×

Ini Alasan Mengapa Anak Susah Tidur

Bagikan Artikel :

Melihat anak-anak bisa istirahat atau tidur dengan nyaman dan tenang tentu membuat para orang tua merasa senang dan lega. Para ahli kesehatan anak mengungkapkan apabila anak yang mempunyai waktu tidur cukup dan mereka bisa tidur dengan nyaman dan pulas, secara langsung ini akan membantu proses tumbuh kembang anak menjadi lebih baik dan berkualitas pula.

Namun, ada beberapa anak yang tidak bisa tidur dengan nyaman, kesempatan istirahat mereka tidak didapatkan dengan baik. Beberapa hal yang menyebabkan anak-anak susah tidur. hal tersebut antara lain:

Terlalu lelah

Pada umumnya anak membutuhkan waktu tidur selama 11 jam sampai 14 jam setiap harinya. Baik itu tidur siang ataupun tidur malam. Anak-anak sering melakukan aktivitas yang terlalu berlebihan seperti bermain, belajar, dan aktivitas lainnya yang menyita waktu istirahat, sehingga mereka mnegalami kelelahan dan kelelahan itu berisiko membuat anak susah tidur. Untuk mengsiasatinya bunda hendaknya mengatur waktu untuk anak bermain dan waktu untuk anak istirahat dengan lebih baik dan bijak.

Related Posts :

    Merasa cemas dan khawatir

    Sama halnya seperti orang dewasa pada umumnya anak-anak pun akan mengalami susah tidur apabila perasaan mereka diselimuti kekhawatiran dan kecemasan.  Selain menyebabkan susah tidur, perasaan yang sangat tidak nyaman ini juga menyebabkan risiko lain seperti nafsu makan menurun, rewel dan mudah terserang penyakit.

    Obstructive Sleep Apnea

    Beberapa anak tidak bisa tidur karena apnea tidur obstruktif – ketika saluran udara terhambat, sering dengan pembesaran amandel dan jaringan hidung yang disebut kelenjar gondok. Anak-anak dengan apnea tidur biasanya mendengkur keras, telah sesak napas, dan tidur gelisah.

    Masalah Kesehatan

    Beberapa masalah kesehatan seperti asma, alergi dapat menyebabkan anak susah tidur. Hidung tersumbat akibat dari alergi, pilek dan asma dapat membuat anak sulit bernafas. Sehingga membuat anak tidak bisa tidur karena kondisi yang sangat mengganggu atau tidak nyaman tersebut.

    Peralatan Elektronik di Kamar Tidur

    Ada beberapa alat elektronik yang akan membuat anak susah tidur seperti tv, komputer, video game, telepon dan yang lainnya yang membuat berisik di dalam rumah. Jauhkan alat-lat tersebut dari kamar anak Anda. bahkan anak-anakpun membutuhkan rutinitas santai untuk tidur.

    Mimpi Buruk

    Tidak hanya orang dewasa yang mengalami mimpi buruk saat tidur. Anak-anak pun mengalami mimpi buruk ketika mereka tidur. Mimpi buruk inilah yang mendorong anak terjaga di sela-sela waktu tidurnya. Apalagi, jika selepas bermimpi buruk orang tua atau seseorang yang ada di dekatkanya tak mencoba menenangkan perasaannya.

    Bahaya Anak-anak susah tidur atau tidak cukup tidur

    • Anak beresiko lebih tinggi terkena diabetes.
    • Anak menjadi lebih pemarah. 
    • Anak kurang konsentrasi dan kesulitan berpikir logis.
    • Mengalami penurunan IQ. 
    • Kurang tidur pada anak dapat menyebabkan obesitas.
    • Anak beresiko terkena masalah depresi dan kecemasan.

    Bun, itulah beberapa alsan mengapa anak-anak susah tidur. Selain itu ada juga hal lain yang bisa membuat anak tidak bisa tidur seperti mendengkur, suasana kamar yang kurang nyaman, adanya suara gaduh dan pengaruh obat. Mulailah memperhatikan jam istirahat atau waktu tidur anak dengan baik agar anak-anak bisa tumbuh berkembang dengan normal dan sehat.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : March 4, 2017

    Pertanyaan Pengunjung :

    Keputihan

  • Oleh : Fitria Kaerunisa
  • 10 bulan, 3 minggu yang lalu

    Selamat malam dok saya ingin bertanya, sebelumnya saya belum pernah berhubungan dan menikag sudah 1 minggu keputihan saya tidak berhenti. Keputihan saya berwarna putih susu, kadang bergumpal kadang tidak, mengeluarkan bau, dan kadang ada cairan putih keluar gitu dok kira-kira kenapa ya dok

    Lendir bayi

  • Oleh : Neng Atna Julianti
  • 1 tahun, 11 bulan yang lalu

    Anak saya umur 4 bulan. Kenapa lendir dari lahir belum hilang sampai sekarang? Kira2 apa penyebabnya? Dan apa benar berlendir tidak akan naik berat badan bayi? Sekarang ini di tambah dengan batuk. Mohon solusi

    Keputihan terus menerus

  • Oleh : Fithrotun Najihah
  • 1 tahun, 1 bulan yang lalu

    Assalamualaikum. Bu saya ingin menanyakan perihal keputihan. Saya keputihan semenjak saya duduk di krlas dua SMA itu hampir tiap hari. Sampai sekarang di waktu umur saya 24 juga masih mengalami hal yang sama. Saya sangat takut. Kadang keputihan itu warna putih kadang kekubingan mau ke hijauan. Kadang banyak dan berbau. Kadang tidak dok. Apa itu hal yg masih wajat atau bagaimana. Terus kalau mau di memeriksa biasanya di dokter spesialis apa dok. Terimakasih

    Tespack garis 2 tp samar

  • Oleh : Annita Zahara
  • 1 tahun, 5 bulan yang lalu

    Aku mau tanya, kmrn aku tespack tp garis 2 hanya 1 garis yang satu masih samar. Apakah sudah bs diartikan positif?

    Bayi Berkeringat Saat Udara Dingin

  • Oleh : erin dianawati
  • 1 tahun, 9 bulan yang lalu

    Halo Bu Bidan,
    Saya ingin bertanya, anak saya usia 8 bulan ketika tidur malam hari sering berkeringat padahal udaranya dingin. Apa ada masalah dengan anak saya saya ? Terimakasih sebelumnya

  • Recent Topics

  • Baru-baru ini :

  • Follow Kami Di :

  • Tanya Bidan