×

Jenis Minuman Yang Aman Dan Sehat Untuk Anak

Bagikan Artikel :

Jenis Minuman Yang Aman Dan Sehat Untuk Anak

Banyak sekali minuman-minuman yang dijual dipasaran dan dapat dengan mudah dibeli anak-anak. Namun yang jadi pertanyaan apakah minuman tersebut aman untuk anak? Jawabannya tidak semua. Tentu para orangtua harus mengawasi setiap asupan si kecil untuk kesehatan dan pertumbuhannya. Apa saja minuman yang diperbolehkan dan sehat untuk anak-anak? Yuk simak di bawah ini!

Related Posts :

    Minuman Yang Diperbolehkan Untuk Anak-anak

    1. Jus
      Menurut hasil riset, kecerdasan sangat ditentukan oleh jumlah sel otak dan kemampuan sel syaraf otak dalam mengirim atau membawa informasi. Pertumbuhan kedua sel tersebut paling pesat dimulai dari janin dalam kandungan ibu hingga anak usia 2 tahun. Jus merupakan minuman yang dapat merangsang kecerdasan anak dan meningkatkan kemampuan otak.
      Jika Bunda ingin memberikan jus kepada anak,pastikan jus yang Bunda berikan terbuat dari 100 % buah asli. Meskipun terbuat dari buah asli, kamu juga perlu memberikan batasan dalam pemberianya khususnya untuk balita. Bagi anak yang berusia 6-12 bulan dapat memberikan hingga 120 ML per hari, bagi anak yang berusia 1-6 tahun dapat diberikan 120-180 ML per harinya
    2. Air Kelapa
      Air kelapa sangat baik bagi balita karena mengandung vitamin C dan kalsium yang dapat mencegah dehidrasi terutama saat anak sedang sakit. Pasalnya air kelapa dapat mengganti garam yang hilang dalam tubuh anak ketika sakit dan diare.
      Air kelapa juga rendah gula, tinggi potassium, antioksidan, dan elektrolit sehingga dapat dijadikan minuman energi alami tanpa adanya efek samping. Minumlah air kelapa murni yang berasal langsung dari buahnya.
    3. Teh Chamomile
      Teh herbal ini bisa dijadikan pilihan minuman sehat untuk anak. Teh ini memiliki rasa yang nikmat dan memiliki banyak manfaat kesehatan bagi anak. Teh ini merupakan salah satu teh favorit yang biasanya diminum sebelum tidur karena dapat menenangkan saraf dan saluran pencernaan.
      Jika ingin memberikan rasa manis secara alami dapat memberikan madu kedalamnya. Namun, perlu diperhatikan, untuk bayi yang masih di bawah umur 1 tahun tidak boleh diberi madu.
    4. Susu sapi
      Jika Bunda ingin anak mengonsumsi minuman sehat, Bunda dapat memberikan minuman yang mengandung kalsium hingga protein. Susu adalah minuman yang mengandung kalsium dan vitamin D yang baik untuk pertumbuhan tulang dan gigi yang kuat. Dokter menyarankan agar memberikan susu bebas lemak pada anak setelah berusia 2 tahun. Secara bertahap kamu dapat memberikan 2 hingga 3 cangkir susu setiap hari. Sebab pada masa tersebut, anak membutuhkan asupan kalsium sekitar 700 MG.
    5. Susu Kedelai
      Selain susu sapi masih ada alternatif lain yang dapat kamu berikan kepada anak yang alergi dengan susu sapi, yaitu susu kedelai. Susu kedelai tinggi akan protein, kalsium, dan juga antioksidan yang dapat dikonsumsi anak setiap harinya.
      Kamu cukup merebus kacang kedelai. dihaluskan, kemudian disaring hingga menjadi susu. Namun, untuk lebih tepatnya, kamu dapat mengonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter anak untuk mengatasi alergi susu ini pada anak.
    6. Air Putih
      Air putih adalah minuman sehat yang dapat diberikan untuk segala usia termasuk anak dan balita. Menurut seorang ahli anak Nicolas Stettler, M.D. mengungkapkan bahwa penting bagi orang tua untuk membiasakan anak mengonsumsi air putih.
      Hal tersebut dikarenakan, jika anak terbiasa minum minuman yang mengandung gula, maka anak akan berpikir bahwa semua minuman harus manis. Jika anak terbiasa mengonsumsi air putih tentu ia tidak akan mengalami kelebihan kadar gula dan giginya tidak gampang rusak.
    7. Smoothies
      Smoothies adalah minuman yang menyenangkan dan sehat. Jika anak tidak menyukai buah atau sayur, Bunda dapat mencampurkan sayur dan buah ke dalam smoothies.
      Menurut ahli nutrisi Bunda dapat menyajikan seporsi kecil smoothies sebagai dessert untuk mengganti puding. Smoothies juga dapat dijadikan sebagai es krim. Smoothies dapat menahan banyak serat penting yang berguna untuk pola makan anak.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : April 6, 2022

    Pertanyaan Pengunjung :

    BB normal bayi umur 4 bulan

  • Oleh : Ira Sularsih
  • 2 tahun yang lalu

    Assalamualaikum bubid, sy Ira punya debay usia 4bulan, yg mau di tanyakan apakah normal BB bayi 10kg. Alhamdulillah anak sy full asi. Terimakasih sebelumnya

  • Oleh : Ira Sularsih
  • Konsultasi kehamilan

  • Oleh : Nelly Tampubolon
  • 5 tahun, 9 bulan yang lalu

    Bu umur saya 23 thn saya hmil sdah 7 minggu lbih tpi mngapa msih datang bercak darah sedikit ,apa pnyebabnya

    Apakah ibu hamil yang punya kista harus menjalani persalinan dengan operasi caesar?

  • Oleh : KaiSsyakurria Beih Tayyeh
  • 7 tahun, 4 bulan yang lalu

    Apakah ibu hamil yang punya kista harus menjalani persalinan dengan operasi caesar? Masalahnya usia kandunganku kini sudah 9 bulan tapi bayinya belum turun juga, tolong solusinya ya ibu bidan? terima kasih.

  • Oleh : KaiSsyakurria Beih Tayyeh
  • Apakah masturbasi mempengaruhi kesuburan?

  • Oleh : teenasuttor096
  • 7 tahun, 2 bulan yang lalu

    Selamat malam bu bidan saya mau tanya apakah onani atau masturbasi bisa mempengarhi kesuburan? Mohon jawabannya

    penghitungan kehamilan

  • Oleh : Ratna Paramitha
  • 4 tahun, 3 bulan yang lalu

    saya biasa mens sekitar tanggal 03-09 setiap awal bulan… tapi saat bulan ke 7 saya tdk mens dan bulan ke 8 saya ke bidan di tespack hasilnya 2 garis, perut saya makin membesar tapi saya terus rasakan setiap berhubungan selalu kram perut, dan saya merasa blm ada pergerakan apa yg harus saya lakukan dok… disini sangat susah usg,, kalau mau usg harus ke rs besar…

    Tanya Bidan