×

Manfaat Membiasakan Sarapan Pagi Untuk Sang Buah Hati

Bagikan Artikel :

curhatbidan.com -, Menyantap sarapan pagi sebelum pergi ke sekolah, merupakan salah satu hal yang cukup sulit di lakukan oleh sebagian anak. Mood anak yang belum bergairah, serta suasana pagi yang kurang kondusif, menjadikan alasan mengapa anak sering kali melewatkan sarapan paginya. Dan pada akhirnya, hal tersebutpun menjadi kebiasaan. Lalu, apakah penting bagi anak-anak untuk menyantap sarapan pagi sebelum berangkat ke sekolah? Dan jawabannya ya, itu merupakan hal yang amat penting.

Hasil dari sebuah studi yang berhasil mengungkap, bahwa sarapan bergizi di pagi hari sangat bermanfaat untuk kesehatan dan kecerdasan anak. Pasalnya, sarapan pagi hari yang kerap di lewatkan oleh sang anak, sangat berpengaruh besar terhadap kondisi fisik dan fisiologisnya. Yang pada akhirnya, kondisi tersebut akan berpengaruh pada proses serta hasil belajar sang anak yang semakin menurun.

Manfaat membiasakan sarapan pagi untuk sang buah hati sebelum berangkat ke sekolah


Ada beberapa manfaat baik untuk buah hati bunda, apabila ia membiasakan sarapan pagi sebelum berangkat ke sekolah. Dianataranya adalah sebagai berikut.

1. Menguatkan tubuh

Bagi anak-anak yang sering kali melewatkan menyantap sarapan pagi sebelum berangkat ke sekolah, cenderung lebih retan  mengalami fisik yang lemah. Selain itu, dapat membuat sang anak menjadi lemas, dan daya konsentrasi terhadap pelajaran semakin menurun. Dapat di pastikan, hal tersebut terjadi di karenakan perut yang kosong dan juga tidak adanya energi. Dampak buruk lainnya yang timbul dari tidak menyantap sarapan pagi, adalah berat badan anak yang tidak ideal, sehingga fisik tubuhnya akan terlihat kurus. Untuk itu, bunda perlu memastikan sang buah hati anda untuk menyantap sarapan pagi, agar ia memiliki tubuh kuat dan siap menerima pelajaran di sekolahnya.

2. Meningkatkan daya konsentrasi anak

Melalui sarapan pagi, energi yang di butuhkan oleh tubuh anak telah terpenuhi. Hal tersebut sangat bermanfat untuk membuat daya konsentrasi anak semakin meningkat dan lebih tajam. Namun, akan berbeda halnya dengan anak yang melewatkan sarapan pagi mereka. Selain daya konsentrasi yang berkurang, jika tidak terkendali, bisa-bisa mereka tertidur di ruangan kelas. Oleh karena itu, bunda perlu membudayakan kembali sarapan pagi pada sang buah hati, karena daya konsentrasi yang baik  dapat membuat hasil belajar anak menjadi baik pula.

3. Menjaga kesehatan anak

Sarapan pagi yang kaya akan kandungan gizi dan nutrisi yang melimpah, akan secara otomatis menjaga kekebalan tubuh sang anak agar tetap kuat dan terjaga. Dengan demikian, ia akan terhindar dari berbagai jenis virus dan racun, yang merupakan cikal bakal dari suatu penyakit. Itu sebabnya, salah satu penyebab lemahnya sistem imunitas dapat di pengaruhi akibat kurangnya gizi di pagi hari.

4. Membudayakan pola hidup sehat

Membiasakan anak menyantap sarapan pagi sebelum aktivitasnya, yang salah satunya adalah sekolah, berarti bunda telah mengajarkan budaya pola hidup sehat pada sang buah hati. Kebiasaan tersebut di harapkan di jalankan hingga ia beranjak dewasa bahkan sampai berumah tangga. Selain dari pada itu, sarapan di pagi haripun dapat meminimalisir anak jajan sembarangan karena perutnya telah terisi.

Oleh karena itu, menyediakan sarapan sehat dan bergizi bagi
anak-anak sebelum pergi ke sekolah merupakan tugas penting untuk
menunjang keberhasilan anak di sekolah. Bahkan, selain dari beberapa manfaat yang telah di uraikan sebelumnya, sebuah studi dari
inggrispun menyoroti anak-anak yang selalu dan tidak sama sekali menyantap sarapan
pagi sebelum berangkat ke sekolah. Dan ternyata, terdapat perbedaan yang
signifikan diantara keduanya.

