Manfaat Minyak Ikan Untuk Tumbuh Kembang Anak

Share Dan Tag Teman Kamu Di :

  • CurhatBidan.com,-Mempunyai anak yang cerdas, sehat dan tumbuh berkembang dengan baik adalah keinginan semua orang tua. Anak yang cerdas dipengaruhi oleh faktor lingkungan, keluarga dan kemampuan otak anak.

    Untuk mengoptimalkan kemampuan otak anak, Bunda dapat memberikan makanan yang mengandung omega 3. Bahan makanan yang mengandung omega3 umumnya ada pada ikan dan sekarang sudah banyak dijual suplemen minyak ikan untuk memenuhi omega 3 pada anak.


    Minyak ikan untuk anak-anak sangat bermanfaat bagi otak dan dapat membantu untuk mengatasi kesulitan berkosentrasi pada anak-anak. Minyak ikan yaitu sebuah komponen yang terdapat kandungan zat yang banyak mengandung asam lemak, lemak yang terdapat pada kandungan  minyak ikan yaitu kandungan asam lemak yang tidak jenuh contohnya kandungan omega 3 yang memiliki peranan penting untuk kesehatan dan perkembangan anak.

    Minyak ikan sendiri memiliki manfaat yang banyak bagi tumbuh kembang anak-anak, seperti:

    • Menambah nafsu makan anak.
    • Kandungan omega-3 dan DHA terbukti dapat menambah kecerdasan anak.
    • Meningkatkan kemampuan baca anak.
    • Meningkatkan daya tahan tubuh sehingga anak tidak mudah sakit.
    • Menjaga Kesehatan Mata.
    • Membantu mengatur keseimbangan mineral tulang dan jaringan disekitarnya.
    • Meningkatkan ingatan memori anak.
    • Mengatasi disleksia(gangguan yang mengganggu kemampuan intelektual pada anak)

    Sekarang sudah banyak perusahaan yang memproduksi produk minyak ikan, maka tidak heran bila para bunda selalu memenuhi kebutuhan minyak ikan pada anak dengan membeli suplemen minyak ikan, itupun tidak menjadi masalah. Tapi bunda harus teliti untuk memilih produk jenis minyak ikan, hindari produk minyak ikan yang tidak ada mereknya.

    Pemberian dosis yang tepat dari minyak ikan tergantung pada usia anak-anak. Misalnya:

    • Anak-anak yang berusia kurang dari 3 tahun, dosisnya tidak boleh lebih dari 0,8 gram per hari.
    • Anak-anak usia 4-8 tahun mengokonsumsi sekitar 0,9 gram per hari.
    • Anak-anak usia antara 9-13 tahun pada umumnya dengan dosis kurang dari 1,2 gram per hari.

    Minyak ikan sesungguhnya dapat diperoleh dari konsumsi ikan sehari-hari. ada banyak ikan yang mengandung asam lemak omega 3 contohnya ikan makarel, tuna, salmon, sarden dan lain-lain. 

    Dengan mengkonsumsi ikan anak tidak perlu diberikan suplemen minyak ikan lagi. 

    Itulah beberapa manfaat yang dapat diperoleh tubuh dari mengonsumsi minyak ikan. Semoga bermanfaat!

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Citra Dewi Amd.Keb - January 31, 2017
    Diskusi Dari:
    Claudia harapankita

    Saya mau tanya kemarin saya melakukan hubungan dengan suami saya tetapi kami berencana menunda momongan. yang jadi masalah tadi siang suami saya tidak sengaja mengeluarkan sperma setetes divagina(saya tidak terasa). lalu saya langsung minum pil KB ? apa pil KB bisa menunda kehamilan? atau pil kontrasepsi darurat jauh lebih manjur dan minum pil kb setelah berhubungan justru tidak berpengaruh dan kemungkinan kehamilan masih ada?
    mohon penjelassannnya

    Dijawab Oleh : Claudia harapankita
    Diskusi Dari:
    Iszmy Mukhayarin

    Selamat pagi bu saya mau bertanya akhir-akhir ini saya sering mengalami sakit saat buang air kecil seperti tersendat-sendat kira2 itu penyakit apa ya bu? mohon penjelasannya trims

    Dijawab Oleh : Iszmy Mukhayarin
    Diskusi Dari:
    Didin Bajarudin

    Selamat siang bu bidan, saya mau tanya. Bagaimana caranya mengatasi ruam pada kulit bayi berumur 6 bulan yah ? Semalam muncul ruam merah pada kulit bayi saya. Mohon sarannya bu bidan, supaya bayi saya tak rewel terus akibat gatal pada ruam tersebut.

    Perlu Jawaban
    Diskusi Dari:
    Bunga Handayani

    Siang Dok, Saya wanita berusia 22 Tahun mau bertanya tentang flek yang keluar seperti menstrulasi. Saat ini, saya sering kali haid yang tidak teratur yang sering kali mundur dan maju setidaknya 6 bahkan 10 hari dari tanggal bulan kemarin. Saat ini tubuh saya sering merasakan gejala gejala akan datangnya haid, namun tidak kunjung datang juga bahkan hanya keluar flek hitam sedikit saat cebok setelah buang air kecil. Sampai saat ini saya mersakan nyeri di bagian punggung dan kram dibagian perut seperti haid namun tak kunjung juga. Apakah ini kondisi yang normal dirasakan?

    Dijawab Oleh : Bunga Handayani
    Diskusi Dari:
    maya

    Dok saya mau bertanya, kok akhir akhir ini kenapa ya kaki saya ini seperti ada yang mengganjal di bagian belakang lutut, susah banget di lurusinnya, kaku dan bahkan kaya ada urat ya ikut dok. Kalau saya naik atau turun tangga, itu harus pelan banget, karena kalau misalkan berjalnnya cepat kaki itu terasa tersengkak dok, itu kira kira masalah kesehatan apa ya dok? Mohon penjelasannya dok :), Terimakasih

    Dijawab Oleh : maya