×

Makanan Si Kecil Untuk Meningkatkan Kekebalan Tubuhnya

Bagikan Artikel :

Beberapa anak sering kali terkena penyakit dengan sangat mudahnya, salah satu faktor mengapa anak sering kali sakit adalah karena sistem imun atau sistem kekebalan tubuhnya yang lemah sehingga bakteri atau virus penyakit dengan mudah bisa menyerang anak, karena tidak adanya perlindungan yang kuat pada tubuh.

Sistem kekebalan atau sistem imun sendiri adalah sistem pertahanan yang digunakan untuk melindungi tubuh dari infeksi penyakit atau kuman. Jadi Semakin kuat sistem kekebalan tubuh pada anak maka semakin kecil pula kemungkinan anak terserang penyakit.

Berikut adalah beberapa penyakit yang muncul karena lemahnya sistem imun atau sistem kekebalan tubuh:
Influenza
Sinusitis
Demam Berdarah
Vertigo
Maag
TBC
Infeksi
Malaria
Hepatitis
Kanker, Tumor
dan sebagainya.

Untuk meningkatkan kekebalan tubuh pada anak Anda ada beberapa makanan yang dapat meningkatkan kekebalan tubuhnya.
Mengonsumsi beberapa makanan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh merupakan cara yang paling sederhana namun paling efektif untuk tetap sehat dan jauh dari penyakit.

Tipsnya carilah makanan yang kaya akan warna adalah ciri pasti bahwa makanan tersebut mengandung antioksidan tinggi yang berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Berikut beberapa Makanan Si Kecil Untuk Meningkatkan Kekebalan Tubuhnya;

Baging rendah lemak
selain baik untuk pertumbuhan karena kandungan proteinnya yang tinggi. Daging rendah lemak ini juga dipercaya dapat meningkatkan kekebalan tubuh anak, daging seperti daging sapi, ikan, dan ayam tanpa lemak tersebut banyak mengandung unsur zinc (seng) yang sangat dibutuhkan sel darah putih untuk melawan sumber penyakit dari luar.

Yogurt
Minuman olahan susu ini mengandung bakteri baik yang dikenal dengan probiotik. Mengonsumsi yogurt secara teratur dapat meningkatkan efektifitas pencernaan dan membantu memerangi bakteri jahat dalam sistem pencernaan. Anak-anak yang terbiasa mengonsumsi minuman ini terbukti lebih tahan terhadap serangan penyakit seperti flu, infeksi telinga, dan infeksi saluran pernafasan.

Telur
Telur mengandung beberapa vitamin, yang utama adalah vitamin D dan B-kompleks, yang berpotensi untuk membasmi penyakit, dan memperlancar aliran darah dalam tubuh. Satu telur besar mengandung nutrisi yang membantu mendukung sistem imun tubuh. Telur juga mengatur hormon tiroid pada tubuh, telur sangat dibutuhkan oleh anak-anak, hal ini karena bisa menjaga anak dari terserang keshan disease dan kashin beck disease. Dua kondisi yang dapat mempengaruhi hati, tulang dan sendi.

Sayuran Hijau
sayuran berdaun hijau kaya akan vitamin B1, A, dan C. Sayuran ini juga kaya akan zink. Bisa meningkatkan kekebalan tubuh dan ada baiknya dalam setiap makanan yang diberikan pada anak mengandung sayuran hijau tersebut.

Related Posts :

    Buah-buahan
    Kandungan zat fitonutrien dalam buah-buahan dipercaya bisa menagkal sumber penyakit termasuk radikal bebas pada anak. Pakar kesehatan menganjurkan agar anak-anak mengkonsumsi buah setiap harinya agar tetap sehat. Kandungan vitamin C yang tinggi dalam beberapa jenis buah seperti pada jeruk, Lemon, Apel,Alpukat, Beri, Kiwi, dan lainnya, dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh pada anak.