Related Posts :

    Anak yang membudayakan
    menyantap sarapan pagi sebelum berangkat ke sekolah, akan terlihat lebih
    segar dan siap untuk menerima pelajaran. Hal tersebut bertolak belakang
    dengan anak yang tidak menyanatap sarapan paginya, hal tersebut membuat
    mereka terlihat murung bahkan sampai tidur di kelas. Pada dasarnya, anak-anak yang
    sulit untuk menyantap sarapan, bermula dari kebiasaan yang sering
    kali di jalankan. Untuk itu, kini tugas orang tua, untuk memberlakukan
    kembali sarapan pagi pada anak-anak sebelum mereka berangkat sekolah.

    Demikian beberapa manfaat membiasakan sarapan pagi bagi sang buah hati, yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat, terlebih menjadi cacatan bagi sang bunda agar si buah hati dapat membiasakan sarapan pagi terlebih dahulu sebelum berangkat ke sekolah.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : July 1, 2016

    Pertanyaan Pengunjung :

    Telat haid

  • Oleh : Risma Imma
  • 6 bulan, 1 minggu yang lalu

    Saya mau Tanya. Wkt bulan 10 Saya haid Dari TGL 29-2 November. Kemudian akhir November Saya seprtinya ada kluar darah tapi semacam flek. Mulai December sampai sekrang tidk prnh lagi tpi Saya tespack masih negatif. Apakah itu bulan ketika flek kluar sudah terhitung telat datang bulan? Dan apakah Saya ada kemungkinan hamil tpi tespack masih negatif

    Kb

  • Oleh : Mukrima Mukrima
  • 10 bulan yang lalu

    Assalamualaikum Bu bidan,, saya mau nanya kenpa ya kalo kita KB 3 bulan selalu haid sdikit2

  • Oleh : Mukrima Mukrima
  • IUD yang Masih Terpasang Saat Hamil, Bahayakah ?

  • Oleh : Jenni
  • 4 tahun, 9 bulan yang lalu

    Bu bidan saya sekarang sedang mengandung anak k 2, dan saat ini usia kandungan saya 4 bulan. Namun dikehamilan saat ini saya khawatir karena ternyata IUD yang sebelumnya masih terpasang. Bagaimana langkah yang seharusnya saya lakukan, saya takut mempengaruhi janin saya. Karena ada yang menyebutkan bila dilepas akan mengakibatkan keguguran. Mohon penjelasanan bu bidan.

    Terimakasih

    kehamilan

  • Oleh : leny agustini
  • 11 bulan yang lalu

    selamat pagi dok,, saya mau bertanya begini dok di desa saya masih ad dukun beranak dok nah krna kpercayaan ntah apa jadi saya ngikut2 sblumnya sya sudah pijat ke dukun itu sampai bulan lalu saya telmbat haid udh 2 bulan prutsya di pijit perlhan katanya sudah ad janin katanya perut saya sudah keras gitu dok trus sya coba tespack dan USG hasilnya negatif stlh itu saya dtang bulan lagi sya kira udah kguguran sya ke dukun itu lgi masih ada tp di usg hasil kosong sya merasa mual , perut sering sakit di bagian bawah kadang sampe ga bisa jalan dok itu gimana ya dok mohon pencerahannya … trimakasih

  • Oleh : leny agustini
  • Ejakulasi terlalu cepat

  • Oleh : Aldi Ferdian
  • 2 tahun, 1 bulan yang lalu

    Bu, aku mau tanya. Umur saya 22 tahun. Bu, saya merasa kalau saya mengalami ejakulasi dini. Saya merasa kalau saya mengalami ini karena sering melakukan onani. Ingin rasanya berhenti, tapi sangat sulit.

    Baru onani sebentar, saya sudah ejakulasi dengan cepat. Yang saya khawatirkan, bila nanti saya menikah, saya takut tidak bisa melakukan hubungan seks yang lama dengan pasangan saya. Dan juga setelah saya melakukan onani, saya merasa sangat lemas sekali. Seperti ingin pingsan.

    Apakah menurut ibu, saya mengalami gangguan yang parah?

    Tanya Bidan