Manfaat Bermain Puzzle Untuk Perkembangan Motorik Anak

Share Dan Tag Teman Kamu Di :

  • Bidan online | Pada zaman yang serba canggih dengan berbagai teknologi seperti sekarang ini, kita tidak aneh lagi jika sering melihat anak-anak membawa gadget untuk memainkan game favorit mereka. Padahal banyak sekali permainan sederhana yang juga tak kalah seru dan mengandung banyak manfaat untuk buah hati anda. Selain itu, beberapa permainan juga dapat membantu dalam perkembangan emosi anak.Dan sa;ah satunya adalah manfaat bermain puzzle.

    Anda dapat mencoba memperkenalkan permainan puzzle kepada anak sejak dini. Puzzle sendiri adalah permainan menyusun gambar, yang mana gambar akan di acak terlebih dahulu. Sehingga anak akan mencoba menyusunnya di dalam bingkai dengan menghubungkan potongan-potongan kecil sehingga menjadi gambar yang utuh. Pada umumnya kepingan gambar tersebut dibuat tidak simetris sehingga membuat kepingan gambar tersebut unik dan juga mudah untuk di susun. Pilihlah potongan puzzle yang tidak terlalu rumit untuk metode awal mengenalkan permainan ini kepada anak anda.

    Namun tahukah anda? Ternyata permainan yang sederhana ini memiliki banyak manfaat terlebih dalam membantu perkembangan motorik dan emosi anak.

    Dan inilah beberapa manfaat bermain puzzle bagi anak:

    1. Problem solving

    Salah satu manfaat dari permainan puzzle bagi anak adalah dapat membantu meningkatkan kinerja anak dalam memecahkan atau menyelesaikan suatu masalah. Permainan ini akan membantu anak anda berfikir dari berbagai sudut pandang untuk menyelesaikan potongan-potongan puzzle sehingga membentuk sebuah gambar. Dengan bermain puzzle juga dapat membantu anak untuk mencapai suatu tujuan dan memiliki suatu yang di banggakan sehingga membuatnya terdorong untuk tetap tekun menghubungkan potongan-potongan puzzle. Hal ini akan mendorong anak untuk belajar dan mencoba untuk memecahkan masalahnya denga cara maupun sudut pandang yang bervariasi.

    2. Mengembangkan keterampilan motorik anak

    Dengan bermain puzzle, anak perlu mengambil sesuatu yang membuat garis dan memindahkan barang tanpa harus membuatnya menjadi rusak. Dan hal tersebut merupakan salah satu cara yang dapat menambah keterampilan motorik. Dan bukan hanya dalam gerakan dasar, dengan bermain puzzle juga akan membantu dalam mengontrol gerakan dan meletakkan sesuatu di tempatnya. Dengan permainan yang dapat melatih keterampilan motorik ini, anak terbantu untuk berlatih akan kemampuannya, seperti menulis dan juga makan yang baik.

    3. Mengembangkan keterampilan kognitif

    Manfaat bermain puzzle lainnya untuk anak adalah dapat melatih anak untuk mengenali ukuran, gambar, dan bentuk yang berbeda sehingga membantu anak dalam meletakkan potongan puzzle dalam segala secara harmonis dan bersamaan. Dan dengan latuhan tersebut, maka membuat anak anda berlatih kemampuan kognitif. Peranan ini akan membantu dalam dasar-dasar yang di lakukan termasuk dalam mengenal alfabet, objek serta hitungan yang menjadi dasar pembelajarannya.

    4. Mengembangkan koordinasi mata dan juga tangan

    Puzzle adalah mainan untuk memilih berbagai bentuk, gambar dan juga warna untuk di susun menjadi suatu gambar yang utuh. Dan dengan ragam yang berbeda tersebut memaantu anak dalam meningkatkan koordinasi mata dan tangan mereka. Anak anda akan di latih untuk meletakkan potongan puzzle dengan membentuk beberapa bagian yang berbeda-beda. Sehingga membuat anak belajar dalam melibatkan berbagai gerakan dan juga konsentrasi pada saat waktu yang bersamaan.

    5. Melatih kesabaran anak

    Dengan bermain puzzle juga melatih kesabaran anak. Karena dalam bermain puzzle anak di tuntut untuk menggabungkan potongan puzle dalam kotak yang telah di sediakan. Anak akan berlatih sabar dalam menjalankan proses hingga menemukan goal yang di inginkan. Sehingga puzzle termasuk ke dalam mainan anak yang tepat untuk anda berikan kepada sang buah hati.

    Nah itulah manfaat puzzle bagi anak dan perkembangan motoriknya. Puzzle sendiri dapat di gunakan untuk anak mulai berusia 10 bulan  dengan kepingan puzzle yang sedikit dan cukup mudah. Semakin tinggi usia anak, anda dapat mengenalkan puzzle dengan kerumitan yang semakin tingi pula.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Citra Dewi Amd.Keb - November 1, 2016
    Diskusi Dari:
    Rhiyad Suhpriatin

    Selamat sore bu bidan, saya mau tanya Apakah kanker ovarium ini bisa menyerang wanita atau remaja berusia 20 tahunan? Sebab beberapa dari gejalanya dialami? Terimkasih.

    Dijawab Oleh : Rhiyad Suhpriatin
    Diskusi Dari:
    Claudia harapankita

    Selamat sore.Dok kalau bulan ini melakukan hubungan lalu haid dan bulan depan tidak melakukan hubungan sama sekali apakah bisa hamil?

    Dijawab Oleh : Claudia harapankita
    Diskusi Dari:
    eureeka

    Selamat siang bu bidan. Anak saya lahir prematur dengan berat 1,7 kg dan dirawat di ruang perinatologi selama 9 hari. Sekarang usianya 2 bulan dan beratnya sudah naik menjadi 3,4 kg. Apa boleh saya beri susu formula hanya siang hari saja karena saya harus bekerja dan malam hari saya beri ASI ?

    Dijawab Oleh : eureeka
    Diskusi Dari:
    Dinda vika

    Dok saya mau bertanya, terakhir istri saya kan haid pada tanggal 8 februari hingga tanggal 14 februari. Namun setelah 1 minggu bersih dari haid, kemudian pada tanggal 20, 21, 22 istri saya mengeluarkan darah yang memang terbilang kecil hanya sebesar cendol tapi bergumpal. Namun, setiap hari hanya ada 1 gumpalan saja yang keluar ini. Yang saya mau tanyakan, ini kira kira kenapa ya dok dengan kondisi istri saya? berbahaya tidak dok, mohon penjelasannya, terimakasih.

    Dijawab Oleh : Dinda vika
    Diskusi Dari:
    Ai Ni

    Sore bu, saya mau nanya nih.
    Saat ini saya mengandung usia kehamilan 8 bulan, menjelang melahirkan saya menjadi banyak ketakutan sekali. Takut terjadi apa-apa saat persalinan yang nantinya bisa meibuhayakan saya maupun bayi saya. Apalagi setelah saya meibuca beberapa artikel yang menyebutkan bahwa angka kematian ibu saat melahirkan lumayan tinggi. Nah yang mau saya tanyakan ialah, sebenarnya apa sih penyebabnya kematian ibu melahirkan tersebut? Mohon infonya ya. Terimakasih

    Perlu Jawaban