×

Jangan Buru-buru Di Uap Saat Si Kecil Batuk Pilek

Bagikan Artikel :

Jangan Buru-buru Di Uap Saat Si Kecil Batuk Pilek

Batuk dan pilek pada bayi dan balita memang membutuhkan waktu yang lama untuk sembuh. kebanyakan orangtua buru-buru meminta nebulizer atau terapi uap pada dokter. Padahal, terapi ini pada anak dan bayi yang menderita batuk dan pilek, tidaklah banyak memberi manfaat.

Related Posts :

    Terapi uap pada dasarnya digunakan untuk melebarkan saluran nafas yang tadinya sempit. Tapi tidak selamanya batuk mengalami penyempitan saluran nafas. Jika  batuk tidak ada penyempitan saluran nafas  maka nebulizer tidak berguna

     Lalu kenapa banyak orang tua yang merasa anaknya lebih baik setelah di nebulizer?

    Biasanya orangtua merasa buah hatinya lebih baik setelah mendapatkan terapi nebulizer. Itu yang ada nanti hanya sensasi sugesti, merasa mendingan setelah diuap. Nebulizer diberikan pada anak penderita asma, agar terasa lebih lega. Terapi uap ini diberikan saat asma sedang kambuh. Kalau tidak serangan, biasanya dibawakan inhalasi yang dibawa kemana-mana, namanya nasal spray.  Biasanya akan dibawakan itu untuk melegakan

    Walaupun kerap diberikan pada penderita asma, namun terapi uap ini bukanlah untuk pemakaian rutin. Untuk itu sebelum memutuskan untuk nebulizer, dokter akan melakukan observasi terlebih dahulu. Indikasi boleh diuap itu sebenarnya hanya untuk kasus asma.

    Efek Samping Nebulizer

    Terlalu sering menjalani terapi uap rupanya dapat menimbulkan efek samping yakni kontraksi pada pembuluh darah dan penyempitan pada pembuluh darah di bagian tubuh yang lain seperti di mata atau organ jantung. Jadi menyebabkan jantung berdebar kencang, gelish, dan juga tekanan pada bola mata meningkat.

    Kandungan obat yang ada pada nebulizer seperti ipratropium bromide merupakan golongan antikolinergik. Obat ini memang melegakan saluran nafas, tapi mempersempit organ yang lain. Funggsinya meningkatkan denyut jantung, tekanan darah, dan bisa menyebabkan sakit pada kepala. Mengatasi lendir Batuk dan pilek yang disertai lendir pada bayi dan balita memang kerap membuat orangtua cemas.

    Pasalnya, si kecil tentu belum bisa mengeluarkan dahak atau lendir dengan sendirinya. Orangtua bisa memberikan obat yang mengandung mukolitik untuk anak yang bisa mengencerkan dahak. Selain itu, bisa juga dengan  obat cuci hidung berupa semprot maupun tetes. Fungsinya selain mengencerkan lendirnya dia juga akan membersihkan lender pada hidung.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : October 23, 2021

    Pertanyaan Pengunjung :

    Menghilangkan kebiasaan menghisap tangan

  • Oleh : Ramadhan
  • 6 tahun, 3 bulan yang lalu

    Obat apa yg di gunakan untuk menghilangkan kebiasaan menghisap tangan pada anak

    Berhubungan saat haid

  • Oleh : Aulia Aulia fahra
  • 3 tahun, 2 bulan yang lalu

    Dok saya mau tanya, Saya itu berhubungan suami istri saat saya haid hari ke 4, saya kira saat itu sudah tidak keluar lagi, tapi ternyata waktu saya berhubungan kok tiba2 saya haid lagi. Tapi masih sempat mengunakan kondom sih dok, kira2 apakah saya dan suami aman ? Ataukah saya bisa hamil ya dok, soalnya keesokan harinya darah haidku sudah hilang lalu suami tidak mengunakan kondom lagi dok. Mohon sawabannya

  • Oleh : Aulia Aulia fahra
  • Keputihan

  • Oleh : Husnia Waroh
  • 2 tahun, 7 bulan yang lalu

    Sering banget kepitihan setiap hari seperti bubur putih tapi ada encer tapi keluar juga sedikit

  • Oleh : Husnia Waroh
  • Tidak bisa ereksi di pagi hari

  • Oleh : Ario Hanindito
  • 5 tahun, 4 bulan yang lalu

    Selamat sore curhatbidan, saya mau nanya ini saya pada tgl 12, hari sabtu,minggu dan senin saya keluar air mani tanpa disadari. dan saya merasa nyeri pada bagian kantung kemih, esokannya saya meriang dan pergi ke dokter ternyata saya infeksi kantung kemih setelah itu paginya saya merasa tidak bisa ereksi pada pagi hari apakah saya impotensi atau karena infeksi ya?

    Sakit di vagina

  • Oleh : Zuratul Aini
  • 2 tahun, 11 bulan yang lalu

    Assalamualaikum dok, saya mau nanya
    Saya sering merasa sakit di vagina bagian kiri terutama pas melihat atau mendengar hal yang berbau porno
    Dan tekadang juga membengkak
    Kenapa ya dok

  • Oleh : Zuratul Aini
  • Tanya Bidan