×

Ini Lho Alasannya Jika Anak Sering Mengalami Radang Amandel!

Bagikan Artikel :

Ini Lho Alasannya Jika Anak Sering Mengalami Radang Amandel!

Radang amandel rentan sekali menyerang anak-anak. Anak-anak yang mengalami radang amandel akan mengalami nafsu makan yang menurun. Tentu hal ini jangan di spelekan ya Bun. Jika radang amandel ini dibiarkan maka beresiko mengalami infeksi dan gizi yang buruk.

Kenapa Anak-anak Rentan Mengalami Radang Amandel?

Pada anak-anak, radang amandel ini rentang menyerang karena tubuhnya yang masih dalam pertumbuhan. Selain itu daya tahan tubuh anak-anak belum sempurna layaknya orang dewasa. Maka dari itu, ibu harus tahu beberapa cara untuk mengobati radang amandel pada anak.

Radang amandel yang disebabkan oleh virus biasanya dialami oleh anak usia di bawah 5 tahun. Sementara itu, radang amandel yang dipicu oleh infeksi bakteri banyak dialami oleh anak usia di atas 5 tahun hingga 15 tahun.

Gejala Amandel Pada Anak

  1. Demam
  2. Gelisah dan lebih rewel
  3. Sulit menelan
  4. Nafsu makan menurun
  5. Sakit tenggorokan
  6. Suara hilang
  7. Telinga terasa sakit
  8. Sering mengeluarkan air liur
  9. Napas berbau tidak sedap
  10. Mendengkur saat tidur
  11. Muncul benjolan di leher akibat pembengkakan kelenjar getah bening

Cara Mengobati Radang Amandel pada Anak

  1. Perawatan di Rumah
    Beberapa perawatan yang dilakukan di rumah dapat membuat anak lebih nyaman dan membuat pemulihan lebih cepat serta lebih baik. Selain itu, dengan mengetahui penyebab radang amandel pada anak, pengobatan yang dilakukan dapat berbeda. Jika disebabkan oleh virus, kemungkinan besar akan membaik setelah tujuh hingga sepuluh hari. Gangguan ini dapat lebih cepat diatasi dengan melakukan perawatan di rumah, antara lain istirahat yang cukup, minum air putih 2 liter sehari untuk mencegah dehidrasi, minum air hangat yang dicampur madu, menggunakan alat pelembap udara agar terhindar dari udara kering yang dapat memperburuk iritasi pada tenggorokan, dan hindari paparan asap rokok.
  2. Konsumsi Antibiotik
    Jika radang amandel pada anak disebabkan oleh infeksi bakteri, dokter akan memberikan antibiotik. Obat ini harus diminum selama 10 hari terbilang ampuh terlebih lagi jika gangguannya disebabkan oleh Streptokokus grup A. Antibiotik ini benar-benar harus dihabiskan meski gejalanya hilang. Jika tidak dilakukan, infeksi dapat memburuk atau menyebar ke bagian tubuh lainnya. Risiko lainnya yang dapat terjadi adalah demam rematik dan radang ginjal yang serius.

Kapan Radang Amandel Perlu Dioperasi?

Ketika Si Kecil mengalami infeksi berulang, dokter anak mungkin merekomendasikan operasi amandel untuk mengangkat amandel. Tonsilektomi adalah salah satu operasi paling umum dan aman yang dilakukan pada anak-anak saat ini. Biasanya hanya membutuhkan waktu 20 menit dan anak bisa pulang beberapa jam setelah operasi.

Cara Mencegah Radang Amandel Pada Anak

Cara yang paling ampuh untuk mencegah gangguan amandel ini pada Si Kecil adalah dengan menjauhkan anak-anak dari siapa pun yang pernah, atau sedang mengidap radang amandel atau sakit tenggorokan. Ibu juga harus memastikan semua anggota keluarga di rumah rutin mencuci tangan dengan baik.

Related Posts :

    Jika seseorang dalam keluarga mengidap radang amandel, pisahkan gelas minum dan peralatan makannya, serta cucilah dengan air panas yang dicampur sabun. Pastikan untuk tidak berbagi makanan, minuman, serbet, atau handuk dengan anggota keluarga lainnya. Beri sikat gigi baru setelah mendapatkan perawatan hingga sembuh.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : June 3, 2022

    Pertanyaan Pengunjung :

    Keputihan yang tidak kunjung sembuh

  • Oleh : Fitriyan Tng
  • 6 tahun, 2 bulan yang lalu

    Selamat siang bu bidan, saya sering mengeluh sama keputihan. Keputihan yang saya alami ini membuat saya menjadi sangat gatal dan berbau tidak sedap. apakah keputihan seperti ini berbahaya? Saya sudah mencoba berbagai obat yang dianjurkan oleh kerabat saya, tapi hasilnya nihil bu bidan. Untuk itu saya minta solusi dari bu bidan bagaimana cara saya mengatasi penyakit keputihan ini? saya takut menjadi parah dan berubah menjadi penyakit serius yang lebih sulit untuk diatasi. Terimakasih bu bidan, ditunggu jawabannya…

  • Oleh : Fitriyan Tng
  • Makan dan minum saat proses bersalin, bolehkah?

  • Oleh : Rani Anggraeni
  • 6 tahun, 3 bulan yang lalu

    Sore bu bidan.
    Saya saat ini tengah mengandung usia kehamilan tua, dan ini adalah kehamilan kedua saya. Saat persalinan saya yang pertama, saya kurang begitu banyak memiliki tenaga. Kata teman-teman saya, lebih baik pada persalinan kali ini saya ngemil jadi tenaga saya bisa bertambah. Yang mau saya tanyakan, jika saya makan atau ngemil dalam proses tahapan persalinan apakah berbahaya atau tidak? Terimakasih

  • Oleh : Rani Anggraeni
  • Tidak mau menyusu langsung dan cara mengatasinya

  • Oleh : Mega Naila
  • 1 tahun, 3 bulan yang lalu

    Haloo,, anak saya baru berumur 2 bulan 18 hari, perkiraan 2 minggu yg lalu asi saya sempet seret dan anak saya jadi rewel karna masih haus, jadi saya selingi dengan sufor. Dan kadang jua pas waktu nen asinya kadang keluar deres jadinya dia rewel. Dan karna 2 minggu itu sering minum pake dot pas dicoba disusui langsung dianya gk mau🥺 kira2 bagaimana caranya agar anakku mau lagi langsung menyusu tanpa harus pakai dot terima kasih

  • Oleh : Mega Naila
  • Sering merasa nyeri dan geli

  • Oleh : Dini sulistyorini
  • 5 tahun, 1 bulan yang lalu

    Pagi bu.
    Usia kandungan saya 17minggu. Saya sering merasakan nyeri kadang merasa geli dibagian bawah perut bawah, itu kenapa yah bu?
    Mohon penjelasannya.

    Haid

  • Oleh : Gessy Anggraini
  • 1 tahun, 9 bulan yang lalu

    Dok.. gimana ya agar cepat haid.? Saya sudah telat dok.. padahal saya gak pernah berhubungan dengan siapa siapa, dan kemarin saya iseng² testpack hasil nya juga negatif dok.. gimana ya dok.. saya sedih takut ada apa apa dok

  • Oleh : Gessy Anggraini
  • Tanya Bidan