×

Keterampilan Yang Harus Dikuasi Anak Sebelum Masuk TK

Bagikan Artikel :

Keterampilan Yang Harus Dikuasi Anak Sebelum Masuk TK
How to make your child study

Sebelum anak masuk sekolah dasar, biasanya bunda memasukkan anak ke Taman kanak-kanak (TK). Disana anak akan bermain sambil belajar dan bersosialisasi bersama teman-temannya.

Taman kanak-kanak adalah jenjang pendidikan awal bagi anak usia dini dalam bentuk pembelajaran yang menyenangkan untuk tumbuh, berkembang dan belajar banyak hal baru bersama teman di kelas.

Sebagai persiapan dini, penting melatih beberapa skill pada anak sebelum mereka masuk TK agar lebih mandiri. Kebayang kan, kalau si Kecil sudah berada di kelas tapi masih panggil-panggil bunda

Related Posts :

    Oleh karena itu yuk bekali si Kecil dengan skill yang harus dikuasai sebelum masuk TK. Dengan bekal sederhana ini akan memengaruhi kemampuan motorik, kemandirian dan kepercayaan diri si kecil. Apa aja Bun skill nya? Simak di bawah ini Ya!

    1. Keterampilan motoric halus
      Di taman kanak-kanan sering sekali melakukan aktifitas seperti menggambar, mewarnai, menulis atau menggunting. Nah usahakan si kecil sudah menguasai motoric halus ini ya Bun.
    2. Keterampilan mendengarkan
      Tentu sang guru akan sering membacakan dongeng dan cerita, oleh karena itu si kecil harus memiliki keterampilan mendengarkan yang baik
    3. Menulis nama sendiri
      Skill menulis sangat penting dan akan dibutuhkan siapa pun dalam berbagai jenjang pendidikan formal maupun non-formal. Inilah alasan menulis wajib dilatih pada anak sedari kecil. Nantinya, di sekolah mereka lebih mudah memahami tugas menulis surat yang masuk dalam kurikulum. Berikan anak kesempatan berinteraksi dengan anak-anak lain dalam kelompok bermainnya. Ajarkan si kecil mengungkapkan perasaan secara sopan dan santun jika dia tidak menyukainya.
    4. Kemampuan anak untuk duduk tenang
      Salah satu kegiatan yang akan banyak dilakukan anak usia prasekolah di kelas TK adalah duduk bersama untuk mendengarkan cerita atau bernyanyi bersama. Kegiatan duduk bersama ini bertujuan untuk membuat anak lebih tenang, sekaligus membantu melatih konsentrasi anak.
    5. Kemampuan Mandiri
      Melatih anak mandiri merupakan salah satu skills yang harus dipersiapkan ibu saat anak masuk prasekolah/TK. Seperti; mengikat tali sepatu sendiri, memakai dan melepas celana anak sendiri saat ingin buang air kecil atau besar, serta menyiapkan peralatan sekolahnya sendiri.
    6. Kemampuan Berbagi
      Berbagi adalah salah satu hal yang paling sulit dipelajari anak. Karena itu, untuk mengajarkan berbagi padanya, pertama orangtua harus menjadi contoh berbagi yang baik bagi anak. Tapi di sekolah merupakan tempat alamiah bagi si prasekolah belajar berbagi, jadi kita tidak perlu terlalu bersikeras dalam hal ini. Yang perlu dilakukan hanya melatih anak untuk meminta terlebih dahulu mainan yang diinginkan dari temannya secara baik-baik, bukan dengan cara merebut.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : December 12, 2021

    Pertanyaan Pengunjung :

    Tespack garis 2 tp samar

  • Oleh : Annita Zahara
  • 3 tahun, 7 bulan yang lalu

    Aku mau tanya, kmrn aku tespack tp garis 2 hanya 1 garis yang satu masih samar. Apakah sudah bs diartikan positif?

    Tentang haid

  • Oleh : TASYA Ayah : sabihu ibu: indi heryanti
  • 1 tahun, 8 bulan yang lalu

    Kak saya mau tanya saya kan sudah haid tapi kok keluar seperti putih telur lendir kak tapi tidak bau apa itu haid atau keputihan kak saya takut terjadi apa-apa

  • Oleh : TASYA Ayah : sabihu ibu: indi heryanti
  • Menstuasi

  • Oleh : Humaira Humaira
  • 1 tahun, 11 bulan yang lalu

    Dok, saya mau konsul, saya sudah tidak ada menstruasi selama 2 bulan, tapi stelah dua bulan tidak ada menstruasi keluar bercak hitam selama 30 hari, keluarnya tidak banyak dok cuman sedikit, tapi saya takut apa itu penyakit.karena keluarnya seperti lem, lengket gitu dok.hanya itu
    Terimakasih dok

    Haid

  • Oleh : Kireina Adinda
  • 1 tahun, 2 bulan yang lalu

    Permisi dok, saya mau minta petunjuk…
    Saya umurnya 12 thn dan saya mens ny deras.apakah itu normal?

  • Oleh : Kireina Adinda
  • cara menemukan g-spot pada wanita

  • Oleh : Gita Febian
  • 6 tahun, 2 bulan yang lalu

    bagi saya pasangan suami istri muda sangat susah menemukan gspot pada istri saya, takutnya tidak memuaskan. Bagaimana cara kita menemukan g spot pada pasangan kita ?

  • Oleh : Gita Febian
  • Tanya Bidan