×

Ini Alasan Mengapa Anak Susah Tidur

Bagikan Artikel :

Melihat anak-anak bisa istirahat atau tidur dengan nyaman dan tenang tentu membuat para orang tua merasa senang dan lega. Para ahli kesehatan anak mengungkapkan apabila anak yang mempunyai waktu tidur cukup dan mereka bisa tidur dengan nyaman dan pulas, secara langsung ini akan membantu proses tumbuh kembang anak menjadi lebih baik dan berkualitas pula.

Namun, ada beberapa anak yang tidak bisa tidur dengan nyaman, kesempatan istirahat mereka tidak didapatkan dengan baik. Beberapa hal yang menyebabkan anak-anak susah tidur. hal tersebut antara lain:

Terlalu lelah

Pada umumnya anak membutuhkan waktu tidur selama 11 jam sampai 14 jam setiap harinya. Baik itu tidur siang ataupun tidur malam. Anak-anak sering melakukan aktivitas yang terlalu berlebihan seperti bermain, belajar, dan aktivitas lainnya yang menyita waktu istirahat, sehingga mereka mnegalami kelelahan dan kelelahan itu berisiko membuat anak susah tidur. Untuk mengsiasatinya bunda hendaknya mengatur waktu untuk anak bermain dan waktu untuk anak istirahat dengan lebih baik dan bijak.

Merasa cemas dan khawatir

Sama halnya seperti orang dewasa pada umumnya anak-anak pun akan mengalami susah tidur apabila perasaan mereka diselimuti kekhawatiran dan kecemasan.  Selain menyebabkan susah tidur, perasaan yang sangat tidak nyaman ini juga menyebabkan risiko lain seperti nafsu makan menurun, rewel dan mudah terserang penyakit.

Related Posts :

    Obstructive Sleep Apnea

    Beberapa anak tidak bisa tidur karena apnea tidur obstruktif – ketika saluran udara terhambat, sering dengan pembesaran amandel dan jaringan hidung yang disebut kelenjar gondok. Anak-anak dengan apnea tidur biasanya mendengkur keras, telah sesak napas, dan tidur gelisah.

    Masalah Kesehatan

    Beberapa masalah kesehatan seperti asma, alergi dapat menyebabkan anak susah tidur. Hidung tersumbat akibat dari alergi, pilek dan asma dapat membuat anak sulit bernafas. Sehingga membuat anak tidak bisa tidur karena kondisi yang sangat mengganggu atau tidak nyaman tersebut.

    Peralatan Elektronik di Kamar Tidur

    Ada beberapa alat elektronik yang akan membuat anak susah tidur seperti tv, komputer, video game, telepon dan yang lainnya yang membuat berisik di dalam rumah. Jauhkan alat-lat tersebut dari kamar anak Anda. bahkan anak-anakpun membutuhkan rutinitas santai untuk tidur.

    Mimpi Buruk

    Tidak hanya orang dewasa yang mengalami mimpi buruk saat tidur. Anak-anak pun mengalami mimpi buruk ketika mereka tidur. Mimpi buruk inilah yang mendorong anak terjaga di sela-sela waktu tidurnya. Apalagi, jika selepas bermimpi buruk orang tua atau seseorang yang ada di dekatkanya tak mencoba menenangkan perasaannya.

    Bahaya Anak-anak susah tidur atau tidak cukup tidur

    • Anak beresiko lebih tinggi terkena diabetes.
    • Anak menjadi lebih pemarah. 
    • Anak kurang konsentrasi dan kesulitan berpikir logis.
    • Mengalami penurunan IQ. 
    • Kurang tidur pada anak dapat menyebabkan obesitas.
    • Anak beresiko terkena masalah depresi dan kecemasan.

