×

Jenis Minuman Yang Aman Dan Sehat Untuk Anak

Bagikan Artikel :

Jenis Minuman Yang Aman Dan Sehat Untuk Anak

Banyak sekali minuman-minuman yang dijual dipasaran dan dapat dengan mudah dibeli anak-anak. Namun yang jadi pertanyaan apakah minuman tersebut aman untuk anak? Jawabannya tidak semua. Tentu para orangtua harus mengawasi setiap asupan si kecil untuk kesehatan dan pertumbuhannya. Apa saja minuman yang diperbolehkan dan sehat untuk anak-anak? Yuk simak di bawah ini!

Related Posts :

    Minuman Yang Diperbolehkan Untuk Anak-anak

    1. Jus
      Menurut hasil riset, kecerdasan sangat ditentukan oleh jumlah sel otak dan kemampuan sel syaraf otak dalam mengirim atau membawa informasi. Pertumbuhan kedua sel tersebut paling pesat dimulai dari janin dalam kandungan ibu hingga anak usia 2 tahun. Jus merupakan minuman yang dapat merangsang kecerdasan anak dan meningkatkan kemampuan otak.
      Jika Bunda ingin memberikan jus kepada anak,pastikan jus yang Bunda berikan terbuat dari 100 % buah asli. Meskipun terbuat dari buah asli, kamu juga perlu memberikan batasan dalam pemberianya khususnya untuk balita. Bagi anak yang berusia 6-12 bulan dapat memberikan hingga 120 ML per hari, bagi anak yang berusia 1-6 tahun dapat diberikan 120-180 ML per harinya
    2. Air Kelapa
      Air kelapa sangat baik bagi balita karena mengandung vitamin C dan kalsium yang dapat mencegah dehidrasi terutama saat anak sedang sakit. Pasalnya air kelapa dapat mengganti garam yang hilang dalam tubuh anak ketika sakit dan diare.
      Air kelapa juga rendah gula, tinggi potassium, antioksidan, dan elektrolit sehingga dapat dijadikan minuman energi alami tanpa adanya efek samping. Minumlah air kelapa murni yang berasal langsung dari buahnya.
    3. Teh Chamomile
      Teh herbal ini bisa dijadikan pilihan minuman sehat untuk anak. Teh ini memiliki rasa yang nikmat dan memiliki banyak manfaat kesehatan bagi anak. Teh ini merupakan salah satu teh favorit yang biasanya diminum sebelum tidur karena dapat menenangkan saraf dan saluran pencernaan.
      Jika ingin memberikan rasa manis secara alami dapat memberikan madu kedalamnya. Namun, perlu diperhatikan, untuk bayi yang masih di bawah umur 1 tahun tidak boleh diberi madu.
    4. Susu sapi
      Jika Bunda ingin anak mengonsumsi minuman sehat, Bunda dapat memberikan minuman yang mengandung kalsium hingga protein. Susu adalah minuman yang mengandung kalsium dan vitamin D yang baik untuk pertumbuhan tulang dan gigi yang kuat. Dokter menyarankan agar memberikan susu bebas lemak pada anak setelah berusia 2 tahun. Secara bertahap kamu dapat memberikan 2 hingga 3 cangkir susu setiap hari. Sebab pada masa tersebut, anak membutuhkan asupan kalsium sekitar 700 MG.
    5. Susu Kedelai
      Selain susu sapi masih ada alternatif lain yang dapat kamu berikan kepada anak yang alergi dengan susu sapi, yaitu susu kedelai. Susu kedelai tinggi akan protein, kalsium, dan juga antioksidan yang dapat dikonsumsi anak setiap harinya.
      Kamu cukup merebus kacang kedelai. dihaluskan, kemudian disaring hingga menjadi susu. Namun, untuk lebih tepatnya, kamu dapat mengonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter anak untuk mengatasi alergi susu ini pada anak.
    6. Air Putih
      Air putih adalah minuman sehat yang dapat diberikan untuk segala usia termasuk anak dan balita. Menurut seorang ahli anak Nicolas Stettler, M.D. mengungkapkan bahwa penting bagi orang tua untuk membiasakan anak mengonsumsi air putih.
      Hal tersebut dikarenakan, jika anak terbiasa minum minuman yang mengandung gula, maka anak akan berpikir bahwa semua minuman harus manis. Jika anak terbiasa mengonsumsi air putih tentu ia tidak akan mengalami kelebihan kadar gula dan giginya tidak gampang rusak.
    7. Smoothies
      Smoothies adalah minuman yang menyenangkan dan sehat. Jika anak tidak menyukai buah atau sayur, Bunda dapat mencampurkan sayur dan buah ke dalam smoothies.
      Menurut ahli nutrisi Bunda dapat menyajikan seporsi kecil smoothies sebagai dessert untuk mengganti puding. Smoothies juga dapat dijadikan sebagai es krim. Smoothies dapat menahan banyak serat penting yang berguna untuk pola makan anak.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : April 6, 2022

