Manfaat Membiasakan Sarapan Pagi Untuk Sang Buah Hati

Share Dan Tag Teman Kamu Di :

  • curhatbidan.com -, Menyantap sarapan pagi sebelum pergi ke sekolah, merupakan salah satu hal yang cukup sulit di lakukan oleh sebagian anak. Mood anak yang belum bergairah, serta suasana pagi yang kurang kondusif, menjadikan alasan mengapa anak sering kali melewatkan sarapan paginya. Dan pada akhirnya, hal tersebutpun menjadi kebiasaan. Lalu, apakah penting bagi anak-anak untuk menyantap sarapan pagi sebelum berangkat ke sekolah? Dan jawabannya ya, itu merupakan hal yang amat penting.

    Hasil dari sebuah studi yang berhasil mengungkap, bahwa sarapan bergizi di pagi hari sangat bermanfaat untuk kesehatan dan kecerdasan anak. Pasalnya, sarapan pagi hari yang kerap di lewatkan oleh sang anak, sangat berpengaruh besar terhadap kondisi fisik dan fisiologisnya. Yang pada akhirnya, kondisi tersebut akan berpengaruh pada proses serta hasil belajar sang anak yang semakin menurun.

    Manfaat membiasakan sarapan pagi untuk sang buah hati sebelum berangkat ke sekolah


    Ada beberapa manfaat baik untuk buah hati bunda, apabila ia membiasakan sarapan pagi sebelum berangkat ke sekolah. Dianataranya adalah sebagai berikut.

    1. Menguatkan tubuh

    Bagi anak-anak yang sering kali melewatkan menyantap sarapan pagi sebelum berangkat ke sekolah, cenderung lebih retan  mengalami fisik yang lemah. Selain itu, dapat membuat sang anak menjadi lemas, dan daya konsentrasi terhadap pelajaran semakin menurun. Dapat di pastikan, hal tersebut terjadi di karenakan perut yang kosong dan juga tidak adanya energi. Dampak buruk lainnya yang timbul dari tidak menyantap sarapan pagi, adalah berat badan anak yang tidak ideal, sehingga fisik tubuhnya akan terlihat kurus. Untuk itu, bunda perlu memastikan sang buah hati anda untuk menyantap sarapan pagi, agar ia memiliki tubuh kuat dan siap menerima pelajaran di sekolahnya.

    2. Meningkatkan daya konsentrasi anak

    Melalui sarapan pagi, energi yang di butuhkan oleh tubuh anak telah terpenuhi. Hal tersebut sangat bermanfat untuk membuat daya konsentrasi anak semakin meningkat dan lebih tajam. Namun, akan berbeda halnya dengan anak yang melewatkan sarapan pagi mereka. Selain daya konsentrasi yang berkurang, jika tidak terkendali, bisa-bisa mereka tertidur di ruangan kelas. Oleh karena itu, bunda perlu membudayakan kembali sarapan pagi pada sang buah hati, karena daya konsentrasi yang baik  dapat membuat hasil belajar anak menjadi baik pula.

    3. Menjaga kesehatan anak

    Sarapan pagi yang kaya akan kandungan gizi dan nutrisi yang melimpah, akan secara otomatis menjaga kekebalan tubuh sang anak agar tetap kuat dan terjaga. Dengan demikian, ia akan terhindar dari berbagai jenis virus dan racun, yang merupakan cikal bakal dari suatu penyakit. Itu sebabnya, salah satu penyebab lemahnya sistem imunitas dapat di pengaruhi akibat kurangnya gizi di pagi hari.

    4. Membudayakan pola hidup sehat

    Membiasakan anak menyantap sarapan pagi sebelum aktivitasnya, yang salah satunya adalah sekolah, berarti bunda telah mengajarkan budaya pola hidup sehat pada sang buah hati. Kebiasaan tersebut di harapkan di jalankan hingga ia beranjak dewasa bahkan sampai berumah tangga. Selain dari pada itu, sarapan di pagi haripun dapat meminimalisir anak jajan sembarangan karena perutnya telah terisi.

    Oleh karena itu, menyediakan sarapan sehat dan bergizi bagi
    anak-anak sebelum pergi ke sekolah merupakan tugas penting untuk
    menunjang keberhasilan anak di sekolah. Bahkan, selain dari beberapa manfaat yang telah di uraikan sebelumnya, sebuah studi dari
    inggrispun menyoroti anak-anak yang selalu dan tidak sama sekali menyantap sarapan
    pagi sebelum berangkat ke sekolah. Dan ternyata, terdapat perbedaan yang
    signifikan diantara keduanya.

    Anak yang membudayakan
    menyantap sarapan pagi sebelum berangkat ke sekolah, akan terlihat lebih
    segar dan siap untuk menerima pelajaran. Hal tersebut bertolak belakang
    dengan anak yang tidak menyanatap sarapan paginya, hal tersebut membuat
    mereka terlihat murung bahkan sampai tidur di kelas. Pada dasarnya, anak-anak yang
    sulit untuk menyantap sarapan, bermula dari kebiasaan yang sering
    kali di jalankan. Untuk itu, kini tugas orang tua, untuk memberlakukan
    kembali sarapan pagi pada anak-anak sebelum mereka berangkat sekolah.

    Demikian beberapa manfaat membiasakan sarapan pagi bagi sang buah hati, yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat, terlebih menjadi cacatan bagi sang bunda agar si buah hati dapat membiasakan sarapan pagi terlebih dahulu sebelum berangkat ke sekolah.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Citra Dewi Amd.Keb - July 1, 2016
    Diskusi Dari:
    laceyu4030243

    Selamat pagi bu bidan saya mau tanya apa saja yang bisa menghambat terjadinya kehamilan karena saya sudah 1 tahun menikah namun belum juga dapat momongan. Mohon jawabannya

    Dijawab Oleh : laceyu4030243
    Diskusi Dari:
    donnairish

    selamat sore bu bidan, saya devy 29th, saat ini saya kehamilan kedua.. yg pertama dulu saya pernah keguguran, dan berharap kehamilan saya yg kedua ini sehat2 saja,, tapi akhir2 ini kenapa perut terasa suduken yahh bu ? perut di bagian sbelah kiri, kalo saya browshing sich saya simpulkan kemungkinan itu memang ciri2 hamil muda.. tapi saya takut jika ada apa2 bu.. mohon penjelasan yg lebih lanjud bu,, kalo bisa jangan yg ngeri2 yah bu bidan hehe.. umur kehamilan saya skrg skitar 10 minggu bu…

    Dijawab Oleh : donnairish
    Diskusi Dari:
    Fajar

    Saya sudah menikah kira kira 5 bulanan. Saat ini saya sedang melakukan program hamil. Saya dan suami berharap segera memiliki keturunan. Namun sayang, suami saya merupakan perokok aktif dan sangat susah untuk berhenti merokok. Yang saya mau tanyakan apakah program hamil saya akan terjadi meski sang suami merupakan perokok aktif?

    Dijawab Oleh : Fajar
    Diskusi Dari:
    penneybolinger

    Halo bu bidan saya Delia usia 26 tahun. Saya mau tanya tentang soal bayi. Bayi saya jalan 7 minggu bu tapi kenapa bayi saya sering muntah kalau sedang di berikan asi.

    Dijawab Oleh : penneybolinger
    Diskusi Dari:
    rina

    pre-eklampsia pada ibu hamil itu berbahaya ga ya bu bidan?

    Dijawab Oleh : rina