    Bun, itulah beberapa alsan mengapa anak-anak susah tidur. Selain itu ada juga hal lain yang bisa membuat anak tidak bisa tidur seperti mendengkur, suasana kamar yang kurang nyaman, adanya suara gaduh dan pengaruh obat. Mulailah memperhatikan jam istirahat atau waktu tidur anak dengan baik agar anak-anak bisa tumbuh berkembang dengan normal dan sehat.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : March 4, 2017

    Pertanyaan Pengunjung :

    Benjolan di vagina

  • Oleh : nadila ariska
  • 1 tahun, 10 bulan yang lalu

    selamat malam ,saya perempuan umur 19 tahun belum menikah, di dalam lubang vagina saya terdapat benjolan yang menutupi lubang tersebut. Benjolannya tidak keras dan tidak juga lunak. Untuk siklus haid saya sangat teratur.saya baru menyadari adanya benjolan tersebut saat buang air kecil,dan disaat tumbuhnya pun saya tidak merasakan apa-apa,tidak ada gatal juga. Sudah hampir 2bulan saya mempunyai benjolan ini,dan tidak kunjung mengecil ataupun menghilang. Saya tidak pernah berhubungan badan,tetapi saya pernah mainin lubang saya dengan cara menusuk-nusuk nya dengan jari.Dan disaat itulah timbul rasa yang sangat nyeri .Untuk penyakit ini apakah berbahaya Bu? dan apakah bisa sembuh ?. Itu saja yang dapat saya sampaikan kurang lebihnya mohon maaf,terima kasih sebelumnya Bu.

  • Oleh : nadila ariska
  • Mioma

  • Oleh : Dian Puspita sari
  • 1 tahun, 2 bulan yang lalu

    Selamat malam,bu
    Bu,sy dian..sy mau tanya seputar kehamilan yg ada miom nya bu. Usia kandungn sy skrg 22 mgg,tapi ketika kemarin usg ada miom berukuran 13 cm,kira2 upaya apa yang harus sy lakukan y bu?

  • Oleh : Dian Puspita sari
  • Keputihan Yang Tak Normal

  • Oleh : Muhammad Hanif Maulana
  • 6 tahun yang lalu

    Siang dok, saya baru saja menikah 1 minggu lalu. Sebelum menikah, memang saya memiliki masalah dengan seputar kesehatan keputihan yang sedikit berwarna hijau dengan jumlah yang memang cukup lumayan banyak. Namun, setelah saya menikah, sering kali saya merasakan rasa gatal setelah melakukan hubungan intim, dan bahkan pada pertama kalinya berhubungan keputihan ini semakin banyak dan bahkan membuat saya risih dan takut suami berpaling. Saya mau bertanya, apaklah hal ini merupakan salah satu hal yang normal pada awal berhubungan seks atau bahkan ini berbahaya? Terus bagai mana cara mengatasi masalah kesehatan yang satu ini agar keputihan hilang dari bagian vagina ini.

  • Oleh : Muhammad Hanif Maulana
  • Apakah saya hamil?

  • Oleh : uye (wanita)
  • 6 tahun, 5 bulan yang lalu

    selamat pagi bu bidan. Saya mau tanya, saya baru saja menikah bulan maret kemarin. Dan setelah menikah hingga sekarang saya hanya mengalami satu kali datang bulan yaitu pada tanggal 15 april lalu. kemudian saya mencoba tes menggunakan tespack. Namun hasilnya negatif. Saya dan suami masih penasaran. Hingga seminggu kemudian kamipun tes ulang menggunakan tespeck, namun hasilnya masih negatif. apa yang terjadi pada saya bu bidan? apa saya hamil? tetapi mengapa hasil di tespeck negetif? mohon jawabannya bu bidan..

    Obat menunda mens

  • Oleh : Nirwana Nindya
  • 2 tahun yang lalu

    Kak ada obat untuk menunda mens? Saya mau bulan madu sama suami tapi mendekati tgl mens gimana solusinya 🥲

  • Oleh : Nirwana Nindya
  • Tanya Bidan