Tingkat 1: Keseleo ringan yang disebabkan adanya sedikit tarikan pada ligamen.
    2. Tingkat 2: Keseleo yang ditandai dengan ligamen yang robek sebagian, sehingga pergelangan terasa sedikit longgar.
    3. Tingkat 3: Keseleo paling parah yang ditandai dengan ligamen yang robek total, sehingga pergelangan terasa longgar dan sangat sakit bila kaki digunakan untuk berjalan atau bertumpu.

    Gejala Anak Keseleo

    1. Bengkak di area pergelangan akibat adanya kerusakan jaringan halus, yang biasanya muncul seketika atau beberapa jam kemudian.
    2. Rasa sakit dan kaku di sekitar bagian luar pergelangan.
    3. Kaki terlihat sedikit pincang saat berjalan, karena terasa sakit untuk menopang berat bedan.
    4. Memar atau perubahan warna kulit.
    5. Terdengar bunyi gemeretak saat anak menggerakkan pergelangannya.

    Cara Mengatasi Anak Keseleo

    1. Rest
      Ketika anak keseleo, pertolongan pertama yang bisa dilakukan adalah istirahatkan area yang cedera. Jangan digunakan untuk beraktivitas dan melakukan pekerjaan rumah.
      Pastikan Si Kecil banyak istirahat. Tidak banyak berjalan atau berdiri bila keseleo di pergelangan kaki dan tidak mengangkat barang berat. Ini adalah cara mengatasi anak keselo paling mudah dan dilakukan dengan sabar.
    2. Ice
      Langkah selanjutnya dalam cara mengatasi anak keseleo adalah mengompreskan es pada area yang cedera, namun ingat, untuk membungkus es dengan kain handuk.
      Jangan biarkan es mengenai langsung ke area kulit yang keseleo, ini akan memperparah rasa nyeri anak keseleo.
      Pertolongan pertama pada anak keseleo ini bisa dilakukan setiap 3-4 jam sekali sampai bengkak dan memarnya hilang
    3. Compression
      Setelah mengompreskan es pada area tubuh yang keseleo, cara mengatasi anak keseleo selanjutnya yakni melilitkan perban untuk menutup area di lokasi cedera.
      Ikat perban pada tempat keseleo namun jangan terlalu ketat, karena akan menyebabkan rasa sakit yang cukup terasa.
    4. Elevation
      Cara mengatasi anak keseleo selanjutnya adalah memposisikan area yang keseleo ke tempat lebih tinggi. Misalkan disangga dengan bantal atau penumpu lainnya.
      Pastikan kaki Si Kecil dalam keadaan lurus dan sedikit terangkat dengan diganjal oleh bantal atau benda lain. Ini agar aliran darah pada tubuh tetap berjalan dengan lancar.

    Hal yang Dihindari saat Anak Keseleo

    1. Mandi Air Panas
      Sebuah studi menurut The Royal Children Hospital Melbourne, air panas dapat meningkatkan rasa nyeri pada anggota tubuh yang keseleo. Ini akan meningkatkan aliran darah pada tubuh dan menciptakan rasa nyeri yang tak kunjung mereda.
      Ketika anak keseleo, hindari mandi menggunakan air panas. Bunda bisa menggunakan air biasa, atau jika anak merasa sakit dan tak bisa untuk ke kamar mandi, bisa diseka-seka menggunakan lap.
    2. Memaksakan Area Keseleo untuk Beraktivitas
      Menggunakan anggota tubuh ketika anak keseleo untuk beraktivitas, dapat memparah luka di area keseleo tersebut.
      Hindari memaksakan tetap menggunakan anggota tubuh yang sakit untuk bekerja. Misalnya tangan, gunakan alternatif tangan yang tidak keseleo untuk memegang atau meraih barang.
      Pastikan anak berhati-hati dalam bergerak jangan sampai terjadi anak keseleo berulang.
    3. Memijat Area Keseleo
      Jika anak keseleo, hindari memijat di area yang keseleo. Meskipun ini kerap dilakukan sebagai pertolongan pertama pada anak keseleo, namun dari sisi medis, ini perlu dihindari. Dengan memijat pada area keseleo akan memperparah rasa sakit dan akan membuat semakin memar dan biru.
      Si kecil perlu dibawa ke rumah sakit apabila area yang keseleo sama sekali tidak dapat digerakkan atau mengakibatkan nyeri yang tidak hilang dalam beberapa hari.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : February 28, 2022

    Pertanyaan Pengunjung :

    Organ Kewanitaan

  • Oleh : Luluk Atul Alia
  • 3 tahun, 2 bulan yang lalu

    Selamat malam dok
    Mau tanya, akhir akhir ini aku keputihan bercampur lendir being gitu dok, bau agak menyengat tp tdk berubah warna tetap kental seperti susu, tp maaf sebelumnya dok, lubang vagina tempat untuk memasuki penis itu punyaku kenapa berwarna pucat ya dok? Tolong penjelasannya

    Gangguan di rahim

  • Oleh : Rahmi megarina mega
  • 2 tahun, 10 bulan yang lalu

    selamat malam dokter saya mau tanyak saya pernah ke dokter kandungan dan dokter spesialis kandungan it bilang klu di rahim ada lemakx kenapa bisa terjadi seperti it? Bagaimana cara mengatasix agar bisa hamil? Tlong penjelasanx terimakasih

    Haid

  • Oleh : Gessy Anggraini
  • 1 tahun, 3 bulan yang lalu

    Dok.. gimana ya agar cepat haid.? Saya sudah telat dok.. padahal saya gak pernah berhubungan dengan siapa siapa, dan kemarin saya iseng² testpack hasil nya juga negatif dok.. gimana ya dok.. saya sedih takut ada apa apa dok

  • Oleh : Gessy Anggraini
  • Hallo dok

  • Oleh : Lipah April
  • 5 bulan yang lalu

    Saya mau tanya kemarin saya haid tgl 11-14 Desember lalu tgl 19 Desember keluar darah lagi , itu aman ga dok?

  • Oleh : Lipah April
  • Kehamilan

  • Oleh : Whana
  • 1 tahun, 7 bulan yang lalu

    Assalamualaikum sus, sy mau nanya ni, sy menikah tanggal 25 maret 2020, istri sy terakhir haid itu tanggal 27 april 2020.

    Berapa usia kehamilan istri sy sus.?

  • Oleh : Whana
  • Tanya Bidan