    Pertanyaan Pengunjung :

    Tentang mslh alat reproduksi wanita

  • Oleh : Husnul Mubarok
  • 3 tahun, 4 bulan yang lalu

    Istri melahirkan normal akan tetapi pendarahan dan di jahit vaginaya dan pertanyaan ya knpa kalu stlh berhubungan istri sy kesakitan Bu bidan? Apakah bahaya? Trmksh

    Haid sedikit

  • Oleh : Ndah Jumaidah
  • 3 tahun yang lalu

    Assalamualaikum
    Dok saya sudah menikah 7bulan, haid saya selalu teratur siklusnya 22-24 hari, saya terakhir haid tanggal 15 maret dengan volume yang seperty biasanya 6 hari,
    Tapi pas harusnya tanggal 5 april saya haid itu tidak haid hanya kram perut ajah, dan selama semnggu itu saya selalu keputihan encer bening tidak gatal dan tidak berbau, tanggal 12 apr saya kluar darah bercak2 sja hanya 2 jam saya pikir haid tapi kok tidak sebnyak yg biasanya saya tespek negatf .saya periksa ke dokter spog katanya bukan penyakit, trs masuk ke bulan mei saya slalu kputihan encer bening dan tgl 6 mei sya harusnya sy haid cuman kluar bercak kuning, tgl 7 kliar bercak coklat tp sedikit tdk pakai pembalut
    Smpai tgl 8 saya kputihan encer lagi
    Apa itu normal dok .saya tspek ngatf trs

    Tanya dok

  • Oleh : Novita Sari
  • 1 tahun, 9 bulan yang lalu

    Ass dok
    Izin bertanya, saya telah melakukan kesalahan yg lalu. Saat itu saya berhubungan intim. Tetapi darah yg keluar hnya sedikit bsa dibilang saya sudah pecah perawan. Dan baru dengan satu laki laki itu saja, apakah saya masih bsa keluar darah saat berhubungan lagi?

  • Oleh : Novita Sari
  • Mendapatkan anak laki laki

  • Oleh : Rizki Putra
  • 2 tahun, 4 bulan yang lalu

    Program yg tepat

    Menstruasi yang terlalu lama

  • Oleh : Dian Poenya Raizo
  • 4 tahun, 1 bulan yang lalu

    Selamat sore, bidan saya mau tanya lagi, mengapa saya menstruasi terlalu lama. biasanya saya mens hanya 5-7 hari, namun sehabis menjalani treatment bekam saya menjadi mens terlalu lama bisa sampai 14 hari lebih, dan biasanya darah yang keluar setelah 7 hari berwarna merah kehitaman. saya takut karena katanya kalau lebih dari 14 hari itu darah penyakit. padahal 2 bulan lalu saya bekam sebelum haid. mohon penjelasannya terimakasih

    Tanya Bidan