×

Kenali Tanda Awal Gejala Demam Berdarah Pada Anak Anda

Bagikan Artikel :

Di saat musim penghujan terutama di Indonesia yang merupakan negara dengan daerah yang beriklim tropis merupakan salah satu tempat yang dapat menjadi sarang untuk berkembangbiaknya nyamuk, terutama nyamuk yang dapat menyebabkan penyakit demam berdarah.

Penyakit demam berdarah dikenal dengan penyakit mematikan apabila tidak segera di tangani, dan bagi anak-anak tentunya hal ini bisa menjadi sangat mudah untuk terserang penyakit demam berdarah. Nah sebagai orang tua ada baiknya untuk berusaha mencegah anak juga anggota keluarga dapat terhinda dari penykit seperti ini. Tindakan sigap memang sangat diperlukan agar penyakit tersebut tdak terjadi di keluarga anda.

Demam berdarah merupakan penyakit akut yang ditandaidengan gejala demam akut, menifestasi pendarahan bahkan bisa samapi menyebabkan kematian. Gejala demam penyakit demam berdarah ini biasanya  terjadi dalam waktu 2-7 hari yang disertai dengan nyeri ulu hati, nyeri otot dan sendi.

Penderita demam berdarah akan mengalami gejala mual dan muntah juga mengalami sakit kepala, namun pada anak-anak akan terjadi pendarahan dengan di tandai ruam pada kulit serta gusi berdarah. Hal ini mengharuskan sikap yang sigap terhadap orang tua jika terjadi demam berdarah pada anak karena cepat sekali mengalami perburukan dengan gejala demam yang terjadi secara mendadak.

Sampai saat ini masih beluam terdapat obat khusus untuk penderita demam berdarah dengue. Apabila gejala terjadi pertolongan pertama dapat diberikan banyak cairan untuk mencegah dehidrasi dan perbanyak istirahat.

Untuk menghilangkan rasa sakit juga menurunkan panas demam adalah dengan memberikan obat yang khusus untuk menurunkan demam atau panas itu sendiri, selain dari pada itu sebagian haru ada yang dihindari karena dampak buruk yang bisa terjadi pada penderita demam berdarah terutama demam berdarah yang terjadi pada anak.

Related Posts :

    Demam berdarah yang terjadi pada anak dapat disembuhkan dalam waktu satu sampai dua minggu dengan tidak menyebabkan masalah tersisa. Apabila seorang anak memiliki gejala demam berdarah berat, atau gejalanya menjadi lebih buruk saat hari pertama atau kedua setelah demam hilang, maka harus segera di bawa ke dokter terdekat untuk di periksakan kondisinya. Hal ini dilakukan karena gejala tersebut yang harus segera membutuhkan penanganan medis, karena kondisi seperti ini dapat mengindikasi shock syndrome.

    Untuk itu diperlukan kewaspadaan orang tua terhadap anak sangatlah penting. Jika gejala yang dialami itu terjadi secara tiba-tiba dengan gejala demam tinggi, ada baiknya orang tua langsung memeriksakan anaknya ke dokter secepat mungkin.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : May 24, 2016

    Pertanyaan Pengunjung :

    BAB setelah minum susu

  • Oleh : Setya
  • 2 tahun, 5 bulan yang lalu

    BAB sudah 7 kali dalam sehari warna fesesnya hijau encer dan ada biji”annya.. dan BAB nya setiap selesai menyusu.. itu knp yaa dok ?

    Sulit makan MpAsi….,,

  • Oleh : THESSYA ULIANTRY
  • 2 tahun, 5 bulan yang lalu

    Assalamualaikum,, bu bidan sya ibu aan dari kasturi,, yg waktu mw lahiran di ibu ga jadi krna ibu sakit,, bu saya mau konsul,, bayi sya udh berumur 6bln jalan mau 7 bln,, tpi ia ada keluhan dlm pencernaan makanan, semenjak makan MPAsi ia suka mual2 dan muntah gak cocok hingga sampai kekurangan cairan akibat dehidrasi dan wktu itu ibu ngasih obat mual,, sampai asi pun di muntah kan tpi dri obat ibu, asi bisa masuk lagi.
    Dan skrng sya bingung , anaknya sudah mau makan bngt,, lalu sya kasih alternatif lain yg alami,, yaitu ubi/ boled,, lalu ia pun suka dn ga muntah alhamdulillah,, tapi bu ia skrng bab terus dan ada darah sedikit hari ini saja,, mungkin karena ada dua hal, sya makan pedas wktu kemarin atau krna makan ubi,, mohon solusi dari ibu…..,,

    Terlambat haid

  • Oleh : Yuni Arra
  • 10 bulan, 2 minggu yang lalu

    Bu saya terakhir menstruasi tanggal 1 februari, siklus menstruasi saya 28 hari dan tidak pernah terlambat,
    Kemaren saya tespek hasil negatif, hari ini perut saya kram seperti mau haid tp lebih sakit lagi dan pegel2 juga itu kenapa ya ? Mohon di jawab . Terimakasih bu …

    Tentang miss v

  • Oleh : Dwi Tini
  • 3 minggu, 4 hari yang lalu

    Dok saya kemaren habis cukur rambut di miss v terus ga lama itu ada bisul, lama2 udh pecah terus jadi bengkak dan gatal. Gmna cara ngatasinya dok?

  • Oleh : Dwi Tini
  • Apakah Perlu Bayi di Bedong ?

  • Oleh : Marini Sjola Manoppo
  • 4 tahun, 5 bulan yang lalu

    Assalamu’alaikum bu bidan,
    Saya sedang hamil anak pertama, saya mau tanya dong bu bidan saya apakah bayi baru lahir itu wajib di bedong atau tidak ? ada apa saja manfaat dan bahayanya ? terus batasan untuk membedong bayi kira-kira sampai umur berapa ?
    terima kasih ditunggu balasannya bu bidan

    Tanya Bidan