×

Kenali Tanda Awal Gejala Demam Berdarah Pada Anak Anda

Bagikan Artikel :

Di saat musim penghujan terutama di Indonesia yang merupakan negara dengan daerah yang beriklim tropis merupakan salah satu tempat yang dapat menjadi sarang untuk berkembangbiaknya nyamuk, terutama nyamuk yang dapat menyebabkan penyakit demam berdarah.

Penyakit demam berdarah dikenal dengan penyakit mematikan apabila tidak segera di tangani, dan bagi anak-anak tentunya hal ini bisa menjadi sangat mudah untuk terserang penyakit demam berdarah. Nah sebagai orang tua ada baiknya untuk berusaha mencegah anak juga anggota keluarga dapat terhinda dari penykit seperti ini. Tindakan sigap memang sangat diperlukan agar penyakit tersebut tdak terjadi di keluarga anda.

Demam berdarah merupakan penyakit akut yang ditandaidengan gejala demam akut, menifestasi pendarahan bahkan bisa samapi menyebabkan kematian. Gejala demam penyakit demam berdarah ini biasanya  terjadi dalam waktu 2-7 hari yang disertai dengan nyeri ulu hati, nyeri otot dan sendi.

Penderita demam berdarah akan mengalami gejala mual dan muntah juga mengalami sakit kepala, namun pada anak-anak akan terjadi pendarahan dengan di tandai ruam pada kulit serta gusi berdarah. Hal ini mengharuskan sikap yang sigap terhadap orang tua jika terjadi demam berdarah pada anak karena cepat sekali mengalami perburukan dengan gejala demam yang terjadi secara mendadak.

Sampai saat ini masih beluam terdapat obat khusus untuk penderita demam berdarah dengue. Apabila gejala terjadi pertolongan pertama dapat diberikan banyak cairan untuk mencegah dehidrasi dan perbanyak istirahat.

Untuk menghilangkan rasa sakit juga menurunkan panas demam adalah dengan memberikan obat yang khusus untuk menurunkan demam atau panas itu sendiri, selain dari pada itu sebagian haru ada yang dihindari karena dampak buruk yang bisa terjadi pada penderita demam berdarah terutama demam berdarah yang terjadi pada anak.

Demam berdarah yang terjadi pada anak dapat disembuhkan dalam waktu satu sampai dua minggu dengan tidak menyebabkan masalah tersisa. Apabila seorang anak memiliki gejala demam berdarah berat, atau gejalanya menjadi lebih buruk saat hari pertama atau kedua setelah demam hilang, maka harus segera di bawa ke dokter terdekat untuk di periksakan kondisinya. Hal ini dilakukan karena gejala tersebut yang harus segera membutuhkan penanganan medis, karena kondisi seperti ini dapat mengindikasi shock syndrome.

Untuk itu diperlukan kewaspadaan orang tua terhadap anak sangatlah penting. Jika gejala yang dialami itu terjadi secara tiba-tiba dengan gejala demam tinggi, ada baiknya orang tua langsung memeriksakan anaknya ke dokter secepat mungkin.

About : Citra Dewi Amd. Keb

Citra Dewi Amd. Keb

Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : May 24, 2016

    Pertanyaan Pengunjung :

    Keputihan

  • Oleh : Adelia Safa
  • 3 tahun, 8 bulan yang lalu

    Mau tanya nih, bagaimana ya cara alami mengobati keputihan yang terus menerus, padahal saya juga sudah mengganti celana dalam setiap hari, membasuh miss v setelah BAK, dan pokoknya mengikuti langkah seperti di internet. Soalnya kadang kadang keputihannya juga menimbulkan bau. Minta bantuannya ya. Terima kasih.

    Kram Saat Hamil

  • Oleh : Intan Royana
  • 6 tahun, 2 bulan yang lalu

    Selamat pagi bu bidan, saya sedang hamil 7 bulan dan saya sering merasakan kram, saya mau bertanya apakah kram bisa dihindari ? bagaimana caranya kalau memang kram bisa dihindari ?

  • Oleh : Intan Royana
  • tentang keputihan

  • Oleh : Lisa Qoriana
  • 3 tahun, 1 bulan yang lalu

    Selamat malam Bu, maaf mengganggu waktunya, nama saya Lisa Qoriana usia 18 tahun, saya mengalami keputihan dengan gejala bentuknya seperti putih telur begitu pula warnanya dan terkadang bau, perut saya juga rasanya kurang nyaman, obat apakah yang bisa saya beli di apotik? Terimakasi Bu

    Seputar alat kelamin perempuan

  • Oleh : Nur Aulia
  • 2 tahun, 2 bulan yang lalu

    Assalamualaikum….
    nama saya:nurbella
    jadi saya mau tanya bulan lalu waktu puasa saya kebetulan mengeluarkan kayak darah itu apa keputihan warna coklat/itu mestruasi tapi keluarnya hanya sehari dan kali ini saya juga mengeluarkan kayak darah gitu itu apa ya bu bidan kalau sekarang kayak darahnya itu banyak itu pa menstruasi mohon dijawab yabu bidann
    [Terimakasih.wassalamualaikum wr.wb]

    Keputihan tidak normal dan gumpalan daging didalam vagina

  • Oleh : Aisyah Syah
  • 1 tahun, 8 bulan yang lalu

    Saya mengalami keputihan selama bertahun-tahun, awalnya warnanya kuning dan berbau, dan sekarang warnanya berubah menjadi putih kental dgn bau amis. Tidak menimbulkan gejala seperti gatal, dan panas. Dan ada gumpalan daging putih kemerahan didalam vagina saya dan menutupi lubangnya, ketika saya buang air kecil tidak merasakan sakit apapun…

  • Oleh : Aisyah Syah
  • Tanya Bidan