×

Jajanan Yang Haram Dimakan Balita

Bagikan Artikel :

Jajanan Yang Haram Dimakan Balita

Ramai diperbincangkan masyarakat mengenai makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi anak di bawah 5 tahun. Berita ini tersebar melalui pesat whats app. Dalam pesan berantai tersebut terdapat foto minuman rasa jeruk yang berada dalam botol kaca, minuman jelly, dan beberapa makanan ringan jenis kacang-kacangan.

Banyak masyarakat yang baru mengetahui, padahal dalam kemasan makanan tertera tidak dianjurkan untuk dikonsumsi anak usia 5 tahun. Hal ini karena tulisan tersebut sangat kecil dan sulit di baca. Hayoh siapa di sini Bunda-bunda yang juga baru sadar makanan tersebut dilarang untuk anak usia 5 tahun?

Related Posts :

    Apa saja makanan yang dilarang untuk anak usia balita? Yuk simak di bawah ini dan jangan lupa beri tahu Bunda-bunda yang lain ya! Agar para orang tua lebih memperhatikan lagi minuman atau makanan yang baik untuk dikonsumsi anak di bawah usia 5 tahun.

    Makanan Haram Untuk Balita

    1. Sirup
      Kandungan pemanis, pengawet dan pewarna di dalam sirup akan mempengaruhi kesehatan, Khususnya balita. Salah satunya adalah resiko obesitas karena tingginya kandungan gula pada sirup. Sementara bagi ibu hamil dan menyusui, mengonsumsi sirup berpemanis buatan berisiko membuat bayi lahir pematur.
    2. Wafer
      Sebaiknya ibu tidak memberikan makanan ini pada balita. Karena organ di dalam tubuh balita belum mampu menetralkan efek pemanis buatan dari wafer tersebut.
    3. Minuman kemasan
      Hindari kenalkan minuman ini pada anak-anak usia balita. Selain memicu radang tenggorokan dan batuk, minuman ini juga menjadi salah satu penyebab kegemukan dan penyakit diabetes.
    4. Kacang atom
      Kacang atom mengandung pemanis buatan dan juga zat fenilalanin. Kedua bahan ini ditambahkan umunya sebagai perasa makanan. Namun, jika sering dikonsumsi bahan-bahan tersebut bisa menimbulkan kematian.

    Selektif Memilih Makanan Untuk Balita

    Memang tidak semua makanan yang dijual bebas aman untuk anak. Beberapa makanan bisa menyebabkan radang, alergi, infeksi pencernaan dan bisa membuat si Kecil tersedak hingga muntah. Ada beberapa saran penting untuk Ibu terapkan di saat si Kecil melahap makanan, di antaranya:

    1. Selalu awasi si Kecil ketika mereka sedang makan dan minum.
    2. Baca kemasan dengan teliti sebelum memberikannya untuk si Kecil
    3. Biasakan si Kecil untuk makan dalam posisi duduk, untuk mencegah si Kecil terjatuh ketika sedang makan dan mengurangi risiko tersedak.
    4. Jangan berikan si Kecil minuman kemasan, sirup, popcorn, kacang, biji-bijian, permen yang keras dan permen karet, hingga mereka menginjak usia minimal 5 tahun.
    5. Jangan membiasakan balita untuk makan saat mobil sedang berjalan, untuk menghindari risiko tersedak.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : February 17, 2022

    Pertanyaan Pengunjung :

    Persalinan Caesar

  • Oleh : Day
  • 5 tahun, 7 bulan yang lalu

    Persalinan pertama saya mengalami gangguan medis yang mengharuskan saya operasi caesar, dan yang mau saya tanyakan adakah resiko bagi saya yang sebelumnya melakukan operasi caesar, dan lantas dikehamilan kedua saya ingin memlih jalan persalinan normal ? Mohon penjelasannya bu bidan

    Masalah keputihan

  • Oleh : Venny Molan
  • 1 tahun, 2 bulan yang lalu

    Selamat pagi dok.. mau bertnya apakah keputihan yg dialami setelah haid sampai pada jelang haid itu normal ya? Keputihan seiring berwarna putih kehijauan dan terasa gatal… Apakah ada solusinya ? Mohon masukannya

  • Oleh : Venny Molan
  • Kehamilan

  • Oleh : Suci Satwari
  • 2 tahun, 9 bulan yang lalu

    Dok,saya suci mau nanyak,
    Semenjak nikah udh 1,5 tahun saya haid sebulan 2x.
    D USG kata dokter hormon.
    Saya pengen punya momongan.
    Apakah bahaya haid sebulan 2x dok

    A

  • Oleh : Duwik Susanti
  • 11 bulan, 1 minggu yang lalu

    Slmt siang ,saya mau tanya ,saya umurnya 16thn saya belum pernah melakukan hubungan seks tetapi kenapa saya sudah 37 hari ini tidak haid dan 2 hari kemarin saya keputihan banyak

  • Oleh : Duwik Susanti
  • Cara mengatasi demam yang disertai diare pada anak 1 tahun

  • Oleh : Riri
  • 5 tahun, 11 bulan yang lalu

    Selamat siang, Maaf sebelumnya saya mau bertanya bagaimana cara mengatasi demam yang disertai pada anak usia 1 tahun. Karena sudah 3 hari anak saya mengalami demam yang disertai dengan diare. Anak juga tidak mau makan dan sering rewel. Kemarin diperiksa ke dokter dan demam sempat turun setelah diberikan obat penurun demam, namun esoknya suhu tubuhnya kembali naik dan intensitas diare semakin sering. Mohon penjelasannya.

    Terimakasih sebelumnya.

    Tanya Bidan