×

Mainan Anak yang Cocok Sesuai dengan Tahapan Usianya

Bagikan Artikel :

Tanya bidan,- Permainan atau mainan yang sesuai dengan usia anak dapat memupuk dan melatih kemampuan gerak, intelektual dan sosialnya. Selain itu, jenis mainan yang tepat juga dapat membantu buah hati Anda dalam mengembangkan kemampuan mengekspresikan diri, koordinasi antara otak, mata, gerak anggota badan, melatih kretivitas dan daya imajinasinya.

Maka dari itu, pilihlah jenis mainan yang tepat dengan usia buah hati Anda. Selain mengingat tahap perkembangan anak, dalam memilih mainan juga penting sekali bagi orang tua untuk mementingkan keamanan mainan tersebut. Berikut dibawah ini daftar mainan anak yang cocok sesuai dengan tahapan usianya

Mainan Anak yang Cocok Sesuai dengan Tahapan Usianya

Usia 15-18 bulan
Di usia ini anak memiliki rasa keingintahuan yang besar dan selalu mencoba mempelajari hal baru setiap ada kesempatan. Berikan sekotak peralatan dapur yang aman untuk di acak-acak, atau buku warna bergambar binatang, krayon, kotak makanan, dan permainan teka-teki sederhana. Mainan yang mendorong kemampuan berjalan seperti mainan yang bisa didorong atau ditarik bagus juga diberikan pada mereka. Hati-hati dengan benda kecil seperti krayon dan koin, di usianya, mereka senang memasukan benda-benda kemulutnya.

Usia 2 tahun
Di usianya ini, anak sudah memiliki kemampuan berjalan yang lebih baik. Berikan mainan yang dapat ditendang atau dilempar seperti bola, mainan balok yang dapat disusun, krayon dan kertas untuk di corat coret. Sebagai alternatif, ayah bunda dapat pula memberikan mainan yang dilengkapi dengan lagu-lagu anak, mainan perkakas tukang, telefon, dan peralatan minum teh.

Usia 3 tahun
Di usia ini kontrol terhadap mata dan gerakan tangan sudah jauh membaik. Buku bergambar, mainan konstruksi, mainan lilin yang bisa dibentuk, menyusun puzzle, cat air, dan bermain pasir dapat mempertajam koordinasi gerak dan kreatifitas mereka.

Usia 3.5 hingga 4 tahun
Di usia ini koordinasi gerak tubuh, tangan, mata, dan kemampuan bersosialisasi mereka sudah jauh membaik. Si kecil sudah dapat mengendarai sepeda roda tiga, mobil-mobilan dan memanjat arena bermain. Daya imajinasinya yang sudah berkembang membuat si kecil senang berkhayal dan berperan sebagai orang dewasa.

Nah, jadi itulah beberapa mainan anak yang sesuai dengan tahapan usianya, semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan bagi para orang tua.

Related Posts :

    | Mainan Anak yang Cocok Sesuai dengan Tahapan Usianya

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : January 28, 2017

    Pertanyaan Pengunjung :

    Kehamilan

  • Oleh : Rival Khaeru
  • 1 bulan, 1 minggu yang lalu

    Klo berhubungan 1-2 setelah haid itu bener ga bisa tidak terjadinya hamil?

  • Oleh : Rival Khaeru
  • Apakah ibu hamil yang punya kista harus menjalani persalinan dengan operasi caesar?

  • Oleh : KaiSsyakurria Beih Tayyeh
  • 5 tahun yang lalu

    Apakah ibu hamil yang punya kista harus menjalani persalinan dengan operasi caesar? Masalahnya usia kandunganku kini sudah 9 bulan tapi bayinya belum turun juga, tolong solusinya ya ibu bidan? terima kasih.

  • Oleh : KaiSsyakurria Beih Tayyeh
  • Pemberian susu formula pada bayi prematur

  • Oleh : eureeka
  • 3 tahun, 2 bulan yang lalu

    Selamat siang bu bidan. Anak saya lahir prematur dengan berat 1,7 kg dan dirawat di ruang perinatologi selama 9 hari. Sekarang usianya 2 bulan dan beratnya sudah naik menjadi 3,4 kg. Apa boleh saya beri susu formula hanya siang hari saja karena saya harus bekerja dan malam hari saya beri ASI ?

    Onani

  • Oleh : Herry Firdaus
  • 2 tahun, 8 bulan yang lalu

    Sy sudah punya istri tapi masih suka onani itu knp ?

    Tidak mau menyusu langsung dan cara mengatasinya

  • Oleh : Mega Naila
  • 2 bulan yang lalu

    Haloo,, anak saya baru berumur 2 bulan 18 hari, perkiraan 2 minggu yg lalu asi saya sempet seret dan anak saya jadi rewel karna masih haus, jadi saya selingi dengan sufor. Dan kadang jua pas waktu nen asinya kadang keluar deres jadinya dia rewel. Dan karna 2 minggu itu sering minum pake dot pas dicoba disusui langsung dianya gk mau🥺 kira2 bagaimana caranya agar anakku mau lagi langsung menyusu tanpa harus pakai dot terima kasih

  • Oleh : Mega Naila
  • Tanya Bidan