    Walnut
    Kacang walnut diketahui kaya dengan asam lemak Omega-3 yang menyehatkan. Para peneliti percaya bahwa kandungan Omega-3 dalam walnut mampu meningkatkan imunitas anak terhadap serangan penyakit.

    Itulah beberapa jenis makanan yang bisa para bunda berikan untuk buah hatinya dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak Anda, agar tidak mudah terserang penyakit. Apalagi di waktu cuaca yang berubah-ubah ini banyak sekali penyakit yang dapat menyerang anak-anak. Tingkatkan Sistem kekebalan tubuh buah hati Anda, makan buah hati Anda pun akan sulit terserang penyakit.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : January 10, 2017

    Pertanyaan Pengunjung :

    Keputihan saat hamil apakah berbahaya?

  • Oleh : siti khodijah
  • 4 tahun, 3 bulan yang lalu

    Selamat pagi bu bidan saya mau tanya apakah keputihan saat hamil bebahaya bagi janin? Saat ini saya sedang hamil 7 bulan. Pada awal kehamilan saya mengalami keputihan berwarna putih susu yang lmyan banyak, sudah di periksakan ke bidan katanya normal-normal saja. Namun beberapa minggu kemudian keputihan yang keluar berubah warna menjadi kuning dan kehijauan serta gatal. Apakah itu termasuk ciri-ciri keputihan abnormal? Mohon jawabannya.

    Kehamilan

  • Oleh : Hilman Suhilman
  • 4 tahun, 7 bulan yang lalu

    Selamat siang bu bidan , Pada saat hamil 24 minggu dokter baru memberirahukan ke saya bahwa janin yang dikandung mengalami gangguan perkembangan. setelah saya kontrol 2 minggu kemudian dan dilakukan USG, dokter menyatakan janin saya tidak bernafas lagi, dan sepertinya sudah tidak ada sekitar 1 minggu. Yang ingin saya tanyakan apa penyebab gangguan pertumbuhan pada janin dan apakah bisa diketahui dari awal kehamilan?

    tanda hamil yang berangsur hilang

  • Oleh : rahayu latifa
  • 7 bulan, 2 minggu yang lalu

    dok,saya telat haid 11 hari. saya sering mengkonsumsi makanan instan&minuman berkafein.
    saat saya test , menunjukan positif hamil. tetapi rasa nyeri di payudara saya berangsur menghilang. mual berlebihan, lemas, ada tanda tanda anemia di tubuh saya, perut sangat kram pada satu sisi,sulit tidur

    apakah ini normal dok? atau ada hal lain yg menyebabkan tanda tanda itu muncul?
    atau karena pola hidup saya yang tidak sehat? apakah membahayakan janin?.

    terimakasih.

  • Oleh : rahayu latifa
  • Jahitan lepas

  • Oleh : Nur Syamsiah
  • 1 tahun, 5 bulan yang lalu

    Assalamualaikum dok, mau tanya.. Say habis melahirkan kira” udah 4bln, tpi dalam waktu 4 bulan itu setiap BAB terasa sakit dibagian antara anus dan vagina, itu ada masalah ap ya dok, sampe skrg masih sakit soal.y..
    Trmakash

    Ada Kontraksi Tapi Tidak Melahirkan

  • Oleh : Salma Syarifah Latipah
  • 4 tahun, 8 bulan yang lalu

    Selamat pagi mba bidan,

    Saat ini saya tengah mengandung usia kehamilan 8 bulan 1 minggu. Akhir akhir ini saya sering merasa sakit seperti orang yang mau melahirkan, dan kemarin rasa sakitnya sangat kuat seperti kontraksi yang biasanya datang ketika mau lahiran. Tapi kemarin saya cek ke dokter kandungan, katanya hal itu wajar saja dan kemungkinan bayi saya akan lahir sekitar 2-3 minggu lagi. Yang mau saya tanyakan, apakah hal tersebut wajar? Saya takut terjadi apa apa dengan bayi saya. Terimakasih, saya tunggu jawaban Anda.

    Tanya Bidan