Manfaat Main Bersama Bagi Tumbuh Kembang Anak

Share Dan Tag Teman Kamu Di :

  • Periode emas atau golden age yaitu usia anak dibawah 5 tahun dan merupakan sebuah proses anak mengalami perkembangan otak mencapai 80% dan terjadi satu kali seumur hidup anak. Pembinaan yang tepat sangat disarankan untuk mendapatkan perkembangan baik secara emosional, mental, sosial, intelektual dan juga moral. Dengan demikian anak akan memiliki sikap dan pola perilaku seseorang di kemudian hari.

    Sebagai orang tua, Anda bisa mendidik anak dengan sebuah mainan, namun alangkah baiknya mainan yang langsung berinteraksi dengan alam dan teman sebayanya. Karena, berikut ini manfaat main bersama bagi tumbuh kembang anak.

    Manfaat Main Bersama Bagi Tumbuh Kembang Anak

    Membangun imajinasi
    Ketika ibu membiarkan anak bermain bersama, maka si anak dapat menuangkan segala imajinasi dan kreativias mereka. Selain itu, akan lebih baik juga jika Anda mengajak anak secara rutin untuk dapat berpartisipasi dalam suatu kelompok bermain. Dalam kelompok bermain, anak-anak dapat saling belajar satu sama lain. Tidak hanya itu, tingkat imajinasi dan kreativitas anak juga akan lebih berkembang jika bermain bersama. Dengan daya imajinasi yang tinggi, maka anak Anda dapat tumbuh menjadi pribadi yang dapat memegang peranan di masyarakat dan memiliki pemikiran yang luas.

    Mengembangkan keterampilan sosial
    Dengan membiarkan anak bermain bersama, maka buah hati Anda akan menjadi seorang pribadi yang berani tampil dan dapat membangun hubungan di luar keluarga mereka. Keterampilan sosial yang meningkat juga dapat meningkatkan kemampuan komunitas anak. Selain itu, anak-anak juga dapat belajar untuk bernegosiasi ketika dihadapkan pada suatu masalah yang timbul, memperbaiki masalah tersebut dengan solusi dan berpikir kritis. Keterampilan ini juga dapat membangun anak untuk menjadi seorang pemimpin.

    Pertumbuhan fisik
    Dengan bermain bersama, hal ini dapat membantu menstimulasi anak sehingga sangat baik untuk pertumbuhan fisiknya. Selain itu, bermain bersama juga dapat membantu melatih keterampilan motorik kasar seperti berlari, melempar, dan mengayuh. Kemudian, ketangkasan anak juga akan berkembang dan akan terbawa ke kehidupannya sehari-hari, sehingga anak Anda menjadi lebih aktif.

    Membantu kerja emosi anak
    Anak-anak yang belum mampu mengungkapkan perasaan dan emosi lewat kata-kata, maka akan lebih mengungkapkannya melalui gerakan fisik, bercerita, kegiatan seni atau lainnya. Saat bermain bersama, anak Anda juga akan mendapatkan banyak pengalaman, tidak hanya pengalaman menyenangkan, namun juga menyakitkan bahkan sulit untuk dimengerti.

    Maka, dengan meninjau pengalaman-pengalaman anak, sehingga dapat membantu mereka untuk mengenali emosi diri mereka sendiri.

    Nah, jadi bagi orang tua jangalah mengekang anak dengan cara tidak boleh bermain di luar, atau bermain dengan teman sebanya. Karena, hal tersebut dapat mempengaruhi tumbuh kembang anak. Semoga bermanfaat dan bagi Anda yang ingin berkonsultasi, silahkan konsultasikan ke situs kami tanya bidan. Terimakasih

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Citra Dewi Amd.Keb - March 2, 2017
    Diskusi Dari:
    Nani Mulyaningsih

    Selamat pagi bu bidan saya Lutfia umur 25 tahun saat ini saya sedang mengandung 7 bulan. Saat ini saya sering mengalami rasa mulas meskipun setelahnya di barengi BAB. Namun apakah wajar jika rasa mulas muncul lebih sering saat hamil? Mohon jawabannya bu bidan

    Dijawab Oleh : Nani Mulyaningsih
    Diskusi Dari:
    Siska zumrotul fauziah

    Selamat pagi bu bidan saya mau bertanya apa saja faktor yang dapat berpengaruh agar memiliki bayi kembar pada keluarga yang tidak mempunyai riwayat anak kembar. Mohon penjelasannya

    Dijawab Oleh : Siska zumrotul fauziah
    Diskusi Dari:
    Tania

    maaf sebelumnya. saya mau tanya.
    istri saya melahirkan anak pertama dengan operasi cesar. sebab air ketuban sudah pecah pada bukaan 2. dan sekarang sudah hamil yg kedua, kata dokter kemungkinan besar harus di cesar. karena yg pertama cesar dan tidak boleh persalinan dibawa ke bidan karena tidak diperbolehkan suntik pacu. sampai sekarang bekas cesar masih terasa nyeri. padahal sudah 5 tahun. dan dokter menyarankan cesar sebelum waktu kontraksi. dikarenakan posisi bayi sampai minggu ke 37 masih belum turun.
    apakah cara seperti ini baik menurut islam? atau sebaiknya saya tunggu sampai kontraksi, kemudian dibawa kerumah sakit dan tunggu keputusan dari dokter di RS? apakah memang tindakan harus cesar atau normal.
    terimakasih

    Dijawab Oleh : Tania
    Diskusi Dari:
    Gomez

    Dok saya mau bertanya, kenapa yang setiap kali saya menggunakan hp telalu lama, biasnaya tangan saya sering kali mengeluarkan keringan yang cukup banyak, kira kira ini gejala masalah kesehatan apa ya dok? Mohon jawabannya 🙂

    Dijawab Oleh : Gomez
    Diskusi Dari:
    hayleyfrench7

    Selamat pagi bu bidan saya mau bertanya saat ini saya sedang hamil memasuki trimester kedua akhir-akhir ini saya sering kali marah-marah dan mood saya pun gampang berubah-ubah. Apakah saat ini saya stres dan apakah ada dampaknya bagi janin dalam kandungan saya. Jika iya bagaimana cara mengatasinya mohon jawabannya

    Dijawab Oleh : hayleyfrench7