×

Kenapa Si Kecil Gampang Banget Ingusan Sih?

Bagikan Artikel :

Kenapa Si Kecil Gampang Banget Ingusan Sih?

Sebagai orang tua inginya si Kecil selalu sehat dan energik. Lalu bagaimana apabila si Kecil sering sekali ingusan? Atau bahkan kena debu sedikit langsung ingusan? Hal ini wajar dialami karena anak di bawah 7 tahun system kekebalan tubuh belum begitu kuat. Nah bagi bunda dan ayah jangan terlalu khawatir, kali ini bidan Citra bakalan share mengenai ingusan pada si Kecil.

Related Posts :

    Penyebab Hidung Ingusan

    1. Salesma
      Salesma adalah infeksi virus yang biasanya berlangsung sampai dua minggu dan dapat menyerang anak-anak dua sampai tiga kali dalam setahun. Ketika virus salesma menyerang saluran pernapasan atas anak, jaringan yang melindungi hidung mengeluarkan lendir (ingus) untuk mendorong virus keluar dari hidung.
    2. Infeksi Sinus (Sinusitis)
      Infeksi ini cirinya anak ingusan selama dua minggu, ingusnya berwarna kehijauan, dan diikuti demam tinggi. Mengapa bisa terjadi? Infeksi sinus terjadi ketika bakteri atau virus menyerang satu atau lebih dari empat rongga sinus di dalam lubang hidung. Karena rongga terbuka di dalam lubang hidung, hidung akan memproduksi lendir.
    3. Reaksi Alergi
      Misalnya alergi debu, alergi dingin, atau bahkan makanan

    Cara Mengobati Hidung Ingusan pada Anak

    Ingusan dengan lendir bening cerah yang disebabkan oleh infeksi virus biasanya tidak berlangsung lama. Sistem kekebalan tubuh anak akan mengatasinya sendiri sehingga tidak banyak yang dapat Anda lakukan untuk mengobati.
    Sementara bila anak ingusan karena alergi (biasanya warna lendirinya juga bening cerah), Anda perlu menyingkirkan atau menjauhkan anak dari sumber alergi. Bila anak alergi debu misalnya, pastikan rumah Anda terutama ruang tidur anak selalu bersih dan singkirkan benda-benda yang berpotensi menyimpan debu.
    Bila ingus anak berwarna kehijauan karena infeksi sinus, maka anak membutuhkan terapi atau pengobatan dengan antibiotik. Jangan beli sembarangan ya, Moms. Anda harus memperoleh antibiotik dengan resep dokter.
    Yang juga perlu dicatat, pikir dua kali bila hendak memberi anak obat pelega hidung (dekongestan). Obat jenis ini dapat membantu mengurangi ingusan, tetapi dapat memperparah infeksi sinus! Paling bijak, konsultasikanlah dulu kepada dokter sebelum membiarkan anak menggunakannya.

    Segera Bawa Si Kecil Ke Dokter Jika

    1. Ingusan tidak sembuh-sembuh atau berlangsung lebih dari dua minggu.
    2. Ingusan disertai demam tinggi (di atas 38 derajat celsius).
    3. Anak mengalami sesak napas dan terengah-engah.
    4. Anak merasakan tekanan berat atau nyeri di daerah wajahnya.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : September 18, 2019

    Pertanyaan Pengunjung :

    Haid tidak teratur.

  • Oleh : Okta Viani
  • 1 tahun, 9 bulan yang lalu

    Malam bu, kenapa setelah pasang dan lepas kb iud haid sy jd tidak teratur?
    Sebelum nya tanggal 1 april sampai tanggal 2 saya sdh haid . Tanggal 3 4 5 itu haidnya sudah berenti nah tanggal 6 7 8 9 haid lagi dan tanggal 10 – 12 keluar flek coklat hingga bersih.
    Tanggal 13 pagi sampai sore celana dalam saya bersih tidak ada bercak sedikitpun nah saya berhubungan intim di malam hari tapi keluar darah segar , dan sekarang darah nya tidak keluar lagi . Itu kenapa ya bu ?

    Keputihan

  • Oleh : Lina Desiyanti
  • 1 tahun, 9 bulan yang lalu

    Bu saya ko keputihannya kaya kecampur darah ya,kentel lagi cairannya

    Jahitan lepas

  • Oleh : Nur Syamsiah
  • 1 tahun, 3 bulan yang lalu

    Assalamualaikum dok, mau tanya.. Say habis melahirkan kira” udah 4bln, tpi dalam waktu 4 bulan itu setiap BAB terasa sakit dibagian antara anus dan vagina, itu ada masalah ap ya dok, sampe skrg masih sakit soal.y..
    Trmakash

    Bayi Berkeringat Di Malam Hari

  • Oleh : Himawan
  • 2 tahun, 5 bulan yang lalu

    Pagi bu Bidan, saya punya bayi usianya baru 8 bulan 10 hari. Setiap tidur di malam hari bayi saya selalu berkeringat. Apalagi saat terbangun dan saya kasih ASI, keringatnya malah semakin mengucur padahal AC diruangan sudah mencapai 23 derajat. Itu normal gak bu bidan ? Terima kasih.

    Tentang Masa Subur dan Kehamilan

  • Oleh : Latifa Arisanny
  • 2 bulan, 1 minggu yang lalu

    Assalamualaikum dokter, saya Nanda. Saya nikah baru 1thn, dan memang selama ini saya dan suami menunda punya anak ( mau pacaran dulu )

    Mau nanya dokter, saya kan telat menstruasi nih baru bulan ini. Seharusnya saya mens di tanggal 8 tapi belum haid juga, dan perkiraan di Aplikasi Flo tanggalan haid saya itu masuk di tgl 12 utk Haid nya.

    Dan saya pagi ini berhubungan intim, lalu suami menumpahkan sperma di dalam hanya sedikit, apa kah itu bisa kemungkinan hamil di tgl tua yg seperti ini subur/tidak subur ibu dokter?

    Dan untuk lebih jelas lagi kapan saya bisa testpeck ibu dokter?

  • Oleh : Latifa Arisanny
  • Tanya Bidan