×

Kenapa Si Kecil Gampang Banget Ingusan Sih?

Bagikan Artikel :

Kenapa Si Kecil Gampang Banget Ingusan Sih?

Sebagai orang tua inginya si Kecil selalu sehat dan energik. Lalu bagaimana apabila si Kecil sering sekali ingusan? Atau bahkan kena debu sedikit langsung ingusan? Hal ini wajar dialami karena anak di bawah 7 tahun system kekebalan tubuh belum begitu kuat. Nah bagi bunda dan ayah jangan terlalu khawatir, kali ini bidan Citra bakalan share mengenai ingusan pada si Kecil.

Penyebab Hidung Ingusan

  1. Salesma
    Salesma adalah infeksi virus yang biasanya berlangsung sampai dua minggu dan dapat menyerang anak-anak dua sampai tiga kali dalam setahun. Ketika virus salesma menyerang saluran pernapasan atas anak, jaringan yang melindungi hidung mengeluarkan lendir (ingus) untuk mendorong virus keluar dari hidung.
  2. Infeksi Sinus (Sinusitis)
    Infeksi ini cirinya anak ingusan selama dua minggu, ingusnya berwarna kehijauan, dan diikuti demam tinggi. Mengapa bisa terjadi? Infeksi sinus terjadi ketika bakteri atau virus menyerang satu atau lebih dari empat rongga sinus di dalam lubang hidung. Karena rongga terbuka di dalam lubang hidung, hidung akan memproduksi lendir.
  3. Reaksi Alergi
    Misalnya alergi debu, alergi dingin, atau bahkan makanan

Cara Mengobati Hidung Ingusan pada Anak

Ingusan dengan lendir bening cerah yang disebabkan oleh infeksi virus biasanya tidak berlangsung lama. Sistem kekebalan tubuh anak akan mengatasinya sendiri sehingga tidak banyak yang dapat Anda lakukan untuk mengobati.
Sementara bila anak ingusan karena alergi (biasanya warna lendirinya juga bening cerah), Anda perlu menyingkirkan atau menjauhkan anak dari sumber alergi. Bila anak alergi debu misalnya, pastikan rumah Anda terutama ruang tidur anak selalu bersih dan singkirkan benda-benda yang berpotensi menyimpan debu.
Bila ingus anak berwarna kehijauan karena infeksi sinus, maka anak membutuhkan terapi atau pengobatan dengan antibiotik. Jangan beli sembarangan ya, Moms. Anda harus memperoleh antibiotik dengan resep dokter.
Yang juga perlu dicatat, pikir dua kali bila hendak memberi anak obat pelega hidung (dekongestan). Obat jenis ini dapat membantu mengurangi ingusan, tetapi dapat memperparah infeksi sinus! Paling bijak, konsultasikanlah dulu kepada dokter sebelum membiarkan anak menggunakannya.

Related Posts :

    Segera Bawa Si Kecil Ke Dokter Jika

    1. Ingusan tidak sembuh-sembuh atau berlangsung lebih dari dua minggu.
    2. Ingusan disertai demam tinggi (di atas 38 derajat celsius).
    3. Anak mengalami sesak napas dan terengah-engah.
    4. Anak merasakan tekanan berat atau nyeri di daerah wajahnya.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : September 18, 2019

    Pertanyaan Pengunjung :

    Nyeri Setelah Buang Air Kecil

  • Oleh : Bang Andre
  • 3 tahun, 11 bulan yang lalu

    Di usia saya yang baru menginjak 19 tahun, saya sering kali merasakan perih setelah buang air kecil, padahal saya belum menikah. Apakah hal ini berbahaya bagi kesehatan saya? Dan apa biasanya yang menyebabkan rasa perih itu sering muncul setelah buang air kecil ini?

  • Oleh : Bang Andre
  • Makanan yang dilarang untuk anak yang selesai sunat

  • Oleh : Iis ismayanti
  • 3 tahun, 2 bulan yang lalu

    Selamat pagi bu bidan, saya mau bertanya apakah ada pantangan makanan untuk anak yang saat ini baru sunat takutnya jika makan sembarangan akan berimbas pada luka sunat yang masih basah. Mohon penjelasannya trims.

    Telat haid 13 hari

  • Oleh : Nadia Kartika
  • 1 bulan, 1 minggu yang lalu

    Dok, saya mau tanya saya berenti kb sudah satu bulan. Lalu saya telat haid sudah 13 hari. Payudara nyut nyutan dan puting nyeri seperti lecet, keram dibawah perut . Saat berhubungan sakit sebelah kiri, kadang juga tidak sakit. Jalan juga pinggang sebelah kiri sakit tapi ringan. Tolong penjelasannya dok. Trimakasih

  • Oleh : Nadia Kartika
  • sering mual muntah di pagi hari

  • Oleh : chairia
  • 3 tahun yang lalu

    Malam Dok…!
    Dok,saya mau tanya kenapa hampir setiap pagi hari,setelah sarapan,,sering mual2 dan muntah2…usia kehamilan saya saat ini sudah 10 minggu…
    Terima kasih atas jawabannya dok…!

    Jeli gamat

  • Oleh : Tohirin Aja
  • 2 minggu, 6 hari yang lalu

    Selamt siang . Maaf mau tanya . Jeli gamat bisakah menyembuhkan inpotensi dan ejakulasi dini. Akibat dlu sering matrubasi. Trima kasih

  • Oleh : Tohirin Aja
  • Tanya Bidan